Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Bos Boeing Akui Skandal dan Kesalahan Ketika Dikuliti Senat AS

CEO Boeing, David Calhoun, mengakui adanya peringatan dari sejumlah pihak internal perusahaan terkait isu keselamatan di raksasa dirgantara tersebut. Pengakuan ini disampaikan setelah beberapa insiden melibatkan produk Boeing, seperti dilansir CNBC Indonesia.

Dalam sesi dengan Senat AS pada Selasa (18/6/2024), Calhoun menyatakan bahwa ada sesuatu yang tidak beres di dalam perusahaan. Dia menyebutkan bahwa beberapa karyawan yang mengungkapkan kekhawatiran mereka tentang kualitas keselamatan di Boeing telah menghadapi tindakan keras dari perusahaan.

"Saya tidak dapat menyebutkan jumlah manajer yang memecat para whistleblower, namun saya tahu hal itu terjadi," ujarnya dikutip The Guardian.

Perusahaan Boeing akhir-akhir ini menghadapi sejumlah insiden penerbangan, dari pintu pesawat yang lepas saat terbang hingga armada jet yang terjun bebas saat melakukan perjalanan.

Sejumlah whistleblower mulai muncul, seperti Sam Mohawk, seorang inspektur jaminan kualitas di Renton, Washington, yang menjadi karyawan terbaru Boeing yang mengungkapkan masalah keselamatan kepada publik beberapa jam sebelum sesi tersebut.

"Lebih dari selusin pelapor kini telah melapor. Boeing harus berhenti memikirkan perkiraan pendapatan berikutnya dan mulai memikirkan generasi berikutnya," kata Richard Blumenthal, ketua Subkomite Tetap Senat untuk Investigasi.

Boeing telah menyampaikan rencana peningkatan kualitas kepada Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) dan mengklaim bahwa karyawan didorong untuk menyampaikan masalah keselamatan dan kualitas di pabrik.

Namun, laporan dari dalam fasilitas Boeing menimbulkan lebih banyak pertanyaan. Awal bulan ini, Guardian melaporkan bahwa pabrik terbesar perusahaan berada dalam "mode panik".

Whistleblower seperti Sam Salehpour, seorang insinyur di Boeing, dan Roy Irvin, mantan penyidik kualitas, telah mengumumkan tuduhan keselamatan kepada publik dalam beberapa bulan terakhir.

"Ini adalah budaya yang terus memprioritaskan keuntungan, melampaui batas, dan mengabaikan pekerjanya," tambah Blumenthal. "Budaya yang memungkinkan terjadinya pembalasan terhadap mereka yang tidak tunduk pada garis bawah. Sebuah budaya yang sangat perlu diperbaiki."

Baca Juga:  WOW! 9 Inovasi Boeing yang Mengubah Industri Dirgantara Dunia

Sejumlah anggota Senat AS menyudutkan Calhoun dan menuding bahwa ia bertanggung jawab atas isu keselamatan ini. Senator Partai Republik, Josh Hawley, bahkan menuduh Calhoun 'menambang' perusahaan demi keuntungan maksimal.

"Anda mengambil jalan pintas, Anda menghilangkan prosedur keselamatan, Anda menerapkannya pada karyawan Anda," kata Hawley.

Hawley juga mempertanyakan paket gaji sebesar US$ 33 juta (Rp 540 miliar) yang diterima Calhoun dan alasan mengapa hingga saat ini Calhoun belum mengundurkan diri meski telah mengumumkan akan mundur dari Boeing akhir tahun ini.

"Saya akan bertahan. Saya bangga dengan setiap tindakan yang telah kami ambil," jawab Calhoun.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik