Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Indeks FTESE 100 dalam Trading

Indeks FTSE 100 merupakan salah satu indeks saham terkemuka di dunia yang mewakili kinerja 100 perusahaan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek London. Indeks ini memiliki peran penting dalam dunia trading dan sering menjadi perhatian para trader global karena potensinya untuk memberikan gambaran mengenai kondisi ekonomi dan pasar saham Inggris.

Inilah kami sajikan secara mendalam mengenai indeks FTSE 100, sehingga membantu kamu dalam pengambilan keputusan yang lebih matang! 

Sejarah dan Perkembangan Indeks FTSE 100

Indeks FTSE 100 juga dikenal sebagai "Footsie," merupakan indeks saham utama di Bursa Efek London dan merupakan salah satu indeks saham terkemuka di dunia. Sejak diluncurkan pada tanggal 3 Januari 1984, indeks ini telah menjadi tolok ukur penting bagi kinerja pasar saham Inggris dan mendapat perhatian global dari para trader. Mari kita telusuri sejarah dan perkembangan indeks FTSE 100 yang menarik ini.

Indeks FTSE 100 diresmikan oleh Financial Times Stock Exchange (FTSE) sebagai langkah untuk menyediakan gambaran yang jelas tentang kinerja saham di pasar Inggris. Awalnya, indeks ini terdiri dari 100 perusahaan terbesar yang terdaftar di Bursa Efek London berdasarkan kapitalisasi pasar. Tujuan utamanya adalah untuk mencerminkan performa saham-saham paling likuid dan representatif di pasar Inggris.

Sejak didirikan, FTSE 100 telah mengalami beberapa perubahan penting. Awalnya, pada tanggal 3 Januari 1984, indeks ini memiliki level dasar 1000 poin. Namun, seiring berjalannya waktu, indeks tersebut telah mengalami kenaikan yang signifikan. Pada tahun 1999, FTSE 100 mencapai rekor tertingginya di level 6950 poin sebelum kemudian mengalami penurunan selama krisis finansial global pada tahun 2008.

Indeks FTSE 100 diresmikan oleh Financial Times Stock Exchange.

Selama bertahun-tahun, perusahaan-perusahaan yang menjadi konstituen indeks FTSE 100 juga berubah. Perusahaan-perusahaan baru masuk ke dalam indeks sementara beberapa perusahaan keluar. Kriteria untuk menjadi konstituen indeks ini meliputi kapitalisasi pasar yang tinggi, likuiditas yang tinggi, dan kelayakan lainnya. Perubahan komposisi indeks biasanya dilakukan secara berkala untuk mencerminkan perubahan di pasar saham Inggris.

Indeks FTSE 100 juga telah menjadi penanda utama bagi kinerja ekonomi Inggris secara keseluruhan. Kenaikan atau penurunan indeks ini sering kali menjadi indikator awal dari kondisi ekonomi yang sedang berlangsung. Oleh karena itu, pergerakan FTSE 100 sering diperhatikan dengan seksama oleh para analis keuangan, investor, dan pelaku pasar.

Selain itu, perkembangan teknologi dan inovasi di pasar keuangan telah memberikan dampak besar pada cara indeks FTSE 100 dihitung dan dipantau. Penggunaan teknologi yang canggih memungkinkan para trader untuk mengakses data dan informasi terkini mengenai indeks ini secara real-time, yang memfasilitasi pengambilan keputusan perdagangan yang lebih cepat dan tepat.

Sejak awal hingga saat ini, indeks FTSE 100 tetap menjadi salah satu indeks saham terkemuka di dunia dan terus menarik minat dari berbagai pihak dalam memahami dan mengikuti pergerakan pasar saham Inggris. Sejarah dan perkembangan indeks ini mencerminkan dinamika pasar keuangan global dan menjadi cerminan dari perubahan dan tantangan di dunia perdagangan dan investasi.

Peran Indeks FTSE 100 dalam Trading

peran utama yang dimainkan oleh Indeks FTSE 100 dalam trading.

Berikut adalah beberapa peran utama yang dimainkan oleh Indeks FTSE 100 dalam trading:

1. Tolok Ukur Kinerja Pasar

Indeks FTSE 100 berfungsi sebagai tolok ukur kinerja pasar saham Inggris secara keseluruhan. Pergerakan indeks ini mencerminkan perubahan nilai dari sekelompok saham-saham terbesar dan terlikuid di pasar, sehingga memberikan gambaran tentang bagaimana pasar saham Inggris berperforma secara keseluruhan.

2. Indikator Ekonomi

Kenaikan atau penurunan Indeks FTSE 100 sering kali dianggap sebagai indikator awal dari kondisi ekonomi Inggris. Ketika indeks naik, hal ini menandakan sentimen positif di pasar dan pertumbuhan ekonomi yang baik. Sebaliknya, penurunan indeks dapat menunjukkan ketidakpastian atau perlambatan ekonomi.

3. Pengambilan Keputusan Perdagangan

Para trader menggunakan pergerakan Indeks FTSE 100 untuk mengambil keputusan perdagangan yang lebih baik. Analisis teknikal dan fundamental atas perubahan indeks ini membantu mereka menentukan kapan harus masuk atau keluar dari pasar dan mengelola risiko dengan lebih baik.

3. Diversifikasi Portofolio

Indeks FTSE 100 mencakup berbagai sektor industri, termasuk keuangan, energi, teknologi, dan banyak lagi. Dengan demikian, indeks ini memungkinkan para trader untuk melakukan diversifikasi portofolio mereka, yang bertujuan untuk mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan.

4. Indikator Sentimen Pasar

Pergerakan Indeks FTSE 100 juga dapat mencerminkan sentimen pasar secara keseluruhan. Saat indeks mengalami tren bullish (naik), ini menunjukkan optimisme dan kepercayaan di pasar. Sebaliknya, tren bearish (turun) dapat menunjukkan ketidakpastian atau pesimisme di pasar.

5. Menyediakan Informasi dan Analisis

FTSE 100 menyediakan data dan informasi terkini mengenai perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam indeks ini. Data seperti perubahan harga saham, kapitalisasi pasar, dan tingkat dividen perusahaan dapat membantu para trader dalam melakukan analisis dan pengambilan keputusan.

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Kinerja Historis dan Tren Indeks FTSE 100

Kinerja Historis:

Sejak awal dibentuknya, Indeks FTSE 100 telah mengalami berbagai peristiwa dan periode kinerja yang berbeda. Pada awal tahun 2000-an, indeks ini mencapai puncak tertingginya, menguat hingga di atas 7000 poin. Namun, setelah itu, indeks mengalami penurunan tajam selama krisis keuangan global pada tahun 2008. Pada awal 2009, indeks ini mencapai titik terendahnya sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Tren Indeks FTSE 100:

Selama beberapa dekade terakhir, Indeks FTSE 100 telah mengalami tren kenaikan jangka panjang, meskipun terdapat fluktuasi dan koreksi pada beberapa periode tertentu. Kinerja indeks ini dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi dan politik, peristiwa global, dan sentimen pasar. Selain itu, sektor-sektor tertentu, seperti sektor keuangan, energi, dan teknologi, juga dapat mempengaruhi pergerakan indeks.

Metode Perhitungan Indeks FTSE 100

Berikut adalah langkah-langkah umum dalam penghitungan Indeks FTSE 100:

1. Pemilihan Komponen

Pihak FTSE Russell, yang merupakan penyelenggara indeks, secara berkala melakukan pemilihan perusahaan yang akan menjadi komponen Indeks FTSE 100. Perusahaan-perusahaan yang memenuhi kriteria tertentu, seperti kapitalisasi pasar yang tinggi dan likuiditas yang cukup, akan dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam indeks.

2. Kapitalisasi Pasar

Setiap perusahaan yang terpilih akan dihitung nilai kapitalisasi pasarnya. Nilai kapitalisasi pasaran suatu perusahaan dihitung dengan mengalikan harga saham perusahaan dengan jumlah saham yang beredar.

3. Penyesuaian Bobot

Setelah nilai kapitalisasi pasar dari masing-masing perusahaan telah dihitung, bobot atau proporsi masing-masing perusahaan dalam indeks akan ditentukan. Perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi akan memiliki bobot yang lebih besar dalam indeks trading.

 langkah-langkah umum dalam penghitungan Indeks FTSE 100.

4. Perhitungan Indeks

Indeks FTSE 100 dihitung dengan menjumlahkan nilai kapitalisasi pasar dari seluruh perusahaan yang termasuk dalam indeks. Setelah itu, nilai tersebut akan dibagi dengan nilai dasar indeks pada tanggal referensi tertentu. Nilai dasar indeks biasanya ditetapkan pada tanggal awal indeks, seperti tanggal 3 Januari 1984.

5. Penyesuaian Periodik

Indeks FTSE 100 mengalami penyesuaian secara periodik, biasanya setiap kuartal, untuk mencerminkan perubahan dalam kapitalisasi pasar perusahaan dan memastikan indeks tetap relevan dengan kondisi pasar yang terkini.

Kamu sedang mencari broker dengan sistem MT5? HSB Investasi adalah jawabannya yang memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik