Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Indeks FTSE 100 sebagai Indikator Ekonomi Inggris

Tahukah kamu bahwa Indeks FTSE 100 adalah indeks pasar saham yang mencerminkan kinerja 100 perusahaan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar di Bursa Efek London (London Stock Exchange) di Inggris. 

Pemerintah, analis pasar, investor, dan banyak pihak lainnya menggunakan indeks FTSE 100 sebagai alat untuk memantau kesehatan dan performa pasar saham Inggris. Berikut akan kami rangkum bagaimana indeks FTSE 100 memiliki dampak dari indikator ekonomi Inggris.

Kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)

Kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) merujuk pada kontribusi ekonomi yang diberikan oleh berbagai sektor atau komponen dalam suatu negara terhadap total nilai produksi barang dan jasa dalam suatu periode waktu tertentu. 

Berikut adalah beberapa sektor atau komponen yang berkontribusi terhadap PDB suatu negara:

1. Sektor Industri

Ini termasuk semua aktivitas manufaktur dan produksi barang-barang fisik seperti mobil, komputer, peralatan elektronik, dan lainya. Kontribusi sektor industri terhadap PDB diukur berdasarkan nilai produksi dan nilai tambah yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan manufaktur.

2. Sektor Jasa

Ini mencakup semua kegiatan non-manufaktur seperti jasa keuangan, perdagangan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan lain-lain. Sektor jasa dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB, terutama di negara-negara dengan ekonomi yang berorientasi pada jasa.

3. Pertanian

Sektor pertanian meliputi semua kegiatan terkait pertanian, peternakan, dan perikanan. Kontribusi sektor pertanian terhadap PDB diukur berdasarkan nilai produksi tanaman, ternak, dan hasil pertanian lainnya.

FTSE 100 berkontribusi terhadap PDB suatu negara.

4. Investasi

Investasi, baik dari sektor swasta maupun pemerintah, juga dapat memberikan kontribusi terhadap PDB. Investasi di infrastruktur, properti, dan modal lainnya dapat meningkatkan produksi dan pertumbuhan ekonomi.

5. Konsumsi

Konsumsi domestik oleh rumah tangga juga merupakan komponen penting dalam PDB. Permintaan dan pengeluaran konsumen berkontribusi terhadap produksi barang dan jasa di negara tersebut.

6. Ekspor dan Impor

Ekspor merupakan nilai barang dan jasa dijual ke luar negeri, sedangkan impor adalah nilai barang dan jasa dibeli dari luar negeri. Perbedaan antara ekspor dan impor dikenal sebagai "saldo perdagangan."

Jika ekspor melebihi impor (surplus perdagangan), maka kontribusi terhadap PDB positif. Sebaliknya, jika impor lebih tinggi dari ekspor (defisit perdagangan), maka kontribusi terhadap PDB bisa negatif. PDB biasanya diukur dalam nilai mata uang negara tersebut (misalnya, dolar AS untuk AS, euro untuk negara-negara zona euro).

Baca Juga:  Perbedaan Shanghai Composite Index dan Hang Seng

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Peran FTSE 100 Sebagai Barometer Kondisi Ekonomi Global

Sebagai salah satu indeks saham utama di dunia, FTSE 100 memainkan peran penting sebagai barometer atau indikator kondisi ekonomi global, terutama karena banyak perusahaan multinasional yang terdaftar di dalamnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa FTSE 100 dianggap sebagai barometer kondisi ekonomi global, yang wajib kamu ketahui :

1. Internasionalisasi Perusahaan

Banyak perusahaan menjadi anggota FTSE 100 adalah perusahaan multinasional dengan bisnis yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan ini terlibat dalam berbagai pasar internasional dan terpapar terhadap perubahan ekonomi dan keuangan global. Kinerja perusahaan dalam indeks FTSE 100 dapat memberikan gambaran tentang keadaan ekonomi dan pasar saham di berbagai wilayah di seluruh dunia.

2. Ketergantungan Pada Perdagangan Global

FTSE 100 mencakup perusahaan-perusahaan yang sangat tergantung pada perdagangan internasional. Kondisi ekonomi global, termasuk tarif perdagangan, kebijakan proteksionisme, perubahan pasar global, dapat berdampak langsung pada pendapatan dan kinerja perusahaan-perusahaan ini. Oleh karena itu, perubahan dalam FTSE 100 dapat memberikan petunjuk tentang arah ekonomi global.

3. Investor Internasional

FTSE 100 merupakan tujuan investasi bagi banyak investor internasional. Pergerakan indeks ini dapat mencerminkan sentimen investor global tentang ekonomi Inggris dan kondisi ekonomi secara luas. Ketika investor internasional merasa optimis tentang prospek ekonomi global, mereka cenderung berinvestasi dalam indeks saham seperti FTSE 100.

Peran FTSE 100 Sebagai Barometer Kondisi Ekonomi Global.

4. Keterkaitan Dengan Pasar Global Lainnya

Pasar saham di seluruh dunia saling terkait dan dapat saling mempengaruhi. Perubahan besar dalam indeks saham utama seperti FTSE 100 dapat mempengaruhi sentimen pasar di pasar saham lainnya di berbagai negara. Sebaliknya, peristiwa penting di pasar saham global juga dapat mempengaruhi pergerakan FTSE 100.

5. Pengaruh Inggris dalam Ekonomi Global

Inggris adalah salah satu ekonomi besar di dunia dan memiliki peran penting dalam ekonomi global. Kondisi ekonomi dan keuangan di Inggris dapat mencerminkan dan mempengaruhi kondisi ekonomi global secara keseluruhan. Perubahan dalam FTSE 100 dapat memberikan wawasan tentang kinerja sektor-sektor ekonomi yang signifikan di Inggris dan bagaimana mereka berdampak pada pasar global.

Baca Juga:  Cek 5 Perbedaan Indeks Saham AS dengan Indonesia

FTSE 100 memiliki keterkaitan dengan kondisi ekonomi global, penting untuk diingat bahwa indeks ini hanyalah salah satu indikator, dan kondisi ekonomi global dipengaruhi oleh banyak faktor lainnya termasuk kondisi di negara-negara besar lainnya, perkembangan politik, gejolak pasar keuangan, dan perubahan dalam permintaan global. 

Contoh-contoh pergerakan FTSE 100

contoh pergerakan FTSE 100 dalam indikator ekonomi.

Pergerakan FTSE 100 dapat berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi, politik, dan global. Berikut ini adalah beberapa contoh pergerakan FTSE 100 yang mungkin terjadi:

1. Kenaikan Tertinggi dalam Waktu Singkat

FTSE 100 dapat mengalami kenaikan signifikan dalam waktu relatif singkat ketika ada kabar positif atau sentimen pasar optimis. Misalnya, pengumuman kebijakan moneter mendukung dari bank sentral, atau berita positif tentang perekonomian Inggris atau sektor tertentu dapat mendorong para investor untuk membeli saham, menyebabkan indeks naik secara cepat.

2. Penurunan Akibat Gejolak Global

Peristiwa global seperti krisis keuangan, perang perdagangan, atau gejolak di pasar global dapat menyebabkan penurunan tajam pada benchmark FTSE 100 . Ketika ada ketidakpastian atau risiko tinggi di pasar global, para investor cenderung berpindah ke aset yang dianggap lebih aman, sehingga memicu penjualan saham dan menurunkan indeks.

3. Respon Terhadap Data Ekonomi

Rilis data ekonomi penting, seperti angka pertumbuhan GDP, tingkat pengangguran, atau inflasi, dapat mempengaruhi pergerakan FTSE 100. Jika data ekonomi tersebut lebih baik dari perkiraan, indeks bisa menguat karena memberikan indikasi positif tentang kinerja ekonomi. Sebaliknya, data ekonomi yang lemah dapat menyebabkan penurunan indeks.

4. Perubahan Politik atau Kebijakan

Ketika terjadi perubahan politik signifikan, seperti pemilihan umum atau referendum, atau pengumuman kebijakan pemerintah penting, hal itu dapat mempengaruhi sentimen pasar dan pergerakan FTSE 100. Ketidakpastian politik atau perubahan kebijakan yang tidak diantisipasi dengan baik dapat menyebabkan gejolak di pasar saham.

Baca Juga:  Ini Peran FTSE 250 dalam Menarik Investor Asing

5. Pengaruh Mata Uang

FTSE 100 terdiri dari perusahaan multinasional banyak bertransaksi dalam mata uang asing. Pergerakan nilai tukar mata uang dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan dan kinerja ekonomi secara keseluruhan, yang kemudian mempengaruhi indeks FTSE 100.

Nah, itulah pembahasan mengenai indeks FTSE 100 sebagai indikator ekonomi inggris. Bagaiamana? apakah kamu tertarik untuk melakukan trading indeks? Kalo iya! HSB Investasi merupakan jawabannya!

HSB Investasi sendiri adalah perusahaan broker untuk membantu nasabah mencapai tujuan keuangan mereka dengan cara mengelola dan mengalokasikan dana mereka ke berbagai instrumen trading seperti forex, saham, indeks, dan komoditas.

Selain itu, HSB Investasi memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik