Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
8 Tips Trading Saham Harian

Terdapat tips trading saham harian yang bisa bikin kamu makin cuan, sudahkah kamu mengetahuinya? Trading adalah salah satu cara yang bisa dipilih untuk menambah nilai aset yang dimiliki. Ada dua pilihan jenis trading yaitu jangka panjang dan harian dengan berbagai pilihan instrumen, salah satunya adalah saham. 

Kamu mungkin sudah melihat banyak orang yang mulai mengandalkan trading saham untuk menambah penghasilan. Tetapi perlu diketahui bahwa perlu ilmu yang cukup untuk mencoba melakukan aktivitas trading. Dalam artikel di bawah, kamu akan mengenal tips trading saham harian (day trading) secara lebih mendalam. Simak selengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Trading Saham Harian?

apa itu trading harian

Singkatnya, trading saham harian adalah kegiatan transaksi surat kepemilikan perusahaan maupun perseroan terbatas melalui broker tertentu dalam satu hari yang sama. Dalam melakukan trading saham harian, trader umumnya memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya. 

Apabila trader mengetahui cara kerja dan cara melakukannya dengan benar, maka trading saham harian dapat memberikan keuntungan besar yang bisa dinikmati. Pada dasarnya, trading saham harian diibaratkan seperti sebuah bisnis baru. Agar mencapai nilai aset yang sesuai dengan harapan, kamu perlu memperbanyak belajar dan perencanaan yang baik. 

Tips Trading Saham Harian

Rekomendasi Tips Trading Saham Harian

Saat melakukan trading saham harian, perlu memperhatikan pergerakan harga sepanjang hari karena trading hanya berjalan dalam waktu yang singkat. Sebab itu, penting untuk mengenal tips trading saham harian berikut ini:

1. Memilih Instrumen yang Sesuai

Tips trading saham harian yang pertama adalah memilih instrumen yang sesuai. Terdapat beberapa jenis saham yang bisa kamu temukan dalam pasar saham. Pastikan untuk mempertimbangkan tingkat likuiditas dan volatilitas agar dapat menemukan saham yang tepat.  

2. Mulai dari Modal yang Kecil

Trading memang menjanjikan hasil yang menguntungkan. Tetapi bagi pemula, sangat disarankan untuk mulai melakukan trading dari modal yang kecil saja. Karena besarnya keuntungan yang diberikan juga memungkinkan munculnya risiko kerugian yang tinggi pula. Belajar terlebih dahulu untuk mengelola modal kecil dan lakukan trading dengan benar, sehingga meskipun sedikit, hasil yang diterima tetap bernilai lebih tinggi daripada modal. 

3. Melakukan Trading dengan Sabar 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu tidak bisa melakukan trading dengan terburu-buru. Sebab kunci kesuksesan dari kegiatan trading saham harian adalah sabar. Apabila pada masa awal trading kamu justru menerima loss, jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran agar dalam trading selanjutnya kamu dapat memilih saham dengan saksama dan tepat. 

4. Membuat Trading Plan

Trading plan menjadi hal yang kerap kali diabaikan oleh para trader. Padahal trading plan adalah komponen penting sebab kamu harus membuat rencana transaksi untuk dijadikan pedoman. Manfaatkan teknik analisis fundamental dan teknikal agar trading plan tersusun sempurna sesuai dengan tujuan. 

Hal ini akan membantu kamu mendapatkan titik terendah dan tertinggi saham sehingga membantu menentukan waktu yang tepat untuk masuk atau keluar dari pasar saham. Terdapat 4 komponen yang harus ada dalam trading plan, di antaranya adalah daftar saham, titik entry buy, titik exit sell, dan titik cut loss

5. Menjalankan Trading Sesuai Rencana yang Dibuat

Selain sabar, kamu juga perlu disiplin dalam menjalankan trading plan yang sudah kamu buat. Disiplin menerapkan trading plan memang sedikit sulit. Terlebih manusia pada dasarnya kerap mengambil keputusan berdasarkan emosi saja. Namun perlu diingat bahwa kegiatan trading memiliki tujuan tersendiri. Jadi, sebaiknya usahakan untuk tetap berpegang pada rencana yang dibuat sebelumnya dan lakukan evaluasi berkala. 

6. Perhatikan Risk Reward Setiap Trade

Risk reward ratio adalah indikator untuk mengukur perbandingan potensial profit dan risiko dalam sebuah kegiatan trading. Cara untuk mengetahui risk reward ratio adalah dengan membagi risiko kerugian dengan potensi keuntungan yang telah ditetapkan oleh trading plan sebelumnya. Berikut merupakan rumus selengkapnya:

Risk reward ratio =  (harga awal beli saham - nilai cut loss)

———————————————————

(nilai take profit - harga awal pembelian)

7. Memiliki Manajemen Keuangan yang Baik

Merencanakan trading saham sebaik mungkin tidak akan berjalan dengan tepat tanpa manajemen keuangan yang baik. Dalam hal ini, manajemen keuangan dibutuhkan untuk mengelola dana trading saham harian agar tidak cepat habis. Kamu bisa melakukan berbagai cara pengelolaan keuangan, seperti membatasi pembelian saham, menambah dan mengurangi modal, atau melakukan take profit dan cut loss pada titik tertentu. 

8. Menggunakan Aplikasi Trading Tepercaya dan Aman

Tips trading saham harian yang tak kalah penting adalah memilih aplikasi trading yang tepercaya dan aman. Penting untuk diingat bahwa ada banyak kasus kerugian yang dialami oleh trader sebab menggunakan aplikasi abal-abal dan tidak berizin. Maka untuk menghindari hal tersebut terjadi, gunakan aplikasi yang terdaftar di BAPPEBTI seperti HSB. 

Terdapat banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kamu terima jika trading menggunakan HSB. Beberapa di antaranya adalah komisi trading rendah, pelayanan dan proses yang cepat, serta dilengkapi dengan artikel yang membantu kamu mengetahui prediksi pergerakan saham. 

Melalui informasi tips trading saham harian di atas, apakah Anda mulai tertarik untuk mencobanya? Memahami cara dan tips trading yang baik memang bukan hal yang mudah, namun kamu bisa belajar dengan ahlinya melalui program edukasi seminar trading yang disediakan oleh HSB. 

Perihal legalitas HSB tidak hanya terdaftar pada BAPPEBTI saja, melainkan juga ICDX, ICH, dan ASPEBTINDO, serta diawasi oleh Kementerian Perdagangan Berjangka. Tunggu apalagi? Download aplikasi HSB sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan trading saham harian dengan nilai keuntungan yang menjanjikan.***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik