Home Emas Mengenal Logam Mulia Perak

Mengenal Logam Mulia Perak

by HSB
0 comment

Perak mungkin tidak sepopuler emas, tetapi perak adalah salah satu logam mulia yang paling berguna di dunia. Mulai dari elektronik, obat-obatan, mobil, perhiasan, peralatan makan, hingga portofolio investasi logam mulia—perak dapat ditemukan hampir di mana-mana.

Jadi, apa sebenarnya perak itu? Untuk mengetahui lebih dalam mengenai logam mulia perak ini, mari simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Perak?

apa itu perak

Logam putih berkilau dan lunak, perak adalah salah satu unsur penyusun Bumi. Perak ditemukan di alam sebagai logam unsur dan dikombinasikan dengan unsur alam lainnya seperti sulfida, klorida, dan nitrat.

Perak murni memiliki warna putih keabu-abuan metalik yang cerah; perak nitrat dan perak klorida berwarna putih bubuk, sedangkan perak sulfida dan perak oksida berwarna abu-abu tua hingga hitam.

Perak stabil di udara dan air murni, meski cepat ternodai saat terkena udara yang mengandung kadar ozon, hidrogen sulfida, atau belerang yang tinggi. Namun, noda dapat dengan mudah dihilangkan, dan tidak merusak logam seperti proses oksidasi karat menghancurkan besi.

Fakta bahwa perak tahan terhadap berbagai unsur membantu mendefinisikannya sebagai logam mulia. Perak adalah logam langka yang telah lama dihargai karena keserbagunaannya.

Apa Karakteristik Perak?

karakteristik perak

Bersama dengan emas dan logam golongan platina, perak merupakan anggota kelompok logam mulia. Karena kelangkaannya, warna putih cemerlang, kelenturan, keuletan, dan ketahanan terhadap oksidasi atmosfer, perak telah lama digunakan dalam pembuatan koin, ornamen, dan perhiasan.

Perak memiliki konduktivitas listrik dan termal tertinggi dari semua logam. Oleh sebab itu, mereka biasanya digunakan dalam pembuatan sirkuit listrik dan sebagai pelapis endapan uap untuk konduktor elektronik; itu juga dicampur dengan unsur-unsur seperti nikel atau paladium untuk digunakan dalam kontak listrik.

Perak juga digunakan sebagai katalis karena kemampuannya yang unik untuk mengubah etilen menjadi etilen oksida, yang merupakan pendahulu dari banyak senyawa organik. Perak adalah salah satu unsur transisi yang paling mulia—yaitu, paling tidak reaktif secara kimia.

Jenis-jenis Perak

jenis perak

Berikut adalah ikhtisar berbagai jenis perak yang biasanya digunakan dalam pembuatan perhiasan.

  • Fine Silver – (Kemurnian 99,9%)

Perak jenis ini paling murni di pasaran. Teksturnya sangat lembut, mudah ditempa, dan disolder dengan noda minimal.

  • Britannia silver – (Kemurnian 95,8%)

Sedikit lebih lembut dari sterling silver, Britannia silver dicampur dengan 4,2% tembaga dan sering digunakan untuk koin perak. Ketahanan dan harga Sterling Silver telah membuat Britannia Silver menjadi pilihan yang kurang populer bagi pembuat perhiasan dan perak saat ini.

  • Sterling silver – (Kemurnian 92,5%)

Jenis perak paling populer yang dijual untuk keperluan perhiasan. Sterling silver dicampur dengan tembaga 7,5% untuk memberikan kekuatan dan daya tahan, serta memiliki warna dan kualitas yang paling kita kenal.

  • Argentium silver – (93,5% murni)

Dicampur dengan germanium untuk meningkatkan ketahanan terhadap noda dan hasil akhir yang lebih putih, serupa dengan fine silver. Ini juga memiliki daya tahan dan kekuatan yang besar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Trading Emas Tanpa Loss

Apa Kegunaan Perak?

kegunaan perak

Sebagai salah satu logam paling berguna dalam sejarah manusia dan di dunia, ada banyak penggunaan perak yang membuat permintaannya tetap tinggi. Dengan berbagai kegunaannya yang mengesankan dan permintaannya yang terus tumbuh ini, harga perak pun diperkirakan akan naik sebagai akibatnya.

Sementara itu, seiring kemajuan ilmu pengetahuan, penggunaan perak menjadi jauh lebih bervariasi. Di bawah ini adalah beberapa kegunaan perak.

  • Komponen Elektronik

Salah satu hal utama yang menggunakan perak adalah komponen elektronik. Adapun jumlah aplikasi untuk perak di antara elektronik terlalu banyak untuk dicantumkan. Sebagai konduktor listrik terbaik, perak digunakan di hampir semua benda listrik.

Ini digunakan di papan sirkuit, menyediakan konektor hebat yang bisa sangat tipis, dan tidak akan menimbulkan korosi seiring waktu. Sakelar, misalnya, seringkali berupa pelat perak tipis dan untuk sakelar daya atau lampu, perak memastikan konektor berfungsi.

Ponsel yang kita gunakan secara teratur juga diisi dengan perak.

  • Mata Uang

Secara historis, perak telah ditambang selama ribuan tahun dan telah menjadi pilihan populer untuk mengedarkan mata uang. Emas secara tradisional digunakan untuk koin bernilai tinggi, dengan nilai perak yang lebih rendah cocok untuk denominasi yang lebih kecil.

  • Perhiasan

Salah satu kegunaan tertua untuk perak adalah perhiasan dan barang-barang dekoratif. Cincin, kalung, gelang; manusia telah menghiasi diri mereka dengan perak selama ribuan tahun.

Perak juga menjadi patokan dalam fine dining selama berabad-abad. Kualitas tinggi, tetapi biaya lebih rendah menjadikannya pilihan ideal untuk peralatan makan mewah daripada emas.

  • Perak batangan

Koin dan batangan perak masih diproduksi secara teratur oleh penyuling dan pencetak uang logam secara global. Investor yang ingin melindungi kekayaan mereka, dan berpotensi menghasilkan uang, menghargai perak sebagai investasi yang aman dengan biaya masuk yang lebih rendah dibandingkan logam mulia lainnya.

  • Cermin

Perak memiliki reflektifitas cahaya yang sangat tinggi saat dipoles, membuatnya berguna untuk cermin dan produk terkait. Panel kaca yang digunakan pada cermin dilapisi dengan lapisan tipis perak untuk memberikan reflektifitas yang diinginkan.

Jendela juga dilapisi dengan perak untuk memantulkan sinar matahari, melindungi bagian dalamnya dari sebagian sinar UV matahari.

  • Kamera

Kamera analog yang lebih tua sering menggunakan warna perak pada lensanya; reaktivitas perak sempurna untuk sifat fotografi yang sensitif terhadap cahaya.

Film yang digunakan dalam kamera ini juga diolah dengan larutan berbasis perak, sehingga meninggalkan gambar setelahnya yang siap untuk dikembangkan setelah terkena cahaya.

  • Energi

Saat dunia ingin memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki untuk energi berkelanjutan, perak telah melihat permintaan yang meningkat untuk digunakan dalam sel fotovoltaik di panel surya.

Dengan pemerintah di seluruh dunia menyatakan keadaan darurat iklim, dan menetapkan target untuk mengurangi emisi karbon, industri energi surya akan tumbuh pesat selama beberapa tahun mendatang.

Bahkan energi nuklir menggunakan perak; kendali yang digunakan untuk mengatur reaksi fisi di pembangkit listrik tenaga nuklir biasanya terbuat dari paduan yang mengandung 80% perak.

  • Mesin

Perak – memainkan peran kunci dalam banyak mesin; dari mobil, hingga mesin jet di pesawat. Dengan titik lebur yang tinggi, perak dapat menahan suhu tinggi yang dihasilkan oleh gesekan mesin yang intens ini.

  • Obat

Perak tidak beracun bagi manusia, tetapi bersifat antimikroba dan antibakteri, memberikan sejumlah aplikasi medis.

Perak digunakan dalam antiperspiran yang disemprotkan setiap hari untuk menjaga kebersihan, serta digunakan untuk memerangi gelombang bakteri yang kebal terhadap antibiotik tradisional di rumah sakit.

  • Zakat

Perak bersama emas dan logam mulia lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai zakat.

Zakat emas, perak, atau logam mulia lainnya adalah zakat yang dikenakan atas emas, perak, dan logam mulia lainnya yang telah mencapai nisab dan haul. Dalil mengenai kewajiban zakat atas emas atau perak ini tercatat dalam Al-Quran Surat At-Taubah Ayat 34.

Baca Juga: Investasi Emas Digital, Tabungan Aman Untuk Masa Depan

Perak Sebagai Logam Mulia dan Investasi

Perak Sebagai Investasi

Perak telah dianggap sebagai elemen berharga selama 6000 tahun. Ini pertama kali digunakan sebagai mata uang pada 700 SM. dan telah berperan sebagai logam perdagangan di hampir setiap budaya kuno dan modern.

Dari drachma orang Yunani kuno, yang berisi seperdelapan ons perak hingga denarius Romawi dan pound sterling Inggris, yang menetapkan jumlah berat tertentu dari unsur tersebut, perak telah lama memegang tempat khusus sebagai penyimpan nilai.

Saat ini, nilai intrinsiknya tetap ada. Ini telah mendapatkan tempat di portofolio investasi oleh berbagai jenis investor karena alasan itu. Nilai perak telah terbukti sebagai logam mulia dan komoditas yang telah teruji oleh waktu.

Apa Kelebihan Perak Bagi Para Investor?

Kelebihan Perak

Emas dan perak adalah logam “berharga”, yang berarti kemunculannya di kerak bumi jarang terjadi. Namun ketika berbicara tentang berinvestasi dalam emas dan perak, ada enam perbedaan penting yang harus diperhatikan.

Perbedaan ini dapat meningkatkan portofoliomu—atau menjadikanmu korban. Berikut ini lima perbedaan yang perlu diketahui tentang emas dan perak, dengan penekanan khusus pada implikasi investasi.

  • Perak Adalah Aset Aman yang Berwujud

Ini memiliki beragam aplikasi. Perak juga diminati oleh berbagai industri. Faktanya adalah perak dibutuhkan, sedangkan emas diinginkan. Pergeseran paradigma dalam penawaran-permintaan perak ini membuat perak menjadi pilihan utama para investor.

  • Investasi Perak Lebih Murah

Jika kamu adalah investor biasa, ini adalah salah satu aset yang terjangkau, dan dapat dengan mudah memberi kamu perlindungan terhadap krisis keuangan.

  • Investasi Perak Aman

Tidak akan pernah ada waktu di masa depan ketika perak tidak diperlukan. Ini akan digunakan untuk pembuatan barang elektronik, ornamen, dll. Mulai dari orang biasa hingga selebritas, perak selalu diminati. Selain itu, setiap perubahan nilai mata uang akan selalu berdampak sebaliknya pada harga perak.

  • Lebih Terlindungi Terhadap Inflasi

Nilai uang kertas menurun saat terjadi inflasi. Namun, perak, seperti logam mulia lainnya, telah membuktikan dirinya sebagai sesuatu yang berharga sepanjang sejarah, dan itulah alasan mengapa perak dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Tidak diragukan lagi, berinvestasi dalam perak berarti melindungi aset kamu dari ancaman inflasi jangka panjang dan selama masa gejolak ekonomi.

  • Untung Lebih Banyak Selama Keruntuhan Ekonomi

Harga perak bergerak cepat. Faktanya, jika dibandingkan dengan harga emas, secara historis lebih cepat.

Ya, kamu dapat memperkirakan nilai emas akan naik ketika terjadi keruntuhan ekonomi, tetapi perkirakan kenaikan yang lebih tinggi lagi dari perak. Harga emas naik menjadi 2500% selama krisis keuangan tahun 1970-an, lebih rendah dari 3800% perak.

  • Mudah Dijual Kembali

Perak sekarang dimasukkan ke dalam hampir semua produk. Kamu dapat menemukannya di panel surya, baterai, koin, dan bahkan mesin. Ini adalah logam mulia yang cocok digunakan untuk banyak tujuan karena reflektifitas, konduktivitas listrik, dan karakteristik lain yang ada di dalamnya.

Banyak industri terus menggunakannya, membuat permintaan perak tinggi. Orang hanya bisa mengharapkan kebutuhan seperti itu agar logam mulia ini tetap kokoh di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: Mau Belajar Trading Emas Online? Begini Caranya

Itulah informasi seputar apa itu logam mulia perak. Nah, buat kamu yang ingin melakukan investasi dan trading perak, kamu bisa coba dengan broker trading HSB Investasi. Broker trading HSB Investasi menyediakan layanan trading komoditas, seperti emas dan perak.

Jangan tunda lagi, jadilah bagian dari jutaan trader sukses bersama HSB Investasi! Download dan registrasikan akun trading-mu sekarang juga!***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288