Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Saham Preferen: Pengertian, Kelebihan dan Jenis

Kenapa sih hak istimewa saham preferen begitu penting bagi seorang investor? Bagi yang baru terjun dalam dunia investasi, mengenal lebih jauh tentang hak istimewa ini bisa memberikan keuntungan tersendiri. Tidak disebut istimewa tanpa alasan, karena penerima hak ini bakal mendapatkan keistimewaan yang tidak semua investor bisa rasakan. 

Meskipun tidak mudah dapat hak istimewa tersebut, bukan berarti tidak mungkin. Siapa tahu, suatu hari nanti kamu bisa jadi investor sukses dengan kepemilikan saham atau aset lancar dan aset tidak lancar. Tapi tentu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami apa itu sebenarnya hak istimewa saham preferen. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Saham Preferen

Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan sejumlah keuntungan atau hak-hak tertentu kepada pemegangnya dibandingkan dengan saham biasa. Pemegang saham preferen memiliki posisi yang diutamakan dalam hal pembagian dividen dan likuiditasi perusahaan.

Salah satu perbedaan saham biasa dan preferen terletak di karakteristik utama saham preferen yang memberikan hak untuk menerima dividen sebelum pemegang saham biasa menerima pembayaran dividen. Artinya, jika perusahaan membagikan dividen, pemegang saham preferen akan menerima pembayaran dividen mereka sebelum pemegang saham biasa.

Selain itu, dalam situasi likuidasi perusahaan, pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima bagian dari aset perusahaan sebelum pemegang saham biasa. Ini memberikan tingkat perlindungan yang lebih tinggi kepada pemegang saham preferen jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan.

hak istimewa saham preferen

Mengenal Hak Istimewa Saham Preferen

Hak istimewa saham preferen mencakup sejumlah keuntungan khusus yang diberikan kepada pemegang saham preferen. Beberapa hak istimewa ini memberikan posisi yang diutamakan kepada pemegang saham preferen dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Berikut adalah beberapa hak istimewa yang umumnya terkait dengan saham preferen:

1. Dividen Tetap

Salah satu hak istimewa utama saham preferen adalah hak untuk menerima dividen dengan tingkat pembayaran yang tetap atau ditetapkan sebelumnya. Hal ini memberikan kepastian kepada pemegang saham preferen terkait dengan pendapatan investasi mereka.

2. Prioritas Pembagian Dividen

Pemegang saham preferen memiliki hak untuk menerima pembayaran dividen sebelum pemegang saham biasa. Jika perusahaan mengalami keterbatasan keuangan, pemegang saham preferen akan mendapatkan pembayaran dividen mereka sebelum pembagian kepada pemegang saham biasa.

Baca Juga:  Penting! Ini Kelebihan Kekurangan Saham Preferen

3. Prioritas dalam Likuidasi

Dalam situasi likuidasi perusahaan, pemegang saham preferen memiliki hak untuk mendapatkan sebagian dari aset perusahaan sebelum pemegang saham biasa. Hak ini memberikan perlindungan tambahan kepada pemegang saham preferen jika perusahaan mengalami kebangkrutan atau likuidasi.

4. Tidak Memiliki Hak Suara

Secara umum, pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara atau memiliki hak suara yang terbatas dalam keputusan perusahaan. Hal ini berbeda dengan pemegang saham biasa yang umumnya memiliki hak suara dalam rapat pemegang saham.

5. Hak Memilih Direksi

Dalam beberapa kasus, pemegang saham preferen mungkin memiliki hak untuk memilih sejumlah direktur perusahaan atau memiliki representasi dalam pengambilan keputusan tertentu.

6. Hak Khusus Lainnya

Hak istimewa saham preferen dapat bervariasi tergantung pada perjanjian saham spesifik. Beberapa saham preferen mungkin memiliki hak istimewa tambahan, seperti hak untuk mendapatkan tambahan dividen jika perusahaan mencapai kinerja keuangan tertentu.

keuntungan saham preferen

Keuntungan Saham Preferen

Investasi dalam saham preferen menawarkan sejumlah kelebihan bagi investor yang mencari kombinasi keuntungan antara ekuitas dan utang. Berikut adalah beberapa keunggulan saham preferen bagi investor:

1. Kombinasi Ekuitas dan Utang

Saham preferen diperlakukan sebagai bentuk ekuitas, namun memiliki karakteristik yang mirip dengan utang. Keunggulan ini membuat saham preferen menjadi instrumen investasi yang menarik bagi investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham dan pembayaran dividen tetap.

2. Kemungkinan Konversi atau Tebusan

Beberapa saham preferen memiliki opsi untuk dikonversi menjadi saham biasa atau ditebus dengan nilai tertentu. Ini memberikan fleksibilitas kepada investor untuk mengubah investasi mereka sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pasar.

3. Ketidakberlanjutan Hak Suara

Pemegang saham preferen umumnya tidak memiliki hak suara atau memiliki hak suara yang terbatas dalam keputusan perusahaan. Hal ini dapat memberikan ketenangan kepada investor karena tidak perlu terlibat dalam keputusan strategis perusahaan.

4. Manfaat Pajak

Beberapa bentuk saham preferen dapat memberikan manfaat pajak kepada investor. Dividen yang diterima dari saham preferen mungkin dikenakan pajak dengan tarif yang lebih rendah daripada pendapatan bunga dari obligasi.

Baca Juga:  Seputar Saham Ikon Kesehatan Johnson & Johnson JNJ

5. Keamanan dan Stabilitas Pendapatan

Kombinasi dividen tetap dan prioritas pembayaran dividen membuat saham preferen menawarkan tingkat keamanan dan stabilitas pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan saham biasa, terutama dalam situasi keuangan yang sulit.

jenis saham preferen

Jenis Saham Preferen

Saham preferen memiliki beberapa jenis, dan setiap jenis memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis saham preferen yang umum:

1. Saham Preferen Kumulatif

Pemegang saham preferen kumulatif memiliki hak untuk menerima dividen yang belum dibayar sebelumnya jika perusahaan tidak membayar dividen dalam beberapa periode. Dividen yang belum dibayar tersebut akan diakumulasikan dan harus dibayarkan sebelum pemegang saham biasa dapat menerima dividen.

2. Saham Preferen Non-Kumulatif

Berbeda dengan yang kumulatif, saham preferen non-kumulatif tidak memungkinkan akumulasi dividen yang belum dibayar. Jika perusahaan tidak membayar dividen dalam satu periode, dividen tersebut hilang dan tidak harus dibayarkan di masa depan.

3. Saham Preferen Partisipasi

Pemegang saham preferen partisipasi memiliki hak untuk menerima dividen tambahan setelah menerima dividen tetap mereka. Jika perusahaan memiliki keuntungan yang cukup, pemegang saham preferen partisipasi dapat berpartisipasi dalam pembagian keuntungan bersama pemegang saham biasa.

4. Saham Preferen Convertible

Pemegang saham preferen convertible memiliki opsi untuk mengonversi saham preferen mereka menjadi saham biasa pada tingkat tertentu. Ini memberikan fleksibilitas kepada pemegang saham untuk mengambil keuntungan dari potensi pertumbuhan harga saham biasa.

5. Saham Preferen Tebusan

Saham preferen tebusan memberikan hak kepada perusahaan untuk menebus saham tersebut pada harga tertentu setelah periode waktu tertentu. Ini memberikan kepastian bagi perusahaan dan dapat membatasi potensi keuntungan pemegang saham.

6. Saham Preferen Tanpa Jatuh Tempo 

Saham preferen tanpa jatuh tempo tidak memiliki tanggal jatuh tempo atau masa berlaku tertentu. Pemegang saham preferen ini dapat terus menerima dividen untuk waktu yang tidak terbatas, kecuali perusahaan memutuskan untuk menebus saham tersebut.

7. Saham Preferen Opsi

Jenis saham preferen ini dilengkapi dengan waran, yang memberikan hak kepada pemegang saham untuk membeli saham tambahan pada harga yang telah ditentukan. Ini dapat menjadi insentif tambahan bagi investor.

Baca Juga:  Golden Hour Trading Saham di Indonesia & Amerika

8. Saham Preferen Penjualan Kembali

Saham preferen penjualan kembali memberikan hak kepada perusahaan untuk membeli kembali saham tersebut pada harga tertentu setelah jangka waktu tertentu. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada perusahaan untuk mengelola struktur modal mereka.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Belajar Saham Preferen Tanpa Risiko!

Saham Preferen merupakan salah satu instrumen keuangan populer saat ini dalam investasi, terutama bagi investor yang bersifat eksklusif karena hanya dimiliki oleh beberapa orang saja. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis instrumen keuangan seperti ini adalah kunci dalam memahami potensi profitabilitas dan risiko dalam trading.

Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan terus mengasah kemampuan trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, kamu dapat menguji strategi trading berdasarkan pemahaman tentang imbal hasil obligasi dan melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan tradingmu.

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik