Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Lekat Dasar & Pilar Smart Money Concept

Konsep Smart Money atau uang pintar menjadi sangat penting bagi para investor yang ingin mengambil keputusan investasi yang bijak. Smart Money Concept adalah pendekatan yang digunakan oleh investor berpengalaman untuk memahami bagaimana para investor besar di pasar bergerak, sehingga mereka dapat mengambil langkah-langkah lebih cerdas dalam mengelola portofolio mereka.

Memang, tidak dapat disangkal bahwa semua konsep dan teknik dalam trading bertujuan untuk meraih keuntungan sebesar mungkin sambil mengurangi potensi kerugian.

Namun, apa yang menjadikan konsep smart money berbeda dari teknik atau konsep lain yang telah diterapkan oleh para investor? Untuk memahami secara menyeluruh, mari simak informasi lengkap mengenai smart money concept di bawah ini!

definisi Smart Money Concept

Pengertian Smart Money Concept (SMC) 

Smart Money Concept (SMC) adalah sebuah konsep yang digunakan dalam dunia trading untuk mengidentifikasi aktivitas pasar yang dilakukan oleh "smart money". 

Maksud dari istilah "smart money" dalam hal ini sebenarnya merujuk kepada orang-orang atau institusi yang memiliki pengetahuan luas dan pengalaman yang cukup dalam melakukan investasi atau trading

Mereka adalah investor institusional seperti bank, dana pensiun, dan hedge fund, yang biasanya sudah memiliki akses ke informasi serta sumber daya yang lebih baik daripada trader perorangan biasanya.

Konsep SMC didasarkan pada asumsi bahwa "smart money" akan memengaruhi pergerakan harga pasar karena mereka memiliki kemampuan untuk memperkirakan kondisi pasar secara lebih akurat daripada trader retail biasa. 

Jadi pergerakan dari para smc akan diikuti oleh trader retail demi mendapatkan keuntungan. Meski terlihat bahwa golongan smc  memiliki banyak kesempatan untuk mengambil keuntungan, hal ini juga faktanya bisa juga dimanfaatkan oleh para trader retail. 

Namun untuk mengimplementasikan konsep SMC, para trader retail perlu menggunakan analisa teknikal dan fundamental yang dapat membantu mereka mengidentifikasi perilaku dalam pasar. 

Volume analisis, analisis tape, dan analisis sentimen pasar termasuk beberapa teknik yang sering digunakan sebagai strategi efektif untuk mendapatkan keuntungan. HSB juga sudah menyiapkan informasi lengkap tentang ketiga teknik tersebut agar kamu bisa menguasai konsep SMC secara menyeluruh. Baca selengkapnya di bawah ini! 

Menggunakan Smart Money Concept memerlukan sebuah teknis konkret

Teknis Strategi Smart Money Concept

Menggunakan Smart Money Concept  (SMC) dalam trading memerlukan sebuah teknis konkret yang bisa dijadikan strategi efektif demi memaksimalkan keuntungan. Namun keuntungan hanya bisa didapatkan kalau kamu sebagai trader bisa mengidentifikasi pergerakan pasar yang dihasilkan oleh investor profesional tersebut.

Baca Juga:  Berapa Sih Gaji Trader Forex di Indonesia? Cek!

Salah satu teknik yang sering digunakan dalam strategi SMC ialah volume analisis. Teknik ini berguna untuk menganalisis pergerakan volume dalam pasar. Trader perlu memperhatikan volume perdagangan pada saham tertentu serta mengidentifikasi keadaan akumulasi dan distribusi oleh smart money.

Ketika terjadi akumulasi, artinya sedang membeli saham instrumen tersebut. Akumulasi inilah yang menjadi sinyal untuk para trader bisa masuk ke dalam pasar dengan membeli saham yang sama.

Sebaliknya, ketika terjadi distribusi maka dapat dipastikan bahwa smart money sedang menjual saham tersebut. Itu berarti para trader harus segera keluar dari pasar atau bahkan melakukan short selling.

Selain volume analisis, para trader juga bisa melakukan analisis tape dan analisis sentimen pasar. Analisis tape mengacu kepada analisis terhadap data perdagangan yang tersedia dalam bentuk ticker tape, yaitu alat yang digunakan untuk merekam transaksi di pasar saham.

Sedangkan, analisis sentimen pasar melibatkan pemantauan berita dan perkembangan ekonomi politik yang dapat memengaruhi pasar. Namun perlu diingat bahwa semua teknik SMC bukanlah strategi yang dapat memberikan keuntungan pasti.

Trader tetap harus memperhatikan berbagai risiko yang ada dalam pasar dan memiliki rencana matang untuk mengatasinya dengan baik. Selain itu trader juga harus memahami dengan baik konsep SMC dan terus memperbarui pengetahuannya untuk mengikuti perkembangan pasar yang dinamis.

Apakah SMC itu termasuk Holy Grail?

Smart Money Concept (SMC) bukanlah "Holy Grail" dalam konteks investasi. "Holy Grail" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dianggap sebagai solusi sempurna atau strategi yang tak terkalahkan dalam investasi. Dalam konteks investasi, konsep "Holy Grail" merujuk pada harapan untuk menemukan metode atau strategi yang dapat menghasilkan keuntungan konsisten tanpa risiko.

SMC adalah konsep yang berguna dalam memahami tindakan dan keputusan para pemain besar di pasar finansial, seperti investor institusional, hedge fund, atau bank investasi. Ini dapat memberikan wawasan berharga tentang dinamika pasar dan digunakan oleh beberapa investor untuk mendukung pengambilan keputusan mereka. Namun, SMC bukanlah strategi ajaib atau jaminan keuntungan yang pasti.

Investasi selalu melibatkan risiko, dan tidak ada metode atau strategi yang dapat menjamin keuntungan yang konsisten. Pasar finansial sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk berita ekonomi, geopolitik, dan perubahan sentiment pasar. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa tidak ada Holy Grail dalam investasi, dan tidak ada strategi yang sepenuhnya bebas risiko.

Baca Juga:  Mengupas Informasi Pialang Berjangka di Indonesia

Investor yang bijak selalu melakukan riset yang cermat, memiliki rencana investasi yang baik, dan diversifikasi portofolio mereka untuk mengurangi risiko. Mereka juga mungkin memanfaatkan wawasan dari konsep seperti SMC, tetapi selalu dengan pemahaman bahwa tidak ada jaminan keuntungan pasti.

Smart money concept memiliki tiga pilar utama

Tiga Pilar Utama SMC

Smart money concept memiliki tiga pilar utama yang harus dipahami dan dikuasai oleh trader yang ingin mengimplementasikan konsep satu ini. Ketiga pilar yang dimaksud meliputi supply dan demand, liquidity, serta manajemen risiko. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Supply dan Demand

Konsep supply dan demand  dalam pasar bukan lagi “barang baru” yang perlu diwaspadai oleh trader. Sudah jelas bahwa supply dan demand merupakan salah satu faktor paling penting dalam trading, termasuk strategi SMC. 

Pasalnya pasar selalu dipengaruhi oleh penawaran (supply) dan permintaan (demand) dari para pelaku pasar. Dalam strategi SMC, trader perlu memperhatikan pergerakan harga dan volume perdagangan dalam pasar untuk mengidentifikasi kekuatan supply serta demand yang sedang terjadi.

Apabila supply lebih besar dari demand maka harga akan cenderung turun dan begitu juga sebaliknya. Jadi ingat bahwa trader harus selalu memperhatikan pergerakan harga dan volume perdagangan dalam pasar agar bisa mengambil tindakan yang tepat. 

2. Liquidity

Liquidity atau likuiditas mengacu kepada kemampuan suatu aset atau saham untuk dijual atau dibeli dengan cepat, tanpa menimbulkan pergerakan harga yang signifikan. Dalam strategi SMC, trader perlu memperhatikan likuiditas dari aset yang akan diperdagangkan.

Hal ini penting karena likuiditas suatu saham dapat memengaruhi keuntungan serta risiko yang akan diterima oleh para trader. Itu sebabnya para trader perlu memilih aset dengan hati-hati supaya tidak terjebak dengan aset yang likuiditasnya rendah.

Pastikan kamu memilih aset dengan likuiditas tinggi untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan dalam trading yang sedang dilakukan.

3. Manajemen Risiko

Terakhir ada manajemen risiko sebagai pilar yang tidak kalah penting ketika menggunakan strategi SMC. Penggunaan manajemen risiko sangat diperlukan agar modal yang sudah kamu keluarkan tidak hilang begitu saja ketika terjadi masalah.

Perlu diketahui bahwa rencana manajemen risiko harus mencakup perhitungan risiko, pengaturan ukuran posisi, pengaturan stop loss dan take profit, serta diversifikasi portofolio. Apabila satu manajemen risiko saja belum cukup maka kamu bisa dengan bebas menggunakan semua strategi yang ada demi meminimalkan risiko kerugian besar. 

Baca Juga:  10 Kelebihan Online Trading Dibanding Manual

Secara keseluruhan, smart money concept merupakan strategi trading yang efektif dalam mengoptimalkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian. Namun seperti teknik lainnya, kamu hanya bisa meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan apabila sudah memahami konsepnya dengan benar. 

Lakukan Smart Money Concept  Tanpa Risiko!

Sobat Trader, setelah menjelaskan topik di atas, konsep Smart Money Concept yang mencakup Lekat Dasar dan Pilar Smart Money adalah alat yang berguna dalam analisis pasar saham.

Ini membantu kamu untuk memahami perilaku institusi keuangan besar di pasar dan dapat digunakan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan investasi yang lebih baik.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan kepastian dalam investasi, dan risiko selalu ada dalam perdagangan saham. Inilah mengapa akun demo trading HSB berperan penting. Dengan akun demo ini, kamu bisa belajar trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan, sehingga kamu dapat meningkatkan kemampuan trading kamu dengan percaya diri.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu dalam menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. 

Aplikasi HSB Investasi juga mudah digunakan dengan adanya fitur CS online 24 jam, talent board dan menu deposit yang dapat membantu kamu dalam mengeksekusi trading jadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Selain itu, HSB menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga memastikan untuk mengedukasi seluruh tradernya melalui berbagai sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***. 

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Mulai Pengalaman Trading Terbaik