Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Ini Beda Harga Langganan Starlink di RI dan Amerika, Beda Jauh!

Dilansir dari CNBC Indonesia, Sejak diluncurkan pertengahan tahun lalu, Starlink mengundang banyak polemik. Termasuk terkait harga langganannya yang tergolong cukup murah.

Harga layanan milik Elon Musk itu dinilai lebih murah daripada yang ditawarkan pemain lokal. Belum lagi tawaran harga promo perangkat yang membuatnya jadi jauh di bawah harga pasar.

Sebagai informasi, layanan Starlink termurah adalah Rp 750 ribu per bulan. Untuk perangkat dijual Rp 7,8 juta dengan harga promo Rp 4,6 jutaan hingga 10 Juni 2024 mendatang.

"Contoh harga lokal yang paling murah untuk VSAT yang unlimited itu Rp 3,5 juta, sedangkan harga Starlink itu Rp 750 ribu. Bisa dihitung berapa kali perbedaan harganya. Harga perangkat paling murah di lokal Rp 9,1 juta, Starlink yang promo 4,6 juta," ungkap Sekjen ASSI Sigit Jatiputro di Gedung KPPU, Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Lantas bagaimana harga Starlink di negara lain?

Starlink diketahui sudah beroperasi di beberapa negara lain. Salah satunya di negara asalnya di Amerika Serrikat (AS).

Di AS, Starlink menawarkan paket langganan yang sama seperti di Indonesia. Di sana, terdapat dua paket yakni Personal dan Business.

Personal terbagi lagi menjadi tiga langganan lain yakni Residential, Roam, dan Boats. Ketiganya menawarkan layanan untuk rumah, travelling atau nomaden, hingga di wilayah maritim.

Harga termurahnya dibanderol US$120 (Rp 1,9 jutaan) per bulan. Sementara perangkat kerasnya senilai US$599 (Rp 9,7 jutaan).

Sementara untuk paket Business, Starlink juga membaginya menjadi tiga langganan. Yakni Fixed Site, Land Mobility, dan Maritime.

Harga termurahnya adalah paket Fixed Site dengan 40GB senilai US$140 (Rp 2,2 jutaan) per bulan. Untuk hardware dibanderol US$2.500 (R0 40,6 jutaan).

Baca Juga:  Debat Pertama Presiden AS Joe Biden-Donald Trump, Ini Aturan Mainya

Sementara di Indonesia paket termurahnya menawarkan hal serupa untuk 40GB. Harganya Rp 1,1 juta per bulan dengan harga perangkat senilai Rp 7,8 jutaan.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik