Home Pengetahuan Keuangan 4 Tips Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah yang Kunjung Meningkat

4 Tips Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah yang Kunjung Meningkat

by HSB
0 comment

Tidak hanya berkaitan dengan ekonomi, investasi pendidikan adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang penting untuk masa depan. Dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk anak, kamu harus merencanakannya sejak jauh-jauh hari. Seiring berjalannya waktu, biaya yang dibutuhkan untuk setiap jenjang pendidikan pasti mengalami peningkatan.

Sebagai calon orang tua, kamu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak dari segala bidang. Mulai dari pemenuhan kebutuhan hingga memberikan pendidikan yang terbaik. Tidak dapat dimungkiri, pendidikan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi perilaku dan pola pikir anak. Sehingga penting untuk mempertimbangkan pemilihan sekolah yang terbaik. 

Berkaitan dengan hal tersebut, HSB akan memberikan penjelasan mengenai pentingnya investasi untuk pendidikan dan tips investasi yang efektif untuk diterapkan dalam mempersiapkan masa depan anak. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pentingnya Berinvestasi untuk Biaya Pendidikan Anak

Pentingnya Berinvestasi untuk Biaya Pendidikan Anak

Pentingnya investasi pendidikan saat ini mulai disadari terutama oleh para calon orang tua maupun generasi muda. Pada dasarnya, pendidikan merupakan investasi yang tidak memiliki jangka waktu kecuali usia. Ilmu yang diterima, pembentukan pola pikir, ajaran berperilaku yang baik adalah sebuah instrumen investasi yang tak lekang oleh waktu. 

Pendidikan juga dapat dikatakan sebagai alat untuk mengembangkan ekonomi sebuah negara. Sistem pendidikan yang baik dan efektif akan membantu menciptakan sumber daya manusia unggulan. Sumber daya yang unggul inilah yang nantinya akan menjadi modal utama untuk melakukan pembangunan nasional dan mendorong perkembangan ekonomi yang baik. 

Oleh sebab itu, memilih sekolah dengan sistem yang baik dan kualitas pendidikan unggulan sebaiknya menjadi prioritas utama. Dengan segala fasilitas dan kualitas sekolah yang berkualitas, biaya yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Itulah mengapa mempersiapkan biaya pendidikan adalah hal yang sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari, bahkan jauh sebelum anak lahir ke dunia. 

Mengapa demikian? Seperti yang telah diketahui sebelumnya, biaya pendidikan akan semakin meningkat setiap tahunnya. Merencanakan biaya pendidikan anak sejak awal pernikahan akan membantu meringankan beban biaya pendidikan di kemudian hari serta kamu dapat mulai menabung sedikit demi sedikit. 

Salah satu cara menabung jangka panjang yang dapat dilakukan adalah berinvestasi. Baik dalam jangka panjang maupun jangka menengah, investasi menjadi jenis tabungan yang tepat digunakan untuk menyimpan uang pendidikan anak. Keuntungannya, nilai yang kamu simpan di dalamnya akan bisa berkembang selama periode investasi berjalan. 

Baca juga: Mau Lanjut Kuliah? Simak Dahulu 6 Cara Menabung untuk Biaya Kuliah Ini

4 Tips Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah

Tips Investasi Pendidikan untuk Siasati Biaya Sekolah

Sebagai calon orang tua atau orang tua baru, kamu mungkin kebingungan mengenai bagaimana cara investasi pendidikan yang baik untuk mempersiapkan biaya sekolah. Ada 4 tips yang bisa dilakukan dalam investasi pendidikan, berikut di antaranya:

1. Mencari Informasi Biaya Pendidikan Seluruh Jenjang

Tips investasi pendidikan yang pertama adalah mencari informasi lengkap mengenai biaya pendidikan yang dibutuhkan untuk setiap jenjangnya dengan perkiraan persentase kenaikan biaya setiap tahunnya. Informasi ini akan menjadi dasar menetapkan tujuan nominal yang diinginkan. 

2. Buat Perencanaan yang Matang

Perencanaan dalam hal ini berkaitan dengan perbandingan beberapa sekolah dari segi fasilitas, sistem pendidikan, kualitas sekolah, hingga biaya sekolah yang harus dibayarkan pada awal masuk dan setiap bulannya. Selain itu, pertimbangkan pula inflasi biaya pendidikan yang mungkin terjadi setiap tahun. 

3. Mulai Menabung Sejak Awal Pernikahan

Mulai merencanakan investasi pendidikan anak lebih cepat, akan semakin baik pula. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, biaya pendidikan yang dibutuhkan pasti tidak dalam nominal yang kecil. Terlebih pada sekolah unggulan dan mengingat tingkat kenaikan biaya pendidikan yang semakin tinggi setiap tahunnya. 

Pada masa awal, kamu dapat mulai menyisihkan minimal 5% penghasilan untuk pendidikan anak. Persentase di atas dapat kamu sesuaikan dengan kondisi finansial saat ini. Jika masih banyak kebutuhan yang harus dibayar, maka mulailah dengan persentase 5% hingga 10% agar tidak terlalu memberatkan. 

Baca juga: 4 Strategi Menyimpan Uang dan Menabung untuk Anak

4. Menentukan Instrumen dan Jangka Waktu Investasi

Melalui perhitungan di atas, kamu dapat menentukan jangka waktu investasi yang tepat sesuai dengan tujuan. Bila perlu, kombinasikan jenis investasi dan pisahkan pada beberapa jenjang. Sebagai contoh, dalam mempersiapkan biaya pendidikan TK dan SD, kamu dapat menggunakan investasi jangka menengah. 

Sedangkan pada jenjang yang lebih tinggi yaitu SMP, SMA, dan kuliah, masukkan biaya pendidikan pada jenis investasi jangka panjang. Pemilihan jangka waktu investasi ini akan membantu kamu menemukan instrumen investasi yang cocok. Pastikan untuk memilih jenis investasi yang sudah dipahami cara, keuntungan, dan risiko kerugiannya. 

3 Jenis Investasi yang Tepat

Memilih jenis investasi yang tepat akan membantu mengamankan biaya pendidikan anak pada masa depan. Bahkan, akan ada nilai keuntungan yang membuat nominal investasi kamu dapat berkembang. Berikut ini merupakan jenis investasi yang dapat kamu pilih untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak:

1. Deposito

Deposito adalah jenis investasi yang pencairan asetnya hanya dapat dilakukan sesuai dengan jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Keuntungan yang diberikan dari investasi menggunakan deposito berupa suku bunga bank sebesar 4% hingga 6% setiap tahunnya. Apabila kamu menginvestasikan 200 juta, maka nilai deposito yang dimiliki sebesar Rp. 210 juta dalam satu tahun.

2. Reksa Dana

Reksa dana menjadi instrumen investasi yang saat ini paling banyak diminati sebab memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan deposito. Penjualan reksa dana juga dapat dilakukan kapan saja dengan menyesuaikan posisi harga. Pastikan kamu menjual reksa dana saat mencapai harga tertinggi agar keuntungan yang diterima juga maksimal. 

Baca juga: 5 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Cocok untuk Pemula

3. Saham

Jenis investasi yang banyak dikenal ini tidak boleh dilewatkan. Saham adalah jenis investasi yang berbentuk surat bukti kepemilikan terhadap sebuah perusahaan terbuka. Keuntungan yang diperoleh dari saham adalah melalui keuntungan dan dividen yang diterima perusahaan. Saham juga memiliki nilai keuntungan yang besar dibandingkan kedua jenis investasi di atas. Jenis investasi ini juga cukup mudah untuk diperjualbelikan. 

Jadi itulah beragam tips investasi pendidikan untuk mempersiapkan masa depan anak. Perlu diingat bahwa nilai keuntungan yang besar berarti memiliki risiko yang besar pula. Maka dari itu penting untuk memahami cara investasi, keuntungan, dan kemampuan dalam menerima profil risiko. 

Selain itu, pilih broker trading tepercaya untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat penipuan. HSB adalah aplikasi trading dengan berbagai pilihan instrumen yang aman, mudah dan transaksi yang cepat. Keamanan akun trading kamu akan dijamin aman dan dapat dipastikan proses trading transparan tanpa kecurangan. 

Kunjungi HSB sekarang juga dan buka akun live trading emas online kamu untuk mulai menjadi trader profesional.***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288