Home Saham Seperti Apa Pengaruh Likuiditas Terhadap Return Saham?

Seperti Apa Pengaruh Likuiditas Terhadap Return Saham?

by HSB
0 comment

Dalam saham, istilah likuiditas sangat penting untuk dipahami secara saksama. Bukan hanya istilah biasa yang sering digunakan, jauh daripada itu pengaruh likuiditas terhadap return saham terbilang sangat signifikan. 

Apabila saham yang kamu investasikan tidak likuid maka return yang didapatkan pasti akan berkurang. Bahkan sangat mungkin terjadi kalau kamu akan kehilangan seluruh nilai saham yang sudah dibeli. 

Sebaliknya, saham yang likuid akan menuntunmu pada return yang besar dan lebih besar lagi seiring berjalannya waktu. Itu sebabnya sangat penting untuk memahami istilah satu ini secara menyeluruh. Baca informasi selengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Likuiditas?

Istilah likuiditas menyangkut pada suatu penilaian aset atau sebuah instrumen keuangan yang dapat dijual atau diubah menjadi uang tunai. Secara umum likuiditas mengacu pada seberapa cepat aset tersebut dapat dijual dengan harga yang hampir sama saat pertama kali investor membelinya. 

Likuiditas dapat diukur berdasarkan suatu rasio likuiditas, yang menunjukkan seberapa cepat aset dapat dijual dan seberapa banyak uang yang dapat dihasilkan dari penjualan tersebut. Jadi makin cepat suatu aset terjual maka aset tersebut disebut sangat likuid. 

Sebaliknya, saat aset sulit terjual maka aset tersebut makin tidak likuid. Ada ciri-ciri yang bisa kamu kenali untuk mengidentifikasi apakah aset tersebut likuid atau tidak yaitu dengan melihat jumlah permintaan dan fluktuasi harganya. 

Biasanya aset yang likuid memiliki jumlah permintaan yang sangat banyak alias ada begitu banyak investor yang tertarik untuk membeli aset tersebut. Selain itu harganya tidak banyak berfluktuasi karena transaksi jual belinya cukup seimbang dengan lingkup pasar yang sangat besar dan aktif. 

Pengaruh Likuiditas Terhadap Return Saham

Likuiditas Terhadap Return Saham

Pengaruh likuiditas terhadap return saham secara umum terbagi menjadi dua dampak yaitu positif dan negatif. Langsung saja simak masing-masing penjelasannya berikut ini. 

1. Dampak Positif

Aset yang likuiditasnya rendah memang lebih susah untuk dijual belikan dalam waktu cepat. Namun apabila transaksi dilakukan maka investor dapat merasakan return yang tinggi. 

Pasalnya jarak permintaan dan penawaran yang cukup besar mampu memberikan pengembalian nilai saham yang sangat tinggi. Setidaknya lebih tinggi daripada saham yang likuid. 

Apabila memandang dari sisi aset yang sangat likuid maka sebenarnya risiko kerugian menjadi sangat rendah. Alasannya karena harga aset menjadi lebih mudah diprediksi karena kestabilan harga pasar yang terjadi. 

2. Dampak Negatif

Aset yang likuiditasnya rendah memiliki konsekuensi yang perlu dipertimbangkan dengan baik. Sulitnya menjual aset dengan likuiditas rendah menjadi risiko tersendiri bagi para investor. 

Apalagi kalau investor sedang membutuhkan dana cepat maka tidak ada yang bisa dilakukan lagi selain menunggu hingga ada orang yang ingin membelinya. Risiko kerugian aset satu ini juga sangat tinggi karena perubahan harga yang sangat cepat dan sulit diprediksi. 

Di samping itu aset yang likuiditasnya lebih tinggi tidak bisa memberikan return yang terlalu besar. Banyaknya permintaan dan penawaran membuat perubahan harga yang terjadi tidak signifikan. 

Mengapa Likuiditas Penting Bagi Pemegang Saham?

Mengapa Likuiditas Penting Bagi Pemegang Saham

Likuiditas sangat penting bagi para pemegang saham bukan hanya untuk melihat pengembalian dari penanaman modal yang telah dilakukan, tetapi juga untuk menilai keadaan keuangan suatu perusahaan.

Perusahaan yang sahamnya terbilang likuid menandakan bahwa keadaan keuangannya sehat. Kesehatan perusahaan dalam hal ini bisa dilihat berdasarkan beberapa aspek seperti manajemen, operasional, penjualan, produksi, serta kesejahteraan karyawannya. 

Semua aspek yang menjadi penentu kesehatan perusahaan akan terlihat paling jelas ketika terjadi krisis dan masalah. Ketika seluruh aspek tersebut berfungsi sebagaimana mestinya dalam masalah maka perusahaan tersebut pasti memiliki saham yang berkualitas.

Perusahaan tersebut akan dipandang kredibel sehingga pada akhirnya nilai saham akan meningkat dan menjadi sangat likuid. Selain itu, likuiditas juga dapat dijadikan patokan oleh para pemegang saham ketika akan membeli instrumen keuangan lainnya untuk berinvestasi. 
Mengacu kepada faktor likuiditas, setiap investor jadi dimudahkan untuk mengidentifikasi lebih cepat mengenai saham apa saja yang berpotensi menghasilkan keuntungan dan layak untuk dijadikan investasi. 

Memahami pengaruh likuiditas terhadap return saham seharusnya dapat membantu kamu untuk berpikir lebih matang supaya penanaman investasi yang dilakukan tidak sia-sia. 

Adanya likuiditas sebagai salah satu faktor penting dalam berinvestasi membuat kamu bisa memilih lebih pasti mengenai instrumen seperti apa yang berkualitas dan dapat bertumbuh serta memberikan pengembalian, baik dalam bentuk uang maupun saham. 

Likuiditas ternyata tidak hanya bisa digunakan dalam investasi tetapi juga dalam trading. Secara umum kegunaannya masih sama yakni untuk membantu trader untuk melihat instrumen keuangan apa yang likuid dan bisa dijual belikan dalam waktu singkat. 

Faktanya trader memang hanya akan melakukan transaksi jual beli instrumen yang likuid karena ada banyak orang yang ingin membelinya. Memiliki saham atau instrumen lain yang likuid memang menjadi suatu keuntungan tersendiri karena lebih mudah dijadikan uang tunai apabila kamu berada dalam keadaan yang genting. 

Memahami likuiditas dalam trading merupakan 1 bagian saja. Masih ada banyak bagian yang perlu kamu pelajari dengan baik agar kegiatan trading bisa berjalan lancar tanpa hambatan. 

Jika kamu membutuhkan fasilitas edukasi gratis yang mudah diakses maka materi belajar trading pemula di HSB cocok dicoba. Kamu hanya tinggal mengunjungi website HSB dan akses semua pembelajaran penting untuk menambah wawasan tentang trading

Selain itu ada akun demo yang bisa digunakan untuk berlatih sebelum terjun ke dunia trading yang sesungguhnya. Melakukan trading di HSB juga sangat aman mengingat adanya legalitas dari 3 lembaga lokal sekaligus yakni ICDX, ICH, dan BAPPEBTI. Segera download aplikasi HSB sekarang dan nikmati pengalaman trading yang nyaman, aman, serta menyenangkan! 

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288