Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Apa Itu Suku Bunga Flat dan Efektif? Simak Lengkapnya!

Suku bunga flat dan efektif merupakan jenis suku bunga pinjaman yang memiliki ciri tersendiri dalam penghitungannya. Suku bunga efektif berlaku untuk pinjaman jangka panjang sedangkan suku bunga flat berlaku untuk pinjaman jangka pendek.

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara suku bunga flat dan efektif. Sebelumnya, kamu harus memahami apa itu bunga dalam dunia keuangan? Yuk, baca selengkapnya artikel ini!

Pengertian Bunga

Sebelum memahami perbedaan bunga flat dan bunga efektif, kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari bunga.Apa itu bunga? Bunga adalah suatu perhitungan persentase biaya yang harus dibayarkan setelah pemilik modal memberikan pinjaman. Biasanya perhitungan bunga diberikan per tahun. Namun, dapat dihitung dalam waktu kurang dari satu tahun masa peminjaman.

Pengertian Bunga Efektif

Sekarang kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai suku bunga flat dan bunga efektif. Apa itu suku bunga efektif ? Suku bunga efektif adalah perhitungan bunga pinjaman yang menitikberatkan pada sisa utang peminjam dan mengubah jumlah angsuran yang dibayarkan dalam angsuran bulanan.

Sistem suku bunga yang efektif memerlukan perhitungan bunga bulanan untuk mengetahui jumlah angsuran yang harus dibayar secara pasti.

Akibatnya, suku bunga efektif turun saat suku bunga mendekat. Dengan surat promes, peminjam selalu membayar sisa pinjaman secara rutin setiap bulannya.

Kelebihan dari Bunga Efektif

Berikut merupakan kelebihan dari bunga efektif :

1. Bunga yang berkurang

Bunga efektif dapat meringankan debitur karena total angsuran per bulannya berkurang. Hal tersebut berpengaruh terhadap psikologis debitur yang semakin bersemangat untuk melunasi pinjaman.

2. Perhitungan bunga efektif adil

Bunga efektif melakukan perhitungan yang adil untuk debitur karena total pinjaman disesuaikan agar sisa tenor akan terus berkurang.

3. Bunga efektif pinjaman jangka panjang

Tingkat bunga efektif merupakan suku bunga yang cocok untuk investasi dalam jangka panjang. Hal ini karena situasi perekonomian juga dapat berubah selama masa peminjaman.

Perhitungan suku bunga efektif untuk KPR didasarkan pada kombinasi suku bunga flat dan variabel yang dinamis. Tidak heran jika pengambilan rumah KPR sering menggunakan suku bunga efektif.

Kelemahan dari Bunga Efektif

Selain memiliki kelebihan, bunga efektif juga memiliki kekurangan :

  1. Debitur meminjam dengan jumlah angsuran yang besar
  2. Perhitungan bunga efektif dan angka angsuran yang rumit

Perhitungan Suku Bunga Efektif

Bagaimana perhitungan bunga efektif? berikut akan kami jelaskan dengan rinci agar kamu dapat memahaminya.

Rumus Bunga Efektif

Bunga Efektif = SP x i x (30/360)

Penjelasan =

SP = Saldo pokok pinjaman

i = Suku bunga pertahun

Sekarang, mari kita coba aplikasikan rumus perhitungan tersebut dalam contoh kasus di bawah ini: 

Bapak Naufal mendapatkan pinjaman pokok dari bank sebesar Rp 480 juta. Dari pinjaman yang didapatkan, bank memberikan bunga efektif sebesar 20%/tahun dan telah disepakati  jangka waktu pengembalian pinjaman selama 2 tahun. Maka, perhitungan bunga yang dibayar dapat menggunakan rumus berikut ini :

30 = total hari dalam sebulan

360 = total hari dalam setahun

SP= Rp480 Juta

Suku bunga efektif = 20%/ tahun

Jangka kredit = 24 bulannya

Angsuran pokok pinjaman bulan 1

Total angsuran : Rp480/ 24 bulan = Rp20 juta

Perhitungan bunga efektif : Rp480 juta x 20% x (30/360) = Rp 8 juta

Maka angsuran pokok pinjaman dijumlahkan dengan bunga bulan pertama = Rp20 juta + Rp8 juta = Rp 28 juta

Angsuran pokok pinjaman bulan 2

Angsuran pokok pinjaman bulan 1 sudah dibayarkan senilai Rp28 juta. Kemudian dilanjutkan ( saldo pokok pinjaman - total angsuran pokok pinjaman bulan 1 ) = Rp 400 juta - Rp20 juta= Rp 380 juta.

Maka, perhitungan angsuran pokok kedua yaitu : Rp380 x 20% x (30/360 hari) = Rp6.300.000

Perhitungan angsuran pertama dan angsuran kedua dapat disimpulkan bahwa sistem bunga efektif setiap angsuran akan berkurang sejalan dengan waktu cicilan berjalan. Perhitungan bunganya lebih mudah dari perhitungan bunga tetap.

Hal ini karena perhitungan sistem bunga efektif mengacu pada jumlah saldo pinjaman setiap bulan, sedangkan perhitungan flat rate mengacu pada jumlah pinjaman pertama.

Akibatnya, nilai bunga yang dibayar dan total biaya cicilan akan semakin berkurang karena sisa pinjaman semakin sedikit.

Pengertian Bunga Flat

Bunga flat merupakan penghitungan jumlah pinjaman pada awal setiap periode cicilan.

Penghitungan sistem bunga flat sangat sederhana dan berbeda dengan bunga lainnya. Biasanya, dipakai buat kredit jangka pendek seperti barang-barang konsumsi misalnya handphone, peralatan rumah tangga, motor atau kredit tanpa agunan (KTA).

Kelebihan dari Bunga Flat

Kelebihan bunga flat adalah keamanan biaya  jumlah angsuran bulanan selalu sama atau tetap selama jangka waktu pinjaman. Dengan begitu, debitur tidak akan direpotkan dengan besarnya cicilan. Dalam mengatur keuangan, biaya bunga flat tidak mempengaruhi pengeluaran lain, sehingga lebih mudah untuk menganggarkan pengeluaran.

Keuntungan lainnya adalah banyak bank yang menawarkan penalti dan biaya set-up 1% jika menggunakan sistem flat rate.Dengan keuntungan tersebut, sistem fixed interest memiliki pendapatan tetap dan tidak mengambil risiko.

Kelemahan dari Bunga Flat

Kelemahan dari suku bunga flat memiliki nilai angsuran yang lebih tinggi daripada suku bunga efektif. Selain itu, karena sifatnya, debitur tidak akan diuntungkan jika kurs pasar turun di bawah kurs tetap, cicilan akan lebih tinggi dari pasar saat ini.

Perhitungan Bunga Flat

Berikut rumus perhitungan bunga flat :

Rumus Bunga Flat

Bunga flat/ bulan = ( P x i x tN) : Tb

Penjelasan :

P = Pinjaman pokok kredit

i = Suku bunga/ tahun

tN = Jangka periode kredit tahun

tB = Jangka periode kredit bulan

Sobat Trader bisa coba menerapkan rumus perhitungan bunga flat di atas ke dalam contoh kasus di bawah ini:

Bapak Adi mengambil kredit di bank sebesar Rp15 Juta dengan periode cicilan 10 bulan dan bank memberikan sistem bunga flat 1% per bulan. Maka, perhitungan cicilan yang harus dibayarkan oleh bapak Adi?

Suku bunga total = 10 bulan x 1 % = 10%

Rp15 juta x 10% = Rp 1.500.000

Jadi, total yang harus bapak Adi bayar hingga lunas sebesar Rp1.500.000 dengan masa cicilan 10 bulan.

Kesimpulan Perbedaan Bunga Flat dan Bunga Efektif

Bunga flat adalah bunga yang dibayar dengan tingkat bunga tetap dari awal sampai akhir angsuran. Perhitungan bunga flat paling mudah dibandingkan dengan jenis bunga lainnya karena jumlah total angsuran bulanan selalu konstan.

Berbeda dengan suku bunga efektif, jumlah bunga menurun setiap bulan, sehingga mengubah jumlah angsuran bulanan. Bunga dihitung setiap bulan untuk memastikan simpanan kreditur benar. Tentu saja, siapa pun yang sering meminjam dari bank harus akrab dengan dua jenis bunga ini.

Demikian informasi tentang dari definisi hingga kelebihan dan kekurangan suku bunga flat dan efektif. Apabila kamu membutuhkan sumber materi terlengkap mengenai trading dan ingin menambah pengetahuan mu? Ini saatnya kamu mencoba menggunakan HSB Investasi sebagai media pembembelajaran dan trading. 

HSB Investasi memiliki materi belajar trading untuk pemula atau kamu bisa mengikuti seminar, kelas trading online bahkan komunitas trading untuk berdiskusi bersama. Siap menambah pengetahuan trading saham online bersama HSB Investasi? Download aplikasinya dan kunjungi website HSB Investasi sekarang juga!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik