Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Kini Mudah dengan Aplikasi Cek BI Checking!

Di era digital saat ini, memantau riwayat kredit kamu semakin mudah berkat aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Fungsi BI Checking, atau yang kini dikenal sebagai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), merupakan layanan yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan informasi mengenai riwayat kredit seseorang. Informasi ini sangat penting bagi perbankan dan lembaga keuangan lainnya dalam menilai kelayakan kredit.

Aplikasi SLIK OJK

Aplikasi SLIK OJK adalah alat yang sangat berguna yang disediakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi kredit. SLIK, atau Sistem Layanan Informasi Keuangan, menggantikan BI Checking sebagai sistem untuk memantau riwayat kredit seseorang. Informasi ini penting bagi perbankan dan lembaga keuangan lainnya untuk menilai kelayakan kredit.

mengunduh aplikasi SLIK OJK

1. Cara Menggunakan Aplikasi SLIK OJK

Unduh Aplikasi

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi SLIK OJK dari Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan aplikasi yang kamu unduh adalah versi resmi dari OJK untuk menghindari risiko keamanan.

Registrasi

Setelah aplikasi sudah terpasang pada smartphone, buka aplikasi dan lakukan registrasi. kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi seperti nama, alamat, nomor identitas (KTP), dan nomor telepon.

Verifikasi Identitas

Proses verifikasi identitas adalah langkah penting untuk memastikan bahwa informasi yang diakses benar-benar milik kamu. Biasanya, kamu perlu mengunggah foto KTP dan melakukan selfie untuk verifikasi biometrik.

Akses Laporan Kredit

Setelah identitas kamu terverifikasi, kamu bisa langsung mengakses laporan kredit derivatif kamu. Aplikasi akan menampilkan riwayat kredit kamu, termasuk informasi mengenai pinjaman yang pernah kamu ambil, pembayaran yang telah dilakukan, dan status kredit saat ini.

2. Fitur Utama Aplikasi SLIK OJK

Riwayat Kredit Lengkap

Dengan aplikasi ini, menyediakan riwayat lengkap mengenai kredit kamu, termasuk sampai dengan detail pinjaman yang diajukan, pembayaran, dan status keterlambatan jika ada, dapat kamu lihat pada halaman riwayat.

Notifikasi dan Pembaruan

Kamu bisa mengatur notifikasi untuk mendapatkan pembaruan mengenai status kredit kamu. Ini juga dapat membantu kamu  tetap waspada terhadap perubahan yang mungkin mempengaruhi skor kredit kamu.

Keamanan Data

Dengan adanya fitur keamanan tingkat tinggi, aplikasi SLIK OJK memastikan bahwa data pribadi kamu dapat terlindungi dari akses tidak sah atau hacker yang mencoba membobol data pribadi kamu.

Baca Juga:  Mengulas Jenis Aset Tidak Lancar dan Aset Lancar

bank di Indonesia juga menyediakan fitur Syarat pengecekan BI Checking melalui aplikasi mobile banking

Aplikasi Mobile Banking

Selain menggunakan aplikasi SLIK OJK, banyak bank di Indonesia juga menyediakan fitur Syarat pengecekan BI Checking melalui aplikasi mobile banking mereka. Ini memudahkan nasabah untuk memantau riwayat kredit mereka secara praktis dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi mobile banking untuk mengecek BI Checking:

1. Cara untuk Mengecek BI Checking

Unduh Aplikasi Mobile Banking

Pastikan kamu telah mengunduh dan menginstal aplikasi mobile banking resmi dari bank tempat kamu memiliki rekening. Beberapa bank yang menawarkan fitur ini antara lain BCA, BRI, Mandiri, dan BNI.

Login ke Aplikasi

Masuk ke aplikasi menggunakan username dan password yang telah terdaftar. Beberapa aplikasi juga mendukung login dengan sidik jari atau pemindai wajah untuk keamanan tambahan.

Navigasi ke Menu Informasi Kredit

Setelah masuk, carilah menu atau opsi yang terkait dengan layanan informasi kredit atau BI Checking. Menu ini biasanya terdapat di bagian layanan tambahan atau informasi akun, silahkan cek pada aplikasi Mobile Banking kamu.

Isi Data Pribadi

Kamu mungkin saja akan diminta untuk mengisi data pribadi sebenar-benarnya seperti nomor identitas (KTP), nama, alamat, nomor handphone dan informasi lainnya untuk mengakses laporan kredit.

Lihat Laporan Kredit

Setelah data terverifikasi, kamu dapat melihat laporan riwayat kredit kamu . Laporan ini akan mencakup informasi mengenai pinjaman, pembayaran yang telah dilakukan, dan status kredit saat ini.

2. Fitur Aplikasi Mobile Banking

Laporan Kredit Lengkap

Dengan menyediakan informasi lengkap tentang riwayat kredit kamu, termasuk detail awal pinjaman, jatuh tempo dan berapa lama pembayaran, kamu bisa mengaksesnya di halaman riwayat.

Kemudahan Akses

Kemudahan yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja hanya melalui smartphone kamu, tidak hanya itu saja, dapat juga memberikan fleksibilitas dan kenyamanan dalam transaksi maupun melakukan pengecekan.

Notifikasi Pembaruan

Beberapa dari aplikasi mobile banking juga ini menawarkan notifikasi untuk perubahan dalam laporan kredit kamu, membantu kamu tetap up-to-date dengan status kredit kamu.

Keamanan Tinggi

Baca Juga:  Mengenal Value Added Tax (VAT) untuk Produk Digital Luar Negeri

Dengan aplikasi mobile banking juga dapat menggunakan teknologi enkripsi canggih kegunaanya hanya untuk melindungi data pribadi dan transaksi kamu, jadi kamu dapat aman melakukan transaksi.

aplikasi fintech menjadi solusi praktis

Aplikasi Fintech

Di era digital saat ini, aplikasi fintech menjadi solusi praktis untuk berbagai kebutuhan finansial, termasuk pengecekan BI Checking. Aplikasi fintech menawarkan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan dalam mengakses informasi kredit kamu. Berikut adalah beberapa aplikasi fintech yang dapat kamu gunakan untuk mengecek BI Checking:

1. Cara untuk Mengecek BI Checking

Unduh Aplikasi

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi fintech secara resmi dari platform yang sudah sangat terpercaya seperti Google Play Store atau Apple App Store. Jangan mengunduh pada website yang tidak resmi.

Buat Akun

Lakukan registrasi dengan cara mengisi data pribadi yang sudah diperlukan. Beberapa dari aplikasi mungkin memerlukan verifikasi identitas menggunakan KTP atau dokumen resmi lainnya.

Navigasi ke Menu BI Checking

Setelah berhasil masuk ke dalam tampilan home, carilah menu atau opsi yang berhubungan dengan pengecekan BI Checking atau laporan kredit. Jika tidak menemukan, kamu bisa contact customer service.

Masukkan Informasi Pribadi

Kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti nomor KTP bagaimana mengakses laporan kredit kamu, cek kembali agar tidak terjadi typo atau salah ketik, sehingga akan muncul halaman laporan kredit.

Lihat Laporan Kredit

Setelah data diverifikasi, kamu pun dapat melihat laporan riwayat kredit kamu. Laporan ini mencakup informasi tentang pinjaman, pembayaran yang telah dilakukan, dan status kredit saat ini.

2. Fitur Aplikasi Fintech

Laporan Kredit Terperinci

Fintech juga menyediakan informasi lengkap tentang riwayat kredit kamu, termasuk dengan detail pinjaman berapa lama, berapa kali sudah mengangsur dan sampai jatu tempo pembayaran.

Pengingat Pembayaran

Fitur ini sudah sangat membantu kamu dalam mengingat tanggal jatuh tempo pembayaran kredit untuk menghindari keterlambatan yang dapat merusak skor kredit kamu, karena skor kredit yang baik akan menjaga kualitas kreditmu.

Penilaian Skor Kredit

Pada aplikasi fintech juga sering sekali menyediakan penilaian skor kredit yang membantu kamu dalam memahami posisi kredit kamu saat ini dan langkah-langkah untuk meningkatkannya.

Investasi Tanpa Risiko!

BI checking atau Business Intelligence checking adalah proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan bisnis. Meskipun BI checking tidak secara langsung terkait dengan trading.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Manajemen Keuangan Mahasiswa?

BI checking dapat digunakan untuk menganalisis data pasar dan tren pasar yang kompleks. Trader dapat memanfaatkan alat BI untuk mengumpulkan dan menganalisis data pasar dari berbagai sumber, termasuk data historis harga, volume perdagangan, dan indikator ekonomi. Dengan menggunakan analisis BI, trader dapat mengidentifikasi pola pasar, tren jangka panjang, dan peluang perdagangan potensial.

Dengan menerapkan analisis BI dalam aktivitas trading, trader dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang pasar, mengelola emosi dengan lebih efektif, dan meningkatkan profitabilitas keseluruhan serta menggunakan akun demo trading HSB tanpa risiko kehilangan dana sungguhan. 

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui  Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik