Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Supaya Cuan, Yuk Cari Tahu 20 Saham dengan Dividen Terbesar

Setiap orang yang melakukan investasi atau trading pasti ingin mendapatkan keuntungan besar. Itu sebabnya sangat penting untuk mencari tahu apa saja saham dengan dividen terbesar sebelum akhirnya memilih dan mengeluarkan modal.

Namun kamu tidak bisa sekadar memilih saham berdasarkan informasi minim atau dari kata-kata orang lain. Kamu harus mencari tahu sendiri dengan membandingkan berbagai data serta melihat lebih jauh mengenai saham perusahaan atau lembaga tersebut.

Dalam artikel ini kamu akan diajak untuk melihat apa saja saham yang memiliki dividen besar, termasuk jenis-jenisnya. Kalau begitu langsung saja simak informasinya di bawah ini.

Apa itu Dividen?

Dividen bisa dikatakan sebagai laba yang didapat oleh investor karena telah membeli saham suatu perusahaan. Dividen atau laba ini merupakan bagi hasil karena perusahaan mendapatkan keuntungan. Keuntungan yang didapat perusahaan berasal dari laba bersih yang disisihkan berdasarkan laporan akhir.

Laba ini dibagikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS yang diadakan setiap tahun atau dalam 6 bulan sekali. Dividen berbeda dengan capital gain. Meskipun keduanya sama-sama memberikan keuntungan bagi investor tetapi sumber keuntungannya berbeda.

Capital gain mengacu kepada keuntungan yang didapat dari kenaikan harga saham sedangkan dividen berasal dari keuntungan tahunan perusahaan. Jika kamu berhasil memilih saham yang berkualitas maka dividen sudah pasti didapatkan setiap tahunnya.

saham dengan dividen terbesar

Jenis Saham Apa yang Memiliki Dividen Terbesar?

Bagaimana? Bukankah sangat penting memilih saham yang berkualitas? Namun kamu tidak bisa memilih saham yang tepat tanpa pengetahuan. Sebagai awal, kamu dapat mencari tahu jenis saham apa saja yang memiliki dividen besar.

Faktanya ada begitu banyak jenis saham yang tersedia di pasar saham. Mengetahui jenis saham apa saja yang memberikan pengembalian besar akan membantu kamu memilih saham terbaik. Perhatikan jenis-jenisnya di bawah ini.

1. Saham Blue Chip

Saham blue chip merupakan salah satu saham terbaik yang menjadi kesukaan para investor. Pasalnya saham ini berkualitas tinggi. Saham ini dimiliki oleh berbagai perusahaan besar yang keadaan keuangan dan aktivitas operasionalnya sudah berjalan stabil.

Saham blue chip bahkan disebut-sebut memiliki kemampuan untuk bertahan dan mendapatkan keuntungan terlepas kondisi yang selalu berubah-ubah. Umumnya saham blue chip dimiliki oleh perusahaan yang produk buatannya sudah dikenal baik di domestik maupun mancanegara.

2. Saham Pertumbuhan (Growth Stocks)

Saham jenis ini dikenal memiliki pertumbuhan dalam pendapatannya. Keuntungan atau laba yang dapat diraih oleh perusahaan selalu naik setiap tahun alias mengalami pertumbuhan.

Bahkan nilai sahamnya bisa lebih besar daripada nilai perusahaan yang memilikinya. Jadi seorang investor yang menanamkan modalnya pada saham pertumbuhan bisa mendapatkan dividen yang besar.

3. Saham Unggulan (Income Stocks)

Berbeda dari dua saham sebelumnya, saham unggulan atau income stocks dapat memberikan dividen yang sangat besar.

Namun perlu diingat bahwa jenis saham ini juga memiliki risiko yang tinggi. Kamu perlu mengetahui seluk-beluk dan informasi saham unggulan secara lebih mendalam agar tidak salah dalam melangkah.

20 Saham dengan Dividen Terbesar

20 Saham dengan Dividen Terbesar

Kini kamu mengerti bahwa saham dengan dividen besar umumnya masuk menjadi bagian dari saham blue chip, pertumbuhan, dan unggulan. Namun jika kamu mencarinya dalam IDX atau BEI, kamu bisa memilih saham tersebut dari indeks IDX High Dividend 20.

Indeks tersebut terdiri dari 20 saham yang membagikan dividen besar. Perlu diingat bahwa setiap tahunnya saham yang masuk menjadi bagian indeks IDX High Dividend 20 selalu berubah-ubah. Hal ini bergantung kepada keuntungan yang didapatkan perusahaan setiap tahunnya.

Jadi bisa saja saham A (contoh) pada tahun ini tidak membagikan dividen tunai yang besar seperti pada tahun sebelumnya. Bagi kamu yang ingin mendapatkan dividen besar dapat langsung melihat daftar yang dibuat oleh BEI setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mencatatkan daftar saham yang masuk ke dalam indeks IDX High Dividend 20. Simak selengkapnya berikut ini.

  1. BBRI = Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
  2. BBCA = Bank Central Asia Tbk.
  3. BMRI = Bank Mandiri (Persero) Tbk.
  4. TLKM = Telkom Indonesia (Persero) Tbk.
  5. ASII = Astra International Tbk.
  6. ADRO = Adaro Energy Tbk.
  7. PTBA = Bukit Asam Tbk.
  8. ADMF = Adira DInamika Multi Finance Tbk.
  9. MPMX = Mitra Pinasthika Mustika Tbk.
  10. ANTM = Aneka Tambang Tbk.
  11. BBNI = Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
  12. CPIN = Charoen Pokphand Indonesia Tbk.
  13. HEXA = Hexindo Adiperkasa Tbk.
  14. UNVR = Unilever Indonesia Tbk.
  15. HMSP = H. M. Sampoerna Tbk.
  16. INDF = Indofood Sukses Makmur Tbk.
  17. KLBF = Kalbe Farma Tbk.
  18. TOWR = Sarana Menara Nusantara Tbk.
  19. UNTR = United Tractors Tbk.
  20. ITMG = Indo Tangaraya Megah Tbk

Pertanyaan Umum Total Mengenai Saham dengan Dividen Terbesar

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai pertanyaan-pertanyaan umum yang sering muncul mengenai saham dengan dividen yang besar.

Berapa Kali Dividen Saham Dibagikan?

Pembagian dividen biasanya dilakukan setidaknya satu kali setiap tahunnya. Jadwal pembagiannya sesuai dengan keputusan yang disepakati dalam rapat umum pemegang saham (RUPS). Tetapi, ada juga emiten yang dapat membagikan dividen beberapa kali dalam setahun.

Berikut ini adalah beberapa emiten yang membagikan dividen lebih dari sekali setiap tahunnya:

  1. ASII = Astra International Tbk.
  2. BBCA = Bank Central Asia Tbk.
  3. ITMG = Indo Tangaraya Megah Tbk.
  4. ADRO = Adaro Energy Tbk.
  5. UNVR = Unilever Indonesia Tbk.

Siapa yang Berhak Mendapatkan Dividen Saham?

Setiap pemegang saham berhak untuk menerima dividen saham, terlepas dari berapa jumlah saham yang dimiliki, sesuai besaran atau persentase yang disetujui dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Meskipun demikian, jumlah dividen yang diterima investor pasti berbeda, yakni setara dengan jumlah saham yang dimiliki.

Apakah Dividen Saham Menguntungkan?

Dividen saham tentu sangat menguntungkan bagi investor. Dividen dapat memberikan pendapatan pasif secara rutin kepada investor, berbeda dengan capital gain yang hanya dapat diperoleh saat menjual saham yang harganya telah meningkat dari harga beli awal.

20 saham ini tidak serta-merta masuk karena dikenal masyarakat luas tetapi sudah dianalisis oleh tim BEI setiap bulan Januari dan Juli. Umumnya ciri-ciri saham dengan dividen besar memiliki kapitalisasi pasar yang besar atau big caps. 

Selain itu kegiatan operasionalnya sudah terbukti stabil dari tahun ke tahun. Bahkan empat saham yang dimiliki oleh bank yaitu BCA, BRI, BNI, dan Mandiri terus menempati posisi di dalam indeks IDX High Dividend 20.

Jadi saham apa yang kamu pilih? Semoga 20 saham dengan dividen terbesar di atas dapat menjadi bahan pertimbangan saat kamu akan melakukan investasi. Jangan lupa untuk melakukan “tugas” yaitu meneliti dengan saksama saham yang kamu pilih sebelum melakukan investasi.

Hal ini juga berlaku di dalam trading. Jika kamu tidak meneliti saham yang ingin dijual belikan maka modal yang dikeluarkan bisa habis begitu saja. Kamu juga perlu memilih broker yang tepat supaya keuntungan trading bisa didapatkan sepenuhnya.

HSB adalah salah satu broker yang bisa kamu percaya karena sudah memiliki izin BAPPEBTI. Di HSB kamu bisa melakukan trading forex online dari mana saja dan kapan saja. Semuanya mudah dilakukan hanya dengan melalui aplikasi HSB. Jadi download aplikasinya dan nikmati berbagai fasilitas dari HSB sekarang juga!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik