Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Pengertian & Cara Mengukur Financial Health

Mengelola keuangan adalah keterampilan penting yang harus dimiliki setiap individu, baik dalam kehidupan pribadi maupun bisnis. Salah satu aspek penting dari pengelolaan keuangan adalah memahami dan memantau kesehatan keuangan, atau financial health. Financial health merujuk pada kondisi keuangan seseorang atau perusahaan pada suatu waktu tertentu. Penting bagi individu atau perusahaan untuk dapat mengukur financial health mereka secara tepat, karena hal ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas dan mengelola risiko keuangan. Dengan pemahaman yang kuat tentang kesehatan finansial, setiap individu dapat membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan yang lebih stabil dan sejahtera secara finansial.

Financial health adalah kondisi keuangan individu

Pengertian Financial Health

Financial health adalah kondisi keuangan individu, perusahaan, atau entitas lain yang mencerminkan kemampuannya untuk memenuhi kewajiban keuangan serta mencapai tujuan finansial jangka pendek dan panjang. Konsep ini mencakup sejumlah indikator, termasuk pendapatan, pengeluaran, utang, investasi, dan likuiditas. 

Pendapatan adalah jumlah uang yang diperoleh individu atau perusahaan dari sumber-sumber seperti gaji, pendapatan investasi, atau hasil penjualan. Pengeluaran mencakup semua biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari serta keinginan lainnya. Utang mengacu pada jumlah uang yang dipinjam dan harus dikembalikan, seperti pinjaman, kartu kredit, atau hutang lainnya. 

Investasi adalah alokasi dana untuk mendapatkan pengembalian di masa depan, baik dalam bentuk aset finansial seperti saham dan obligasi, maupun aset fisik seperti real estat atau barang modal. Likuiditas menggambarkan seberapa mudah aset dapat diubah menjadi uang tunai tanpa mengalami penurunan nilai yang signifikan. 

Untuk mencapai kesehatan keuangan yang baik, penting untuk memiliki pendapatan yang stabil, mengelola pengeluaran dengan bijak, mengelola utang dengan baik, melakukan investasi yang cerdas, dan memastikan likuiditas yang memadai untuk menghadapi kebutuhan mendesak. 

Alasan Financial Health Penting

Sebagian besar dari kita menyadari bahwa memiliki uang lebih dari sekadar saldo di rekening; ia juga mencerminkan stabilitas, kebebasan, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan keuangan yang mungkin muncul. 

1. Mengurangi Stres Finansial

Stres finansial dapat merusak kesejahteraan secara menyeluruh, memengaruhi kesehatan fisik dan mental, serta hubungan interpersonal. Dengan memiliki keuangan yang stabil dan terkelola dengan baik, seseorang dapat menghindari tekanan finansial yang berlebihan yang dapat memicu stres. 

2. Menghadapi Krisis

Krisis finansial seperti kehilangan pekerjaan, kesehatan yang memburuk, atau bencana alam dapat mengguncang stabilitas keuangan secara tiba-tiba. Dalam situasi-situasi seperti ini, memiliki cadangan dana darurat, perlindungan asuransi yang memadai, dan rencana keuangan yang terencana dengan baik dapat membuat perbedaan besar dalam kemampuan seseorang untuk mempertahankan kesejahteraannya tanpa harus merusak kondisi keuangan jangka panjang.

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi dan Peran Bank Kustodian

Tujuan-tujuan finansial yang mapan dapat mencakup pembelian rumah

3. Mencapai Tujuan Finansial

Tujuan-tujuan finansial yang mapan dapat mencakup pembelian rumah, pendidikan anak, pensiun yang nyaman, atau merencanakan liburan impian. Dengan memiliki tujuan-tujuan ini dan rencana yang terstruktur untuk mencapainya, seseorang dapat lebih mudah mengambil keputusan keuangan yang bijaksana sehari-hari. 

Cara Mengukur Financial Health

Melalui serangkaian metrik dan indikator, setiap individu dapat memperoleh gambaran yang lebih komprehensif tentang keadaan keuangannya, membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merencanakan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan. 

1. Debt-to-Income Ratio

Metode ini mengukur kesehatan keuangan dengan membandingkan jumlah total utang yang dimiliki dengan pendapatan yang dihasilkan. Semakin rendah rasio ini, semakin baik keadaan keuangan karena menunjukkan bahwa jumlah utang yang dimiliki relatif lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh. 

Sebagai contoh, jika seseorang memiliki pendapatan bulanan 5.000.000 dan total utang bulanan sebesar 1.000.000, maka DTI mereka adalah 20%. Ini berarti hanya 20% dari pendapatan mereka digunakan untuk membayar utang setiap bulan, memungkinkan 80% untuk pengeluaran lainnya atau tabungan. DTI yang rendah menunjukkan bahwa seseorang atau perusahaan memiliki kemampuan yang lebih besar untuk mengelola utang mereka dan mengurangi risiko keuangan.

2. Debt-to-Equity Ratio

Metode ini digunakan untuk mengevaluasi kesehatan keuangan dengan membandingkan total utang yang dimiliki dengan ekuitas pemegang saham. Semakin rendah rasio ini, semakin sedikit ketergantungan perusahaan pada utang dan semakin stabil keadaan keuangannya. Misalnya, jika sebuah perusahaan memiliki total utang sebesar 1 juta dan ekuitas sebesar 3 juta, maka DER mereka adalah 0.33. Ini menunjukkan bahwa hanya 33% dari total aset perusahaan dibiayai dengan utang, sedangkan sisanya dibiayai dengan modal sendiri. DER yang rendah mengindikasikan bahwa perusahaan memiliki risiko kebangkrutan yang lebih rendah dan lebih mampu menghadapi tantangan keuangan.

3. Current Ratio

Current Ratio digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan perusahaan dengan membandingkan jumlah aset lancar dengan kewajiban lancar. Semakin tinggi rasio ini, semakin besar kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya dalam jangka pendek. 

Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memiliki aset lancar senilai 5.000.000 dan kewajiban lancar sebesar 2.000.000, maka current ratio mereka adalah 2. Ini berarti perusahaan memiliki dua kali lipat aset lancar dibandingkan dengan kewajiban lancar. Current ratio yang tinggi menunjukkan likuiditas yang baik dan kemampuan yang lebih besar untuk mengatasi kewajiban finansialnya.

Baca Juga:  Manfaat Perdagangan Internasional dalam Investasi

4. Quick Ratio

Quick Ratio atau Acid-Test Ratio, mengukur kesehatan keuangan dengan memperhitungkan kemampuan membayar kewajiban lancar hanya dengan aset yang paling rasio likuiditas. Ini membedakan Quick Ratio dari Current Ratio karena mengabaikan inventaris dan aset lain yang mungkin sulit dijual dengan cepat. 

Semakin tinggi quick ratio, semakin besar kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban finansialnya dalam jangka pendek tanpa harus mengandalkan penjualan inventaris. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan memiliki aset lancar yang sangat likuid senilai 3.000.000 dan kewajiban lancar sebesar 1.000.000, maka quick ratio mereka adalah 3. Ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki tiga kali lipat aset likuid dibandingkan dengan kewajiban lancar, menunjukkan kemampuan yang kuat untuk membayar kewajiban jangka pendek.

5. Laba Bersih

Laba bersih mencerminkan jumlah total pendapatan yang tersisa setelah semua biaya dan beban telah dikurangkan dari pendapatan total. Laba bersih yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan menghasilkan keuntungan yang signifikan dan mungkin memiliki kinerja keuangan yang baik. 

Namun, laba bersih juga harus dianalisis dalam konteks faktor lain seperti pertumbuhan pendapatan, margin laba, dan efisiensi operasional. Jika laba bersih terus meningkat dari waktu ke waktu, ini bisa menjadi indikasi yang baik tentang kesehatan keuangan perusahaan.

Cara Meningkatkan Financial Health

Dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi, penting bagi setiap individu untuk memiliki strategi yang kokoh untuk meningkatkan kesehatan keuangan masing-masing. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Membuat anggaran yang terperinci, memungkinkan individu untuk dapat dengan jelas melihat arus kas  

1. Buat Anggaran

Membuat anggaran yang terperinci, memungkinkan individu untuk dapat dengan jelas melihat arus kas mereka, termasuk pendapatan dan pengeluaran bulanan. Anggaran juga membantu dalam mengendalikan pengeluaran impulsif dan memastikan bahwa individu hidup sesuai dengan kemampuan finansial mereka, yang pada gilirannya akan membantu mereka mencapai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

2. Kurangi Utang

Utang yang tidak terkendali dapat memberikan beban finansial yang berat dan dapat menghambat kemampuan seseorang untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Dengan mengidentifikasi dan mengurangi utang, individu dapat mengurangi biaya bunga yang dibayarkan dan mengalokasikan lebih banyak uang untuk ditabung atau diinvestasikan. 

3. Lindungi Risiko

Perlindungan risiko termasuk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya yang dapat melindungi individu dan keluarga mereka dari kejadian yang tidak terduga, seperti sakit parah, kecelakaan, atau kematian. Meskipun membayar premi asuransi dapat terasa sebagai biaya tambahan, perlindungan yang diberikan dapat memberikan ketenangan pikiran yang sangat berharga dan memastikan bahwa tujuan keuangan jangka panjang mereka tetap terlindungi.

Baca Juga:  Kupas Habis Dasar Demand Pull Inflation Lengkap!

4. Perencanaan Pensiun

Biaya hidup yang terus meningkat, menjadikan perencanaan pensiun menjadi semakin penting bagi individu. Dengan memulai tabungan pensiun sedini mungkin dan memanfaatkan rencana pensiun yang disediakan, individu dapat memastikan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk pensiun yang nyaman.

5. Hemat dan Investasikan

Dengan mengatur uang secara bijaksana, individu dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Investasi yang cerdas dapat membantu uang bekerja lebih keras, menghasilkan keuntungan jangka panjang yang dapat membantu mencapai tujuan keuangan seperti pensiun yang nyaman atau pendidikan anak. 

Melalui pendekatan ini, individu dapat memanfaatkan kekuatan bunga majemuk untuk membangun kekayaan seiring waktu dan mencapai stabilitas keuangan yang lebih besar melalui investasi dengan memanfaatkan akun demo HSB

HSB Investasi menawarkan akun demo trading yang dapat membantu kamu memulai perjalanan trading kamu. Jadi, jangan ragu untuk membuka akun demo sekarang dan mulai menjelajahi dunia trading dengan lebih percaya diri  melalui situs web atau aplikasi trading HSB, yang penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dari ICDX. 

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Selain itu, kamu bisa melakukan trading secara real-time dengan berbagai instrumen yang tersedia, termasuk 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS yang paling populer, 5 indeks pasar global besar, serta 3 jenis komoditas terkemuka, seperti emas, perak, dan minyak mentah. 

Jika kamu sudah paham akun demo, transisi secara bertahap menggunakan dengan akun live dengan mengikuti langkah-langkah berikut akan membantu kamu masuk ke dalam pasar forex bersama HSB:

  1. Daftarkan akun live HSB dan siapkan dokumen pendukung yang diperlukan.
  2. Tunggu tim KYC HSB untuk memverifikasi data pribadi kamu.
  3. Lakukan deposit trading melalui akun terpisah.
  4. Akun kamu siap digunakan! 

Komitmen penuh HSB terhadap keamanan dan transparansi transaksi para tradernya tercermin dalam regulasi resmi yang telah disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi ini menjadi dasar utama dalam manajemen risiko trading yang harus diutamakan oleh semua trader.

Selain aspek keamanan dan transparansi, HSB juga berdedikasi untuk memberikan edukasi kepada semua trader melalui beragam sumber pembelajaran trading. Hal ini merupakan bagian dari komitmen HSB untuk menghasilkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk menunda peluang kesuksesan dalam trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit dalam trading kamu!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik