Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Helikopter Presiden Iran Kecelakaan, Harga Minyak dan Emas Meroket

Dilansir dari CNBC Indonesia, Harga minyak naik di awal perdagangan hari ini seiring dengan kecelakaan helikopter yang membawa Presiden Iran, Ebrahim Raisi. kecelakaan terjadi saat helikopter itu melintasi daerah pegunungan yang berkabut tebal sore waktu setempat.

Menurut Refinitiv pada Senin (20/5/2024) pukul 09.38 WIB acuan minyak mentah Brent naik 0,3% menjadi US$84,24 per barel. Sementara minyak West Texas Intermediate (WTI) naik 0,2% menjadi YS$80,21 per barel. 

Sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran jatuh pada Minggu (19/5/2024). Nyawa Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian masih belum pasti. Meskipun terdapat ketidakpastian, harga minyak hanya bergerak sedikit.

"Pasar minyak sebagian besar masih terikat pada kisaran ini dan tanpa katalis baru, kita mungkin harus menunggu kejelasan seputar kebijakan produksi OPEC+ untuk keluar dari kisaran ini," kata Warren Patterson, kepala strategi komoditas di ING.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, dijadwalkan bertemu pada 1 Juni 2024.

"Pasar juga tampak semakin kebal terhadap perkembangan geopolitik, kemungkinan karena besarnya kapasitas cadangan yang dimiliki OPEC," kata Patterson.

Pemerintah AS mengambil keuntungan dari penurunan harga minyak baru-baru ini, dengan mengatakan pada akhir pekan lalu bahwa pihaknya telah membeli 3,3 juta barel minyak dengan harga US$79,38 per barel untuk membantu mengisi kembali Cadangan Minyak Strategis setelah penjualan besar-besaran dari persediaan tersebut pada 2022.

Kemudian, inflasi di AS yang mereda juga meningkatkan ekspektasi penurunan suku bunga yang dapat menurunkan nilai dolar dan membuat harga minyak lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Menurut Wang Tao, analis pasar Reuters untuk komoditas dan teknikal energi, secara teknikal harga minyak Brent berpotensi menguji area resisten US$84,31 hingga US$84,40 per barel, penembusan di atasnya dapat menyebabkan kenaikan ke kisaran US$84,95-US$85,88.

Baca Juga:  Harga Emas Dibebani Kekhawatiran Suku Bunga Jelang Rilis NFP

Support terdekat berada di US$83.89, jika terjadi breakdown harga berpotensi turun ke kisaran US$82.51-US$83.44 per barel.

Harga emas mencapai rekor tertinggi di perdagangan Asia pada hari Senin karena meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah mendorong permintaan safe haven, sementara reli yang lebih luas di seluruh pasar logam juga merembet ke logam kuning.

Spot gold naik hampir 1% ke rekor tertinggi $2.440,56 per ons, sementara gold futures yang akan berakhir pada bulan Juni mencapai rekor tertinggi $2.444,55 per ons.

Stabilitas Timur Tengah menjadi fokus setelah kecelakaan helikopter Iran

Laporan-laporan media pada akhir pekan menunjukkan bahwa sebuah helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya jatuh di tengah-tengah kondisi cuaca yang buruk pada hari Minggu.

Upaya penyelamatan sedang dilakukan, tetapi Reuters mengutip para pejabat Iran yang menyatakan bahwa nyawa mereka terancam.

Raisi dipandang sebagai pesaing untuk menjadi pemimpin tertinggi Iran berikutnya, dan juga dianggap sebagai seorang garis keras dalam menindak protes dalam negeri dan menerapkan lebih banyak hukum moralitas.

Harga emas sempat melonjak ke rekor tertinggi di bulan April karena kekhawatiran akan terjadinya perang antara Israel dan Iran, meskipun skenario seperti itu tidak terwujud. Namun, prospek ketidakstabilan lagi di Timur Tengah sekarang tampaknya mendorong logam mulia ini sekali lagi.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik