Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store
google

Emiten

Pengertian Emiten

Emiten merupakan entitas yang melakukan penawaran umum, yakni menawarkan efek keuangan untuk dijual kepada masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pihak yang melakukan penawaran efek ini dapat berupa individu, perusahaan, kemitraan, asosiasi, atau kelompok organisasi.

Secara umum, istilah "efek" atau "sekuritas" dalam bahasa Inggris merujuk kepada instrumen keuangan yang memiliki nilai dan dapat diperdagangkan. Emiten dapat dianggap sebagai perusahaan atau lembaga yang mencari modal atau dana melalui pasar efek dengan cara menerbitkan efek tersebut. Jenis efek yang biasa ditawarkan oleh Emiten meliputi obligasi, saham, dan berbagai derivatif lainnya.

Fungsi Emiten

Fungsi utama Emiten adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh dana dari publik cara menerbitkan obligasi, dengan menjualnya, Emiten dapat mengumpulkan dana yang diperlukan untuk membiayai berbagai proyek dan kegiatan bisnis, memperluas para trader dan memperkuat posisinya dalam industri.

2. Memberikan penawaran surat berharga kepada publik. Badan hukum ini memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk memperoleh tambahan modal dengan melakukan Initial Public Offering (IPO).

Contoh Emiten

Di bawah beberapa contoh dari Emiten yang telah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia, yang sudah terverifikasi meliputi :

Bidang Keuangan

Beberapa contoh Emiten yang bergerak pada bidang keuangan meliputi :

  • ADHI (Adhi Karya (Persero) Tbk)

  • AKRA (AKR Corporindo Tbk)

  • ANTM (Aneka Tambang Tbk)

  • ASII (Astra International Tbk)

  • BCA (Bank Central Asia Tbk)

  • BNI (Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk)

  • BTN (Bank Tabungan Indonesia (Persero) Tbk)

Bidang Perkebunan

Beberapa contoh Emiten yang bergerak pada bidang perkebunan meliputi :

  • Mahkota Group Tbk. (MGRO)

  • Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT)

  • Jaya Agra Wattie Tbk. (JAWA)

  • Salim Ivomas Pratama Tbk. (SIMP)

  • Dharma Satya Nusantara Tbk. (DSNG)

  • Sampoerna Agro Tbk. (SGRO)

Bidang Lainnya

Beberapa contoh Emiten yang bergerak pada bidang yang lainnya, tersebar di seluruh Asia sampai seluruh dunia meliputi :

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk: Merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

  • Apple Inc.: Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang diperdagangkan di bursa saham Amerika seperti NASDAQ dan New York Stock Exchange (NYSE).

  • Microsoft Corporation: Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang diperdagangkan di NASDAQ dan NYSE.

  • Toyota Motor Corporation: Perusahaan otomotif asal Jepang yang diperdagangkan di Bursa Efek Tokyo dan bursa saham lainnya di seluruh dunia.

  • Alibaba Group Holding Ltd.: Perusahaan teknologi asal China yang bergerak di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) dan menerbitkan diperdagangkan di bursa efek Amerika seperti NYSE

Apakah Emiten Sama dengan Perusahaan?

Bisa dikatakan sama secara umum Emiten dapat diartikan sebagai entitas menerbitkan efek atau surat berharga dapat diperdagangkan di pasar, semua emiten dapat dianggap sebagai perusahaan. Emiten dapat terdiri dari perusahaan publik maupun perusahaan swasta yang memenuhi persyaratan untuk menerbitkan efek atau surat berharga di perdagangan pasar.

Perusahaan yang menerbitkan efek atau surat berharga untuk dijual kepada investor biasanya memiliki tujuan untuk memperoleh dana dari pasar modal keperluan operasional, ekspansi bisnis. Dalam proses penerbitan efek, Emiten biasanya menjalani proses verifikasi dari persetujuan dari regulator, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Indonesia.

Sebagai perusahaan yang menerbitkan efek atau surat berharga, Emiten juga memiliki tanggung jawabnya dalam menyampaikan informasi jujur, akurat, terkini serta terupdate mengenai kondisi keuangan, operasional, prospek bisnisnya kepada publik melalui laporan keuangan, tahunan, dan pengumuman lainnya.

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca

Daftar Isi

Trade with HSB Investasi easily

dollar icon

Masukkan deposit dan withdrawal trading secara instan via Bank Segregasi HSB

Registered & supervised by

icon bca
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.
Buka Akun Demo dan Trading Tanpa Risiko

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil