Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Selain kaya dengan emas, tembaga dan nikel, Indonesia menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil timah terbesar di dunia setelah China. Berdasarkan Booklet Tambang Timah 2020 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada tahun 2019 Indonesia memproduksi 78.189 ton timah dengan total cadangan mencapai 800 ribu ton. Mineral timah di Indonesia tersebar di beberapa daerah yang dikenal sebagai The Indonesian Tin Belt. Timah ini memang hanya dapat ditemukan di pulau-pulau tertentu saja.

Berikut daftar daerah penghasil timah terbesar di Indonesia:

tambang timah di bangka belitung

1. Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung adalah daerah penghasil timah terbesar di Indonesia, menyumbang 90 persen dari produksi timah nasional. Penambangan di wilayah ini telah dimulai sejak tahun 1711. Pada tahun 2021, sumber daya timah di Bangka Belitung tercatat mencapai 2,1 juta ton dengan cadangan sebanyak 1,9 juta ton. Selain itu, potensi bijih timah di provinsi ini pada tahun 2021 mencapai 6 miliar ton, dengan cadangan bijih timah sebesar 6,1 miliar ton.

Keberadaan sumber daya timah yang besar di Bangka Belitung menjadi landasan kuat bagi industri pertambangan di wilayah tersebut. Potensi yang signifikan ini tidak hanya memberikan kontribusi yang penting bagi perekonomian lokal, tetapi juga bagi ekonomi nasional secara keseluruhan dalam free trade zone

Selain itu, pengelolaan yang bijaksana terhadap sumber daya alam ini juga menjadi tantangan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan memastikan manfaat ekonomi hijau yang adil dan berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Dengan pengelolaan yang tepat, Bangka Belitung memiliki potensi untuk terus menjadi pilar utama dalam industri pertambangan timah Indonesia.

2. Riau

Provinsi Riau adalah penghasil timah terbesar kedua di Indonesia, dengan produksi mencapai 10 ribu ton per tahun. Cadangan bijih timah di Riau diketahui sebesar 2 miliar ton, sementara cadangan timahnya mencapai 2 juta ton. Potensi besar ini menjadikan Riau sebagai salah satu wilayah penting dalam industri pertambangan timah nasional. 

Baca Juga:  Ini Dia Produk Komoditas yang Dimiliki HSB!

Kontribusi signifikan terhadap produksi timah, keberadaan cadangan bijih timah yang melimpah di Riau juga menunjukkan potensi besar untuk pengembangan industri dan investasi di sektor pertambangan di masa mendatang. Wilayah ini memiliki peran strategis dalam menjaga kestabilan pasokan timah dalam negeri serta mendukung pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertambangan.

tambang timah di kepulauan riau

3. Kepulauan Riau

Provinsi Kepulauan Riau menempati posisi sebagai penghasil timah terbesar ketiga di Indonesia dengan produksi mencapai 5.000 ton per tahun. Pulau Bintan dan Batam menjadi daerah utama penghasil timah di provinsi ini. Cadangan bijih timah di Kepulauan Riau diketahui mencapai 280 juta ton, sementara cadangan timahnya mencapai 140 ribu ton.

Pulau Bintan dan Batam, sebagai daerah utama penghasil timah, menjadi pusat kegiatan ekstraksi dan produksi, memberikan kontribusi penting terhadap ekonomi makro regional dan nasional. Namun, pengelolaan yang bijaksana terhadap sumber daya alam ini penting untuk memastikan keberlanjutan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat. Dengan upaya yang tepat, Kepulauan Riau memiliki potensi untuk terus menjadi salah satu pilar utama dalam industri pertambangan timah Indonesia.

4. Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat memegang posisi sebagai penghasil timah terbesar keempat di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.500 ton per tahun. Kabupaten Bengkayang dan Singkawang menjadi daerah utama penghasil timah di provinsi ini. Cadangan bijih timah di Kalimantan Barat tercatat sebesar 1 juta ton, sementara cadangan timahnya mencapai 40 ribu ton.

Keberadaan sumber daya timah yang besar di Kalimantan Barat memberikan kontribusi yang penting bagi industri pertambangan timah nasional. Kabupaten Bengkayang dan Singkawang, sebagai daerah utama penghasil timah, menjadi pusat kegiatan ekstraksi dan produksi, yang secara signifikan memengaruhi perekonomian lokal dan nasional. 

Baca Juga:  Fungsi & Peran New York Mercantile Exchange Bagi Komoditas Global

Perlunya pengelolaan yang bijaksana terhadap sumber daya alam ini tidak dapat diabaikan, untuk memastikan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan pengelolaan yang tepat, Kalimantan Barat memiliki potensi untuk terus berkembang sebagai salah satu kontributor utama dalam industri pertambangan timah di Indonesia.

5. Sulawesi Utara

Provinsi Sulawesi Utara juga merupakan penghasil timah terbesar kelima di Indonesia, dengan produksi mencapai 2.000 ton per tahun. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Minahasa Utara menjadi daerah utama penghasil timah di provinsi ini.

Kontribusi Sulawesi Utara dalam industri pertambangan timah menunjukkan potensi ekonomi yang signifikan bagi wilayah tersebut. Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Minahasa Utara, sebagai pusat utama produksi timah, berperan penting dalam menggerakkan perekonomian lokal dan nasional.

Namun, pentingnya pengelolaan yang berkelanjutan terhadap sumber daya alam ini harus diperhatikan, guna memastikan dampak lingkungan yang minimal dan manfaat maksimal bagi masyarakat setempat. Dengan pengelolaan yang bijaksana, Sulawesi Utara memiliki potensi untuk terus berkembang sebagai salah satu kontributor utama dalam industri pertambangan timah di Indonesia.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

Baca Juga:  10 Faktor yang Mempengaruhi Harga Komoditas Kopi

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Siapa penghasil timah terbesar?

Tiongkok tercatat sebagai salah satu negara penghasil timah terbesar di dunia. Berdasarkan Laporan United States Geological Survey (USGS), pada tahun 2023, Tiongkok menempati urutan nomor 1 dengan produksi timah sebesar 68.000 metrik ton.

Bangka Belitung Apakah penghasil timah?

Provinsi Bangka Belitung merupakan merupakan penghasil timah terbesar di Indonesia. Wilayah ini bahkan mendominasi 90 persen dari produksi timah nasional.

Apakah Indonesia penghasil timah terbesar di Asia Tenggara?

Ya, setelah Indonesia, Myanmar menempati peringkat kedua negara yang menghasilkan timah paling besar di ASEAN.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik