Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
NAB Reksadana: Pengertian hingga Fungsi

Salah satu konsep kunci yang perlu dipahami oleh setiap investor adalah Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana. NAB bukan hanya sekadar angka namun mencerminkan nilai intrinsik setiap unit penyertaan Reksadana pada suatu titik waktu. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian NAB, peran krusialnya dalam investasi, faktor-faktor yang memengaruhi perubahan NAB, dan bagaimana menghitungnya. Segera temukan keajaiban di balik angka-angka ini dan pelajari bagaimana NAB menjadi panduan penting dalam mengelola portofolio investasi Kamu.

Pengertian NAB Reksadana

Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana adalah nilai total aset bersih dari suatu investasi Reksadana pada suatu titik waktu tertentu. NAB dinyatakan per unit penyertaan dan mencerminkan nilai intrinsik setiap unit pada saat perhitungan. NAB Reksadana dihitung dengan membagi nilai total aset bersih oleh jumlah unit penyertaan yang beredar.

NAB Reksadana memberikan gambaran tentang nilai intrinsik Reksadana pada suatu titik waktu. Ini digunakan sebagai dasar untuk menetapkan harga jual dan beli unit penyertaan Reksadana. Saat investor membeli unit penyertaan, mereka membayar harga beli yang setara dengan NAB per unit. Sebaliknya, saat investor menjual unit penyertaan, mereka akan menerima pembayaran sejumlah NAB per unit.

NAB Reksadana diperbarui setiap hari kerja dan biasanya diumumkan oleh manajer investasi Reksadana. Pemantauan perubahan NAB penting bagi investor karena dapat memberikan informasi tentang kinerja Reksadana dan mengindikasikan apakah investasi tersebut mengalami pertumbuhan atau penurunan nilai. Hal ini membuat reksadana cocok untuk dana pensiun.

peran nab reksadana dalam investasi

Peran NAB Reksadana dalam Investasi

Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana memainkan peran kunci dalam investasi di Reksadana. Berikut adalah beberapa peran penting NAB dalam konteks investasi:

1. Penetapan Harga Jual dan Beli

NAB digunakan sebagai dasar untuk menetapkan harga jual dan beli unit penyertaan Reksadana. Saat investor membeli atau menjual unit, harga yang diterapkan adalah sejumlah NAB per unit pada saat transaksi.

2. Mengukur Kinerja Reksadana

NAB mencerminkan nilai intrinsik per unit penyertaan Reksadana. Pemantauan perubahan NAB seiring waktu dapat memberikan gambaran tentang kinerja Reksadana tersebut. Peningkatan NAB menunjukkan pertumbuhan nilai investasi, sementara penurunan NAB dapat mengindikasikan performa yang kurang baik.

3. Indikator Pertumbuhan Investasi

Investor dapat melihat perubahan NAB sebagai indikator pertumbuhan atau penurunan nilai investasi mereka. Peningkatan NAB per unit menunjukkan bahwa nilai investasi meningkat, sedangkan penurunan NAB dapat menunjukkan adanya kerugian.

4. Penyesuaian Dividen dan Pajak

NAB berperan dalam penyesuaian distribusi dividen dan pembayaran pajak pada Reksadana pendapatan tetap. Dividen yang diterima oleh Reksadana akan memengaruhi NAB, dan pembayaran pajak atas dividen tersebut dapat mempengaruhi nilai bersih investasi.

5. Perhitungan Nilai Investasi

NAB membantu investor dalam menghitung nilai investasi mereka di Reksadana. Dengan mengetahui jumlah unit yang dimiliki dan NAB per unit, investor dapat menentukan nilai total investasi mereka.

6. Menentukan Kinerja Manajer Investasi

Kinerja manajer investasi dapat dinilai dengan membandingkan pertumbuhan NAB Reksadana yang mereka kelola dengan kinerja indeks pasar atau Reksadana sejenis. NAB yang tumbuh lebih baik dapat menandakan keahlian manajer investasi.

7. Dasar Keputusan Investasi

Investor dapat menggunakan NAB sebagai faktor pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi. Melihat perubahan NAB dan membandingkannya dengan tujuan investasi dapat membantu investor mengevaluasi apakah Reksadana tersebut masih sesuai dengan strategi investasi mereka.

Peran NAB Reksadana menyoroti pentingnya pemahaman investor terhadap nilai intrinsik investasi mereka dan memberikan kerangka kerja yang transparan dalam mengevaluasi kinerja Reksadana.

faktor yang memengaruhi nab reksadana

Faktor yang Memengaruhi NAB Reksadana

Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana dipengaruhi oleh berbagai faktor yang mencerminkan kinerja investasi dan kondisi pasar. Beberapa faktor yang memengaruhi NAB Reksadana antara lain:

1. Perubahan Nilai Portofolio

Perubahan nilai aset di dalam portofolio Reksadana, seperti saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya, langsung memengaruhi NAB. Kenaikan nilai aset akan meningkatkan NAB, sementara penurunan nilai aset akan menurunkan NAB.

2. Biaya Operasional

Biaya operasional dan biaya manajemen Reksadana akan mengurangi nilai aset bersih, sehingga mempengaruhi NAB. Biaya ini mencakup biaya administrasi, biaya pengelolaan investasi, dan biaya lainnya yang ditanggung oleh Reksadana.

3. Pendapatan dan Beban

Pendapatan yang diterima oleh Reksadana, seperti dividen dan bunga, dapat meningkatkan NAB. Di sisi lain, pembayaran beban, seperti pajak dan biaya-biaya lainnya, dapat menurunkan NAB.

4. Distribusi Dividen

Jika Reksadana mendistribusikan dividen kepada para pemegang unit, hal ini akan mengurangi nilai aset bersih dan, akibatnya, menurunkan NAB.

5. Pertumbuhan Jumlah Unit Penyertaan

Jika jumlah unit penyertaan Reksadana bertambah, nilai total aset bersih akan meningkat, dan NAB per unit akan cenderung naik. Sebaliknya, jika jumlah unit penyertaan berkurang, NAB per unit dapat turun.

6. Pertumbuhan Investasi Bersih (Net Asset Inflow)

Jumlah dana yang masuk (inflow) atau keluar (outflow) dari Reksadana dapat mempengaruhi NAB. Inflow yang besar dapat meningkatkan NAB, sementara outflow yang signifikan dapat menurunkan NAB.

7. Kondisi Pasar Keuangan

Kondisi pasar saham dan obligasi secara umum memengaruhi nilai aset di dalam portofolio Reksadana. Jika pasar saham mengalami kenaikan, nilai saham di portofolio Reksadana akan naik, dan NAB akan meningkat.

8. Nilai Tukar Mata Uang

Jika Reksadana memiliki investasi di luar negeri, fluktuasi nilai tukar mata uang dapat memengaruhi NAB. Kenaikan nilai tukar dapat meningkatkan NAB, sedangkan penurunan nilai tukar dapat menurunkan NAB.

9. Pengembalian Investasi

Kinerja investasi Reksadana, yang mencakup pendapatan dan pertumbuhan modal, akan memengaruhi NAB. Pengembalian investasi yang positif akan meningkatkan NAB, sementara kerugian investasi dapat menurunkan NAB.

Memahami faktor-faktor ini membantu investor dan manajer investasi dalam menginterpretasikan perubahan NAB dan mengelola ekspektasi terkait kinerja Reksadana.

cara menghitung nab reksadana

Cara Menghitung NAB Reksadana

Perhitungan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana melibatkan pembagian nilai total aset bersih Reksadana dengan jumlah unit penyertaan yang beredar. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghitung NAB Reksadana:

1. Hitung Nilai Total Aset Bersih (AT):

- Nilai Total Aset Bersih Reksadana adalah jumlah total aset yang dimiliki oleh Reksadana pada saat tertentu. Ini mencakup investasi dalam saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya, dikurangi kewajiban dan biaya operasional.

2. Hitung Jumlah Unit Penyertaan yang Beredar (UP):

- Jumlah Unit Penyertaan yang Beredar adalah total unit Reksadana yang telah dibeli oleh investor dan masih belum dijual kembali ke Reksadana.

3. Gunakan Rumus NAB:

- Rumus perhitungan NAB Reksadana:

NAB = Nilai Total Aset Bersih Reksadana/Jumlah Unit Penyertaan yang Beredar

Dalam rumus tersebut:

- Nilai Total Aset Bersih Reksadana mencakup semua aset yang dimiliki oleh Reksadana, seperti saham, obligasi, dan instrumen keuangan lainnya, dikurangi kewajiban dan biaya operasional.

- Jumlah Unit Penyertaan yang Beredar adalah total unit Reksadana yang telah dibeli oleh para investor dan masih belum dijual kembali ke Reksadana.

4. Perhatikan Satuan NAB:

- NAB dihitung per unit penyertaan. Oleh karena itu, hasil perhitungan NAB akan memberikan nilai per unit penyertaan.

Rumus di atas memberikan nilai NAB per unit pada suatu titik waktu tertentu. Nilai ini mencerminkan nilai intrinsik setiap unit penyertaan Reksadana pada saat itu. Ketika investor memutuskan untuk membeli atau menjual unit penyertaan, harga yang mereka bayarkan atau terima akan berdasarkan NAB per unit tersebut.

Penting untuk diingat bahwa NAB Reksadana dapat berfluktuasi setiap hari kerja tergantung pada perubahan nilai aset di dalam portofolio Reksadana dan faktor-faktor pasar lainnya. Informasi tentang NAB biasanya diumumkan oleh manajer investasi Reksadana dan dapat diakses oleh para investor.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Mempelajari NAB Reksadana Tanpa Risiko

Mempelajari NAB Reksadana adalah langkah penting dalam mengambil keputusan investasi, terutama bagi trader yang berfokus pada instrumen keuangan seperti Reksadana. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis instrumen keuangan seperti ini adalah kunci dalam memahami potensi profitabilitas dan risiko dalam trading.

Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan terus mengasah kemampuan trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, kamu dapat menguji strategi trading berdasarkan pemahaman tentang imbal hasil obligasi dan melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan tradingmu.

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik