Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut ini Jenis-Jenis Pasar Lengkap Beserta Contohnya

Pasar adalah lokasi di mana individu bertemu untuk melakukan transaksi jual-beli. Ada banyak jenis pasar yang dapat dikategorikan ke dalam beberapa kategori mulai dari pasar primer hingga pasar sekunder. Dalam kehidupan sehari-hari, pasar memainkan peran yang sangat penting sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan yang tidak dapat diproduksi sendiri. 

Di pasar global, barang-barang diperdagangkan oleh lebih dari satu penjual, dan contohnya meliputi pusat perbelanjaan, pasar tradisional, mal, plaza, pusat perdagangan, dan platform e-commerce.

Apa itu pasar? 

Menurut ilmu ekonomi, pasar adalah tempat atau proses di mana interaksi antara permintaan dan penawaran suatu barang atau jasa tertentu terjadi, yang pada akhirnya menetapkan harga keseimbangan atau harga pasar serta jumlah yang diperdagangkan. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pasar diartikan sebagai kekuatan dari penawaran dan permintaan, di mana penjual bertujuan untuk menukar barang atau jasa dengan uang, sementara pembeli bertujuan untuk menukar uang dengan barang atau jasa. 

Sesuai dengan laman resmi Kemendikbud, setiap pertemuan antara pembeli dan penjual akan menghasilkan kesepakatan harga. Aktivitas usaha di pasar melibatkan dua subjek utama, yaitu produsen dan konsumen, yang keduanya memiliki peranan yang sama pentingnya dalam pembentukan harga barang di pasar. Setelah memahami pengertian pasar, kita dapat melanjutkan ke pembahasan tentang macam macam pasar dan contohnya.

Jenis-jenis pasar

Istilah pasar sangatlah luas, apalagi di masa sekarang ketika tempat jual-beli tidak hanya secara fisik dan langsung tetapi juga secara online. Selain itu, barang yang diperdagangkan juga beraneka ragam, bahkan kini barang digital pun diperjualbelikan.

Selain itu, barang yang diperdagangkan juga beraneka ragam, bahkan kini barang digital pun diperjualbelikan.

Mengutip dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut beragam bentuk jenis-jenis pasar dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

Baca Juga:  Mengenal Pengertian Laporan Perubahan Modal Secara Mendalam

1. Jenis-jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatan 

  • Pasar nyata: jenis pasar di mana memperjualbelikan berbagai jenis barang dan dapat dibeli oleh pembeli. Misalnya pasar swalayan dan pasar tradisional. 
  • Pasar abstrak: jenis pasar di mana pembeli tidak menawar barang yang dijual dan tidak juga membeli secara langsung. Misalnya pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham.

dua orang sedang bertransaksi kurma di pasar khusus kurma

2. Jenis-jenis Pasar Menurut Cara Bertransaksi 

  • Pasar tradisional: pasar yang bersifat tradisional di mana pembeli dan penjual dapat saling tawar menawar secara langsung. Umumnya, barang yang diperjualbelikan di jenis pasar ini merupakan barang kebutuhan sehari-hari. 
  • Pasar modern: pasar yang bersifat modern di mana ada berbagai macam barang yang dijual dengan harga yang tidak bisa ditawar dan pembeli melayani dirinya sendiri. Misalnya, mall, plaza, minimarket, dan supermarket.

3. Jenis-jenis Pasar Menurut Jenis Barang 

Jenis pasar ini barang yang dijual hanya ada satu jenis, misalnya pasar ikan, pasar sayur, pasar buah, pasar barang elektronik, pasar bahan bangunan, pasar mainan, dan pasar efek atau pasar saham.

seorang nenek sedang berjualan di malam hari karena pasarnya baru buka di saat malam

4. Jenis-jenis Pasar Menurut Waktu 

  • Pasar harian: jenis pasar ini melakukan jual-beli setiap hari. Umumnya, pasar harian menjual berbagai barang kebutuhan sehari-hari. Misalnya, pasar tradisional. 
  • Pasar mingguan: jenis pasar ini melakukan jual-beli seminggu sekali. Barang yang dijual juga sama dengan pasar harian. Contohnya, pasar kamis, pasar minggu, pasar senin, dan sebagainya. 
  • Pasar bulanan: jenis pasar ini melakukan jual-beli tiap sebulan sekali. Umumnya barang yang dijual berupa barang yang pernah dibeli lau dijual kembali. Contohnya, pasar pameran batik, pasar batu akik, dan lain-lain. 
  • Pasar tahunan: jenis pasar ini melakukan jual-beli setahun sekali, biasanya saat ada momen-momen tertentu. Misalnya, pasar Ramadhan, pasar Idul Fitri, pasar Imlek, dan sebagainya. 
  • Pasar temporer: jenis pasar ini digelar pada waktu tertentu dan tidak rutin. Misalnya, bazar.
Baca Juga:  Belajar Melakukan Investasi Pemula Modal Kecil

5. Jenis-jenis Pasar Menurut Ruang Lingkup 

  • Pasar daerah: jenis pasar ini hanya melayani jual-beli dalam satu daerah di mana produk yang dijual juga dihasilkan di daerah tersebut. Misalnya, pasar kerajinan tangan. 
  • Pasar lokal: jenis pasar di mana pembeli dan penjual ada dalam satu kota. Misalnya pasar kelurahan atau pasar desa. 
  • Pasar nasional: jenis pasar yang menjual barang untuk pembeli dari berbagai daerah. Misalnya, pasar saham. 
  • Pasar internasional: jenis pasar yang menjual barang untuk konsumen yang berada di berbagai negara. Misalnya, pasar kopi di Brazil.

6. Jenis-jenis Pasar Menurut Jumlah Penjual dan Pembeli 

  • Pasar persaingan sempurna: jenis pasar ini jumlah penjual dan pembeli sangat banyak. Biasanya, produk yang diperdagangkan homogen atau sama. Misalnya, pasar ponsel atau pasar laptop. 
  • Pasar monopoli: jenis pasar di mana penjual hanya satu sedangkan pembelinya banyak. Misalnya, kereta api Indonesia. 
  • Pasar monopsoni: jenis pasar di mana penjual ada banyak sedangkan pembelinya hanya satu. Misalnya, produk sabun kecantikan atau kesehatan. 
  • Pasar oligopoli: jenis pasar di mana jumlah penjualnya sedikit sendangkan pembelinya banyak. Contoh pasar oligopoli, perusahaan rokok, perusahaan telekomunikasi. 
  • Pasar oligopsoni: jenis pasar ini penjualnya banyak dan pembelinya sedikit. Misalnya, jasa konstruksi bangunan.

7. Jenis-jenis Pasar Menurut Strukturnya 

  • Pasar persaingan sempurna: jenis pasar di mana jumlah pembeli dan penjual sama banyaknya. Barang yang diperjualbelikan biasanya homogen atau sama. Misalnya, Pasar Tanah Abang di Jakarta. 
  • Pasar persaingan tidak sempurna: di mana penjual lebih banyak dan pembeli lebih sedikit atau sebaliknya. Misalnya, maskapai penerbangan. 

Kesimpulannya, pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli dan membentuk harga pasar yang disepakati antara keduanya. Jenis-jenis pasar ada berbagai macam sesuai kategorinya.

Baca Juga:  Buka Bisnis Baru? Coba Analisis Peluang Usaha

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa saja contoh contoh pasar abstrak?

Pasar abstrak yang ada dan sering ditemui antara lain yaitu pasar modal, pasar valuta asing pasar tenaga kerja, dan pasar komoditas. Pasar abstrak sering juga disebut dengan sebagai bursa.

Apa contoh pasar nasional?

Pasar nasional adalah pasar yang meliputi wilayah suatu negara tertentu. Contoh pasar nasional, seperti pasar uang dan pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Apa saja contoh pasar monopoli?

PLN, PDAM, KAI, PELINDO hingga Pertamina

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik