Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
12 Tips Trading Saham Untuk Pemula

Bagi kamu yang baru memasuki dunia trading saham, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memitigasi risiko dan mengoptimalkan potensi keuntungan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips trading saham yang sangat berguna untuk pemula. Dari pemahaman tentang analisis fundamental dan teknikal hingga manajemen risiko yang efektif, kita akan membahas langkah-langkah praktis agar kamu dapat memulai perjalanan tradingmu dengan lebih percaya diri. 

Aktivitas trading saham memang dapat memberikan peluang besar, tetapi juga memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang baik. Dengan mengikuti tips-tips ini, diharapkan kamu dapat membangun strategi trading yang solid dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang dinamika pasar saham. Mari bersama-sama menjelajahi tips trading saham ini untuk membantu pemula meraih kesuksesan di dunia trading.

Apa Itu Trading Saham?

trading saham adalah kegiatan transaksi jual beli suatu hak kepemilikan atas perusahaan atau lembaga keuangan dalam waktu singkat. Secara sederhana, trading saham sebenarnya serupa dengan investasi. 

Keduanya sama-sama melakukan penanaman modal untuk mendapatkan hak kepemilikan suatu perusahaan emiten. Perbedaan keduanya berada pada aspek waktu transaksi yang dilakukan. Kalau investasi dilakukan dalam jangka waktu panjang maka trading dilakukan dalam waktu singkat. 

trading saham juga lebih menggunakan peluang yang terjadi dalam pergerakan harga pasar. Fluktuasi yang terjadi di pasar dalam waktu singkat menjadi suatu peluang bagi para trader untuk menghasilkan keuntungan. Jadi bukan berdasarkan jumlah dividen yang dibagikan oleh pemilik perusahaan melainkan dari selisih harga beli dan jual suatu saham.

Tips Trading Saham untuk Pemula

Perlu diketahui bahwa trading saham tidak bisa dilakukan tanpa persiapan matang. Jika demikian semua uang yang kamu keluarkan bisa hilang begitu saja. Supaya tidak salah mengambil langkah, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips trading saham berikut ini. 

Pelajari karakteristik instrumen saham

1. Pelajari Instrumen Saham

Mempelajari apa itu saham sangat perlu dilakukan supaya kamu bisa mengelola modal yang dikeluarkan dengan baik. Cari tahu apa itu saham, apa saja jenisnya, bagaimana cara melihat saham berkualitas, prinsip-prinsipnya, sampai istilah yang digunakan. Makin banyak informasi yang kamu baca dan pahami maka makin luas juga pemahaman yang bisa didapatkan. 

2. Pelajari Cara Kerja Trading

Setelah saham, kamu perlu mencari tahu bagaimana trading bekerja. Transaksi trading yang dilakukan dalam waktu cepat tentu memiliki risiko kerugian yang lebih besar daripada investasi biasa. Oleh karena itu kamu perlu tahu bagaimana cara meminimalkan risikonya, strategi apa saja yang bisa digunakan untuk memaksimalkan keuntungan, dan lain sebagainya.

3. Rutin Berlatih Trading 

Saat ini sudah ada banyak broker yang menyediakan layanan pembukaan akun demo gratis. Akun demo inilah yang sebenarnya bisa kamu manfaatkan untuk terus berlatih sebelum masuk ke dunia trading yang sesungguhnya. 

Kamu bisa mencoba mempraktikkan teori dan informasi yang sudah dipelajari di akun tersebut. Jika dirasa kemampuan sudah meningkat maka barulah masuk ke trading yang sebenarnya.

4. Pilih Broker Trading  yang Tepat

Jangan lupa pilih broker trading saham yang aman dan sudah teregulasi agar kamu tidak terkena penipuan atau kecurangan. Pilih broker yang memberikan fitur keamanan transaksi, mudah digunakan, dan sesuai dengan kebutuhanmu. 

Seperti HSB Investasi, perusahaan pialang berjangka atau broker yang sudah mengantongi regulasi resmi Bappebti, ICDX, ICH, dan Aspebtindo. Bahkan HSB menggunakan segregated account atau rekening khusus yang menyimpan dana nasabah terpisah dari rekening operasional perusahaan. Rekening segregasi HSB juga diawasi penuh oleh ICH sebagai lembaga resmi Pemerintah Republik Indonesia.

Memilih broker atau pihak perantara trading yang aman dan transparan menjadi salah satu mitigasi risiko paling dasar yang wajib kamu pahami sebelum memutuskan melakukan transaksi finansial apapun, termasuk trading saham.

Membuka rekening efek saham

5. Buka Rekening Efek

Ketika sekuritas atau broker sudah dipilih maka langkah selanjutnya ialah membuka rekening efek. Pembukaan rekening efek secara khusus dilakukan supaya kamu bisa bertransaksi dalam dunia investasi dan trading

6. Tentukan Tujuan Trading

Tentukan dahulu tujuan trading yang kamu lakukan. Tanpa tujuan maka akan sangat sulit memilih strategi tepat untuk digunakan. 

7. Pilih Periode Trading saham

Dari tujuan yang sudah dibuat, kamu jadi bisa memilih periode trading saham yang ingin dijalankan. Periode jangka pendek bisa menjadi pilihan tepat saat kamu menginginkan keuntungan maksimal. 

Namun ingat bahwa risiko trading jangka pendek juga sangat besar. Melakukan trading untuk periode menengah dan panjang akan sedikit lebih aman bagi para pemula. 

8. Mulai Saja dengan Modal Kecil

Sebagai permulaan kamu tidak membutuhkan modal besar. Justru buktikan terlebih dahulu bahwa kamu mampu mengelola modal kecil menjadi keuntungan. Ketika sudah berhasil barulah tambah jumlah uang yang digunakan untuk trading

9. Beli Saham Saat Harga Rendah

Prinsip membeli saham saat harga rendah tidak boleh kamu lupakan. Keuntungan dari selisih harga pada saat menjual tentu jadi akan lebih besar. Harga saham yang rendah juga bukan berarti tidak berkualitas. Itu sebabnya kamu harus terlebih dahulu menganalisis untuk menemukan saham yang memiliki prospek menguntungkan. 

Lakukan analisis trading saham

10. Jangan Lupa Lakukan Analisis

Lakukan analisis teknikal dan analisis fundamental untuk melihat arah pergerakan harga. Gunakan juga berbagai indikator sebagai alat bantu untuk menemukan sinyal masuk dan keluar  yang lebih akurat. 

11. Pantau Perkembangan Saham Secara Berkala

Pantau juga perkembangan saham secara berkala. Naik turunnya harga saham dalam waktu cepat menuntut kamu untuk waspada terkait perubahan yang ada. Jangan sampai peluang hilang karena kamu tidak memantau perkembangannya. 

12. Tidak Terburu-buru dan Terbawa Emosi

Sering kali trader pemula dipengaruhi emosi baik itu karena takut, tidak sabar, dan lainnya. Pastikan kamu mengambil langkah hanya setelah melakukan analisis menyeluruh. 

Mulai trading 20 Saham AS Tanpa Risiko!

Bagi para pemula yang baru memasuki dunia trading saham, tantangan dan pertanyaan seringkali menjadi sebuah tantangan yang membingungkan. Setelah membahas sejumlah tips berharga yang dapat membantu memandu langkahmu dalam trading saham, kini saatnya kamu mulai mempraktikkan pengetahuan tradingmu.

Salah satu cara praktis untuk meningkatkan kemampuan trading tanpa risiko, yaitu dengan menggunakan akun demo trading HSB

Secara otomatis kamu akan mendapatkan dana virtual hingga $100,000 di akun demo, yang bisa kamu gunakan untuk mengasah skill trading dengan beragam pilihan instrumen 17 pasangan forex terpopuler, 20 Saham AS terbaik, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati di dunia.

Kamu bisa mengakses akun demo di aplikasi trading HSB, WebTrader, atau platform MT5 HSB. Jika sudah siap, kamu bisa mulai meraih peluang profit trading di pasar finansial sungguhan hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Daftarkan akun live HSB dengan memenuhi seluruh persyaratan
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Transfer deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai terapkan  peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya tercermin dalam regulasi resmi yang disahkan oleh Bappebti sebagai regulator tertinggi perdagangan berjangka di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Jangan lewatkan pula beragam promo trading menarik setiap bulannya di HSB yang memberikan penawaran spesial bagi trader pemula maupun berpengalaman untuk dapat meningkatkan potensi keuntunganmu. 

Tentu saja, prestasi HSB yang mendapatkan penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan kualitas layanan dan inovasi yang mereka hadirkan. Bergabunglah sekarang dan rasakan pengalaman trading yang lebih baik bersama HSB!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik