Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Logam Mulia VS Emas, Apa Bedanya?

Sobat Trader, ketika membahas tentang investasi logam, seringkali kita mendengar istilah "emas" dan "logam mulia" digunakan secara bergantian. Namun, tahukah kamu bahwa keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan? Dalam artikel ini, kita akan menguraikan perbedaan antara logam mulia dan emas, dari sifat fisik hingga kegunaannya dalam investasi. 

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik masing-masing, kamu akan dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan terinformasi. Jadi, mari kita jelajahi bersama apa yang membedakan logam mulia dari emas, dan mana yang lebih cocok untuk strategi investasi Sobat Trader!

1. Perbedaan Kualitas dan Penggunaan

Sobat Trader, saat berbicara tentang logam mulia, sering kali terjadi kebingungan antara emas dan logam mulia lainnya seperti perak, platinum, dan paladium. Salah satu perbedaan mendasar adalah dalam kualitas dan penggunaannya. Emas sering kali dianggap sebagai standar de facto dalam investasi logam mulia karena stabilitasnya dan peran historisnya sebagai mata uang alternatif. 

Emas memiliki keunikan dalam kegunaannya sebagai aset lindung nilai dan investasi jangka panjang, sementara logam mulia lainnya seperti perak memiliki aplikasi industri yang lebih luas, termasuk dalam elektronik dan fotografi. Oleh karena itu, pemahaman akan perbedaan kualitas dan penggunaan masing-masing logam mulia menjadi krusial bagi trader pemula dalam memutuskan investasi mereka.

faktor yang memengaruhi emas dan logam mulia

2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga

Ketika membahas perbedaan antara logam mulia dan emas, tidak bisa dilewatkan untuk memperhatikan faktor-faktor yang memengaruhi harga keduanya. Faktor-faktor seperti permintaan industri, stabilitas ekonomi global, dan kebijakan moneter dari bank sentral dapat memiliki dampak yang signifikan pada harga logam mulia. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa setiap logam mulia memiliki dinamika pasar yang berbeda, dengan faktor-faktor tertentu yang lebih dominan dalam menentukan harga. Sebagai contoh, harga emas sering kali dipengaruhi oleh ketidakpastian politik dan ekonomi global, sementara harga perak lebih rentan terhadap perubahan dalam permintaan industri. 

Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi harga logam mulia, Sobat Trader dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan mengelola risiko dengan lebih baik.

Baca Juga:  Mengenal COMEX Bursa Emas Amerika, Penentu Harga?

3. Potensi Pertumbuhan Investasi

Sobat Trader, dalam mengeksplorasi perbedaan antara logam mulia dan emas, penting untuk mempertimbangkan potensi pertumbuhan investasi dari masing-masing. Meskipun emas sering dianggap sebagai pilihan yang relatif stabil dan aman dalam investasi jangka panjang, logam mulia lainnya seperti platinum dan paladium dapat menawarkan potensi keuntungan yang lebih tinggi dalam periode waktu tertentu. 

Misalnya, dalam beberapa tahun terakhir, paladium telah menunjukkan kinerja yang sangat kuat karena permintaan industri yang meningkat, terutama dalam sektor otomotif. Memahami potensi pertumbuhan investasi dari masing-masing logam mulia dapat membantu Sobat Trader dalam merencanakan strategi investasi mereka dengan lebih baik.

4. Faktor-Faktor Risiko yang Terkait

Dalam mempertimbangkan perbedaan antara logam mulia dan emas, Sobat Trader perlu memahami faktor-faktor risiko yang terkait dengan investasi mereka. Meskipun emas sering dianggap sebagai aset lindung nilai yang relatif stabil, fluktuasi harga tetap merupakan risiko yang perlu diperhitungkan. 

Di sisi lain, logam mulia lainnya seperti platinum dan paladium dapat lebih rentan terhadap volatilitas pasar karena ketergantungan mereka pada sektor industri tertentu. Selain itu, faktor-faktor seperti perubahan regulasi, kondisi ekonomi global, dan ketidakpastian politik juga dapat memengaruhi harga logam mulia secara signifikan. 

Dengan menyadari faktor-faktor risiko yang terkait dengan investasi dalam logam mulia, Sobat Trader dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi portofolio mereka dan mengoptimalkan potensi keuntungan jangka panjang.

bentuk logam mulia dan emas

5. Bentuk Logam Mulia dan Emas

Emas yang dikenal oleh kalangan masyarakat terdiri dari dua bentuk, yaitu emas batangan dan emas perhiasan. Logam mulia dan emas sebetulnya sama, akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan antara keduanya berbeda. 

Dilihat dari bentuknya, emas perhiasan memiliki bentuk yang beragam mulai dari anting, cincin, gelang, dan kalung untuk dijadikan sebagai aksesoris. Sedangkan logam mulia biasanya hanya berbentuk batangan, koin atau kepingan dan dijadikan sebagai investasi bukan aksesoris.

6. Kadar Kemurnian

Logam mulia dan emas batangan apakah sama? Dilihat dari kadar kemurnian antara emas perhiasan dan logam mulia juga memiliki perbedaan. Emas perhiasan biasanya hanya memiliki kadar 22 karat atau kemurniannya hanya sekitar 91 %. Sedangkan emas batangan memiliki kadar kemurnian 99,99%, sehingga cocok untuk investasi. 

Baca Juga:  Ternyata Ini Peran Emas Sebelum dan Sesudah Bretton Woods

Biaya pembuatan antara logam mulia dan emas juga berbeda. Jika emas perhiasan dikenakan biaya proses pembuatannya sampai 10 % hingga 20%, maka logam mulia atau emas batangan tidak ada biaya pembuatan.

Nilai jual antara keduanya pun memiliki perbedaan. Ketika emas perhiasan dijual akan dikenai biaya ongkos yang mencapai 25%, sedangkan emas batangan atau logam mulia tidak dikenakan biaya ongkos tersebut.

7. Harga Pembelian

Pertama-tama, harga pembelian merupakan perbedaan biaya yang paling terlihat bagi para investor. Emas biasanya memiliki harga pembelian yang lebih tinggi dibandingkan dengan logam mulia lainnya seperti perak atau platinum. 

Hal ini disebabkan oleh status emas sebagai aset lindung nilai yang sangat dihargai dan diminta secara luas di pasar global. Logam mulia lainnya mungkin memiliki harga yang lebih rendah untuk pembelian awal karena permintaan yang relatif lebih rendah atau karena aplikasi industri yang lebih spesifik.

Perbedaan harga logam mulia dan emas

8. Biaya Penyimpanan dan Asuransi

Biaya penyimpanan dan asuransi juga bisa menjadi perbedaan signifikan antara emas dan logam mulia lainnya. Karena emas memiliki nilai intrinsik yang tinggi dan cenderung dicari sebagai aset lindung nilai, biaya penyimpanan dan asuransi bisa lebih tinggi. Sementara itu, logam mulia lainnya mungkin memiliki biaya penyimpanan yang lebih rendah karena permintaan dan nilai intrinsiknya yang lebih rendah.

9. Biaya Produksi dan Distribusi

Biaya produksi dan distribusi juga dapat memengaruhi perbedaan biaya antara emas dan logam mulia lainnya. Logam mulia seperti platinum atau paladium sering digunakan dalam industri otomotif atau teknologi, sehingga biaya produksi dan distribusinya bisa berbeda dengan emas yang lebih sering digunakan sebagai aset finansial. 

Faktor-faktor seperti proses penambangan, rintangan lingkungan, dan ketersediaan juga dapat memengaruhi biaya produksi dan distribusi.

Mana yang Lebih Baik untuk Investasi, Emas Atau Logam Mulia?

Dalam dunia investasi, emas seolah menjadi primadona tersendiri bagi para investor, sehingga sepanjang tahun tidak pernah sepi peminat. Emas dan logam mulia memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Pemilihan jenis emas juga dapat memengaruhi nilai investasi di kemudian hari. Kamu bisa memilih jenis emas sesuai dengan tujuan investasi yang akan kamu lakukan.

Baca Juga:  Ketahui Apa Saja Wilayah Pasar Trading Emas

Emas perhiasan dan logam mulia memiliki perbedaan yang rinci, maka kamu dapat mempertimbangkannya sendiri. Jika kamu memiliki dana yang besar dan mempunyai tujuan investasi jangka panjang, kamu bisa pilih logam mulia. Namun, jika kamu juga ingin mempunyai aksesoris, maka emas perhiasan bisa dijadikan sebagai pilihan.

daripada bingung untuk memulai trading emas, lebih baik coba dulu akun demo HSB investasi

Trading Emas XAU Tanpa Risiko

Dalam memahami perbedaan antara logam mulia dan emas, kita dapat melihat bagaimana kedua aset ini memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda dalam pasar keuangan. Jika melihat dari sisi sifatnya, emas merupakan salah satu logam yang tidak bisa teroksidasi, sehingga disebut sebagai logam mulia.

Namun, untuk menjadi trader yang sukses dalam memperdagangkan aset-aset ini, penting bagi Sobat Trader untuk mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu langkah yang sangat penting adalah mengasah kemampuan trading tanpa risiko. Akun demo trading HSB adalah alat yang sempurna untuk tujuan ini. Di sini, Sobat Trader dapat menggunakan dana virtual hingga $100,000 secara gratis untuk berlatih, menguji strategi, dan meningkatkan pemahaman tentang pasar logam mulia dan emas tanpa risiko kehilangan uang sungguhan. 

Ketika Sobat Trader merasa yakin dan siap untuk bertrading secara live, kamu bisa membuka akun trading live HSB. Dengan melengkapi dokumen identitas diri, melakukan verifikasi data KYC, dan mentransfer dana deposit trading hanya ke rekening segregasi resmi HSB Investasi, Sobat Trader dapat memulai perjalanan trading mereka dengan percaya diri. 

HSB telah teregulasi resmi oleh BAPPEBTI, sehingga Sobat Trader dapat bertrading dengan keyakinan penuh. Jangan lewatkan pula berbagai promo trading menarik yang disediakan oleh HSB untuk membantu memaksimalkan potensi profit. Siapkan dirimu untuk menjadi trader yang sukses bersama HSB!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik