Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Suku Bunga: Pengertian, Fungsi, Hingga Cara Kerja

Suku bunga merupakan konsep penting dalam keuangan yang tak bisa diabaikan. Dalam manajemen investasi, rekening bank atau pinjaman, pemahaman yang baik tentang suku bunga sangatlah krusial. Jadi, mari kita kupas tuntas makna dan implikasi dari suku bunga dalam konteks keuangan.

Pentingnya pemahaman yang kuat tentang rahasia suku bunga terletak pada dampaknya terhadap kondisi keuangan individu. Suku bunga yang lebih tinggi dapat mengartikan biaya pinjaman yang lebih besar, sementara suku bunga yang lebih rendah dapat berarti peluang untuk membayar lebih sedikit dalam jumlah bunga.

Pengertian Suku Bunga

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, suku bunga adalah balas jasa yang diberikan kepada nasabah yang membeli atau menjual produknya.

Definisi lain dari suku bunga juga bisa kamu temui dalam konteks transaksi simpan pinjam, tergantung pada sudut pandang transaksinya.

Suku bunga dalam konteks penyimpanan adalah harga yang harus dibayarkan kepada nasabah yang memiliki simpanan di bank tertentu. Sedangkan dalam konteks pinjaman, suku bunga diartikan sebagai harga yang harus dibayar oleh nasabah kepada pemberi pinjaman (misalnya bank).

Apakah Bunga dan Suku Bunga Sama?

Meski sering terdengar dalam dunia finansial dan perbankan, nyatanya dua istilah ini memiliki beberapa perbedaan yang mendasar loh, Sobat Trader.

Paling tidak ada dua perbedaan bunga dan suku bunga yang perlu kamu ketahui. Pertama, dilihat dari pengertian dari kedua istilah tersebut.

Bunga merupakan nilai imbalan yang diberikan pihak peminjam atas dana yang dipinjamkan oleh pemberi pinjaman. Sedangkan suku bunga merupakan metode yang digunakan untuk menentukan besarnya nilai bunga yang harus dibayarkan berdasarkan periode peminjaman itu sendiri.

Perbedaan yang kedua antara bunga dan suku bunga terletak pada jenisnya. Bunga yang merupakan imbal hasil terbagi dalam dua jenis, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Sedangkan suku bunga yang merupakn prosentase bunga terbagi menjadi suku bunga tetap, mengambang, flat, efektif, dan suku bunga anuitas.

balok persentase tentang suku bunga

Mengenal Suku Bunga Tunggal dan Suku Bunga Majemuk

Sekarang, mari kita kupas tuntas informasi seputar suku bunga tunggal dan suku bunga majemuk. Dua jenis suku bunga yang cukup banyak disebutkan dalam aktivitas perbankan.

Apa Itu Suku Bunga Tunggal?

Suku bunga tunggal merupakan suku bunga yang perhitungannya didasarkan pada modal awal yang diberikan. Besarnya prosentase suku bunga akan sebanding dengan besarnya modal dari awal hingga akhir masa pinjaman.

Ciri Ciri Suku Bunga Tunggal

Kamu bisa mengenali suku bunga tunggal berdasarkan pada ciri-cirinya berikut ini:

  1. Perhitungan suku bunga tunggal lebih sederhana
  2. Nilai suku bunga tunggal selalu sama sepanjang periode pinjaman karena merupakan prosentase dari nilai modal tetap
  3. Jumlah pokok pinjaman juga akan selalu sama sepanjang waktu pinjaman.
  4. Jika masa pinjaman telah berakhir dan selesai dilunasi, peminjam tidak akan dikenakan biaya bunga terutang karena jumlah pokok pinjaman dan biaya bunganya selalu sama.
  5. Karena sifatnya yang statis atau tetap, suku bunga tunggal cocok diterapkan dalam pinjaman kendaraan bermotor
Baca Juga:  10 Tips Cuan Manajemen Dana THR Lebaran di 2024

Rumus Suku Bunga Tunggal

Nilai suku bunga tunggal dapat dihitung dengan cara mengalikan jumlah pokok pinjaman dengan suku bunga yang disepakati dan dikalikan kembali dengan periode waktu pinjaman (baik dalam bulan atau tahun). Jika dijabarkan, maka rumus suku bunga tunggal yaitu:

i = P x R x T

Keterangan

i: Nilai bunga akhir
P: Jumlah pokok pinjaman

R: Prosentase suku bunga yang disepakati
T: Nilai bunga yang harus dibayarkan

Contoh Perhitungan Suku Bunga Tunggal

Nah, sekarang mari kita coba aplikasikan rumus suku bunga tunggal ke dalam contoh perhitungannya.
Misalnya, kamu meminjam uang sebesar Rp. 10.000.000 dari Peminjam A dengan periode pinjaman selama 10 tahun dan prosentase suku bunga tunggal 2,5%.

Dengan rumus di atas, kamu bisa menemukan nilai yang harus kamu bayarkan kepada Peminjam A beserta bunganya selama 5 tahun masa pinjaman, yaitu:

i = 10.000.000 x 0,25 x 5

i = Rp. 1.250.000

Apa Itu Suku Bunga Majemuk?

Suku bunga majemuk adalah hasil prosentase dari jumlah pokok yang umumnya diterapkan dalam pengajuan kredit atau pinjaman dan investasi. Suku bunga juga bisa dijadikan investasi karena memiliki potensi menghasilkan keuntungan bagi pihak penerima imbalan hasil.

Ciri Ciri Suku Bunga majemuk

Kebalikan dari suku bunga tunggal, kamu bisa mengenali suku bunga majemuk berdasarkan beberapa ciri berikut:

  1. Suku bunga majemuk memiliki potensi keuntungan yang lebih cepat ketika diterapkan dalam investasi.
  2. Jumlah pokok pinjaman akan bertambah karena menambahkan nilai suku bunga ke dalamnya.
  3. Jumlah bunga majemuk juga akan berubah dalam tiap periode akrual
  4. Perhitungan suku bunga majemuk lebih kompleks dari suku bunga tunggal.

Rumus Suku Bunga majemuk

Perhitungan suku bunga majemuk menggunakan skema bertingkat yang jika digambarkan dalam rumus, seperti:

i = P x (1+R) T- P

Keterangan

i: Nilai bunga

P: Jumlah pokok pinjaman

R: Prosentase suku bunga

T: Jangka waktu kredit

Contoh Perhitungan Suku Bunga majemuk

Sekarang, mari kita aplikasikan rumus di atas untuk menghitung nilai suku bunga majemuk dari contoh kasus berikut ini. Misalnya kamu beinvestasi sebesar Rp. 5.000.000 dengan ketetapan suku bunga majemuk 2,8 % dan bertambah tiap bulannya. Maka nilai suku bunga majemuknya (i) pada bulan pertama adalah:

i = Rp. 5.000.000 (1+0,028 / 12) 1 - 5.000.000 

i = Rp. 11.667.000

balok persentase yang menggambarkan suku bunga

Fungsi Suku Bunga

Kebanyakan orang merasa bahwa suku bunga tidak memiliki manfaat yang adil bagi pihak yang harus membayarkan suku bunganya. Namun lebih daripada itu, suku bunga menjadi faktor yang mengindikasikan "hidupnya" sebuah investasi. Berikut adalah 5 fungsi suku bunga dalam perekonomian:

  1. Meningkatkan jumlah tabungan dan investasi dalam sebuah negara
  2. Menjaga keseimbangan peredaran uang
  3. Suku bunga bisa menjadi daya tarik investasi
  4. Suku bunga yang mendorong investasi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Semakin rendah suku bunga yang ditetapkan, akan semakin banyak peluang investasi yang bisa dilakukan. Dengan suku bunga yang rendah, seorang investor dapat mengalokasikan lebih banyak dananya untuk investasi.

Jenis-jenis Suku Bunga

Setidaknya ada lima jenis suku bunga berdasarkan sifat penetapannya dan cara penghitungannya yang harus kamu kenali ya Sobat Trader, yaitu:

Baca Juga:  Mengenal Apa itu Fintech, Mulai Dari Jenis hingga Manfaatnya

1. Suku Bunga Tetap (Fixed Interest Rate)

Suku bungan jenis ini menetapkan nilai yang tetap sepanjang periode waktu kredit terhitung sejak awal perjanjian kredit, hingga tanggal jatuh tempo. Biasanya suku bunga tetap diterapkan untuk produk kendaraan bermotor dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

2. Suku Bunga Mengambang (Floating Interest Rate)

Jensi suku bunga yang ini akan ikut naik jika suku bunga di pasaran meningkat, begitu pun sebaliknya. Karena itulah suku bunga ini dikenal sebagai suku bunga mengambang karena berubah sesuai pergerakan suku bunga di pasar.

3. Suku Bunga Flat (Flat Interest Rate)

Flat Interest Rate umumnya digunakan untuk transaksi kredit produk barang bersifat konsumtif dalam periode jangka pendek berdasarkan pada perhitungan jumlah pinjaman di awal tiap periode cicilan.

4. Suku Bunga Efektif (Effective Interest Rate)

Suku bunga yang ini memiliki perhitungan yang sedikit berbeda dari tiga suku bunga lainnya. Pada suku bunga efektif, semakin sedikit pinjaman yang harus dibayarkan peminjam, akan semakin sedikit juga nilai suku bunga yang ditetapkan. Suku bunga efektif ini merupakan suku bunga yang dianggap paling adil bagi nasabah karena sesuai dengan jumlah pinjaman berjalan.

5. Suku Bunga Anuitas

Jenis suku bunga yang ini terbilang unik. Mengapa? karena besarannya berubah sesuai dengan angsuran bunga yang dibayarkan nasabah tiap bulannya.

Suku bunga anuitas membagi jumlah suku bunganya menjadi dua bagian yang jika dijumlahkan, keduanya akan selalu bernilai sama tiap bulannya.

Pada masa awal pinjaman, nasabah akan dibebankan suku bunga yang sangat besar dengan nilai angsuran pokok yang sangat kecil. Namun seiring dengan angsuran bulanan yang dibayarkan, nilai suku bunga akan mengecil dengan nilai angsuran pokok yang menjadi lebih besar.

Apa Yang Dimaksud Suku Bunga Dalam Pinjaman?

Suku bunga dalam pinjaman adalah biaya yang dikenakan oleh pemberi pinjaman kepada peminjam atas penggunaan dana yang dipinjamkan. Ini merupakan persentase dari jumlah pinjaman yang harus dibayarkan oleh peminjam kepada pemberi pinjaman, biasanya dihitung dalam jangka waktu tahunan.

Suku bunga ini dapat bersifat tetap atau variabel. Suku bunga tetap tidak berubah selama masa pinjaman, sementara suku bunga variabel bisa berubah sesuai dengan kondisi pasar atau indeks tertentu.

Suku bunga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk tingkat inflasi, kebijakan bank sentral, kondisi ekonomi, dan risiko yang terkait dengan peminjam. Suku bunga yang lebih tinggi seringkali mengindikasikan risiko yang lebih besar bagi pemberi pinjaman, sementara bagi peminjam, suku bunga yang lebih rendah bisa berarti biaya pinjaman yang lebih terjangkau.

cara suku bunga bekerja

Cara Suku Bunga Bekerja

Suku bunga tidak hadir begitu saja untuk menguntungkan satu pihak ya Sobat Trader. Ada beberapa faktor yang bisa dijadikan pedoman untuk menetapkan suatu suku bunga, seperti:

1. Besaran Pinjaman

Besarnya suku bunga ditetapkan berdasarkan jumlah besarnya pinjamanmu. Semakin besar jumlah dana yang kamu pinjam, akan semakin besar pula suku bunganya.

2. Tenor atau Periode Pinjaman

Jangka waktu cicilan pinjaman atau biasa disebut dengan tenor juga turut memengaruhi jumlah suku bunga yang ditetapkan. Semakin lama waktu pinjamanmu, akan semakin besar juga suku bunganya. Begitu pun sebaliknya.

Baca Juga:  Definisi & Contoh Segmentasi Pasar dalam Bisnis

3. Pekerjaan dan Pemasukan Peminjam

Apa pekerjaan dan jumlah pemasukan pihak peminjam akan menjadi salah satu pertimbangan yang harus dianalisa oleh pihak pemberi pinjaman, misalnya Bank. Status kerja karyawan seperti karyawan tetap atau karyawan kontrak juga turut memengaruhi besarnya suku bunga yang akan ditetapkan.

4. Riwayat Kredit atau Pinjaman

Tahukah kamu, bahwa sejarah perjanjian pinjaman yang pernah kamu lakukan di masa lalu akan memengaruhi keputusan pihak pemberi pinjaman untuk kembali meminjamkan dana kepadamu atau tidak di masa sekarang dan di masa depan?

Apalagi jika kamu meminjam sejumlah dana dari Bank, kedisiplinan dan komitmenmu mengembalikan dana pinjaman di masa lalu beserta bunganya akan menjadi pertimbangan pihak peminjam. Semakin baik riwayat kredit atau pinjamanmu, akan semakin besar peluangmu mendapat persetujuan pinjaman.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading dengan Suku Bunga Tanpa Risiko!

Dengan memahami suku bunga, trader dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan strategis saat trading. Namun, penting untuk selalu menggabungkan analisis ini dengan pemahaman menyeluruh tentang kondisi pasar, dan faktor-faktor industri yang relevan untuk membuat keputusan trading yang lebih cerdas dan cermat.

Membahas suku bunga tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang trading, tetapi juga menyoroti kepentingan mendalamnya dalam mengasah kemampuan trading. 

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB yang bisa menjadi wadah mempraktikkan skill trading tanpa harus menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan. 

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik