Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Prediksi Keputusan Suku Bunga FOMC Pada Rilis 13 Juni 2024

FOMC adalah singkatan dari Federal Open Market Committee, yang merupakan rapat yang diadakan oleh petinggi bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Rapat ini diikuti oleh 12 pejabat elit The Fed, termasuk tujuh anggota dewan gubernur The Fed, presiden Federal Reserve Bank of New York, dan empat presiden Federal Reserve Bank negara bagian yang dipilih secara bergilir.

Para pejabat The Fed mengadakan rapat FOMC secara rutin sebanyak delapan kali setahun. Tujuan dari rapat ini adalah untuk menentukan arah kebijakan moneter Amerika Serikat. Selain itu, para pejabat ini dapat mengadakan FOMC tambahan di luar jadwal rutin jika diperlukan.

Rapat FOMC bersifat tertutup untuk publik, sehingga isi pembahasan rapat tersebut sering menjadi bahan spekulasi oleh analis Wall Street. Spekulasi ini biasanya berfokus pada apakah The Fed akan mengetatkan atau melonggarkan suplai Dolar AS melalui mekanisme perubahan suku bunga acuan.

Selama pertemuan, masing-masing pejabat The Fed berdiskusi mengenai kondisi pasar finansial global dan domestik. Mereka juga memberikan pandangan ekonomi masing-masing dan membahas kebijakan moneter yang tepat bagi AS pada saat itu.

Setelah diskusi, beberapa peserta rapat FOMC akan memberikan suara terkait kebijakan moneter yang dianggap paling sesuai dengan kondisi ekonomi AS saat itu.

Meskipun rapat FOMC tertutup, publik tetap bisa mengetahui isi pembahasannya. Biasanya, The Fed akan merilis risalah rapat FOMC (minutes of meeting) beberapa pekan setelah rapat berlangsung.

Fungsi utama FOMC adalah menentukan operasi pasar terbuka (Open Market Operation/OMO), yaitu pembelian dan penjualan sekuritas di pasar terbuka oleh The Fed. Instrumen ini merupakan perangkat moneter utama yang digunakan The Fed dalam menerapkan kebijakan moneter.

Baca Juga:  Ekonomi Jepang Isyaratkan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

Hasil kebijakan penting yang dinantikan dari rapat FOMC adalah perubahan tingkat suku bunga acuan The Fed, yang dikenal sebagai Fed Fund Rate.

Keputusan FOMC tentang suku bunga acuan (Fed Funds Rate) sangat mempengaruhi harga intrsumen keuangan. Kebijakan yang cenderung meningkatkan suku bunga AS dapat membuat instrumen yang berlawanan dengan dolar menjadi kurang menarik 

Dibawah ini, Perkiraan dan Hasil FOMC 3 Bulan Kebelakang:

TanggalAktual RilisPerkiraanSebelumnya
01/02/20245,50%5,50%
02/05/20245,50%5,50%5,50%
13/06/20245,50%5,50%5,50%
21/03/20245,50%5,50%5,50%
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik