Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
BAHAYA! Kenali Skema Penipuan Finansial Pump and Dump Ini!

Sobat Trader, dunia investasi memang penuh peluang, tetapi juga tak lepas dari berbagai risiko, termasuk penipuan yang bisa merugikan banyak pihak. Salah satu skema penipuan yang sering kali mengecoh investor, terutama yang masih pemula, adalah skema Pump and Dump. 

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas apa itu skema Pump and Dump, bagaimana cara kerjanya, serta tanda-tanda yang harus kamu waspadai agar terhindar dari jebakan finansial ini. Mari kita kenali lebih dalam skema penipuan yang berbahaya ini, sehingga kamu bisa lebih bijak dalam mengambil keputusan investasi dan melindungi aset kamu dari potensi kerugian besar.

definisi skema pump and dump

 

Apa Itu Skema Pump and Dump?

Sobat Trader, skema pump and dump adalah praktik manipulatif dalam pasar saham atau mata uang kripto di mana harga suatu aset sengaja dinaikkan (pumped) secara cepat dan tinggi oleh sekelompok pelaku pasar yang kemudian menjual (dump) aset tersebut dengan harga yang menguntungkan. 

Setelah harga mencapai puncaknya akibat lonjakan pembelian yang diinisiasi oleh pelaku, mereka menjual semua kepemilikan mereka, menyebabkan harga anjlok dan meninggalkan investor yang tidak curiga dengan kerugian besar.

Berikut adalah cara kerja Skema Pump and Dump

Pemompaan Harga (Pump)

Pelaku skema mulai dengan membeli sejumlah besar instrumen saham atau mata uang kripto dengan harga rendah. Mereka kemudian mulai menyebarkan informasi yang salah atau sangat dibesar-besarkan tentang aset tersebut melalui media sosial, forum investasi, dan berbagai saluran komunikasi lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan hype dan menarik minat investor lain agar ikut membeli aset tersebut.

Dengan banyaknya pembelian yang terjadi akibat hype yang dibuat, harga aset tersebut naik secara signifikan dalam waktu yang relatif singkat. Selama fase ini, pelaku skema terus mendorong pembelian dengan klaim-klaim fantastis tentang potensi keuntungan aset tersebut.

Pembuangan Aset (Dump)

Ketika harga aset telah mencapai puncaknya, pelaku skema mulai menjual semua kepemilikan mereka. Penjualan besar-besaran ini menyebabkan harga aset anjlok dengan cepat. Karena pelaku sudah membeli aset dengan harga rendah, mereka bisa menjualnya dengan keuntungan besar.

Sementara itu, investor lain yang telah membeli aset selama fase pompa mendapati bahwa harga aset turun drastis. Mereka yang tidak sempat menjual sebelum harga turun terpaksa mengalami kerugian besar. Pelaku skema sudah keluar dari pasar dengan keuntungan mereka, sementara investor lain dibiarkan menanggung kerugian.

Ilustrasi Skema Pump and Dumb

Misalkan, pelaku skema menemukan saham yang kurang dikenal dengan harga $1 per unit. Mereka membeli dalam jumlah besar dan mulai menyebarkan informasi di forum online bahwa aset tersebut akan segera melonjak karena "penemuan teknologi baru" atau "kemitraan besar". 

Baca Juga:  Rasio Likuiditas: Pengertian, Jenis dan Rumusnya

Akibatnya, banyak investor tergiur dan mulai membeli aset tersebut, sehingga harga naik menjadi $5 per unit dalam beberapa hari. Ketika harga mencapai puncaknya, pelaku skema menjual seluruh aset mereka, mendapatkan keuntungan besar, sementara harga aset turun kembali menjadi $1 atau bahkan lebih rendah. Investor yang membeli di harga puncak mengalami kerugian signifikan.

Sobat Trader, penting untuk selalu berhati-hati dan melakukan riset mendalam sebelum mengikuti hype dalam pasar. Skema pump and dump sering kali sulit dideteksi sampai terlambat, dan kerugian yang diakibatkannya bisa sangat besar. Jangan mudah terpancing oleh janji keuntungan instan dan selalu skeptis terhadap informasi yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

bahaya skema penipuan pump and dump

Bahaya dan Dampak Skema Pump and Dump

1. Kerugian Finansial bagi Investor

Salah satu bahaya terbesar dari skema pump and dump adalah kerugian finansial yang signifikan bagi investor. Ketika harga suatu aset dinaikkan secara artifisial, banyak investor tergiur untuk membeli dengan harapan meraih keuntungan cepat. 

Namun, saat para pelaku skema mulai menjual aset mereka dan harga tiba-tiba anjlok, investor yang masuk terlambat seringkali terjebak membeli di harga tinggi dan akhirnya menjual di harga yang jauh lebih rendah. Akibatnya, mereka mengalami kerugian besar yang dapat mengikis modal investasi mereka secara drastis.

Selain itu, kerugian ini tidak hanya berdampak pada keuangan pribadi investor tetapi juga dapat mempengaruhi rencana investasi jangka panjang mereka. Banyak investor yang kehilangan uang dalam skema ini menjadi lebih enggan untuk berinvestasi kembali di pasar saham, yang pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan portofolio investasi mereka. Trauma finansial ini bisa berlangsung lama, mempengaruhi keputusan keuangan dan mengurangi kepercayaan diri dalam berinvestasi di masa depan.

2. Merusak Kepercayaan dalam Pasar Keuangan

Skema pump and dump juga merusak kepercayaan investor dalam pasar keuangan. Ketika investor merasa ditipu oleh manipulasi pasar seperti ini, mereka cenderung menjadi lebih skeptis dan kurang percaya pada integritas pasar. 

Kepercayaan adalah salah satu elemen kunci yang membuat pasar berfungsi dengan baik, dan ketika kepercayaan ini hilang, likuiditas dan partisipasi pasar dapat menurun secara signifikan.

Kerusakan ini tidak hanya berdampak pada individu tetapi juga pada ekosistem pasar secara keseluruhan. Pasar yang dipenuhi dengan manipulasi dan ketidakpercayaan cenderung kurang menarik bagi investor institusional dan ritel. 

Hal ini dapat mengurangi jumlah modal yang masuk ke pasar, menghambat pertumbuhan, dan mengurangi peluang investasi yang sah. Dalam jangka panjang, pasar yang dicurigai sering kali membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkan kepercayaan dan likuiditas yang hilang.

Baca Juga:  WAJIB TAHU! 10 Cara Investasi untuk Pemula

3. Konsekuensi Hukum dan Regulasi

Sobat Trader, selain kerugian finansial dan dampak terhadap kepercayaan pasar, skema pump and dump juga membawa konsekuensi hukum yang serius. Otoritas keuangan di berbagai negara, seperti SEC di Amerika Serikat, sangat memperhatikan aktivitas manipulasi pasar ini. Pelaku skema pump and dump yang tertangkap dapat menghadapi tuntutan hukum yang berat, termasuk denda besar dan hukuman penjara.

Regulasi yang ketat diberlakukan untuk melindungi investor dan menjaga integritas pasar. Namun, skema ini seringkali sulit dideteksi hingga kerugian telah terjadi. Oleh karena itu, otoritas berusaha meningkatkan pengawasan dan memperkenalkan langkah-langkah pencegahan yang lebih baik. Namun, bagi pelaku yang tertangkap, konsekuensi hukum tidak hanya berupa hukuman finansial tetapi juga dapat merusak reputasi dan karier mereka secara permanen.

Untuk kamu yang sedang berinvestasi, penting untuk selalu berhati-hati dan melakukan due diligence sebelum membuat keputusan investasi. Menghindari terjebak dalam skema pump and dump tidak hanya melindungi investasi kamu dari kerugian tetapi juga membantu menjaga integritas pasar keuangan secara keseluruhan.

ciri skema penipuan pump and dump

Ciri-ciri Skema Penipuan Pump and Dump

1. Peningkatan Tiba-tiba dalam Harga Saham

Sobat Trader, salah satu tanda utama dari skema penipuan investasi pump and dump adalah peningkatan tiba-tiba dalam harga saham. Ketika suatu saham yang sebelumnya tidak banyak diperhatikan tiba-tiba mengalami lonjakan harga yang signifikan tanpa adanya berita fundamental yang mendukung, ini bisa menjadi tanda adanya manipulasi pasar. 

Lonjakan harga ini sering kali dihasilkan oleh volume pembelian yang besar dari para pelaku skema yang bertujuan untuk menciptakan ilusi permintaan tinggi.

Saham yang mengalami peningkatan harga secara mendadak dan tidak wajar sering kali menarik perhatian investor ritel yang tergiur dengan potensi keuntungan cepat. Namun, kenyataannya, peningkatan ini hanya bersifat sementara dan akan segera diikuti dengan penurunan drastis saat para pelaku skema mulai menjual saham mereka. 

2. Promosi yang Berlebihan dan Tidak Realistis

Sobat Trader, skema pump and dump sering kali disertai dengan promosi yang berlebihan dan tidak realistis. Para pelaku skema ini akan menggunakan berbagai saluran komunikasi, termasuk media sosial, email, dan forum online, untuk menyebarkan informasi yang melebih-lebihkan potensi keuntungan dari saham tertentu. 

Mereka mungkin mengklaim bahwa perusahaan tersebut akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa atau memiliki penemuan revolusioner yang akan segera mendongkrak nilai sahamnya.

Promosi yang berlebihan ini biasanya penuh dengan klaim tanpa dasar dan sering kali tidak didukung oleh bukti atau analisis fundamental yang solid. Sebagai investor yang cerdas, kamu harus skeptis terhadap informasi yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Selalu verifikasi klaim yang dibuat dalam promosi tersebut dan cari informasi dari sumber yang tepercaya sebelum membuat keputusan investasi.

Baca Juga:  Perbedaan Utama Obligasi Korporat dan Pemerintah

3. Aktivitas Perdagangan yang Tidak Biasa

Aktivitas perdagangan yang tidak biasa juga merupakan ciri khas dari skema pump and dump. Sobat Trader, kamu mungkin melihat volume perdagangan yang tiba-tiba meningkat tajam pada saham tertentu, terutama saham yang sebelumnya tidak aktif. Selain itu, pola perdagangan yang tidak biasa, seperti transaksi dalam jumlah besar yang dilakukan dalam waktu singkat, bisa menjadi indikasi adanya skema ini.

Para pelaku skema pump and dump sering kali membeli saham dalam jumlah besar untuk mendorong harga naik, menciptakan ilusi permintaan tinggi. Setelah harga mencapai puncaknya, mereka akan mulai menjual saham mereka, menyebabkan harga jatuh secara tiba-tiba. Investor yang tidak waspada dan terbawa arus pembelian awal biasanya akan mengalami kerugian besar saat harga saham anjlok. 

Pelajari grafik dan indikator trading modern bersama akun demo hsb investasi

Trading Tanpa Risiko di HSB

Sobat Trader, memahami bahaya dan dampak dari skema pump and dump sangat penting untuk melindungi diri kamu dari penipuan di pasar saham. Selain itu, penting juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan trading kamu agar bisa membuat keputusan investasi yang lebih cerdas dan aman. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB.

Akun demo HSB memungkinkan kamu untuk berlatih trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan. Dengan berlatih di akun demo, kamu bisa mengasah keterampilan analisis dan strategi trading, serta belajar mengenali tanda-tanda skema penipuan seperti pump and dump. Dengan demikian, kamu akan lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi pasar yang sesungguhnya dan melindungi investasi kamu dari potensi kerugian.

Akses ke akun demo trading HSB dapat kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi trading all-in-one. Keamanan dan kualitas layanan HSB sudah diakui, karena broker ini telah teregulasi oleh Bappebti dan meraih prestasi sebagai "The Most Innovative Broker 2022" serta "The Most Improved Broker 2023" oleh ICDX.

Jangan lewatkan kesempatan emas ini, Sobat Trader! Buka akun trading HSB dengan mengikuti empat langkah mudah: 

  1. Buka akun live trading dengan mengisi dokumen persyaratan
  2. Verifikasi data diri melalui proses KYC
  3. Lakukan deposit hanya ke rekening bank resmi HSB
  4. dan mulailah trading di pasar finansial global sungguhan. 

HSB juga menyajikan beragam promo trading untuk meningkatkan peluang profit nasabahnya. Bergabunglah menjadi nasabah HSB Investasi dan raih kesuksesan finansial bersama kami.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik