Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Panduan Penggunaan Data Ekonomi di TradingView Secara Lengkap

Sobat Trader, dalam dunia perdagangan finansial, informasi adalah kunci. Dan salah satu jenis informasi yang sangat penting untuk diperhatikan adalah data ekonomi yang ada di kalender ekonomi. Data ekonomi memberikan gambaran tentang kesehatan ekonomi suatu negara, dan seringkali memiliki dampak langsung pada pergerakan pasar. 

Namun, bagaimana sebenarnya cara menggunakan data ekonomi ini dengan bijak dalam analisis trading kita? Artikel ini akan menjadi panduan lengkap bagi kamu untuk memahami, menginterpretasi, dan menggunakan data ekonomi dengan efektif di platform TradingView. Ayo, mari kita eksplorasi bersama cara menggunakan data ekonomi untuk meningkatkan strategi trading kita!

Apa Itu Data Ekonomi?

Data ekonomi adalah informasi statistik yang menggambarkan kondisi ekonomi suatu negara atau wilayah tertentu. Data ini mencakup berbagai indikator ekonomi, seperti pertumbuhan GDP, tingkat pengangguran, inflasi, penjualan ritel, dan lain sebagainya. Data ekonomi sangat penting bagi para pelaku pasar, termasuk trader, investor, dan analis keuangan, karena memberikan wawasan tentang kesehatan dan arah perekonomian suatu negara. 

Informasi yang diperoleh dari data ekonomi dapat digunakan untuk membuat keputusan investasi yang cerdas, merencanakan strategi trading, dan mengidentifikasi peluang atau risiko dalam pasar keuangan. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang data ekonomi dan kemampuan untuk menganalisis dan menginterpretasikannya dengan tepat sangatlah penting dalam aktivitas trading dan investasi.

langkah langkah menggunakan data ekonomi di tradingview

Langkah-langkah Mencari Data Ekonomi

Akses Kalender Ekonomi

Langkah pertama dalam mencari data ekonomi adalah dengan mengakses kalender ekonomi yang tersedia secara online. Kalender ekonomi merupakan alat yang penting bagi para trader dan investor untuk memantau jadwal rilis berbagai data ekonomi, termasuk pengumuman tentang GDP, tingkat pengangguran, inflasi, penjualan ritel, dan lain sebagainya. 

Dengan mengakses kalender ekonomi, kamu dapat mengetahui tanggal dan waktu rilis data ekonomi yang dijadwalkan, sehingga kamu dapat mempersiapkan strategi trading atau investasi yang sesuai dengan berita atau peristiwa tersebut. Beberapa situs web atau platform trading menyediakan kalender ekonomi dengan berbagai fitur tambahan, seperti peringatan atau notifikasi tentang data ekonomi yang akan dirilis, serta analisis pasar terkait.

Mencari Peristiwa Ekonomi Dunia

Selain mengakses kalender ekonomi, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang peristiwa ekonomi dunia yang dapat memengaruhi pasar secara keseluruhan. Peristiwa ekonomi global, seperti kebijakan moneter dari bank sentral utama, peristiwa politik atau geopolitik penting, atau ketegangan perdagangan internasional, dapat memiliki dampak yang signifikan pada pergerakan pasar keuangan. 

Baca Juga:  Berikut Berbagai Macam Jenis Trading Online

Oleh karena itu, penting untuk tetap up-to-date dengan berita ekonomi dan geopolitik terbaru dari berbagai sumber berita atau analisis keuangan yang terpercaya. Dengan memahami bagaimana peristiwa ekonomi dunia ini dapat memengaruhi pasar, kamu dapat membuat keputusan trading yang lebih cerdas dan terinformasi.

Menganalisis Data Ekonomi

Langkah terakhir adalah menganalisis data ekonomi yang telah dirilis untuk memahami implikasi dan dampaknya terhadap pasar. Setelah data ekonomi dirilis, penting untuk melakukan analisis mendalam terhadap angka-angka tersebut dan mencari tahu bagaimana pasar meresponsnya. Dengan menganalisis data ekonomi, kamu dapat mengidentifikasi tren atau pola yang muncul, mengukur kinerja ekonomi suatu negara atau wilayah, dan mengevaluasi potensi dampaknya terhadap mata uang, saham, atau instrumen keuangan lainnya. Analisis data ekonomi juga membantu kamu untuk membuat prediksi atau proyeksi tentang arah pasar ke depan, sehingga kamu dapat mengatur strategi trading atau investasi yang sesuai dengan perkiraan tersebut.

tips data ekonomi tradingview

Tips Penggunaan Kalender Ekonomi di TradingView

Pilih Kategori Peristiwa yang Tepat

Langkah pertama dalam menggunakan kalender ekonomi di TradingView adalah dengan memilih kategori peristiwa yang tepat untuk dipantau. Kalender ekonomi TradingView menyediakan berbagai kategori peristiwa, mulai dari pengumuman GDP hingga laporan ketenagakerjaan. Pemilihan kategori peristiwa yang sesuai dengan strategi trading atau investasi kamu sangatlah penting. 

Misalnya, jika kamu tertarik pada trading forex, maka fokuslah pada peristiwa-peristiwa ekonomi yang berdampak besar terhadap mata uang. Sedangkan jika kamu berinvestasi di saham, kamu mungkin lebih tertarik pada laporan laba rugi perusahaan atau pengumuman dividen. Dengan memilih kategori peristiwa yang tepat, kamu dapat menghindari kebingungan dan fokus pada informasi yang paling relevan dengan keputusan trading atau investasi kamu.

Manfaatkan Fitur Filter dengan Bijak

TradingView menyediakan fitur filter yang memungkinkan kamu untuk menyaring peristiwa ekonomi berdasarkan berbagai kriteria, seperti negara, jenis peristiwa, atau tingkat dampaknya terhadap pasar. Manfaatkan fitur filter ini dengan bijak untuk menyaring informasi yang tidak relevan atau kurang penting bagi strategi trading atau investasi kamu. 

Baca Juga:  Currency Peg: Pengertian dan Cara Kerjanya!

Misalnya, jika kamu hanya tertarik pada peristiwa-peristiwa ekonomi yang memiliki dampak tinggi atau sangat tinggi terhadap pasar, gunakan filter untuk menampilkan hanya peristiwa-peristiwa tersebut. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu dan energi dalam memantau kalender ekonomi, sambil tetap fokus pada informasi yang paling penting dan berdampak besar.

Tetap Terhubung dengan Berita Ekonomi Terkini

Selain menggunakan kalender ekonomi, tetap terhubung dengan berita ekonomi terkini juga sangat penting bagi para trader dan investor. Berita ekonomi dapat memberikan wawasan tambahan tentang kondisi pasar dan faktor-faktor yang memengaruhi pergerakan harga. 

TradingView menyediakan berita ekonomi terkini dari berbagai sumber yang terpercaya, sehingga kamu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini tentang berita ekonomi global. Tetap up-to-date dengan berita ekonomi terkini memungkinkan kamu untuk merespons dengan cepat terhadap perubahan pasar dan membuat keputusan trading atau investasi yang lebih cerdas dan terinformasi.

kelenbihan melihat data ekonomi di tradingview

Kelebihan Menggunakan Kalender Ekonomi di TradingView

1. Informasi yang Terpercaya dan Terupdate

Salah satu kelebihan utama menggunakan kalender ekonomi di TradingView adalah ketersediaan informasi yang terpercaya dan terupdate. TradingView menyediakan akses ke berbagai sumber berita dan data ekonomi terkemuka, sehingga kamu dapat yakin bahwa informasi yang disajikan sangat akurat dan dapat dipercaya. 

Selain itu, kalender ekonomi TradingView secara terus-menerus diperbarui dengan informasi terbaru tentang jadwal rilis berbagai data ekonomi, sehingga kamu dapat selalu mengikuti perkembangan pasar dengan tepat waktu. Dengan memiliki akses ke informasi yang terpercaya dan terupdate, kamu dapat membuat keputusan trading atau investasi yang lebih cerdas dan terinformasi.

2. Interaktif dan Mudah Digunakan

TradingView menyediakan platform yang interaktif dan mudah digunakan untuk mengakses kalender ekonomi. Antarmuka pengguna yang intuitif memungkinkan kamu untuk dengan mudah menavigasi kalender ekonomi, memilih kategori peristiwa, dan menyesuaikan filter sesuai dengan preferensi kamu. 

Fitur-fitur interaktif seperti notifikasi atau alarm tentang data ekonomi yang akan dirilis juga membantu kamu untuk tetap terhubung dengan informasi terkini dan mengatur strategi trading atau investasi kamu dengan lebih efisien. Dengan menggunakan platform yang mudah digunakan seperti TradingView, kamu dapat menghemat waktu dan tenaga dalam memantau kalender ekonomi, sehingga dapat fokus pada analisis pasar dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Baca Juga:  Siap Trading? Gunakan Metode Moving Average!

3. Dukungan Komunitas dan Sosial

Selain menyediakan kalender ekonomi yang lengkap dan mudah digunakan, TradingView juga menawarkan dukungan komunitas dan sosial yang kuat bagi para trader dan investor. Kamu dapat bergabung dengan komunitas TradingView untuk berbagi ide, analisis, dan strategi trading dengan trader lainnya dari seluruh dunia. 

Melalui fitur-fitur sosial seperti komentar, chat, atau forum diskusi, kamu dapat berinteraksi dengan sesama trader, bertukar informasi, dan belajar dari pengalaman orang lain. Dukungan komunitas dan sosial ini dapat membantu kamu untuk memperluas jaringan, meningkatkan pengetahuan, dan meningkatkan keterampilan trading atau investasi kamu secara keseluruhan.

4. Pilihan Beragam dan Kustomisasi

Salah satu kelebihan lainnya dari TradingView adalah pilihan beragam dan kemampuan untuk menyesuaikan platform sesuai kebutuhan kamu. TradingView menyediakan berbagai alat dan indikator teknis yang dapat kamu gunakan untuk menganalisis pasar dan mengembangkan strategi trading yang efektif. 

Selain itu, platform ini juga memungkinkan kamu untuk membuat daftar pantauan yang disesuaikan dengan preferensi dan minat trading kamu, sehingga kamu dapat dengan mudah mengakses informasi yang paling relevan dan penting bagi strategi trading kamu. Dengan memiliki akses ke berbagai pilihan dan kemampuan untuk menyesuaikan platform, kamu dapat meningkatkan efektivitas dan kenyamanan trading kamu di TradingView.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik