Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Dasar & Jenis Daftar Negatif Investasi

Di tengah maraknya peluang investasi yang semakin beragam, baik di pasar domestik maupun internasional, penting bagi investor untuk memahami regulasi yang berlaku di suatu negara. Salah satu elemen kunci dari regulasi investasi di Indonesia adalah Daftar Negatif Investasi (DNI). Memahami dasar dan jenis Daftar Negatif Investasi adalah langkah krusial bagi siapa pun yang ingin berinvestasi di Indonesia. 

Dengan pengetahuan yang tepat mengenai sektor-sektor mana saja yang termasuk dalam DNI, investor dapat membuat keputusan yang lebih informatif dan strategis. Selain itu, pemahaman ini juga membantu dalam menghindari potensi risiko hukum dan keuangan yang mungkin timbul akibat investasi di sektor yang dilarang atau dibatasi.

Apa Itu Daftar Negatif Investasi?

Daftar Negatif Investasi (DNI) adalah daftar yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia yang mencantumkan sektor-sektor atau bidang usaha tertentu yang terbatas atau tertutup bagi investasi asing maupun domestik. 

DNI bertujuan untuk melindungi kepentingan nasional, mengembangkan sektor usaha kecil dan menengah (UKM), serta menjaga kedaulatan ekonomi. Daftar ini mencakup berbagai industri dan bidang usaha yang dianggap strategis atau penting bagi negara, sehingga memerlukan pembatasan atau pengaturan khusus terkait investasi.

Daftar Negatif Investasi (DNI) memiliki beberapa fungsi penting

Fungsi DNI

Daftar Negatif Investasi (DNI) ternyata memiliki beberapa fungsi penting dalam perekonomian Indonesia, yang akan dijelaskan oleh artikel berikut :

1. Melindungi Sektor Strategis

DNI melindungi sektor-sektor yang dianggap strategis bagi kepentingan nasional, seperti pertahanan, energi, dan sumber daya alam, dengan membatasi atau menutup investasi asing di sektor-sektor ini.

2. Mendukung UKM

Dengan cara membatasi akses investor asing di beberapa bidang usaha, ternyata DNI juga memberikan beberapa kesempatan bagi UKM lokal untuk berkembang dan bersaing di pasar domestik.

3. Mengatur Investasi Asing

DNI membantu pemerintah dalam mengendalikan dan mengarahkan investasi asing ke sektor-sektor yang membutuhkan dan menguntungkan bagi perekonomian nasional, sehingga investasi dapat dikelola secara lebih efektif.

Baca Juga:  10 Tips Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate

4. Meningkatkan Kedaulatan Ekonomi

Dengan membatasi investasi asing di sektor-sektor tertentu, DNI berperan dalam menjaga kedaulatan ekonomi negara dan memastikan bahwa kepentingan nasional tetap terjaga.

5. Menciptakan Lapangan Kerja Lokal

Dengan memberikan prioritas kepada investor lokal di beberapa sektor, DNI berkontribusi pada peningkatan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

jenis-jenis DNI berdasarkan sektor-sektor yang dicakup

Jenis-Jenis DNI

Daftar Negatif Investasi (DNI) mencakup berbagai sektor yang dibatasi atau tertutup bagi investasi asing dan domestik. Berikut adalah beberapa jenis-jenis DNI berdasarkan sektor-sektor yang dicakup:

1. Sektor Primer

Sektor primer mencakup industri yang berhubungan langsung dengan sumber daya alam dan produksi bahan mentah. Daftar Negatif Investasi (DNI) di sektor ini dibuat untuk melindungi sumber daya alam yang berharga dan mendukung kesejahteraan masyarakat setempat. 

2. Sektor Sekunder

Sektor sekunder mencakup industri yang mengolah bahan mentah menjadi produk jadi atau setengah jadi, seperti manufaktur, konstruksi, dan produksi energi. Daftar Negatif Investasi (DNI) di sektor ini bertujuan untuk melindungi industri dalam negeri, memastikan transfer teknologi yang tepat, dan menjaga kemandirian prinsip ekonomi.

3. Sektor Tersier

Sektor tersier mencakup layanan yang mendukung berbagai aktivitas ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di dalam Daftar Negatif Investasi (DNI), sektor tersier sering mencakup layanan seperti perbankan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan teknologi informasi.

4. Sektor Strategis

Sektor strategis mencakup industri-industri yang dianggap vital bagi keamanan nasional, ekonomi, dan kepentingan publik. Daftar Negatif Investasi (DNI) sering kali membatasi atau melarang investasi asing di sektor-sektor ini untuk memastikan kedaulatan nasional dan melindungi kepentingan utama negara. 

Contoh Daftar Negatif Investasi (DNI) di Indonesia

Contoh Kebijakan DNI di Indonesia Daftar Negatif Investasi (DNI) di Indonesia adalah kebijakan yang mengatur sektor-sektor tertentu yang tertutup atau dibatasi untuk investasi asing. Berikut adalah beberapa contoh sektor yang masuk dalam DNI di Indonesia:

Baca Juga:  Mengenal Konsep Crowdfunding dalam Investasi Real Estate

1. Pertanian dan Perkebunan

Perkebunan kelapa sawit. Investasi asing dibatasi pada kepemilikan mayoritas dalam perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk melindungi petani lokal dan memastikan distribusi manfaat yang adil. Sedangkan sektor perkebunan ada pertanian tanaman pangan. Beberapa subsektor pertanian tanaman pangan tertutup untuk investasi asing guna menjaga ketahanan pangan dan mendukung petani lokal.

2. Kehutanan

Pengusahaan hutan alam dapat berujung dalam Investasi asing dilarang dalam pengusahaan hutan alam untuk melindungi keanekaragaman hayati dan mencegah eksploitasi berlebihan. Tidak hanya itu hutan tanaman industri merupakan pembatasan kepemilikan asing diterapkan dalam sektor ini untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan bahwa manfaat ekonomi dari pengusahaan hutan tanaman industri dapat dinikmati oleh masyarakat lokal.

3. Perikanan

Penangkapan ikan di wilayah ZEE di Indonesia terbatas bagi investasi asing untuk melindungi sumber daya laut dan mendukung keberlanjutan nelayan lokal. Dengan adanya pembudidayaan ikan, ada beberapa subsektor pembudidayaan ikan juga memiliki batasan kepemilikan asing untuk memastikan bahwa industri perikanan berkembang secara berkelanjutan.

4. Pertambangan dan Energi

Pertambangan mineral tertentu dibagi beberapa jenis mineral strategis, seperti uranium dan thorium, tertutup untuk investasi asing guna melindungi sumber daya alam yang penting bagi negara. Lalu pengusahaan sumber daya energi seperti minyak dan gas bumi memiliki batasan investasi asing untuk memastikan kontrol nasional atas sumber daya strategis ini.

5. Telekomunikasi dan Media

 Penyiaran televisi dan radio menggunakan Investasi asing dilarang dalam penyiaran televisi dan radio untuk melindungi budaya nasional dan kontrol atas informasi publik. Layanan telekomunikasi tertentu, dibagi menjadi beberapa layanan telekomunikasi, terutama yang strategis bagi keamanan nasional, memiliki batasan kepemilikan asing.

Setelah memahami dasar-dasar dari Daftar Negatif Investasi (DNI) termasuk latar belakang pembentukannya, tujuan utama, dan bagaimana regulasi ini diterapkan di lapangan. Dengan pemahaman yang komprehensif tentang DNI, diharapkan para investor dapat lebih bijak dalam merencanakan dan mengeksekusi strategi investasi mereka di Indonesia. Sama halnya dengan kamu saat melakukan trading yang sukses dengan berbagai strategi dan bijak sesuai dengan rencana trading serta menggunakan akun demo trading HSB, kamu dapat terhindari dari risiko kehilangan dana sungguhan. 

Baca Juga:  Arab Saudi dan Uni Emirat Arab itu Beda Loh!

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui  Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik