Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
13 Faktor yang Memengaruhi Harga Saham

Kupas tuntas berbagai faktor yang dapat memengaruhi naik turunnya harga saham, baik secara fundamental maupun teknis. Faktor-faktor fundamental seperti kinerja keuangan perusahaan, kondisi ekonomi, dan perubahan industri dapat memberikan pandangan mendalam tentang prospek saham. 

Di sisi lain, variabel teknis seperti tren pasar, tingkat likuiditas, dan sentimen investor juga turut memainkan peran penting dalam membentuk harga saham. Dengan memahami keseimbangan antara faktor-faktor ini, diharapkan kamu dapat membuat keputusan trading dan investasi yang lebih terinformasi dan responsif terhadap dinamika pasar yang terus berubah.

1. Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan adalah faktor dasar yang mempengaruhi naik turunnya harga saham. Kinerja perusahaan mencakup pendapatan, laba bersih, pertumbuhan, margin keuntungan, dan rasio keuangan lainnya. 

Contoh rasio yang dimaksud ialah Price to Earnings Ratio (PER) yang digunakan untuk mengukur valuasi suatu saham dengan membandingkan harga dan laba bersih per lembar saham. Makin rendah nilai PER maka makin baik juga kinerja perusahaan. 

2. Kepemimpinan Perusahaan

Kepemimpinan perusahaan juga dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Kepemimpinan yang kuat serta visi yang jelas dapat membawa perusahaan menuju keberhasilan. Tentunya hal ini dapat membantu meningkatkan harga saham. Sebaliknya, kepemimpinan yang buruk dan keputusan yang salah dapat membuat harga saham menurun.

Kebijakan perusahaan

3. Kebijakan Perusahaan

Kebijakan perusahaan seperti pembagian dividen, pembelian kembali saham, dan merger juga dapat mempengaruhi harga saham. 

Pembagian dividen yang tinggi biasanya dapat membuat harga saham naik karena investor pasti akan menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Bagaimana dengan pembelian kembali saham? Kebijakan seperti ini dapat membuat harga saham naik atau turun sehingga semuanya akan tergantung pada strategi yang diambil. 

Kebijakan merger juga tidak jauh berbeda dengan pembelian saham kembali. Kalau perusahaan yang melakukan merger sudah memiliki kredibilitas tinggi maka harga saham pasti akan langsung naik.

4. Persaingan di Industri

Persaingan di industri juga dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham. Persaingan yang meningkat dapat menyebabkan penurunan margin keuntungan dan laba bersih perusahaan sehingga harga saham juga cenderung turun. Sebaliknya, jika perusahaan berhasil mengalahkan pesaingnya dan meningkatkan pangsa pasarnya maka harga saham akan berubah naik.

Analisis industri seperti ini merupakan kunci dalam memahami bagaimana persaingan dapat mempengaruhi harga saham. Jadi tidak perlu heran kalau para investor sering memanfaatkannya untuk memprediksi bagaimana persaingan akan mempengaruhi kinerja perusahaan dan harga saham. 

5. Kondisi Perekonomian

Kondisi ekonomi secara luas juga mempengaruhi naik turunnya harga saham, seperti halnya kejadian inflasi, suku bunga, dan kebijakan moneter. Jika perekonomian sedang tumbuh maka harga saham umumnya akan naik. Sebaliknya, jika perekonomian mengalami resesi atau krisis maka harga saham cenderung turun.

Volume perdagangans aham

6. Volume Perdagangan

Volume perdagangan merupakan jumlah saham yang diperdagangkan dalam suatu periode tertentu. Jika volume perdagangan meningkat maka harga saham akan mengalami kenaikan. Sebaliknya, jika volume perdagangan menurun maka harga saham juga akan bergerak ke arah yang sama.

7. Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral suatu negara jelas sangat mempengaruhi pergerakan harga saham. Kebijakan moneter yang longgar seperti menurunkan suku bunga atau meningkatkan pasokan uang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Pada akhirnya kebijakan ini pasti akan membuat harga saham naik. 

Sebaliknya, kebijakan moneter yang ketat seperti menaikkan suku bunga atau membatasi pasokan uang dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi. Itu sebabnya tidak banyak yang berani melakukan investasi saat peningkatan suku bunga sedang terjadi karena hal ini membuat harga saham menurun.

8. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal seperti pajak, belanja pemerintah, dan pengeluaran publik juga dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Umumnya kebijakan fiskal yang mendorong pertumbuhan ekonomi akan membuat harga saham naik. 

Sebaliknya, kebijakan fiskal yang kurang mendukung pertumbuhan ekonomi dapat menurunkan harga saham. Contoh kebijakan fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi ialah pemotongan pajak dan peningkatan belanja pemerintah. 

Poal perdagangan

9. Pola Perdagangan

Pola perdagangan juga dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Jika terjadi penjualan besar-besaran maka harga saham cenderung turun karena adanya kelebihan penawaran. Namun saat pembelian besar-besaran terjadi maka akan ada kelebihan permintaan yang mengakibatkan harga saham naik.

10. Sentimen Pasar

Sentimen pasar juga dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Jika pasar sedang optimis maka harga saham pasti naik. Namun apabila pasar sedang pesimis maka harga saham akan langsung menurun.

11. Rilis Berita

Berita baik atau buruk yang berkaitan dengan perusahaan maupun perekonomian negara juga dapat mempengaruhi pergerakan harga saham. Jika berita yang dirilis menyampaikan informasi baik maka harga saham lama-kelamaan akan ikut naik. Sebaliknya, jika berita yang dirilis adalah informasi buruk maka harga saham pasti akan menurun.

12. Kondisi Pasar Saham

Kondisi pasar saham secara luas juga ikut berpengaruh terhadap perubahan harga saham. Faktor-faktor yang biasanya memberikan pengaruh ialah sentimen pasar, ketersediaan dana, suku bunga, dan peristiwa global. Sentimen pasar dapat mempengaruhi persepsi investor dan memicu pergerakan besar pada harga saham.

Kondisi pasar saham juga dapat mempengaruhi ketersediaan dana bagi perusahaan. Jika pasar saham sedang menurun maka investor akan lebih enggan untuk berinvestasi. Kemungkinan besar perusahaan juga lebih sulit untuk mendapatkan pembiayaan melalui penerbitan saham.

13. Peristiwa Global

Peristiwa global dapat mempengaruhi naik turunnya harga saham melalui efek domino di pasar saham global. Contohnya seperti krisis keuangan global atau konflik geopolitik yang dapat memicu ketidakpastian di pasar saham global sehingga akhirnya akan meningkatkan tingkat risiko di pasar. 

Sekarang kamu jadi lebih tahu bahwa faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham sangat kompleks dan bervariasi. Perubahan dalam faktor-faktor seperti kinerja perusahaan, kondisi ekonomi negara hingga peristiwa global dapat berdampak pada kenaikan atau penurunan harga saham. 

Untuk membuat keputusan investasi yang baik maka kamu harus memantau dan memahami berbagai faktor tersebut secara terus-menerus dan hati-hati. Selain memperhatikan berbagai faktor di atas, kamu juga harus bisa memilih broker yang tepercaya supaya modal yang diinvestasikan bisa mendatangkan keuntungan maksimal. 

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Trading Saham AS Terpopuler Tanpa Risiko!

Memahami faktor-faktor yang memengaruhi harga saham adalah langkah penting dalam membentuk strategi trading yang cerdas. Namun, membaca teori saja tidak cukup. Untuk memaksimalkan pemahamanmu, mari praktikkan pengetahuan ini dengan menggunakan akun demo trading HSB

Dengan akun demo ini, kamu dapat mempraktikkan skill trading tanpa risiko kehilangan uang riil. Langkah ini memberikan kesempatan bagi kamu untuk menguji pemahamanmu tentang faktor-faktor penggerak harga saham dalam kondisi pasar yang mirip dengan situasi nyata.

Dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang faktor-faktor yang memengaruhi harga saham dan mempraktikkannya melalui akun demo trading HSB, kamu dapat membangun landasan kuat untuk mengambil keputusan trading yang lebih baik. 

Dengan akun demo, kamu bisa mempraktikkan strategi trading tanpa risiko kehilangan modal karena kamu akan mendapatkan dana virtual hingga $100,000 di akun demo. Sobat Trader bisa mengakses akun demo via aplikasi trading atau WebTrader HSB yang memberikan pengalaman trading responsif untuk memudahkan setiap langkah investasimu.

Tak hanya itu, HSB menawarkan pilihan instrumen trading yang beragam, termasuk 17 pasangan forex, 20 Saham AS, 5 indeks global, dan 3 komoditas dunia. Jadi, kamu memiliki banyak opsi untuk membangun portofolio sesuai preferensimu.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai trading di pasar finansial sesungguhnya bersama HSB. Caranya juga sangat mudah! Cukup ikuti empat langkah simple ini: 

  1. Buka akun live trading dan penuhi persyaratannya 
  2. Verifikasi data diri via panggilan telepon dari tim KYC HSB
  3. Buat deposit trading ke segregated account HSB, dan 
  4. Mulai trading di pasar finansial dunia. 

Jangan lewatkan pula beragam promo trading menarik setiap bulannya di HSB yang memberikan penawaran spesial untuk dapat meningkatkan potensi keuntunganmu. Tentu saja, prestasi HSB yang mendapatkan penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan kualitas layanan dan inovasi yang mereka hadirkan. Bergabunglah sekarang dan rasakan pengalaman trading yang lebih baik bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik