Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Ketahui Kapan High dan Low Trading Minyak Muncul

Trading minyak adalah aktivitas yang penuh tantangan, dan salah satu aspek penting yang perlu kamu pahami adalah munculnya "high" (harga tertinggi) dan "low" (harga terendah) dalam pergerakan harga minyak. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna high dan low dalam konteks trading minyak, faktor-faktor yang mempengaruhi mereka, kapan biasanya terjadi, dan teknik trading yang bisa kamu gunakan dengan memahami high dan low. Ayo mulai!

Pengertian High dan Low trading Minyak

seseorang sedang mencari pengertian high dan low trading minyak

High (harga tertinggi) dan low (harga terendah) adalah dua titik penting dalam pergerakan harga minyak. High adalah level tertinggi yang mencerminkan titik puncak dari suatu periode waktu tertentu, sedangkan low adalah level terendah yang menandakan titik terendah dalam periode yang sama. Trader sering memanfaatkan itu sebagai pivot point saat trading.

Pentingnya Memahami High dan Low dalam Trading Minyak

Memahami high dan low adalah penting karena ini memberikan gambaran tentang kisaran harga yang telah diamati selama suatu periode waktu. Hal ini dapat memberikan petunjuk tentang tren pasar dan potensi peluang atau risiko dalam trading.

Pentingnya memahami harga tertinggi (high) dan terendah (low) dalam trading minyak tidak dapat diabaikan. Ini merupakan aspek kritis dalam pengambilan keputusan trading dan manajemen risiko yang efektif. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang mengapa memahami high dan low sangat penting dalam trading minyak:

  • Mengukur Volatilitas Pasar

Memahami high dan low membantu kamu mengukur volatilitas pasar minyak. Ketika harga minyak bergerak dengan amplitudo yang besar antara high dan low, ini menunjukkan volatilitas yang tinggi. Volatilitas dapat menjadi teman atau musuh trader, tergantung pada seberapa baik kamu memahaminya. Dengan mengetahui tingkat volatilitas, kamu dapat menyesuaikan strategi trading kamu dengan lebih baik dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

  • Identifikasi Tren

Dengan melihat high dan low dalam jangka waktu tertentu, kamu dapat menentukan apakah pasar sedang dalam tren naik (bullish) atau tren turun (bearish). Ini penting karena dapat memberikan petunjuk tentang arah yang mungkin diambil oleh harga di masa depan. Trader yang mengikuti tren sering mencari peluang dalam arah yang sesuai dengan tren saat ini.

  • Penentuan Poin Masuk dan Keluar

High dan low memberikan referensi penting dalam menentukan poin masuk (entry) dan keluar (exit) dari posisi trading. Sebagai contoh, jika kamu melihat harga mendekati atau mencapai low sebelumnya dan mulai berbalik naik, ini dapat dianggap sebagai sinyal potensial untuk memasuki posisi beli (long).

Sebaliknya, jika harga mendekati atau mencapai high sebelumnya dan mulai berbalik turun, ini bisa menjadi sinyal untuk posisi jual (short). Dengan pemahaman yang baik tentang high dan low, kamu dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi.

  • Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Saat harga mendekati atau mencapai high sebelumnya, trader sering memasang stop-loss untuk melindungi posisi mereka jika harga berbalik turun. Sebaliknya, ketika harga mendekati atau mencapai low sebelumnya, stop-loss bisa ditempatkan di atas level tersebut. Ini membantu membatasi potensi kerugian dalam trading.

  • Mengetahui Potensi Keuntungan dan Risiko
Baca Juga:  Minyak Mentah Brazil, Komoditi Ekspor Utama

Jika kamu melihat bahwa harga saat ini berada di dekat low sebelumnya, kamu tahu bahwa potensi keuntungan mungkin lebih besar jika harga naik dari titik tersebut. Namun, kamu juga harus memahami risiko bahwa harga bisa turun lebih jauh. Ini membantu kamu menilai apakah trading tersebut sepadan dengan risiko yang kamu tanggung.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi High dan Low Trading Minyak

faktor yang memepengaruhi high dan low minyak

Faktor-faktor Fundamental Trading Minyak

Faktor-faktor fundamental yang berkontribusi pada harga tinggi dan rendah minyak adalah elemen-elemen utama dalam dinamika pasar minyak. Pemahaman mendalam tentang faktor-faktor ini sangat penting bagi trader minyak untuk membuat keputusan trading yang cerdas. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang faktor-faktor fundamental yang memengaruhi harga minyak:

  • Pasokan dan Permintaan: Pasokan dan permintaan adalah faktor fundamental paling dasar yang memengaruhi harga minyak. Ketika permintaan minyak melebihi pasokan, harga cenderung naik, dan sebaliknya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pasokan dan permintaan termasuk pertumbuhan ekonomi global, perubahan konsumsi energi, dan kebijakan produksi minyak oleh negara-negara produsen.
  • Produksi Minyak: Produksi minyak oleh negara-negara produsen adalah salah satu faktor kunci dalam menentukan pasokan global minyak. Ketika negara-negara produsen, terutama anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), memutuskan untuk mengurangi produksi untuk mengangkat harga, ini dapat menyebabkan kenaikan harga. Sebaliknya, peningkatan produksi dapat mendorong harga turun.
  • Kualitas Minyak: Kualitas minyak juga memengaruhi harga. Minyak yang lebih mudah diolah dan memiliki kualitas lebih baik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Sebaliknya, minyak dengan kualitas yang buruk atau mengandung kontaminan cenderung lebih murah.
  • Gejolak Politik di Negara Produsen: Gejolak politik, seperti konflik atau perubahan rezim di negara-negara produsen minyak, dapat mengganggu pasokan minyak. Ketidakpastian politik ini seringkali meningkatkan harga minyak karena investor khawatir tentang potensi gangguan pasokan.
  • Kondisi Infrastruktur: Kondisi infrastruktur dan transportasi juga memainkan peran dalam harga minyak. Gangguan dalam infrastruktur, seperti penutupan pipa atau terminal pengiriman, dapat membatasi pasokan minyak dan menyebabkan kenaikan harga.
  • Perubahan Regulasi dan Kebijakan: Keputusan pemerintah dan regulasi terkait minyak, seperti perubahan pajak atau kebijakan lingkungan, dapat berdampak pada harga minyak. Kebijakan yang mendukung produksi atau penggunaan minyak dapat mendukung harga, sementara regulasi yang membatasi produksi atau mendorong energi terbarukan dapat menekan harga.
  • Kurangnya Investasi dalam Industri Minyak: Kurangnya investasi dalam industri minyak dapat mengurangi kapasitas produksi dan menyebabkan ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan, yang berpotensi meningkatkan harga.
  • Nilai Tukar Mata Uang: Harga minyak juga dapat dipengaruhi oleh perubahan nilai tukar mata uang. Karena harga minyak diukur dalam dolar AS, fluktuasi nilai tukar mata uang dapat memengaruhi harga minyak bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lain.
  • Data dan Berita Ekonomi: Data ekonomi seperti pertumbuhan GDP, lapangan kerja, dan produksi manufaktur dapat memengaruhi ekspektasi permintaan energi dan, oleh karena itu, harga minyak.
Baca Juga:  Simak Peran Minyak Mentah dalam Perekonomian Global

Pemahaman yang baik tentang faktor-faktor fundamental ini membantu trader untuk mengantisipasi perubahan harga minyak, mengidentifikasi peluang trading, dan mengambil langkah-langkah yang bijak dalam manajemen risiko. Itulah mengapa pemantauan berita dan analisis mendalam tentang kondisi pasar dan faktor-faktor yang memengaruhi pasar minyak sangat penting dalam trading yang sukses.

Faktor-faktor Teknikal Trading Minyak

seseorang sedang mencari teknikal trading minyak

Faktor-faktor teknikal memainkan peran penting dalam memahami dan meramalkan pergerakan harga minyak di pasar komoditas. Faktor-faktor ini didasarkan pada analisis grafik dan indikator teknikal yang membantu trader mengidentifikasi tren, titik masuk (entry point), dan titik keluar (exit point) dalam trading minyak. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang faktor-faktor teknikal yang memengaruhi pergerakan harga minyak:

  • Pola Grafik: Analisis pola grafik adalah salah satu elemen utama dalam analisis teknikal. Trader minyak sering memeriksa pola seperti "head and shoulders," "double top," atau "double bottom" untuk mengidentifikasi tren potensial atau pembalikan harga. Pola-pola ini memberikan petunjuk tentang perilaku pasar dan dapat membantu trader membuat keputusan trading yang lebih baik.
  • Tren dan Garis Trend: Mengidentifikasi tren adalah langkah pertama dalam analisis teknikal. Trader minyak menggunakan garis tren untuk menggambarkan arah tren yang mungkin diambil oleh harga. Garis tren naik (uptrend) menunjukkan bahwa harga cenderung naik, sementara garis tren turun (downtrend) menunjukkan kecenderungan harga yang turun. Mengikuti tren seringkali menjadi strategi yang efektif dalam trading minyak.
  • Indikator Teknikal: Indikator teknikal seperti RSI (Relative Strength Index), MACD (Moving Average Convergence Divergence), dan Bollinger Bands adalah alat yang digunakan oleh trader untuk mengukur momentum dan volatilitas harga. Indikator-indikator ini dapat memberikan sinyal beli (buy) atau jual (sell) serta membantu dalam mengidentifikasi divergensi yang mungkin mengindikasikan pembalikan harga.
  • Moving Averages (MA): Moving averages adalah rata-rata harga selama periode waktu tertentu. Trader sering menggunakan MA untuk mengidentifikasi tren yang lebih jelas dan sinyal beli atau jual. Ada berbagai jenis MA, seperti SMA (Simple Moving Average) dan EMA (Exponential Moving Average), yang digunakan dalam analisis minyak.
  • Volume trading: Volume trading adalah jumlah unit minyak yang diperdagangkan dalam periode waktu tertentu. Volume tinggi selama pergerakan harga tertentu dapat mengindikasikan kekuatan tren tersebut, sementara volume rendah dapat menunjukkan keraguan pasar. Analisis volume membantu trader mengkonfirmasi sinyal-sinyal teknikal.
  • Support dan Resistance: Support adalah level harga di mana harga cenderung berhenti turun dan memantul naik, sementara resistance adalah level harga di mana harga cenderung berhenti naik dan memantul turun. Trader menggunakan support dan resistance untuk menentukan level-level kunci di mana mereka dapat mengambil keputusan trading, seperti menempatkan stop-loss atau take-profit.
  • Analisis Candlestick: Analisis candlestick melibatkan memeriksa pola-pola candlestick individu dan kombinasi candlestick. Pola seperti "doji," "engulfing," atau "hammer" dapat memberikan petunjuk tentang perubahan potensial dalam harga.
  • Timeframe: Penggunaan timeframe yang berbeda dalam analisis teknikal dapat menghasilkan perspektif yang berbeda tentang pergerakan harga. Trader dapat memilih timeframe yang sesuai dengan gaya trading mereka, seperti intraday, harian, mingguan, atau bulanan.
Baca Juga:  Dampak Geopolitik Terhadap Pergerakan Harga Minyak Dunia

Faktor-faktor Geopolitik dan Ekonomi Trading Minyak

Geopolitik, seperti konflik di wilayah produsen minyak, serta faktor ekonomi global, seperti pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar mata uang, dapat memainkan peran dalam perubahan harga minyak. Peristiwa seperti bencana alam, kebijakan pemerintah, atau perubahan signifikan dalam produksi minyak dunia juga dapat memengaruhi harga tinggi atau rendah.

Dengan memahami kapan dan bagaimana high dan low biasanya terjadi dalam trading minyak, kamu dapat mengambil keputusan trading yang lebih cerdas dan mengembangkan strategi yang lebih baik. Ingatlah, Sobat Trader, bahwa pengetahuan adalah kunci untuk menghadapi volatilitas pasar minyak dengan percaya diri.

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila Kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi! 

Dapatkan kesempatan untuk meraih peluang keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tentunya Kamu bisa mencoba Trading Emas dengan lebih nyaman di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Jika kamu sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui aplikasi trading forex HSB Investasi.

Dari platform trading pemenang penghargaan ICDX ini, kamu dapat mengakses berbagai fitur canggih untuk membantumu menganalisa pergerakan pasar, melakukan eksekusi trading, menerapkan manajemen risiko yang baik, hingga memberikan pengalaman trading yang optimal bagi para trader.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik