Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Indikator Triple Exponential Average

Dalam dunia analisis teknikal, TRIX adalah indikator yang sering digunakan untuk mengidentifikasi tren dan memberikan sinyal pembalikan harga. Dalam artikel ini, kami akan mengenal indikator TRIX secara lebih mendalam, menjelaskan konsep dasar, cara penghitungan, serta penerapan praktisnya dalam analisis pasar. Mari kita mulai mempelajari indikator TRIX yang sangat berguna ini.

Pengertian Triple Exponential Average

Triple Exponential Average (TRIX) adalah sebuah indikator teknikal yang digunakan dalam analisis pasar untuk mengidentifikasi tren dan memberikan sinyal pembalikan harga. Indikator ini mengkombinasikan tiga exponential moving average (EMA) dari harga penutupan untuk menghasilkan sebuah garis yang menggambarkan perubahan persentase dalam pergerakan harga.

TRIX mengacu pada perbedaan antara tiga EMA yang berbeda, dengan periode waktu yang berbeda pula. Indikator ini dirancang untuk mengurangi efek sinyal palsu dan memberikan sinyal yang lebih halus dan akurat. Dengan melihat perubahan persentase dalam garis TRIX, trader dapat mengidentifikasi tren pasar yang sedang berlangsung serta mengenali potensi pembalikan harga.

Perhitungan Indikator Triple Exponential Average

inilah perhitungan dari indikator triple exponential average

Perhitungan TRIX melibatkan langkah-langkah berikut:

  • Menghitung EMA pertama dari harga penutupan dengan periode waktu tertentu.
  • Menghitung EMA kedua dari EMA pertama dengan periode waktu yang sama.
  • Menghitung EMA ketiga dari EMA kedua dengan periode waktu yang sama.
  • Menghitung perbedaan persentase antara EMA ketiga dan EMA kedua.
  • Menghitung EMA dari perbedaan persentase tersebut untuk mendapatkan garis TRIX akhir.

Secara umum, ketika garis TRIX bergerak di atas nol, itu menunjukkan tren bullish atau momentum positif. Sebaliknya, ketika garis TRIX bergerak di bawah nol, itu menunjukkan tren bearish atau momentum negatif. Perpotongan garis TRIX dengan garis nol dapat memberikan sinyal pembalikan harga atau perubahan tren.

Strategi Trading dengan Indikator Triple Exponential Average

Indikator Triple Exponential Average (TRIX) dapat digunakan dalam berbagai strategi trading. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan dengan menggunakan indikator TRIX:

1. Mengidentifikasi Tren dengan TRIX

  • Perhatikan pergerakan garis TRIX di atas atau di bawah level nol. Jika garis TRIX berada di atas nol, itu menunjukkan tren bullish, sedangkan jika garis TRIX berada di bawah nol, itu menunjukkan tren bearish.
  • Cari konfirmasi tren dengan melihat perpotongan garis TRIX dengan level nol. Jika garis TRIX memotong level nol dari bawah ke atas, itu dapat menjadi sinyal untuk memasuki posisi beli (buy). Sebaliknya, jika garis TRIX memotong level nol dari atas ke bawah, itu dapat menjadi sinyal untuk memasuki posisi jual (sell).

2. Divergensi sebagai Sinyal Pembalikan Harga

  • Perhatikan adanya divergensi antara pergerakan harga dan garis TRIX. Divergensi bullish terjadi ketika harga mencetak lower low (terendah baru), tetapi garis TRIX mencetak higher low (terendah yang lebih tinggi). Divergensi bearish terjadi ketika harga mencetak higher high (tertinggi baru), tetapi garis TRIX mencetak lower high (tertinggi yang lebih rendah).
  • Divergensi tersebut dapat menjadi sinyal pembalikan harga potensial. Jika ada divergensi bullish, itu bisa menjadi sinyal untuk memasuki posisi beli. Sebaliknya, jika ada divergensi bearish, itu bisa menjadi sinyal untuk memasuki posisi jual.

3. Menggunakan Perpotongan Garis TRIX

  • Perhatikan perpotongan antara garis TRIX dan garis sinyal yang diplot pada TRIX. Garis sinyal sering kali merupakan EMA dari garis TRIX itu sendiri.
  • Jika garis TRIX memotong garis sinyal dari bawah ke atas, itu bisa menjadi sinyal untuk memasuki posisi beli. Sebaliknya, jika garis TRIX memotong garis sinyal dari atas ke bawah, itu bisa menjadi sinyal untuk memasuki posisi jual.
  • Gunakan konfirmasi dari indikator lain atau pola harga untuk meningkatkan keandalan sinyal perpotongan.

4. Menggunakan TRIX sebagai Filter

  • Gunakan TRIX sebagai filter untuk menghindari sinyal palsu atau pergerakan harga yang tidak jelas. Jika TRIX berada di atas atau di bawah level nol dengan kejelasan, itu dapat membantu memfilter sinyal yang kurang kuat.
  • Konfirmasi sinyal trading dengan menggunakan alat analisis teknikal lain seperti pola candlestick, support dan resistance, atau indikator lainnya

banner blog bertuliskan pusing itung komisi dan tombol mulai trading

Kelebihan Indikator Triple Exponential Average

Berikut kelebihan dari indikator triple exponential average ini adalah:

1. Mengurangi Sinyal Palsu

Indikator TRIX menggunakan tiga exponential moving average (EMA) dengan periode waktu yang berbeda, yang membantu mengurangi sinyal palsu atau pergerakan harga yang tidak jelas. Dengan memadukan tiga EMA, TRIX memberikan gambaran yang lebih halus tentang pergerakan harga dan dapat memberikan sinyal yang lebih akurat.

2. Mengidentifikasi Perubahan Tren Cepat

TRIX membantu trader dalam mengidentifikasi perubahan tren dengan cepat. Ketika garis TRIX memotong level nol atau garis sinyal, itu dapat menjadi indikasi adanya perubahan tren potensial. Hal ini memungkinkan trader untuk mengambil keputusan trading yang cepat dan responsif terhadap perubahan kondisi pasar.

3. Mengenali Sinyal Pembalikan Harga

Indikator TRIX dapat mengenali sinyal pembalikan harga potensial melalui divergensi antara pergerakan harga dan garis TRIX. Divergensi bullish atau bearish dapat memberikan petunjuk tentang potensi pembalikan harga atau setidaknya koreksi harga yang bersifat sementara. Hal ini memberikan kesempatan kepada trader untuk masuk ke posisi trading yang menguntungkan.

4. Dapat Digunakan pada Berbagai Instrumen 

Kelebihan lain dari TRIX adalah fleksibilitasnya dalam digunakan pada berbagai instrumen dan time frame. Indikator ini dapat diterapkan pada pasar saham, forex, komoditas, dan instrumen lainnya. Selain itu, dapat digunakan pada time frame harian, intraday, atau bahkan time frame yang lebih pendek.

Keterbatasan Indikator Triple Exponential Average 

keterbatasan dalam indikator triple exponential average

Sedangkan keterbatasan dalam indikator ini adalah:

1. Tidak Cocok untuk Pasar Sideways

Indikator TRIX cenderung memberikan sinyal yang lebih baik dalam kondisi pasar trending daripada saat pasar bergerak sideways. Ketika pasar tidak menunjukkan tren yang jelas, sinyal-sinyal yang dihasilkan oleh TRIX mungkin tidak begitu andal dan menghasilkan banyak sinyal palsu.

2. Sensitif terhadap Periode Waktu

Seperti halnya dengan indikator teknikal lainnya, pengaturan periode waktu pada TRIX dapat mempengaruhi sinyal yang dihasilkan. Periode waktu yang terlalu pendek dapat menghasilkan sinyal yang terlalu sering dan tidak akurat, sedangkan periode waktu yang terlalu panjang dapat menghasilkan sinyal yang terlambat.

3. Tergantung pada Kualitas Data

Kualitas data harga yang digunakan dalam perhitungan TRIX dapat mempengaruhi akurasi indikator ini. Data yang tidak akurat atau tercemar dapat menghasilkan sinyal yang salah atau mengurangi keandalan sinyal yang dihasilkan oleh TRIX.

4. Lagging Indicator

TRIX adalah indikator yang menghitung perubahan persentase dalam pergerakan harga, sehingga memiliki sifat yang lagging atau tertinggal. Ini berarti bahwa sinyal yang dihasilkan oleh TRIX mungkin terlambat dibandingkan dengan pergerakan harga aktual, dan trader dapat melewatkan beberapa peluang perdagangan potensial.

Kamu sedang mencari broker dengan sistem MT5? HSB Investasi adalah jawabannya yang memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal yang profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik