Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
10 Rekomendasi Buku Saham Terbaik 2023

Dalam menjelajahi dunia trading saham, pengetahuan yang baik adalah kunci kesuksesan. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pasar modal adalah melalui literatur atau beragam buku yang secara khusus mengupas tuntas tentang instrumen saham. 

Dalam artikel ini, kita akan memberikan rekomendasi beberapa buku saham yang dapat menjadi panduan berharga bagi kamu yang ingin mengembangkan wawasan dan keterampilan investasimu. Buku-buku ini mencakup berbagai topik, mulai dari analisis fundamental hingga strategi trading saham yang efektif. 

Dengan membaca dan memanfaatkan saran dari para ahli dalam buku-buku tersebut, diharapkan kamu dapat mengasah kemampuanmu dalam mengambil keputusan investasi yang bijak.

Buku yang membahas tentang saham sudah sangat banyak beredar di pasaran. Jadi sebenarnya tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak mempelajarinya. Jika kamu bingung ingin membaca buku saham seperti apa, coba beberapa rekomendasinya berikut ini. 

Buku pengenalan trading saham

Pengenalan Trading Saham

1. “Saham, Sebuah Investasi", karya Bambang Riyanto

Buku “Saham, Sebuah Investasi” merupakan salah satu buku terbaik untuk pemula yang ingin memahami dasar-dasar investasi saham. Buku ini dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan contoh-contoh kasus dalam investasi saham. 

Jadi tidak heran kalau buku satu ini dijadikan pilihan bagi para investor pemula sebagai batu pijakan untuk naik ke level berikutnya. 

2. "Panduan Investasi Saham untuk Pemula", karya Soegeng Setiawan

Kemudian ada lagi buku berjudul “Panduan Investasi Saham untuk Pemula” yang bisa kamu baca. Buku ini memberikan pemahaman tentang investasi saham yang lengkap. Mulai dari dasar-dasar investasi saham, cara memilih saham yang tepat, hingga teknik analisis saham

Bahkan dalam buku ini juga dijelaskan mengenai psikologi investasi dan manajemen risiko untuk membantu para investor dalam berinvestasi dengan cara yang benar.

3. “Merdeka Finansial dengan Investasi Saham”, karya Bernadus Wijaya

Buku berjudul “Merdeka Finansial dengan Investasi Saham” karya Bernardus Wijaya sangat tepat ditujukan untuk investor pemula yang baru saja ingin memulai perjalanan investasi mereka. Di dalam buku ini berisi informasi mengenai instrumen saham yang dapat memberikan keuntungan besar agar tujuan keuangan bisa tercapai dalam waktu cepat. 

Apalagi merdeka secara finansial makin banyak dibicarakan oleh masyarakat, terkhusus para di kalangan para pebisnis. Namun karena hal ini juga banyak yang mengira bahwa investasi sangat mudah dilakukan. Padahal ada banyak konsep serta cara kerja yang perlu dipahami agar keuntungan bisa maksimal.

Pastinya buku ini akan mengajarkan bagaimana para pembacanya bisa menjadi investor yang bijak agar modal yang dikeluarkan tidak hilang begitu saja.

Buku analisis teknikal saham

Buku Analisis Teknik dan Strategi Trading Saham

4. “Strategi Trading Modern” oleh John Murphy

Buku ini mengulas secara komprehensif analisis teknikal dan berbagai strategi trading modern. Dengan bahasa yang jelas dan studi kasus praktis, Murphy membimbing pembaca melalui konsep-konsep seperti pola grafik, indikator teknikal, dan manajemen risiko.

5. “A Random Walk Down Wall Street” oleh Burton Malkiel

Sebagai klasik dalam literatur keuangan, buku ini membahas efisiensi pasar, diversifikasi, dan strategi investasi jangka panjang. Dengan sudut pandang yang berimbang, Malkiel menyajikan pengetahuan dasar yang relevan bagi investor pemula hingga yang berpengalaman.

6. “Analisis Fundamental (Trading dan Investasi Saham)”, karya Alexander Hery

Analisis fundamental jelas sangat penting dipahami bagi kamu yang ingin berinvestasi. Analisis fundamental sendiri merupakan alat bantu krusial agar investor dapat melihat mana saham yang berkualitas. 

Dalam buku “Analisis Fundamental (Trading dan Investasi Saham)”, kamu akan belajar bagaimana melihat valuasi saham perusahaan dari operasionalnya, manajemennya, hingga laba serta pertumbuhannya. Apalagi analisis fundamental sangat penting untuk kamu yang ingin berinvestasi saham dalam jangka panjang. 

Pasalnya perkembangan investasi harus selalu diperhatikan secara berkala agar kamu tidak ketinggalan waktu yang tepat untuk membeli maupun menjual saham. Tidak perlu khawatir akan kesulitan memahaminya karena informasi dalam buku ini dijelaskan dalam bahasa sederhana yang mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun. 

Buku manajemen risiko trading saham

Kategori Manajemen Risiko dan Psikologi Trading

7. “Market Wizards” oleh Jack D. Schwager

Buku ini mengumpulkan wawancara dengan sejumlah trader sukses, membongkar strategi mereka, dan menyoroti pentingnya manajemen risiko. Bagi yang tertarik dengan berbagai gaya trading dan psikologi di baliknya, buku ini menjadi sumber inspirasi.

8. “The Psychology of Money” oleh Morgan Housel

Fokus pada aspek psikologi dari pengelolaan keuangan, buku ini membantu pembaca memahami perilaku investor dan mengatasi bias psikologis yang dapat memengaruhi keputusan investasi.

Kategori Analisis Fundamental dan Strategi Jangka Panjang

9. “Intelligent Investor” oleh Benjamin Graham

Karya klasik ini mengajarkan prinsip-prinsip investasi jangka panjang, membahas konsep nilai investasi, dan memberikan panduan dalam memilih saham yang memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang.

10. “Common Stocks and Uncommon Profits” oleh Philip Fisher

Philip Fisher menawarkan wawasan tentang analisis saham dan strategi investasi jangka panjang. Buku ini menekankan pada pentingnya memahami bisnis secara mendalam sebelum melakukan investasi.

Media Lain untuk Belajar Saham Bagi Pemula

Selain buku, tentunya kamu bisa mendapatkan informasi tentang saham dari berbagai media lainnya. Internet menjadi salah satu sumber terbanyak yang bisa kamu akses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. 

Bentuknya pun tidak harus selalu dengan kata-kata, tetapi bisa juga berupa video, podcast, dan lain sebagainya. Coba beberapa rekomendasi belajar melalui media lainnya berikut ini. 

1. Website Belajar Saham Online

Perkembangan zaman yang sangat canggih membuat banyaknya website yang membahas tentang saham tersebar luas di internet. Itu tandanya kamu punya banyak kesempatan untuk belajar saham secara online

Contohnya seperti HSB yang menyediakan menu edukasi dalam website agar para pemula yang baru saja ingin terjun dalam dunia investasi (terkhusus trading) bisa memahami konsep dasarnya dengan baik. 

2. Podcast Investasi Saham

Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk belajar saham karena satu dan lain hal, podcast siap dijadikan alternatif lainnya. Apabila kamu hanya punya waktu dalam perjalanan menggunakan mobil atau ketika berada dalam transportasi umum maka podcast merupakan media pembelajaran yang tepat.

Podcast yang membahas saham serta investasi juga sangat banyak. Apa pun yang kamu cari tentang saham kemungkinan besar sudah tersedia juga dalam berbagai platform yang menyediakan fitur podcast.

Jadi daripada kamu menghabiskan waktu dalam perjalanan dengan kosong, lebih baik isi pikiran dengan informasi saham yang berguna. Pastinya ada banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dalam podcast. Belajar melalui media suara bahkan didapati lebih menarik oleh kebanyakan orang daripada hanya membacanya saja.

3. Kelas Investasi Saham Online

Kemunculan pandemi memang membuat banyak orang menderita. Social distancing menjadi pembatas bagi banyak orang untuk berinteraksi dan belajar bersama. Namun bersyukurlah bahwa pandemi terjadi saat teknologi sudah sangat maju. 

Kamu jadi tidak perlu kebingungan untuk belajar saham karena sudah ada berbagai kelas online yang bisa diikuti dari rumah. Tinggal pilih kelas investasi online yang kamu inginkan, lalu mulailah belajar dengan mengikuti instruksi yang sudah tersedia.

4. Grup Diskusi Investasi Saham

Belajar tentang saham juga bisa dilakukan dengan diskusi dalam komunitas. Kamu jadi punya kesempatan untuk belajar banyak perspektif serta informasi terkini mengenai investasi. 

Nantinya kamu jadi bisa menyerap lebih banyak informasi terbaru tentang saham yang sangat berguna pada masa mendatang. Komunitas investasi pun juga cukup beragam tergantung apa yang kamu butuhkan. Bisa jadi komunitas investasi yang berdiskusi secara offline atau online melalui media sosial. 

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Trading Saham AS Terpopuler Tanpa Risiko!

Mendapatkan rekomendasi buku saham menjadi langkah cerdas dalam memperluas pengetahuan finansialmu. Namun, lebih dari sekadar membaca, memahami pentingnya mengasah kemampuan trading menjadi kunci utama kesuksesanmu di dunia investasi saham.

Rekomendasi buku saham bisa memberikanmu landasan teoritis yang kuat, tetapi praktik langsung melalui akun demo trading HSB akan melengkapi pemahamanmu. Dengan akun demo ini, kamu dapat mempraktikkan skill trading tanpa risiko keuangan yang nyata. Dari pemahaman yang kamu dapatkan dari buku, kamu bisa langsung mengaplikasikan pengetahuan tersebut pada akun demo, menguji strategi trading, dan mengasah keterampilanmu secara praktis.

Dengan akun demo di aplikasi trading HSB, kamu akan langsung mendapatkan dana virtual hingga $100,000 untuk mengasah skill tradingmu dengan instrumen 17 pasangan forex terpopuler, 20 Saham AS terbaik, 5 indeks global, dan 3 komoditas paling diminati di dunia.

Jika sudah siap, kamu bisa memasuki pasar trading dunia bersama HSB yang meraih penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan “The Most Improved Broker 2023” dari ICDX, hanya dengan mengikuti 4 langkah sederhana berikut:

  1. Registrasikan akun live HSB.dan penuhi seluruh persyaratan dokumen yang diperlukan
  2. Tunggu panggilan telepon dari tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu.
  3. Lakukan deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi.
  4. Mulailah pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

HSB tidak hanya menawarkan keamanan dan transparansi, tapi juga memiliki regulasi resmi dari Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi ini menjadi dasar manajemen risiko trading yang perlu Sobat Trader utamakan.

Agar dapat meraih peluang profit dengan mitigasi risiko terbaik, HSB terus mengingatkan Sobat Trader untuk memahami betul manajemen risiko trading melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline. Jadi, jangan ragu lagi untuk segera bergabung dengan HSB dan raih peluang profit tradingmu sekarang!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik