Home Saham Apa yang Dimaksud dengan Hak Istimewa Saham Preferen?

Apa yang Dimaksud dengan Hak Istimewa Saham Preferen?

by HSB
0 comment

“Apa pentingnya hak istimewa saham preferen bagi seorang investor?” Buat kamu yang masih baru dalam dunia investasi, tidak ada salahnya mempelajari hak istimewa satu ini. Bukan tanpa tujuan disebut istimewa karena individu atau badan hukum yang menerimanya akan mendapatkan privilege yang tidak bisa dirasakan oleh semua investor. 

Meski mendapatkan hak tersebut tidak mudah, tetapi bukan berarti mustahil. Siapa tahu kamu akan menjadi seorang individu sukses dengan kepemilikan saham atau aset besar pada masa mendatang. 

Namun kamu tidak akan bisa mendapatkannya ketika belum mempelajari apa yang dimaksudkan dengan hak istimewa saham preferen. Itu sebabnya kamu akan diajak memahami hak paling spesial sebagai seorang investor. Simak selengkapnya di bawah ini! 

Pengertian Saham Preferen

Saham preferen adalah suatu aset yang dimiliki oleh seseorang dengan level kepemilikan yang lebih tinggi daripada pemegang saham biasa. Bisa dibilang saham preferen bersifat eksklusif karena hanya dimiliki oleh beberapa orang saja dengan syarat-syarat yang telah ditentukan. 

Baca juga: 6 Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Mengenal Hak Istimewa Saham Preferen

Mengenal Hak Istimewa Saham Preferen

Hak istimewa saham preferen secara umum tidak jauh berbeda. Kamu bisa mengartikannya sebagai hak yang didapatkan akibat memiliki saham preferen suatu perusahaan. Ketika seorang investor memiliki saham preferen maka ada berbagai benefit alias manfaat yang bisa dirasakan. 

Dari penerimaan dividen hingga pencairan aset, semuanya akan diprioritaskan sebelum pemegang saham biasa mendapatkannya. 

4 Keunggulan Saham Preferen Bagi Investor

Sebelumnya selalu disebutkan kalau memiliki saham preferen memberikan banyak keuntungan. Pastinya kamu sudah sangat penasaran apa saja keunggulannya, bukan? Coba simak dengan saksama beberapa poin berikut ini: 

  1. Investor tersebut akan mendapatkan bagian dividennya lebih dahulu daripada pemegang saham biasa.
  2. Jumlah pendapatan dividen yang diterima selalu sama dengan bunga deposito. 
  3. Memiliki kesempatan untuk menukarkan saham preferen dengan saham biasa. 
  4. Apabila perusahaan mengalami kebangkrutan ataupun likuidasi maka investor tersebut akan mendapatkan aset sebagai pembayaran kembali modal yang telah ditanamkan sebelumnya. 

Baca juga: Bagaimana Pengaruh EPS Terhadap Harga Saham?

5 Jenis Saham Preferen

Jenis Saham Preferen

Saham preferen terbagi menjadi beberapa jenis yaitu saham preferen konvertibel, saham preferen yang dapat ditembus, saham preferen kumulatif, saham preferen disesuaikan, dan saham partisipasi. Berikut masing-masing penjelasannya. 

1. Saham Preferen Konvertibel

Saham preferen konvertibel alias Convertible Preferred Stock (CPS) merupakan jenis saham yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menukarkan saham preferen tersebut menjadi saham biasa pada harga yang telah ditentukan. Convertible preferred stock memiliki tingkat dividen yang lebih tinggi daripada saham biasa, serta hak prioritas dalam pembagian dividen. 

2. Saham Preferen yang Dapat Ditembus

Saham preferen dapat ditembus atau yang juga disebut Callable Preferred Stock merupakan jenis saham yang memberikan hak kepada perusahaan untuk menarik kembali atau “memanggil” saham preferen tersebut dari pemegangnya pada harga yang telah ditentukan. 

Ini berarti bahwa perusahaan dapat memutuskan untuk menarik kembali saham preferen dapat ditembus dari pemegangnya pada saat yang tepat sesuai dengan keinginan perusahaan. Jenis saham ini cenderung menguntungkan perusahaan karena jumlah ekuitas dan utang bisa digabungkan menjadi lebih besar. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Saham dan Karakteristiknya

3. Saham Preferen Kumulatif

Selanjutnya ada saham preferen kumulatif yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan dividen terakumulasi atau “cumulative” jika tidak dibayarkan tepat waktu. 

Jadi saat perusahaan tidak dapat atau tidak bersedia untuk membayar dividen yang dijanjikan kepada pemegang saham preferen pada waktu jatuh tempo, maka perusahaan harus membayar dividen yang tertunda tersebut pada masa depan sebelum dapat membayar dividen kepada pemegang saham biasa.

4. Saham Preferen Disesuaikan

Saham preferen yang dapat disesuaikan atau Adjustable Rate Preferred Stock (ARPS) adalah jenis saham yang memiliki tingkat dividen berubah-ubah atau disesuaikan secara berkala dengan perubahan suku bunga yang terjadi di pasar. 

Umumnya tingkat dividen ARPS disesuaikan setiap tahun atau dalam beberapa tahun sekali berdasarkan indeks suku bunga yang ditetapkan, seperti indeks London Interbank Offered Rate (LIBOR) atau indeks suku bunga treasuries pemerintah AS. 

Tingkat dividen ARPS juga dibatasi oleh batas atas dan batas bawah yang ditentukan sehingga tidak akan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

5. Saham Preferen Partisipasi

Selain prioritas dalam waktu dan jumlah penerimaan dividen, jenis saham preferen partisipasi (participating preferred stock) juga memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan jauh melebihi dividen yang telah ditentukan. 

Sebagai contoh, jika perusahaan memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dari perkirakan maka para pemegang saham preferen partisipasi akan mendapatkan bagian dari keuntungan tersebut di atas dividen yang telah ditentukan.

Hak istimewa saham preferen yang memberikan banyak manfaat kepada pemegangnya memang terlihat sangat menarik. Tentunya kamu jadi ingin memiliki saham satu ini, bukan? Tetapi ingat juga bahwa keuntungan yang besar selalu datang bersamaan dengan risiko yang besar. 

Baca juga: Kenali Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham

Prinsip ini tidak pernah berubah dan bahkan berlaku dalam trading. Itu sebabnya kamu perlu mempelajari cara kerja dari jenis-jenis saham yang ada sebelum akhirnya melakukan transaksi. Pastikan informasi dasarnya sudah kamu pahami baik-baik supaya tidak kaget begitu sesuatu terjadi pada masa mendatang. 

Jika kamu membutuhkan lebih banyak informasi maka materi belajar trading pemula di HSB bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dapatkan semua yang kamu butuhkan sekaligus gunakan aplikasi HSB untuk mendukung aktivitas trading yang lancar, aman, dan menyenangkan. 

HSB telah diberikan legalitas oleh BAPPEBTI, ICDX, dan ICH sehingga kamu tidak perlu khawatir akan penipuan atau kecurangan sejenisnya. Download aplikasi HSB sekarang juga untuk menikmati pengalaman trading yang berbeda!***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288