Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
10 Keuntungan Jangka Panjang Menabung Kemilau Emas

Sobat Trader, menabung emas bukan hanya tentang memiliki aset berharga, tapi juga tentang meraih keuntungan jangka panjang yang signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas sepuluh keuntungan jangka panjang yang bisa kamu dapatkan dengan menabung emas. 

Dari proteksi terhadap inflasi hingga diversifikasi portofolio, setiap keuntungan akan membantu kamu memahami mengapa menabung emas bisa menjadi pilihan investasi yang cerdas dan menguntungkan. Mari kita telusuri bersama dan temukan potensi keemasan dalam menabung emas untuk masa depan finansial yang lebih cerah!

emas menyimpan nilai

1. Penyimpan nilai

Emas secara historis telah digunakan sebagai penyimpan nilai, yang berarti itu adalah aset jangka panjang yang mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu. Hal ini disebabkan fakta bahwa emas adalah sumber daya langka dan terbatas yang tidak dapat diproduksi atau ditiru dengan mudah. 

Tidak seperti mata uang kertas atau bentuk uang fiat lainnya, emas tidak dapat dicetak atau dibuat sesuka hati, yang berarti pasokannya relatif stabil. Karena persediaan yang terbatas ini, emas mempertahankan nilainya dari waktu ke waktu dan dianggap sebagai investasi yang aman selama masa ketidakpastian ekonomi.

Misalnya, selama masa inflasi, ketika nilai mata uang kertas menurun, nilai emas biasanya meningkat. Ini karena emas memiliki pasokan tetap, dan nilainya tidak terikat pada satu mata uang atau negara mana pun.

Secara keseluruhan, pasokan emas yang terbatas, nilai historis, dan sifat nyata membuatnya menjadi penyimpan nilai yang andal yang dapat melindungi investor dari inflasi dan ketidakstabilan ekonomi.

2. Lindung Nilai terhadap Fluktuasi Mata Uang

Emas dapat menjadi lindung nilai terhadap fluktuasi mata uang karena tidak terikat pada satu mata uang atau negara manapun. Sebaliknya, emas adalah komoditas yang diakui secara global yang dapat dibeli dan dijual di sebagian besar negara di dunia. Akibatnya, nilai emas cenderung bergerak secara independen dari nilai mata uang mana pun.

Selama masa fluktuasi mata uang, emas dapat berfungsi sebagai aset safe haven bagi investor. Misalnya, jika seorang investor mengkhawatirkan penurunan nilai mata uang lokalnya, mereka dapat memilih untuk berinvestasi dalam emas sebagai cara untuk melindungi daya beli mereka. 

Ini karena nilai emas cenderung meningkat selama masa devaluasi mata uang atau inflasi, memberikan lindung nilai terhadap fluktuasi mata uang. Selain itu, emas juga dapat digunakan sebagai lindung nilai terhadap risiko nilai tukar mata uang. 

Baca Juga:  Kelebihan dan Risiko Utama Trading Emas Derivatif

Misalnya, jika seorang investor memegang mata uang asing yang mereka yakini dapat menurun nilainya, mereka dapat memilih untuk berinvestasi dalam emas sebagai cara untuk melindungi dari risiko ini.

Dengan mendiversifikasi portofolio mereka dengan emas, investor dapat mengurangi risiko mata uang dan melindungi investasi mereka dari fluktuasi nilai mata uang lokal mereka.

diversifikasi portofolio dengan emas

3. Diversifikasi Portofolio

Emas dapat digunakan sebagai sarana diversifikasi portofolio investasi karena memiliki korelasi yang rendah dengan kelas aset lainnya seperti saham, obligasi, dan real estate. Artinya, harga emas cenderung tidak bergerak ke arah yang sama dengan kelas aset lainnya.

Dengan menambahkan emas ke portofolio investasi yang terdiversifikasi, investor dapat mengurangi keseluruhan risiko portofolio dan meningkatkan potensi keuntungan jangka panjang. 

Selama masa volatilitas pasar, emas dapat memberikan sumber pengembalian yang stabil dan andal, karena nilainya cenderung meningkat ketika kelas aset lainnya mengalami kerugian.

Selain itu, emas juga dapat memberikan lindung nilai terhadap inflasi, yang merupakan risiko yang memengaruhi banyak kelas aset lainnya. Pada masa inflasi, nilai saham dan obligasi bisa turun, sedangkan nilai emas cenderung naik. 

Dengan menambahkan emas ke portofolio yang terdiversifikasi, investor dapat mengurangi risiko inflasi dan melindungi daya beli mereka.

4. Likuiditas

Menabung emas dapat memberikan manfaat likuiditas, karena emas adalah komoditas yang diakui secara global dan diperdagangkan secara luas yang dapat dengan mudah dikonversi menjadi uang tunai. Meskipun emas sering dianggap sebagai investasi jangka panjang, emas juga dapat memberikan likuiditas jangka pendek saat dibutuhkan.

Salah satu cara untuk mengakses manfaat menabung emas dalam bentuk likuiditas adalah melalui pembelian koin atau emas batangan, yang dapat dijual relatif cepat ke dealer emas atau investor lain. 

Selain itu, ada sejumlah platform dan pasar online yang memungkinkan investor untuk membeli dan menjual emas secara real-time, memberikan tingkat likuiditas yang tinggi. Selain itu, emas juga dapat digunakan sebagai agunan untuk pinjaman atau transaksi keuangan lainnya, memberikan manfaat likuiditas tambahan. 

Misalnya, jika seorang investor memiliki sejumlah besar emas, mereka mungkin dapat menggunakannya sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lainnya.

sebagai aset safehaven, tentunya emas bisa menjadi peluang trading yang bagus

5. Safe Haven

Salah satu manfaat menabung emas yang paling terkenal adalah status safe haven-nya. Selama masa ketidakpastian ekonomi atau gejolak pasar, emas secara historis menjadi aset andal yang digunakan investor untuk perlindungan.

Baca Juga:  Penting! Wajib Planning Harga Saat Trading Emas

Manfaat safe haven emas berasal dari sejarah panjangnya sebagai penyimpan nilai dan alat tukar. Tidak seperti mata uang kertas, yang dapat mengalami inflasi atau kehilangan nilai karena kebijakan pemerintah, emas mempertahankan daya belinya dari waktu ke waktu. 

Ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi investor yang ingin melindungi kekayaan mereka selama masa ketidakpastian ekonomi. Selain itu, status safe haven emas juga karena kemampuannya memberikan manfaat diversifikasi portofolio. 

Sebagai komoditas dengan korelasi rendah dengan kelas aset lain seperti saham dan obligasi, emas dapat membantu mengurangi keseluruhan risiko portofolio dan memberikan lindung nilai terhadap volatilitas pasar.

Selama masa krisis, seperti krisis keuangan tahun 2008 atau pandemi COVID-19, emas terbukti menjadi aset safe haven yang dapat diandalkan. Karena investor berusaha melindungi kekayaan mereka dan mengurangi risiko portofolio, permintaan emas biasanya meningkat, menaikkan harga logam mulia.

Secara keseluruhan, manfaat safe haven emas menjadikannya pilihan investasi yang menarik bagi investor yang ingin melindungi kekayaan mereka dan mengurangi risiko portofolio selama masa ketidakpastian ekonomi atau volatilitas pasar.

6. Banyak Pilihan untuk Dipilih

Menabung emas tidak harus fisik. Kamu juga dapat memilih untuk menabung dalam emas secara online. Selain pilihan investasi fisik dan virtual, ada beberapa bentuk aset lain untuk menabung emas.

Ketika kamu berencana untuk menabung emas dalam bentuk fisik, pilihannya berkisar dari perhiasan dan koin hingga batangan. Jika kamu ingin menabung emas secara online, pilihanmu adalah emas digital, ETF Emas, Reksa Dana Emas, dan trading komoditi emas.

emas safe haven

7. Aset yang Mudah Dicairkan

Emas adalah salah satu aset yang paling likuid. Kamu dapat dengan mudah menjual emas di pasar global kapan saja, memberikan fleksibilitas finansial yang tinggi.

8. Aset yang Bebas Risiko Kredit

Emas tidak memiliki risiko kredit atau pihak lawan. Tidak seperti obligasi atau saham, emas tidak bergantung pada kinerja entitas tertentu, sehingga aman dari risiko kebangkrutan.

9. Perlindungan Terhadap Ketidakstabilan Geopolitik

Ketidakstabilan geopolitik, seperti konflik antar negara, ketegangan politik, atau perang, seringkali mengakibatkan ketidakpastian ekonomi. Dalam situasi-situasi seperti ini, emas telah terbukti sebagai aset yang relatif stabil dan aman. Konflik geopolitik sering kali menyebabkan inflasi atau hiperinflasi karena gangguan pada rantai pasokan dan ekonomi global. Emas memiliki reputasi sebagai lindung nilai terhadap inflasi, menjaga daya beli investor selama masa krisis.

Baca Juga:  Simak Produksi Emas Amerika Serikat. Jadi Momen?

10. Anonimitas dan Privasi

Emas dapat dibeli dan disimpan tanpa memerlukan banyak informasi pribadi atau pengungkapan identitas. Berbeda dengan investasi lain seperti saham atau obligasi yang biasanya memerlukan pembukaan akun dan pengungkapan informasi pribadi, pembelian emas fisik sering kali bisa dilakukan secara anonim.

Selain anonimitas, menabung dengan emas juga memberikan tingkat privasi yang tinggi. Beberapa alasan mengapa emas bisa melindungi privasimu antara lain:

  • Tidak Tercatat di Lembaga Keuangan: Investasi seperti saham dan obligasi biasanya dicatat dalam rekening di lembaga keuangan, yang berarti informasi tentang kepemilikanmu dapat diakses oleh pihak ketiga. Sebaliknya, emas fisik yang kamu simpan sendiri tidak tercatat di bank atau lembaga keuangan lainnya.
  • Minim Persyaratan Regulasi: Pembelian dan kepemilikan emas fisik umumnya tidak memerlukan laporan kepada otoritas keuangan, berbeda dengan transaksi keuangan lain yang sering kali diawasi ketat oleh regulator. Ini memberikan tingkat kebebasan dan privasi lebih bagi investor.

Trading Emas di Pasar Real-Time Tanpa Risiko!

Menabung emas tidak hanya sekadar keputusan bijak untuk meraih kekayaan jangka panjang, tetapi juga sebuah langkah strategis untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Sebagai investor yang ingin memanfaatkan potensi emas, kesiapan dalam mengelola aset ini menjadi kunci kesuksesan. 

Salah satu langkah yang tak kalah penting adalah meningkatkan kemampuan trading tanpa risiko. Dalam hal ini, akun demo trading HSB menjadi sahabat terpercaya. Dengan dana virtual hingga $100,000, Sobat Trader dapat menjalani latihan, menguji strategi, dan memperdalam pemahaman terhadap pasar emas tanpa perlu khawatir akan kehilangan uang sungguhan. 

Dan ketika saatnya tiba, kamu dapat dengan percaya diri membuka akun trading live HSB. Dengan proses yang mudah, termasuk melengkapi dokumen identitas diri, verifikasi data KYC, dan mentransfer dana deposit hanya ke rekening segregasi resmi HSB Investasi, Sobat Trader siap untuk memulai perjalanan trading dengan keyakinan penuh. 

Dukungan dari regulasi resmi oleh BAPPEBTI menambah kepercayaan, sementara berbagai promo trading menarik dari HSB akan membantu memaksimalkan potensi profit Sobat Trader. Mari bersama-sama menjadikan investasi emas sebagai pilar strategi keuangan yang cerdas, efektif, dan menguntungkan, dengan dukungan penuh dari HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik