Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal WTO: Sejarah, Fungsi, Prinsip Hingga Strukturnya

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memainkan peran sentral dalam regulator perdagangan internasional di antara negara-negara anggotanya. 

Didirikan pada tahun 1995, WTO adalah penerus dari General Agreement on Tariffs and Trade (GATT), dan telah menjadi forum utama bagi negara-negara di seluruh dunia untuk bernegosiasi, memperdebatkan, dan menegakan kebijakan perdagangan internasional

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi pengertian, sejarah, fungsi, struktur organisasi, dan prinsip-prinsip dasar yang menjadi landasan dari WTO.

Pengertian WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) adalah lembaga internasional yang bertujuan untuk mengawasi dan mengatur perdagangan internasional antara negara-negara anggotanya. Tujuan utama WTO adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi global, memfasilitasi perdagangan barang dan jasa, serta menciptakan lingkungan perdagangan yang lebih adil dan terbuka bagi semua negara anggota.

sejarah yang ada di wto

Sejarah WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) didirikan pada tahun 1995 sebagai penerus General Agreement on Tariffs and Trade (GATT), sebuah kesepakatan perdagangan internasional yang beroperasi sejak tahun 1948. Berawal dari Konferensi Bretton Woods pada tahun 1944, GATT dibentuk dengan tujuan untuk mengurangi hambatan perdagangan internasional dan mendorong pertumbuhan makro ekonomi pasca-Perang Dunia II. GATT berhasil menjalin serangkaian perjanjian perdagangan yang membantu mengurangi tarif dan mendorong perdagangan global.

Namun, seiring berjalannya waktu, GATT mulai menunjukkan keterbatasannya dalam mengatasi masalah perdagangan yang semakin kompleks. Pada akhirnya, negara-negara anggota GATT sepakat untuk membentuk organisasi baru yang lebih efektif dalam mengatur perdagangan internasional, yang kemudian menjadi WTO.

WTO mulai beroperasi pada 1 Januari 1995, dan telah menjadi forum utama bagi negara-negara anggotanya untuk bernegosiasi kesepakatan perdagangan, menyelesaikan sengketa perdagangan, dan memonitor kebijakan perdagangan nasional. Sejak itu, WTO telah memainkan peran penting dalam membentuk arah perdagangan global dan mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia.

Fungsi WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memiliki beberapa fungsi penting dalam mengatur perdagangan internasional dan memfasilitasi kerjasama antara negara-negara anggotanya:

1. Menegakkan Aturan Perdagangan

WTO bertanggung jawab untuk menegakkan aturan perdagangan internasional yang telah disepakati oleh negara-negara anggotanya. Ini termasuk mengawasi pelaksanaan perjanjian perdagangan, memantau kepatuhan anggota terhadap aturan, dan menyelesaikan sengketa perdagangan antara negara anggota.

Baca Juga:  Berikut 10 yang Paling Utama di Bidang Akuntansi

2. Mendorong Negosiasi Perdagangan

WTO menjadi forum utama bagi negara-negara anggotanya untuk melakukan negosiasi tentang peraturan perdagangan baru, mengurangi hambatan perdagangan, dan memperluas akses pasar. Melalui putaran negosiasi perdagangan multilateral, WTO berusaha untuk mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak.

3. Memberikan Bantuan Teknis

WTO menyediakan bantuan teknis kepada negara-negara anggota yang membutuhkan dalam memahami dan menerapkan aturan perdagangan internasional. Ini termasuk memberikan pelatihan, konsultasi, dan sumber daya lainnya untuk membantu memperkuat kapasitas administratif dan hukum mereka dalam hal perdagangan.

4. Mengelola Perubahan Perdagangan Global

WTO berusaha untuk mengelola perubahan dalam perdagangan global, termasuk perkembangan teknologi, perubahan ekonomi, dan tantangan lingkungan. Organisasi ini bekerja untuk memastikan bahwa aturan perdagangan yang ada tetap relevan dan responsif terhadap perubahan kondisi pasar.

5. Mendorong Pembangunan Ekonomi

WTO mengakui pentingnya perdagangan internasional sebagai motor pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan. Oleh karena itu, organisasi ini berupaya untuk mempromosikan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh dunia melalui liberalisasi perdagangan dan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang.

6. Menyelesaikan Sengketa Perdagangan

Salah satu fungsi utama WTO adalah menyelesaikan sengketa perdagangan antara negara-negara anggotanya. Ini dilakukan melalui proses penyelesaian sengketa yang terstruktur, yang memungkinkan negara-negara anggota untuk menyelesaikan perselisihan mereka secara damai dan adil.

Melalui fungsi-fungsinya ini, WTO berperan sebagai lembaga penting dalam mengatur perdagangan internasional dan mempromosikan kerjasama ekonomi antara negara-negara di seluruh dunia.

struktur organisasi wto di dunia

Struktur Organisasi WTO

Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) memiliki struktur organisasi yang terdiri dari beberapa badan utama, yang bertanggung jawab atas berbagai aspek operasional dan pengambilan keputusan dalam kerangka organisasi tersebut. Berikut adalah struktur organisasi WTO:

1. Konferensi Menteri

Konferensi Menteri adalah badan tertinggi dalam WTO yang bertemu setidaknya sekali dalam dua tahun untuk membahas kebijakan perdagangan internasional. Setiap negara anggota memiliki satu suara dalam Konferensi Menteri, dan keputusan diambil secara konsensus.

2. Dewan Umum

Dewan Umum bertindak atas nama Konferensi Menteri di antara pertemuan Konferensi Menteri. Ini adalah badan pembuat keputusan utama dalam WTO dan bertanggung jawab atas pengawasan keseluruhan kegiatan organisasi. Dewan Umum juga bertemu sebagai Badan Penyelesaian Sengketa untuk menyelesaikan perselisihan perdagangan antara negara anggota.

Baca Juga:  Laporan Perubahan Ekuitas: Komponen & Fungsi

3. Dewan Perdagangan Barang

Dewan Perdagangan Barang adalah badan yang bertanggung jawab atas masalah perdagangan barang, termasuk negosiasi tarif, aturan asal, dan kebijakan perdagangan lainnya yang berkaitan dengan barang-barang.

4. Dewan Perdagangan Jasa

Dewan Perdagangan Jasa adalah badan yang fokus pada perdagangan jasa, termasuk layanan keuangan, transportasi, telekomunikasi, dan sektor jasa lainnya. Ini bertanggung jawab atas negosiasi dan pengawasan terkait dengan perdagangan jasa.

5. Dewan TRIPS

Dewan TRIPS (Trade-Related Aspects of Intellectual Property Rights) mengawasi implementasi dan penegakan perjanjian TRIPS, yang mengatur hak kekayaan intelektual dalam perdagangan internasional.

6. Komite-komite WTO

Selain badan-badan utama di atas, WTO memiliki berbagai komite dan badan kerja yang mengkhususkan diri dalam bidang-bidang tertentu seperti pembangunan, lingkungan, dan perdagangan teknis. Komite-komite ini bertugas membahas isu-isu khusus dan memberikan rekomendasi kepada badan-badan utama WTO.

Struktur organisasi WTO dirancang untuk memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang efisien dan berkelanjutan, serta untuk memastikan kesesuaian dengan perjanjian perdagangan internasional yang telah disepakati.

Prinsip Dasar WTO

Prinsip-prinsip dasar Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) mencakup beberapa aspek utama yang menjadi landasan dalam sistem perdagangan internasional yang diatur oleh WTO. Berikut adalah beberapa prinsip dasar WTO:

1. Non-Diskriminasi

Prinsip non-diskriminasi mengharuskan negara-negara anggota untuk memberlakukan kebijakan perdagangan yang sama terhadap semua anggota WTO. Ada dua aspek utama dari prinsip non-diskriminasi dalam WTO: Perlakuan Paling Difavoritkan (Most Favored Nation/MFN) dan Perlakuan Nasional (National Treatment).

2. Transparansi

Prinsip transparansi menuntut bahwa kebijakan perdagangan, peraturan, dan tindakan yang berkaitan dengan perdagangan harus dipublikasikan secara transparan dan mudah diakses oleh negara-negara anggota dan pihak terkait lainnya. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan kejelasan dan prediktabilitas dalam perdagangan internasional.

3. Tidak Terdiskriminasi dalam Pembatasan Ekspor

WTO memperkenalkan prinsip yang melarang penggunaan pembatasan ekspor yang bersifat diskriminatif terhadap negara-negara anggota lainnya. Pembatasan ekspor yang diperbolehkan harus berdasarkan alasan tertentu dan tidak boleh digunakan untuk menciptakan hambatan perdagangan yang tidak sah.

Baca Juga:  Cara Mengatur Keuangan dengan Metode 50 30 20

4. Perlindungan Kesejahteraan Masyarakat

Prinsip ini menekankan perlunya memperhatikan dan melindungi kesejahteraan masyarakat dalam kebijakan perdagangan. Meskipun WTO mendukung perdagangan bebas, hal ini tidak berarti bahwa negara harus mengabaikan kepentingan sosial, lingkungan, atau kesejahteraan masyarakat secara umum.

5. Kepatuhan Terhadap Perjanjian

Sebagai anggota WTO, negara-negara diwajibkan untuk mematuhi ketentuan dan komitmen yang tercantum dalam perjanjian-perjanjian WTO. Prinsip ini menegaskan pentingnya kepatuhan terhadap aturan perdagangan internasional yang telah disepakati bersama.

Prinsip-prinsip dasar ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang adil, terbuka, dan berkelanjutan bagi semua negara anggota WTO, serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan secara global.

Dengan prinsip-prinsip dasarnya yang berfokus pada non-diskriminasi, transparansi, perlindungan kesejahteraan masyarakat, dan kepatuhan terhadap perjanjian, WTO berupaya untuk menciptakan lingkungan perdagangan yang adil, terbuka, dan berkelanjutan bagi semua negara anggotanya. Melalui perannya dalam menegakkan aturan perdagangan, mendorong negosiasi, dan menyelesaikan sengketa, WTO terus berperan sebagai motor pertumbuhan ekonomi global dan mempromosikan kerjasama internasional dalam perdagangan.

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik