Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Swiss National Bank & Arti Pentingnya di Alpen

Halo Sobat Trader! Pernah dengar tentang Swiss National Bank? Kalau belum, yuk kita bahas. Swiss National Bank, atau yang sering disebut SNB, yang merupakan bank sentral dari negara Swiss. Ini adalah institusi yang bertugas menjaga stabilitas harga dan kekuatan ekonomi negara yang terkenal dengan coklat dan jam tangan ini. Bank Swiss ini memiliki peran yang cukup krusial, lho.

Sejarah berdirinya Swiss National Bank

Sejarah Singkat SNB

Swiss National Bank (SNB), atau Bank Nasional Swiss, merupakan bank sentral Republik Swiss dan didirikan pada tahun 1907. SNB lahir dari kebutuhan untuk menciptakan institusi sentral yang mampu mengelola kebijakan moneter dan menciptakan mata uang yang stabil bagi negara tersebut. Berikut adalah ringkasan sejarahnya:

Sebelum berdirinya SNB, Swiss tidak memiliki bank sentral. Negara bagian Swiss masing-masing memiliki bank mereka sendiri yang mencetak mata uang sendiri. Ini menyebabkan kekacauan dalam sistem keuangan karena kurangnya uniformitas dan stabilitas.

Swiss National Bank didirikan pada 20 Juni 1905, berdasarkan Undang-Undang Bank Nasional Swiss, dan mulai beroperasi pada 20 Mei 1907. Dua kantor utama SNB berada di Zurich dan Bern, yang masing-masing memiliki wilayah tanggung jawabnya.

Seperti bank sentral lainnya, SNB juga terlibat dalam mengelola dampak dari Perang Dunia I dan II. Bank ini mengambil langkah-langkah untuk mendukung ekonomi negara selama periode ini dengan mengatur kebijakan moneter. SNB adalah institusi yang bertanggung jawab atas penerbitan dan pengelolaan mata uang Swiss, yaitu Swiss Franc. Ini telah menjadi salah satu mata uang paling stabil dan dihargai di dunia.

SNB memainkan peran aktif dalam merespons krisis keuangan global pada tahun 2008. Bank ini mengambil langkah-langkah untuk menstabilkan ekonomi Swiss melalui kebijakan moneter dan dukungan keuangan.

Pada tahun 2011, SNB mengenalkan suku bunga negatif dan mematok Swiss Franc ke Euro untuk menstabilkan nilai tukar dan melindungi ekonomi Swiss dari dampak krisis di zona Euro. Namun, pada tahun 2015, SNB mengejutkan pasar dengan mendadak mencabut peg terhadap Euro, menyebabkan fluktuasi besar di pasar.

Mengintip Struktur Organisasi Swiss National Bank

Di dalam Swiss National Bank, terdapat beberapa bagian penting. Ada Dewan Gubernur yang merupakan pengambil kebijakan tertinggi, lalu ada departemen yang mengurusi berbagai aspek, dan tentu saja kantor-kantor cabang yang tersebar di seluruh Swiss. 

Struktur organisasi Swiss National Bank dirancang untuk memastikan bahwa bank dapat efektif dalam mencapai tujuan kebijakan moneter dan stabilitas keuangan, sambil mempertahankan tingkat kepercayaan dan akuntabilitas yang tinggi kepada publik dan pemangku kepentingan lainnya. Berikut adalah struktur organisasi Swiss National Bank:

1. Dewan Bank (Bank Council)

Dewan Bank bertindak sebagai badan pengawas SNB. Ini bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian kegiatan bank. Dewan Bank terdiri dari anggota yang dipilih oleh Pemerintah Federal dan pemegang saham.

2. Direktorat Umum (Governing Board)

Direktorat Umum adalah bagian dari eksekutif bank dan bertanggung jawab atas operasi sehari-hari. Ini terdiri dari beberapa anggota, termasuk Ketua dan Wakil Ketua, yang bertanggung jawab atas pengelolaan moneter, operasi pasar, dan manajemen risiko.

3. Departemen

Swiss National Bank terdiri dari beberapa departemen yang masing-masing memiliki tanggung jawab khusus:

  • Departemen I: Terletak di Zurich dan bertanggung jawab atas operasi keuangan internasional, hubungan perbankan, penelitian, dan studi-studi kebijakan moneter.
  • Departemen II: Terletak di Bern dan mengurus operasi keuangan domestik, termasuk pencetakan uang kertas, penerbitan koin, dan manajemen cadangan emas.
  • Departemen III: Fokus pada manajemen risiko, kepatuhan, dan tugas-tugas administratif.

4. Kantor-kantor Cabang

SNB memiliki beberapa kantor cabang di seluruh Swiss yang membantu dalam distribusi uang kertas dan koin, serta memberikan layanan kepada bank-bank komersial di wilayahnya.

5. Auditor Eksternal

Sebagai lembaga yang sangat penting dalam ekonomi Swiss, SNB diharuskan untuk diaudit oleh auditor eksternal yang memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan praktik keuangan yang baik.

6. Pemegang Saham

Berbeda dengan banyak bank sentral, SNB adalah lembaga yang dimiliki sebagian oleh pemegang saham swasta. Meskipun pemerintah memiliki pengaruh yang signifikan, pemegang saham juga memiliki peran dalam struktur organisasi melalui partisipasi mereka dalam Rapat Umum Pemegang Saham.

fungsi utama Swiss National Bank

Apa Saja Fungsi Utama SNB?

Sobat Trader, SNB ini punya tiga fungsi utama yang harus kamu tahu, yaitu kebijakan moneter, stabilitas keuangan, dan manajemen cadangan devisa. Swiss National Bank (SNB), sebagai bank sentral Republik Swiss, memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam menjaga stabilitas ekonomi negara dan sistem keuangan. Berikut adalah fungsi utama dari Swiss National Bank:

1. Kebijakan Moneter

Salah satu fungsi kunci SNB adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter. Tujuannya adalah untuk mencapai stabilitas harga dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. SNB menggunakan berbagai instrumen, seperti suku bunga dan operasi pasar terbuka, untuk mengendalikan jumlah uang beredar dan tingkat inflasi.

2. Penerbitan Mata Uang

SNB bertanggung jawab atas penerbitan dan distribusi uang kertas dan koin Franc Swiss. Ini termasuk merancang, mencetak, dan memastikan keamanan uang kertas, serta mengeluarkan koin.

3. Stabilitas Keuangan

SNB memainkan peran penting dalam menjaga stabilitas sistem keuangan Swiss. Ini melibatkan pengawasan bank-bank komersial, mengelola risiko sistemik, dan bertindak sebagai 'lender of last resort' dalam situasi krisis dengan menyediakan likuiditas kepada bank-bank yang membutuhkan.

4. Manajemen Cadangan Devisa

SNB bertugas mengelola cadangan devisa negara, yang terdiri dari mata uang asing, emas, dan aset keuangan lainnya. Manajemen ini penting untuk mendukung nilai tukar Franc Swiss dan memastikan bahwa negara memiliki likuiditas yang cukup untuk memenuhi kewajiban internasionalnya.

5. Clearing dan Penyelesaian Pembayaran

SNB juga terlibat dalam sistem pembayaran nasional, memfasilitasi kliring dan penyelesaian transaksi keuangan antara bank-bank dan institusi keuangan lainnya.

6. Pengumpulan Data dan Riset Ekonomi

Sebagai bagian dari peranannya, SNB secara berkala mengumpulkan data statistik mengenai ekonomi dan sistem keuangan, dan melakukan riset tentang isu-isu ekonomi dan moneter yang relevan. SNB juga mempublikasikan laporan dan analisis tentang kondisi ekonomi dan kebijakan moneter.

7. Representasi Internasional

SNB mewakili kepentingan Swiss di forum internasional seperti Bank for International Settlements (BIS), Dana Moneter Internasional (IMF), dan organisasi keuangan internasional lainnya.

8. Dukungan Terhadap Kebijakan Ekonomi Pemerintah

Meskipun independen, SNB bekerja dalam koordinasi dengan pemerintah Swiss dan mendukung kebijakan ekonomi pemerintah sesuai dengan mandatnya untuk menjaga stabilitas harga. Dalam menjalankan fungsi-fungsi ini, Swiss National Bank beroperasi dengan mandat untuk melayani kepentingan ekonomi keseluruhan negara Swiss.

Kebijakan moneter Swiss National Bank

Kebijakan Moneter dan Implikasinya

SNB menggunakan beberapa instrumen dalam kebijakan moneter, seperti suku bunga, operasi pasar terbuka, dan intervensi valuta asing. Kamu harus tahu nih, bahwa kebijakan moneter yang diambil oleh bank sentral sangat mempengaruhi kondisi ekonomi negara.

Kebijakan moneter dari Swiss National Bank tidak hanya berdampak pada ekonomi domestik tapi juga hubungan ekonomi internasional. Misalnya, ketika SNB menurunkan suku bunga, ini bisa mempengaruhi nilai tukar Franc Swiss.

Manajemen Cadangan Devisa

Sobat Trader, cadangan devisa adalah salah satu aspek penting yang harus dijaga oleh bank sentral. Ini digunakan untuk memastikan bahwa negara memiliki cukup cadangan mata uang asing untuk kebutuhan perdagangan internasional.

Bagaimana SNB Mengelola Cadangan Devisa? SNB memanfaatkan berbagai aset dalam mengelola cadangan devisa, seperti obligasi pemerintah dan emas. Tujuannya adalah untuk memastikan keberlangsungan ekonomi negara dalam jangka panjang.

coba trading menggunakan leverage ideal di akun demo HSB

Mengapa SNB Penting bagi Swiss dan Dunia?

Swiss National Bank bukan hanya sekedar bank, Sobat Trader. Ini adalah institusi yang menjaga keseimbangan ekonomi Swiss dan memiliki dampak luas terhadap ekonomi global. Kamu bisa menggunakan informasi-informasi fundamental dari kebijakan dan rilis ekonomi Swiss National Bank sebagai bahan pengambilan keputusan trading mata uang forex.

Setelah memahami peran penting Swiss National Bank di Alpen, kini saatnya Sobat Trader untuk merenung tentang bagaimana pengetahuan tersebut dapat memberikan dampak pada aktivitas tradingmu. Untuk menjadi trader yang lebih berkualitas, sangat dianjurkan untuk mengasah kemampuan trading.

Salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB. Melalui akun demo ini, kamu dapat menguji strategi, mengembangkan keterampilan, dan melibatkan diri dalam praktik trading tanpa harus menghadapi risiko finansial, karena HSB menyediakan dana virtual hingga $100,000 secara gratis.

Mudah untuk memulai perjalanan tradingmu dengan mengakses akun demo melalui aplikasi trading HSB. Jangan ragu, karena HSB telah teregulasi oleh Bappebti, memberikan keamanan dan integritas transaksi trading yang dapat diandalkan. Penghargaan sebagai "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" oleh ICDX semakin memperkuat reputasi HSB dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya.

Mari segera membuka pintu menuju peluang trading sejati, Sobat Trader! Buka akun trading HSB dengan mengikuti empat langkah sederhana yang telah dijelaskan sebelumnya. HSB juga menawarkan berbagai promo trading yang dapat meningkatkan peluang profitmu. Bergabunglah sebagai nasabah HSB Investai dan mari bersama-sama menggapai sukses di pasar finansial global!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik