Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
7 Daftar Bursa Saham Amerika & Jam Bukanya!

Pasar saham Amerika Serikat merupakan salah satu pilar utama dalam perekonomian global yang menarik banyak perhatian trader dari seluruh dunia. Dengan berbagai bursa yang menyediakan platform trading untuk berbagai jenis instrumen, memahami waktu operasional setiap bursa menjadi sangat penting. Baik bagi trader lokal maupun internasional, informasi ini esensial untuk merencanakan strategi trading yang optimal dan memanfaatkan peluang pasar secara maksimal.

Seperti apa bursa saham Amerika? Terus, bagaimana dengan jam bukanya? Yuk, langsung aja simak ulasannya!

1. Arizona Stock Exchange

Arizona Stock Exchange (AZX) adalah salah satu bursa saham elektronik yang berbasis di Amerika Serikat, khususnya di negara bagian Arizona. AZX berfokus pada trading saham secara elektronik, memanfaatkan sistem jaringan komputer untuk memfasilitasi transaksi yang cepat dan efisien. 

Bursa ini menyediakan platform yang memungkinkan para trader untuk melakukan transaksi jual beli saham dengan cara yang lebih transparan dan murah dibandingkan dengan metode tradisional. 

Meskipun detail spesifik tentang jam buka AZX mungkin tidak sejelas bursa-bursa besar seperti New York Stock Exchange (NYSE) atau Nasdaq, bursa ini umumnya mengikuti jam operasional standar yang serupa dengan bursa saham besar di Amerika Serikat. 

Secara umum, bursa saham di AS buka mulai pukul 9:30 pagi hingga 4:00 sore waktu bagian Timur (Eastern Time), dari Senin hingga Jumat, kecuali pada hari libur nasional. Namun, karena AZX adalah bursa elektronik, ada kemungkinan bahwa mereka menawarkan perdagangan di luar jam-jam reguler. 

American Stock Exchange (AMEX) adalah salah satu bursa saham tertua

2. American Stock Exchange (AMEX)

American Stock Exchange (AMEX) adalah salah satu bursa saham tertua dan terkenal di Amerika Serikat, yang didirikan pada tahun 1908. AMEX dikenal karena memungkinkan trading saham-saham perusahaan kecil dan menengah, serta memperkenalkan inovasi-inovasi seperti opsi saham dan Exchange Traded Funds (ETFs). 

Jam operasional AMEX mengikuti jadwal standar untuk bursa saham utama di Amerika Serikat. Pasar reguler AMEX buka dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09.30 hingga 16.00 Waktu Timur (Eastern Time, ET). Selain jam perdagangan reguler, AMEX juga memiliki sesi pra-pembukaan dan pasca-penutupan yang memungkinkan trader untuk melakukan transaksi di luar jam reguler. Sesi pra-pembukaan berlangsung dari pukul 04.00 hingga 09.30 ET, sementara sesi pasca-penutupan berlangsung dari pukul 16.00 hingga 20.00 ET. 

3. Boston Stock Exchange

Boston Stock Exchange (BSE) adalah salah satu bursa saham tertua di Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1834. Terletak di Boston, Massachusetts, BSE memainkan peran penting dalam sejarah pasar keuangan Amerika dengan menyediakan platform untuk trading saham dan sekuritas lainnya. BSE menawarkan berbagai layanan termasuk trading ekuitas, obligasi, dan derivatif, serta menyediakan akses ke pasar modal bagi perusahaan-perusahaan lokal dan regional.

Baca Juga:  Kiat Trading Lancar untuk Trader Super Sibuk

Pada tahun 2007, BSE diakuisisi oleh Nasdaq, yang kemudian mengintegrasikannya ke dalam sistem trading elektronik mereka. Setelah akuisisi ini, operasi perdagangan fisik di BSE berkurang secara signifikan, dan banyak transaksi dialihkan ke platform Nasdaq. 

Jam operasional BSE, yang mengikuti jam standar bursa saham Amerika, adalah dari Senin hingga Jumat, mulai pukul 09:30 hingga 16:00 waktu setempat (Eastern Time). Meskipun sekarang beroperasi sebagai bagian dari Nasdaq, pengaruh historis BSE dalam perkembangan pasar saham di Amerika Serikat tetap diakui dan dihargai.

4. Chicago Stock Exchange

Chicago Stock Exchange (CHX) adalah salah satu bursa saham di Amerika Serikat yang berlokasi di Chicago, Illinois. Didirikan pada tahun 1882, CHX berperan penting dalam menyediakan platform bagi perusahaan-perusahaan untuk melakukan transaksi saham mereka. 

Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan bursa saham lainnya, CHX tetap memiliki peran penting dalam ekosistem pasar saham Amerika dengan menawarkan likuiditas dan akses ke pasar modal bagi berbagai perusahaan. Bursa ini diakuisisi oleh Intercontinental Exchange (ICE) pada tahun 2018, yang juga merupakan pemilik NYSE.

Jam buka Chicago Stock Exchange mengikuti jadwal standar perdagangan saham di Amerika Serikat. Bursa ini buka dari hari Senin hingga Jumat, dengan sesi perdagangan reguler dimulai pada pukul 9:30 pagi dan berakhir pada pukul 4:00 sore waktu bagian Timur (ET). 

Selain itu, CHX juga memiliki sesi pra-pembukaan dan pasca-penutupan untuk memungkinkan perdagangan yang lebih fleksibel bagi para trader. Sesi pra-pembukaan berlangsung dari pukul 8:00 pagi hingga 9:30 pagi ET, sementara sesi pasca-penutupan berlangsung dari pukul 4:00 sore hingga 8:00 malam ET. 

New York Stock Exchange bursa saham terbesar

5. New York Stock Exchange (NYSE)

New York Stock Exchange (NYSE) adalah bursa saham terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1792 dan terletak di Wall Street, Manhattan, New York City. NYSE sering dianggap sebagai simbol kapitalisme global karena memiliki daftar lebih dari 2.800 perusahaan yang mencakup berbagai sektor industri seperti teknologi, energi, finansial, dan kesehatan. Perusahaan-perusahaan ini secara kolektif memiliki kapitalisasi pasar yang mencapai triliunan dolar. 

Selain trading saham, NYSE juga menyediakan platform untuk trading obligasi, ETF, dan produk-produk keuangan lainnya. Bursa ini memainkan peran penting dalam perekonomian global dengan menyediakan likuiditas, mengumpulkan modal, dan menjadi barometer kinerja ekonomi.

Baca Juga:  Mengubah Password Metatrader 4, Mudah Caranya!

Jam operasional New York Stock Exchange adalah dari pukul 9:30 pagi hingga 4:00 sore waktu Eastern Time (ET) pada hari kerja, yaitu dari Senin hingga Jumat. Selain jam perdagangan reguler, NYSE juga memiliki sesi pra-pembukaan (pre-market) dari pukul 4:00 pagi hingga 9:30 pagi dan sesi pasca-penutupan dari pukul 4:00 sore hingga 8:00 malam, meskipun volume perdagangan pada sesi ini biasanya lebih rendah dibandingkan dengan jam perdagangan reguler. NYSE juga memperhatikan beberapa hari libur nasional Amerika Serikat seperti Hari Tahun Baru, Hari Kemerdekaan, dan Natal, di mana perdagangan akan ditutup atau jam perdagangan akan dipersingkat pada hari-hari tertentu sebelum libur tersebut. 

National Stock Exchange adalah salah satu bursa saham di Amerika Serikat

6 National Stock Exchange

National Stock Exchange (NSX) adalah salah satu bursa saham di Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1885 dan merupakan bursa saham yang lebih berfokus pada teknologi trading elektronik. NSX beroperasi di bawah regulasi dari Securities and Exchange Commission (SEC) dan berupaya untuk menawarkan biaya trading yang kompetitif dan layanan yang handal. 

Sebagai bagian dari komitmennya terhadap inovasi, NSX telah mengembangkan berbagai teknologi untuk mendukung trading yang cepat dan efisien, termasuk sistem penentuan harga yang transparan dan algoritma perdagangan yang canggih.

Jam operasional NSX mencerminkan jam perdagangan standar di Amerika Serikat, yaitu dimulai dari pukul 9:30 pagi hingga 4:00 sore waktu bagian timur (Eastern Time) pada hari kerja (Senin hingga Jumat). 

Selain itu, NSX juga memiliki sesi pra-pembukaan yang dimulai pukul 8:00 pagi hingga 9:30 pagi dan sesi pasca-penutupan dari pukul 4:00 sore hingga 8:00 malam, yang memungkinkan trader untuk melakukan perdagangan di luar jam operasional utama. Dengan menyediakan jam perdagangan yang lebih luas, NSX membantu memastikan likuiditas pasar dan memberikan kesempatan bagi trader untuk mengeksekusi strategi trading mereka sepanjang hari.

Pacific Exchange adalah salah satu bursa saham bersejarah di Amerika Serikat

7. Pacific Exchange

Pacific Exchange adalah salah satu bursa saham bersejarah di Amerika Serikat yang beroperasi di wilayah pantai barat. Bursa ini didirikan pada tahun 1882 dengan nama San Francisco Stock and Bond Exchange dan kemudian bergabung dengan Los Angeles Oil Exchange pada tahun 1956 untuk membentuk Pacific Coast Stock Exchange. 

Bursa ini dikenal dengan peranannya yang signifikan dalam memperdagangkan saham-saham dari perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pantai barat Amerika Serikat. Pada tahun 2005, Pacific Exchange diakuisisi oleh Archipelago Holdings, yang kemudian bergabung dengan New York Stock Exchange (NYSE) untuk membentuk NYSE Arca. Hal ini menandai akhir dari operasional mandiri Pacific Exchange, namun warisannya tetap berlanjut melalui platform trading elektronik NYSE Arca.

Baca Juga:  Dasar Strategi Golden Ratio Fibonacci Retracement

Jam buka Pacific Exchange, saat masih beroperasi secara mandiri, menyelaraskan jam perdagangan mereka dengan bursa-bursa utama di pantai timur untuk memfasilitasi sinkronisasi dan kemudahan bagi para pelaku pasar yang beroperasi di seluruh Amerika Serikat. Seiring dengan penggabungan ke dalam NYSE Arca, jam perdagangan saat ini mengikuti jadwal NYSE Arca, yang juga termasuk sesi perdagangan pra-pasar dan pasca-pasar yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas bagi para trader.

Trading Saham Tanpa Risiko 

Dengan memahami daftar Bursa Saham Amerika dan jam bukanya, kamu bisa melakukan trading yang sukses dan disiplin sesuai dengan rencana trading serta menggunakan akun demo trading HSB, kamu dapat menghidari risiko kehilangan dana sungguhan. 

Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik