Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Penting! Ini Kelebihan Kekurangan Saham Preferen

Apakah Kamu sudah mengetahui tentang saham preferen? Jenis saham ini sering menjadi pilihan berbagai tipe investor karena keuntungan unik yang tidak ditemukan pada saham biasa. Namun, benarkah saham preferen selalu menguntungkan bagi investor? Mari kita bersama mempelajari lebih dalam kelebihan dan kekurangan dari saham preferen. 

Pemahaman yang akurat tentang ini sangat penting agar Kamu bisa membaca sinyal trading yang tidak akurat atau rumor yang beredar di lingkungan Kamu. Dengan informasi yang akan kami bagikan, diharapkan pengetahuan Kamu tentang investasi saham akan semakin luas!

Pengertian Saham Preferen

Saham preferen adalah jenis saham yang memberikan beberapa keistimewaan kepada pemegangnya dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Keistimewaan ini biasanya termasuk hak untuk menerima dan menghitung dividen tetap sebelum dividen dibayarkan kepada pemegang saham biasa, serta prioritas dalam klaim aset jika perusahaan mengalami likuidasi. Berbeda dari saham biasa, saham preferen umumnya tidak memberikan hak suara dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

dua orang sedang membahas saham preferen

Perbedaan Saham Preferen dan Saham Biasa

Saham preferen dan saham biasa adalah dua jenis saham yang sering ditemukan di pasar modal, dan keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Berikut adalah perbedaan utama antara saham preferen dan saham biasa:

1. Hak Dividen

- Saham Preferen: Memberikan hak dividen yang biasanya tetap dan dibayarkan sebelum saham biasa. Jika dividen tidak dibayarkan, jumlahnya sering kali diakumulasi (untuk saham preferen kumulatif).

- Saham Biasa: Dividen biasanya variabel dan dibayarkan setelah pemegang saham preferen. Jumlah dividen bergantung pada keuntungan perusahaan dan keputusan dewan direksi.

2. Hak Suara

- Saham Preferen: Umumnya tidak memberikan hak suara kepada pemegangnya dalam rapat umum pemegang saham, kecuali dalam kondisi tertentu.

- Saham Biasa: Memberikan hak suara kepada pemegangnya dalam rapat umum pemegang saham, yang memungkinkan mereka mempengaruhi keputusan perusahaan.

3. Prioritas dalam Pembayaran

- Saham Preferen: Memiliki prioritas dalam pembayaran dividen dan juga dalam klaim aset jika perusahaan likuidasi.

- Saham Biasa: Dalam kasus likuidasi, pemegang saham biasa hanya menerima sisa aset setelah pembayaran kepada kreditur dan pemegang saham preferen.

Baca Juga:  Sukses Meroket dengan Saham Multibagger Dunia!

4. Potensi Pertumbuhan

- Saham Preferen: Biasanya memiliki potensi pertumbuhan yang lebih terbatas karena dividen yang tetap.

- Saham Biasa: Menawarkan potensi pertumbuhan yang lebih tinggi, seiring dengan pertumbuhan dan keuntungan perusahaan.

5. Konversi

- Saham Preferen: Beberapa saham preferen dapat dikonversi menjadi saham biasa sesuai syarat tertentu.

- Saham Biasa: Tidak dapat dikonversi menjadi jenis lain.fokus 

kelebihan saham preferen yang sedang di akses seorang wanita

Kelebihan Saham Preferen

Saham preferen menawarkan beberapa kelebihan yang membuatnya menarik bagi jenis tertentu dari investor. Berikut adalah kelebihan utama dari saham preferen:

1. Dividen Tetap dan Prioritas

Salah satu kelebihan utama saham preferen adalah pembayaran dividen yang lebih terjamin dan tetap. Pemegang saham preferen menerima dividen sebelum pemegang saham biasa, dan jumlah dividen biasanya tidak berubah, memberikan aliran pendapatan yang lebih stabil.

2. Perlindungan pada Saat Likuidasi

Dalam kasus likuidasi perusahaan, pemegang saham preferen memiliki prioritas atas pemegang saham biasa dalam klaim atas aset perusahaan. Ini berarti mereka lebih mungkin mendapatkan sebagian pengembalian investasi mereka jika perusahaan bangkrut.

3. Potensi Dividen Kumulatif

Banyak saham preferen bersifat kumulatif, yang berarti jika dividen tidak dibayarkan, mereka akan diakumulasi dan harus dibayarkan di masa depan sebelum pemegang saham biasa dapat menerima dividen.

4. Risiko Lebih Rendah

Saham preferen umumnya dianggap lebih aman daripada saham biasa, karena prioritas pembayaran dividen dan klaim aset. Hal ini membuatnya menarik bagi investor yang lebih konservatif.

5. Konversibilitas

Beberapa saham preferen menawarkan opsi untuk dikonversi menjadi saham biasa, memberikan fleksibilitas dan potensi untuk menikmati pertumbuhan ekuitas jika harga saham biasa naik.

6. Tidak Terpengaruh oleh Kinerja Perusahaan

Karena dividen saham preferen umumnya tetap, pembayaran tidak terlalu dipengaruhi oleh fluktuasi pendapatan perusahaan, berbeda dengan dividen saham biasa yang bisa berubah-ubah tergantung pada kinerja perusahaan.

7. Ketidakpastian Dividen Lebih Rendah

Investor saham preferen tidak perlu khawatir tentang perubahan dividen dari waktu ke waktu, yang membuat perencanaan keuangan jangka panjang lebih mudah.

Baca Juga:  6 Jenis Saham Terbaik, yang Mana Pilihanmu?

kekurangan saham preferen

Kekurangan Saham Preferen

Meskipun saham preferen menawarkan beberapa kelebihan, terdapat juga kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh investor. Berikut adalah beberapa kekurangan utama dari saham preferen:

1. Keterbatasan Hak Suara

Berbeda dengan pemegang saham biasa, pemegang saham preferen umumnya tidak memiliki hak suara atau memiliki hak suara yang sangat terbatas dalam rapat umum pemegang saham. Ini berarti mereka memiliki sedikit atau tidak ada pengaruh terhadap pengambilan keputusan perusahaan.

2. Potensi Pertumbuhan yang Terbatas

Dividen saham preferen biasanya tetap, yang berarti pemegang saham tidak akan mendapat manfaat dari peningkatan keuntungan perusahaan seperti yang dialami oleh pemegang saham biasa. Hal ini membatasi potensi pertumbuhan nilai investasi mereka.

3. Risiko Call

Banyak saham preferen memiliki fitur call, yang memungkinkan perusahaan untuk membeli kembali saham pada harga tertentu. Hal ini dapat membatasi apresiasi harga saham dan menyebabkan pemegang saham harus menjual kembali saham mereka pada harga yang mungkin tidak menguntungkan.

4. Sensitivitas terhadap Suku Bunga

Saham preferen, terutama yang memiliki dividen tetap, cenderung sensitif terhadap perubahan suku bunga. Ketika suku bunga naik, nilai saham preferen dapat turun.

5. Risiko Non-Pembayaran Dividen

Meskipun saham preferen memiliki prioritas dalam pembayaran dividen, jika perusahaan mengalami kesulitan keuangan, pembayaran dividen bisa ditunda atau tidak dibayar. Bagi saham preferen non-kumulatif, dividen yang tidak dibayar tidak akan diakumulasi untuk pembayaran di masa depan.

6. Likuiditas Pasar

Saham preferen umumnya kurang likuid dibandingkan dengan saham biasa, yang berarti bisa lebih sulit untuk dijual dengan harga yang diinginkan di pasar terbuka.

7. Risiko Inflasi

Karena dividen saham preferen cenderung tetap, inflasi dapat mengurangi nilai riil dari pembayaran dividen tersebut seiring waktu.

Dengan mempertimbangkan kekurangan ini, investor harus menilai apakah saham preferen sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Trading Berbagai Instrumen Keuangan Tanpa Risiko!

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan saham preferen bagi investor, kamu jadi bisa mempertimbangkan lebih baik, bukan? Meski banyak keunggulan, saham preferen juga memiliki kekurangan yang tidak bisa dilewatkan. Apabila kamu ingin mencoba trading tanpa risiko, salah satu cara yang sangat dianjurkan adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB, yang memungkinkan kamu mempraktikkan skill trading tanpa risiko finansial yang sebenarnya. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan wawasan dan keterampilan yang kritis dalam dunia trading, yang dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan menguntungkan.

Baca Juga:  Bursa Saham 101: Sejarah, Peran, hingga Cara Kerjanya

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, variasi posisi, hingga melatih kemampuanmu keluar dan masuk pasar dengan peluang profit terbaik. 

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik