Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Indikator Stochastic Oscillator

Diperkenalkan oleh George C. Lane, Stochastic Oscillator merupakan alat analisis teknis yang memberikan wawasan tentang kecepatan dan momentum pergerakan harga. Dengan nilai berkisar 0 hingga 100, indikator ini membantu mengidentifikasi kondisi overbought dan oversold, membuka peluang bagi trader untuk mengambil keputusan. 

Namun, seperti halnya setiap alat analisis, penggunaan Stochastic Oscillator juga melibatkan risiko, termasuk sinyal palsu dan keterbatasan dalam periode indikator tertentu. Bagaimana cara mengatasi risiko ini dan menggunakan Stochastic Oscillator secara efektif dalam strategi trading? Mari eksplorasi lebih lanjut untuk memahami seluk-beluk indikator ini.

Apa itu Indikator Stochastic Oscilator?

Indikator Stochastic Oscillator adalah alat analisis teknis yang membantu mengukur kecepatan dan momentum pergerakan harga dalam suatu periode waktu tertentu. Ditemukan oleh George C. Lane, indikator ini memberikan gambaran tentang sejauh mana suatu aset oversold (jenuh jual) atau overbought (jenuh beli). 

Stochastic Oscillator menghasilkan nilai antara 0 hingga 100, di mana nilai di atas 80 menunjukkan kondisi overbought, sementara nilai di bawah 20 menunjukkan kondisi oversold. Pedagang sering menggunakan indikator ini untuk mengidentifikasi potensi reversal tren atau kelanjutan tren yang sedang berlangsung.

cara kerja indikator stocastic

Cara Kerja Indikator Stochastic Oscillator

Indikator Stochastic Oscillator bekerja dengan membandingkan harga penutupan saat ini terhadap kisaran harga selama suatu periode waktu tertentu. Berikut adalah langkah-langkah cara kerja Indikator Stochastic Oscillator:

Identifikasi Kisaran Harga:

Ambil harga tertinggi (Highest High) dan harga terendah (Lowest Low) selama suatu periode waktu tertentu, biasanya 14 periode.

Hitung %K:

Hitung nilai %K dengan menggunakan formula:

%K =(Harga Penutupan Saat Ini - Harga Terendah/Harga Tertinggi - Harga Terendah)×100

Hitung %D (Simple Moving Average):

Hitung nilai %D, yang merupakan moving average dari %K. Biasanya menggunakan periode 3 untuk smoothing.

Mengamati Level Overbought dan Oversold:

Level overbought umumnya diatur pada 80, dan level oversold diatur pada 20. Ketika %K melampaui 80, aset dianggap overbought, dan ketika %K turun di bawah 20, aset dianggap oversold.

Baca Juga:  Langkah Awal Penerapan Indikator Moving Average

Mengidentifikasi Sinyal Buy dan Sell:

Sinyal buy muncul ketika %K melintasi %D dari bawah ke atas. Sinyal sell muncul ketika %K melintasi %D dari atas ke bawah.

Divergensi:

Pedagang juga memperhatikan divergensi antara arah pergerakan harga dan arah pergerakan Stochastic Oscillator, yang dapat mengindikasikan potensi perubahan tren.

seseorang sedang trading dengan stocastic oscillator

Cara Trading Menggunakan Stochastic Oscillator

Cara trading menggunakan Stochastic Oscillator melibatkan beberapa langkah penting. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah:

Identifikasi Tren Pasar

Tentukan arah tren pasar secara keseluruhan. Stochastic Oscillator lebih efektif digunakan saat pasar mengikuti tren yang jelas.

Gunakan Timeframe yang Sesuai

Pilih timeframe yang sesuai dengan gaya trading dan tujuan investasi Anda. Periode umum untuk Stochastic Oscillator adalah 14, tetapi dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

Konfirmasi Dengan Indikator Lain

Gunakan Stochastic Oscillator bersama dengan indikator lain atau analisis teknis untuk konfirmasi sinyal trading. Ini bisa mencakup moving averages, support/resistance, atau pola candlestick.

Identifikasi Overbought dan Oversold

Perhatikan level overbought (biasanya diatur pada 80) dan oversold (biasanya diatur pada 20). Sinyal beli dapat muncul saat Stochastic Oscillator melintasi di bawah 20, sementara sinyal jual dapat muncul saat melintasi di atas 80.

Sinyal Buy dan Sell

Sinyal buy muncul ketika garis %K melintasi garis %D dari bawah ke atas. Sinyal sell muncul ketika garis %K melintasi garis %D dari atas ke bawah.

Konfirmasi Dengan Aksi Harga

Selalu konfirmasikan sinyal Stochastic Oscillator dengan pergerakan harga. Perhatikan apakah sinyal sesuai dengan kondisi pasar secara keseluruhan.

Pertimbangkan Divergensi

Amati divergensi antara pergerakan harga dan Stochastic Oscillator. Divergensi dapat memberikan petunjuk tentang potensi perubahan tren.

Atur Stop Loss dan Take Profit

Tentukan level stop loss dan take profit berdasarkan toleransi risiko dan target keuntungan Anda.

Baca Juga:  Memakai Hidden Divergence untuk Analisis Teknikal!

Praktikkan Manajemen Risiko yang Baik

Tentukan ukuran posisi dan kelola stoploss dengan bijak. Jangan terlalu tergantung pada satu indikator; gunakan Stochastic Oscillator sebagai bagian dari strategi trading yang lebih komprehensif.

risiko menggunakan stocastic oscillator

Risiko Menggunakan Stochastic Oscillator

Menggunakan Stochastic Oscillator dalam trading memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan:

Sinyal Palsu

Stochastic Oscillator dapat menghasilkan sinyal palsu, terutama dalam pasar yang bergerak sideways. Trader perlu waspada terhadap sinyal yang tidak terkonfirmasi oleh faktor lain.

Tidak Cocok untuk Semua Pasar

Stochastic Oscillator lebih efektif dalam pasar trending daripada pasar yang bergerak dalam kisaran (sideways). Dalam kondisi pasar tertentu, indikator ini mungkin kurang akurat.

Ketidakpastian Pasar

Pasar keuangan cenderung tidak terduga, dan kondisi pasar dapat berubah secara tiba-tiba. Stochastic Oscillator tidak dapat memberikan jaminan kepastian terhadap pergerakan harga.

Rentan Terhadap Volatilitas

Stochastic Oscillator dapat memberikan sinyal yang tidak stabil dalam kondisi pasar yang sangat volatil. Keadaan ini dapat menyebabkan sinyal yang tidak konsisten.

Pentingnya Konfirmasi

Sinyal dari Stochastic Oscillator sebaiknya selalu dikonfirmasi oleh faktor-faktor lain seperti pola candlestick atau indikator teknis tambahan. Mengandalkan Stochastic Oscillator sendiri bisa menjadi risiko.

Penyesuaian Parameter

Pengaturan default Stochastic Oscillator mungkin tidak selalu sesuai dengan semua kondisi pasar. Trader perlu melakukan penyesuaian terhadap parameter untuk mengoptimalkan kinerja indikator.

Keterlambatan Sinyal

Stochastic Oscillator bersifat lagging, artinya dapat memberikan sinyal setelah tren berlangsung. Hal ini dapat membuat trader kehilangan sebagian besar pergerakan harga.

Pengaruh Berita dan Peristiwa Pasar

Kejadian fundamental atau berita pasar dapat mempengaruhi pergerakan harga, sehingga sinyal dari Stochastic Oscillator perlu dipertimbangkan dalam konteks informasi pasar yang lebih luas.

Trader perlu menyadari risiko-risiko ini dan menggunakannya sebagai bagian dari strategi trading yang komprehensif. Selain itu, manajemen risiko yang baik tetap menjadi kunci untuk meminimalkan dampak risiko dan menjaga kelangsungan trading.

Baca Juga:  Mengenal Analis Teknikal dan Pendekatan Wyckoff

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Trading dengan Stochastic Oscillator Tanpa Risiko

Indikator Stochastic Oscillator sebagai alat bantu dalam kombinasi dengan analisis teknis lainnya, manajemen risiko yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang kondisi pasar. Namun, perlu diingat bahwa trading selalu melibatkan risiko, dan analisa teknikal tidak selalu menjamin prediksi yang tepat.

Salah satu metode terbaik untuk belajar memahami Indikator Stochastic Oscillator adalah dengan mengasah strategi trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, Kamu dapat menguji berbagai strategi trading berdasarkan penggunaan Indikator Stochastic Oscillator serta melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan trading Kamu.

Kamu dapat memanfaatkan akun demo di aplikasi HSB Investasi, pemenang penghargaan "Most Improved Broker 2023" dari ICDX. Jika Kamu sudah siap, mulailah menjelajahi aktivitas trading bersama HSB dengan empat langkah sederhana:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung.
  2. Tunggu panggilan telepon dari tim KYC HSB untuk verifikasi data Kamu.
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi.
  4. Rasakan pengalaman menarik dalam mengambil peluang profit di pasar global!

HSB menegaskan komitmennya terhadap keamanan dan transparansi transaksi trader, tercermin dalam regulasi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RI. Regulasi ini bukan hanya dasar manajemen risiko trading, tetapi juga prioritas utama. HSB, selain menyediakan keamanan dan inovasi, terus berupaya memberikan edukasi melalui berbagai sumber pembelajaran, baik daring maupun luring. 

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi Kamu untuk menunda kesempatan sukses dalam dunia trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan bukalah pintu kesempatan untuk meraih keuntungan dari aktivitas trading Kamu!

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik