Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut Ini Perbedaan Utama Emiten dan Pialang

Apakah kamu sudah familiar dengan istilah emiten dan pialang dalam dunia investasi? Di tengah meningkatnya popularitas aktivitas investasi dan trading, penting untuk memahami berbagai terminologi yang sering digunakan. Banyak orang yang baru terjun ke investasi sering kali belum paham betul mengenai apa itu emiten dan pialang, meskipun keduanya adalah istilah penting dalam trading dan investasi.

Walaupun emiten dan pialang keduanya beroperasi dalam ranah investasi, mereka memiliki peran yang berbeda. Sebelum memulai perjalanan investasi untuk meraih keuntungan, sangat penting untuk mengerti apa sebenarnya emiten dan pialang serta apa yang membedakan keduanya. Melalui artikel ini, HSB akan memberikan penjelasan detail mengenai kedua istilah tersebut.

Pengertian Emiten

Dikutip dari situs resmi lembaga pengawas kegiatan jasa keuangan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, emiten adalah pihak yang memberikan penawaran umum berupa penawaran efek yang dilakukan untuk membolehkan adanya penjualan efek kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Secara umum, emiten dapat berbentuk perseorangan, perusahaan, asosiasi, atau kelompok yang terorganisasi. Pada praktiknya, emiten tersedia dalam bentuk saham, investasi obligasi, surat kontrak berjangka, tanda bukti utang, hingga sukuk yang menjadi salah satu produk efek syariah pada pasar modal.

Penerbitan emiten sendiri dilakukan untuk memberikan modal tambahan bagi perusahaan sehingga seluruh kebutuhan operasional dapat terpenuhi dan modal yang diterima juga semakin besar. Sebelum menerbitkan efek, perusahaan emiten wajib melakukan IPO atau initial public offering terlebih dahulu. 

Perubahan perusahaan menjadi emiten juga bukan perkara yang mudah. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi guna memastikan bahwa perusahaan layak menjadi sebuah emiten dan menerbitkan efek di pasar modal. 

seseorang sedang trading dengan pialang

Pengertian Pialang

Setelah mengenal emiten, saatnya kamu juga mengenal pialang. Secara garis besar, pialang merupakan perseorangan atau perusahaan yang berperan menjadi perantara dalam urusan jual dan beli saham di pasar modal maupun perdagangan berjangka antara emiten dan investor. Mungkin kamu sedikit asing dengan kata pialang untuk menggambarkan penjelasan tersebut. 

Agar lebih mudah, kamu bisa menyebutnya sebagai broker. Melalui pialang, kamu sebagai seorang investor dapat lebih mudah bertemu dengan emiten atau jenis instrumen keuangan lainnya pada pasar investasi. Tak heran jika pialang terdiri dari dua jenis yaitu individu yang berada di bawah sebuah organisasi untuk menawarkan jasa transaksi saham atau perusahaan besar. 

Adapun beberapa tujuan dari adanya pialang adalah menyediakan tempat yang lebih mudah untuk berinvestasi, memberikan rekomendasi investasi terbaik sesuai dengan profil risiko yang bisa diterima, menghubungkan perusahaan dengan investor, dan mendampingi investor dalam setiap proses transaksi di pasar modal.

Bagaimana pialang mampu memberikan rekomendasi hingga mendampingi investor selama proses transaksi investasi? Ini karena seluruh bagian dari pialang baik perseorangan atau perusahaan menjalankan proses investasi tersebut dengan orang-orang yang profesional berstandar tinggi dan memiliki kemampuan yang kompeten di dunia investasi.

perbedaan emiten dan pialang

Perbedaan Emiten dan Pialang

Sebenarnya dilihat dari pengertian kedua jenis perusahaan ini, kamu sudah dapat menyimpulkan bahwa emiten dan pialang tidak sama. Namun agar lebih mudah untuk memahaminya, kamu bisa melihat informasi serta penjelasan perbedaan emiten dan pialang di bawah ini:

1. Jenis Perusahaan yang Berbeda

Perbedaan emiten dan pialang yang pertama adalah jenis perusahaannya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, emiten merupakan perusahaan yang memberikan penawaran efek guna meningkatkan penjualan dan mendapatkan jumlah modal yang lebih besar. 

Sedangkan pialang adalah media atau perantara untuk menjembatani emiten dengan investor dalam setiap transaksinya. Jadi, investor tidak perlu repot melakukan segala kebutuhan jual beli instrumen investasi secara mandiri. 

2. Fungsi Perusahaan

Emiten berfungsi sebagai solusi untuk perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak tambahan modal dan membuka kesempatan baru pula bagi masyarakat untuk dapat memilikinya. Hal ini didasari oleh keinginan untuk meningkatkan aspek finansial dan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Sebab itulah emiten menerbitkan berbagai surat berharga.

Selanjutnya adalah pialang yang bekerja dengan memberi kemudahan pada masyarakat untuk masuk ke pasar modal. Bahkan pialang juga bisa diandalkan dalam hal analisis pasar sehingga dapat memberikan rekomendasi yang tepat kepada para investor. Untuk dapat menjalankan tugasnya, perusahaan pialang harus terdaftar pada lembaga terkait agar dapat dipercaya. 

3. Cara Kerja

Tak cukup membahas perbedaan emiten dan pialang pada 2 poin itu saja, kamu juga perlu mengetahui bahwa cara kerja keduanya pun juga jauh berbeda. Pertama mari membahas seputar emiten. Perusahaan emiten umumnya menerbitkan sekuritas atau efek yang memiliki permintaan tinggi seperti obligasi, saham, dan lain-lain.

Sedangkan perusahaan pialang bekerja dengan melakukan transaksi instrumen investasi pada emiten sesuai dengan perintah investor dan memberikan rekomendasi instrumen yang cocok berdasarkan hasil analisis pasar modal. Jadi secara tidak langsung, meskipun dikerjakan oleh tenaga ahli, kamu tetap turut andil sebab harus memberikan arahan dan aturannya. 

4. Fungsi Perusahaan

Emiten bertugas untuk memberikan penawaran surat berharga perusahaan kepada khalayak luas akan semakin banyak masyarakat yang menanamkan modalnya pada perusahaan terkait. Setelah mendapatkan modalnya, emiten juga harus bisa bertanggung jawab dalam hal pengelolaan dana publik. 

Berbeda dengan emiten, pialang memiliki tugas yang beberapa kali telah disebutkan yaitu menjadi media atau perantara transaksi perusahaan dengan investor sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lebih mudah. Broker atau pialang juga umumnya memiliki tugas dalam menyediakan informasi lengkap seputar pergerakan pasar modal.
Jadi itulah tadi beberapa perbedaan emiten dan pialang. Singkatnya, emiten adalah perusahaan efek dan pialang adalah broker atau perusahaan penyedia jasa jual beli instrumen dari emiten. 

5. Model Pendapatan

Emiten mendapatkan pendapatan melalui kegiatan usahanya dan investasi. Penjualan efek seperti saham atau obligasi adalah cara untuk meningkatkan modal guna mendukung ekspansi atau operasional bisnis.

Pialang menghasilkan pendapatan terutama melalui komisi dan biaya transaksi yang dikenakan kepada klien untuk layanan broker mereka. Model pendapatan mereka tergantung pada volume transaksi yang dilakukan klien melalui platform mereka.

seseorang sedang memilih emiten dan piala dunia

Cara Memilih Emiten Dan Pialang Yang Tepat

Memilih Emiten yang Tepat

  • Analisis Fundamental Perusahaan: Periksa laporan keuangan perusahaan, termasuk pendapatan, laba bersih, dan arus kas. Analisis rasio keuangan seperti rasio utang terhadap ekuitas, return on equity (ROE), dan margin laba.
  • Kinerja Historis: Lihat bagaimana performa saham perusahaan di masa lalu. Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil masa depan, ini bisa memberikan gambaran tentang stabilitas dan pertumbuhan perusahaan.
  • Reputasi dan Manajemen Perusahaan: Pilih emiten dengan manajemen yang terbukti kompeten dan berintegritas. Reputasi perusahaan dalam industri dan tanggapan terhadap isu-isu korporasi juga penting.
  • Prospek Industri: Pertimbangkan prospek industri tempat emiten beroperasi. Apakah industri tersebut sedang tumbuh, atau menghadapi tantangan?
  • Kebijakan Dividen: Jika kamu mencari penghasilan pasif, periksa kebijakan dividen perusahaan dan sejarah pembayaran dividen.

Memilih Pialang yang Tepat

  • Regulasi dan Keamanan: Pastikan pialang terdaftar dan diatur oleh otoritas keuangan yang terpercaya. Ini menjamin keamanan dan transparansi dalam transaksi.
  • Biaya dan Komisi: Periksa struktur biaya dan komisi yang dikenakan. Pilih pialang yang menawarkan biaya transaksi yang kompetitif dan tidak memiliki biaya tersembunyi.
  • Platform Trading: Pastikan platform trading yang digunakan user-friendly dan stabil. Cek apakah platform tersebut menawarkan fitur analisis teknikal, berita pasar, dan alat pendukung lainnya.
  • Layanan Pelanggan: Pilih pialang dengan layanan pelanggan yang baik dan responsif. Dukungan pelanggan yang baik sangat penting untuk menyelesaikan masalah atau pertanyaan trading.
  • Instrumen dan Pasar yang Tersedia: Sesuaikan dengan kebutuhan tradingmu. Pastikan pialang menyediakan akses ke instrumen dan pasar yang kamu minati.
  • Edukasi dan Sumber Daya: Beberapa pialang menawarkan materi edukasi dan webinar untuk meningkatkan pengetahuan trading klien mereka.
  • Ulasan dan Reputasi: Baca ulasan dari pengguna lain dan cari tahu tentang reputasi pialang di pasar.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading Berbagai Instrumen Keuangan Tanpa Risiko!

Setelah mengetahui tentang perbedaan emiten dan pialang. Kamu harusnya sudah bisa paham kalau dalam memilih pialang tidak boleh sembarangan karena keamanan dana kamu sangat bergantung dengan kualitas pialang yang kamu pilih. Oleh karena itu kamu menyarankan HSB Investasi.

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Salah satu langkah awal cara yang sangat dianjurkan adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB, yang memungkinkan kamu mempraktikkan skill trading tanpa risiko finansial yang sebenarnya. Dengan demikian, kamu dapat mengembangkan wawasan dan keterampilan yang kritis dalam dunia trading, yang dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan menguntungkan.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, variasi posisi, hingga melatih kemampuanmu keluar dan masuk pasar dengan peluang profit terbaik. 

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik