Home Tips Investasi Keuangan Umum 4 Perbedaan Analisis Teknikal dan Fundamental Saham

4 Perbedaan Analisis Teknikal dan Fundamental Saham

by HSB
0 comment

Analisis pasar saham dapat dilakukan menggunakan dua metode, yaitu analisis teknikal dan fundamental. Dalam transaksi saham, analisis dibutuhkan untuk melihat pergerakan saham dan memperkirakan tingkat naik turunnya saham dengan membandingkan dua atau lebih saham pada sektor yang sama. 

Sebelum melakukan analisis, kenali terlebih dahulu kedua metodenya melalui informasi berikut ini.

Apa Itu Analisis Teknikal?

Analisis teknikal adalah analisis yang dilakukan dengan melihat pergerakan harga saham di pasar saham pada masa lampau. Analisis teknikal digunakan untuk memperkirakan pergerakan harga dengan melihat grafik atau pola naik turunnya saham dan kondisi perekonomian. Tujuan dari analisis teknikal adalah menentukan waktu yang tepat untuk membeli sebuah saham.

Baca juga: Mengenal 12 Jenis Chart Pattern Lengkap Untuk Pemula

Analisis Teknikal Meliputi Apa Saja? 

Analisis teknikal memiliki 3 teknik yang digunakan untuk memprediksi pergerakan saham. 3 teknik tersebut adalah moving average, moving average convergence divergence, dan stochastic. 

1. Moving Average 

Moving average atau biasa disebut dengan MA adalah teknik analisis yang digunakan dengan melihat rata-rata pergerakan harga pada pasar saham ketika terjadi penutupan penjualan pada masa sebelumnya. 

2. Moving Average Convergence Divergence (MACD)

Analisis teknikal moving average convergence divergence merupakan analisis yang menggunakan garis pada pergerakan saham sebagai tanda beli atau jual. 

Apabila garis sinyal MACD mencapai titik atas, maka tanda tersebut dapat diartikan sebagai sinyal beli. Sebaliknya, jika garis mencapai titik bawah maka tanda tersebut merupakan sinyal jual. 

3. Stochastic

Analisis teknikal stochastic memberikan tanda jual beli dengan melihat perpotongan dua garis. Ketika grafik harga saham telah memasuki zona oversold, tandanya saham tersebut telah jenuh dan memiliki peluang untuk berbalik lebih tinggi, demikian pula sebaliknya.

Bagaimana Cara Menganalisis Teknikal Saham?

Apabila ingin melakukan analisis pasar saham dengan analisis teknikal saham, lakukan dengan menerapkan teknik moving average, moving average convergence divergence, dan stochastic sambil menggunakan tools untuk memeriksa data historis suatu saham.

Apa Itu Analisis Fundamental?

Berbeda dengan analisis teknikal, analisis fundamental adalah metode analisis yang dilakukan dengan melihat laporan keuangan dan faktor internal perusahaan lainnya seperti kinerja keuangan serta jalannya bisnis perusahaan. Melalui analisis fundamental, calon pemegang saham dapat melihat bagaimana performa keuangan perusahaan. 

Baca juga: Belajar Support dan Resistance: Pengertian & Strateginya

Analisis Fundamental Saham

Analisis Fundamental Saham Apa Saja? 

Terdapat 3 pendekatan analisis fundamental yaitu top down, sektoral, dan bottom up. Ketiganya bisa kamu gunakan untuk menganalisis faktor fundamental suatu saham.

1. Top Down

Analisis fundamental top down adalah analisis yang dilakukan dengan melihat gambaran perusahaan secara umum dan keseluruhan. Banyak investor percaya bahwa kondisi perusahaan yang secara keseluruhannya baik, maka komponen lain perusahaan termasuk keuangan juga baik. 

Terdapat 4 indikator penilaian yaitu kondisi makro global dan dalam negeri, potensi pertumbuhan sektor, serta performa perusahaan.  

2. Sektoral 

Analisis fundamental sekotral dilakukan dengan membandingkan pergerakan beberapa saham perusahaan pada sektor yang sama. Adapun hal yang menjadi pembanding antara beberapa saham adalah rasio keuangan masing-masing perusahaan.

3. Bottom Up

Analisis fundamental bottom up dilakukan dengan melihat seluruh detail perusahaan terlebih dahulu sebelum faktor eksternal lainnya. Hal yang diperhatikan pada analisis fundamental bottom up adalah kondisi keuangan perusahaan dan persaingan dengan perusahaan lain.

4 Perbedaan Analisis Teknikal dan Fundamental 

Apa perbedaan antara analisis teknikal dan fundamental? Analisis teknikal digunakan untuk menentukan waktu pembelian saham yang tepat berdasarkan pergerakan harga. Sedangkan analisis fundamental digunakan untuk melihat apakah sebuah perusahaan sehat untuk menjadi sasaran investasi. 

Terdapat 4 perbedaan lain pada kedua metode analisis, diantaranya ialah:

1. Hal yang Dianalisis

Analisis teknikal melakukan analisis pada pola pergerakan harga saham. Sedangkan analisis fundamental melakukan analisis pada berbagai faktor yang memengaruhi harga saham seperti kinerja keuangan maupun keadaan ekonomi.

2. Fokus Analisis

Analisis teknikal berfokus pada pergerakan terakhir statistik atau grafik kenaikan dan penurunan harga saham. Analisis fundamental berfokus pada bagaimana performa sebuah perusahaan terutama pada laporan kondisi keuangan.

3. Data Analisis

Dalam melakukan analisis teknikal, data yang digunakan merupakan data pada masa lampau saja. Sedangkan pada analisis fundamental, data yang digunakan merupakan seluruh data perusahaan baik yang terdahulu maupun yang terbaru

4. Jangka Waktu

Apabila pembelian saham digunakan untuk trading harian atau jangka pendek, analisis teknikal merupakan cara efektif untuk memberikan hasil yang maksimal. Namun, apabila investasi dilakukan untuk permodalan jangka panjang, analisis fundamental sangat efektif untuk memberikan informasi umum perusahaan dan performanya.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Trading Dan Investasi

Mana yang Cocok Dengan Strategi Trading Anda?

Setelah mempelajari perbedaan dan pengertian kedua metode analisis saham di atas, mungkin muncul pertanyaan metode mana yang cocok dengan strategi investasi kamu. Kedua metode analisis tidak ada yang lebih baik atau buruk. Kamu bisa memilih analisis yang sesuai dengan jenis investasi dan jangka waktu. 

Ketika perencanaan saham dilakukan untuk jangka panjang, maka gunakan analisis fundamental. Karena dalam saham jangka panjang, dibutuhkan informasi kinerja keuangan perusahaan untuk melihat potensi perusahaan pada masa yang akan datang. 

Sebaliknya, jika saham dibutuhkan pada jangka pendek maka lakukan analisis teknikal untuk melihat bagaimana pergerakan suatu saham dalam waktu tertentu. Namun akan lebih efektif jika menggunakan keduanya untuk setiap jenis investasi kamu.

Penentuan metode analisis dapat membantu efektivitas pembelian saham dan membantu mengurangi besarnya risiko yang mungkin terjadi. Rencanakan seluruh strategi investasi saham mulai dari data saham yang dibutuhkan, harga saham, hingga platform investasi yang tidak memiliki komisi yang besar serta dapat dipercaya. 

HSB hadir sebagai broker dengan komisi rendah, transparan dan tepercaya untuk kamu.  Investasi di aplikasi HSB memiliki banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh investor. Kamu bisa membuat akun demo untuk berlatih dan melanjutkannya ke akun live yang mudah untuk dibuat. Tunggu apalagi? Download Aplikasinya dan mulai peengalaman tradingmu bersama HSB Investasi, Invest in Time!***

 

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288