Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Sistem Bretton Woods Amerika & Ekonomi Global

Sistem Bretton Woods merupakan tonggak penting dalam sejarah ekonomi global. Melalui sistem ini, Amerika Serikat berhasil menancapkan dominasi mereka dalam panggung internasional. Lalu, apa itu sistem Bretton Woods? Yuk, simak langsung ulasannya!

Pengertian Bretton Woods Amerika

Apa itu Sistem Bretton Woods?

Sistem Bretton Woods adalah suatu sistem keuangan dan moneter yang didirikan pada tahun 1944 untuk mengatur hubungan keuangan internasional dan mempromosikan stabilitas ekonomi global. Sistem Bretton Woods didasarkan pada kesepakatan bahwa mata uang dunia, yaitu dolar AS, akan dikaitkan dengan emas sebagai nilai tetap. Setiap negara peserta dalam sistem ini harus menetapkan nilai tukar mata uangnya terhadap dolar AS, dan dolar AS sendiri diberi nilai tetap terhadap emas.

Salah satu tujuan utama sistem Bretton Woods adalah untuk mendorong stabilitas mata uang dan mengurangi fluktuasi nilai tukar USD yang berlebihan. Setiap negara harus menjaga nilai tukar mata uangnya dalam batas tetap yang ditetapkan terhadap dolar AS dengan melakukan intervensi pasar jika diperlukan. Namun, negara juga diizinkan untuk menyesuaikan nilai tukar mereka jika mereka menghadapi tekanan ekonomi yang signifikan.

Sistem Bretton Woods digunakan selama beberapa dekade dan memberikan stabilitas serta kepastian dalam perdagangan internasional, sebelum akhirnya runtuh pada tahun 1971 ketika AS menghentikan penukaran dolar dengan emas. Setelah itu, sistem moneter internasional beralih ke sistem nilai tukar yang berfluktuasi secara bebas dan dikenal sebagai sistem nilai tukar mengambang (floating exchange rate).

Sejarah konfrensi Bretton Woods Amerika

Sejarah pembentukan Sistem Bretton Woods

Sistem Bretton Woods dibentuk pada tahun 1944 di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat dan menjadi langkah awal sejarah mata uang Dolar Amerika. Konferensi Bretton Woods dihadiri oleh 44 negara yang berpartisipasi dalam rangka menyusun kerangka kerja untuk mengatur sistem keuangan global pasca-Perang Dunia II. 

Tujuan utama dari pembentukan Sistem Bretton Woods adalah untuk menciptakan sistem moneter dalam perdagangan internasional yang mempunyai stabilitas nilai tukar untuk mendorong pertumbuhan perekonomian negara-negara peserta dan sebagai pencegahan terulangnya krisis ekonomi yang parah seperti masa Depresi Besar tahun 1930-an.

Sebagai hasil dari konferensi, dua lembaga internasional dibentuk: International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia. IMF bertanggung jawab untuk mengawasi sistem keuangan internasional, memberikan pinjaman kepada negara-negara anggotanya yang mengalami kesulitan keuangan, dan membantu mengatur nilai tukar mata uang. Sementara Bank Dunia, bertujuan untuk memberikan pinjaman jangka panjang kepada negara-negara dalam rangka pembangunan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. 

Pada tahun 1971, sistem ini mengalami tekanan yang besar akibat defisit perdagangan yang terus meningkat dan ketidakseimbangan keuangan internasional. Hingga akhirnya, Amerika Serikat mengumumkan bahwa dolar AS tidak lagi dapat ditukar dengan emas. Perjanjian Jamaika pada tahun 1976 mengakhiri sistem Bretton Woods secara resmi.

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Karakteristik Sistem Bretton Woods

Setiap sistem moneter global mempunyai struktur dan mekanisme yang mengatur pertukaran mata uang, aliran modal, serta kebijakan moneter antar negara di seluruh dunia, tidak terkecuali sistem Bretton Woods. Sistem ini memiliki beberapa karakteristik utama yang mempengaruhi tatanan ekonomi global pada masa itu. 

Berikut karakteristik dari sistem Bretton Woods:

1. Standar Emas Terbatas

Sistem Bretton Woods didasarkan pada standar emas terbatas, yang berarti bahwa nilai mata uang nasional dihubungkan dengan emas. Negara-negara peserta dalam sistem ini setuju untuk menetapkan nilai tukar mata uang mereka terhadap dolar AS, yang nilai tetapnya dikaitkan dengan emas.

2. Penetapan Dolar Amerika sebagai Mata Uang Utama

Dalam sistem Bretton Woods, dolar AS diakui sebagai mata uang utama dan digunakan sebagai standar bagi mata uang lainnya. Negara-negara peserta setuju untuk menjaga nilai tukar mata uang mereka dalam batas ±1% terhadap dolar AS. 

3. Pembentukan IMF dan Bank Dunia

Perjanjian Bretton Woods menciptakan dua institusi keuangan global, yaitu IMF (International Monetary Fund) sebagai badan pelaksana dan pengawas sistem Bretton Woods yang bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan nilai tukar mata uang, dan Bank Dunia yang bertujuan untuk memberikan pinjaman jangka panjang dan bantuan pembangunan kepada negara-negara yang membutuhkan.

Karakteristik-karakteristik ini membentuk kerangka kerja yang mengatur sistem ekonomi global pada masa itu. Standar emas terbatas memberikan stabilitas dan kepastian dalam nilai tukar mata uang, sementara penggunaan dolar sebagai mata uang utama memudahkan transaksi internasional. 

Dolar sebagai penggerak ekonomi dunia

Keuntungan Sistem Bretton Woods bagi Amerika Serikat

Sistem Bretton Woods memiliki keuntungan yang signifikan terhadap dominasi ekonomi Amerika Serikat dalam beberapa aspek selama lebih dari dua dekade. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Posisi Dolar AS sebagai Mata Uang Cadangan Dunia

Salah satu dampak paling mencolok dari Sistem Bretton Woods adalah peneguhan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang cadangan dunia. Ini memberikan dominasi dolar AS sebagai standar internasional untuk perdagangan dan keuangan global. Dominasi ini memberi Amerika Serikat kontrol atas sistem moneter internasional dan memberikan keuntungan ekonomi yang besar.

2. Keuntungan dari Seigniorage

Seigniorage merujuk pada keuntungan yang diperoleh oleh pemerintah ketika mencetak uang fiat, yaitu uang yang tidak memiliki nilai intrinsik. Dalam Sistem Bretton Woods, dolar AS menjadi mata uang cadangan utama yang membuat banyak negara di seluruh dunia memegang cadangan dolar AS. Amerika Serikat dapat mencetak lebih banyak dolar AS dan mengeluarkannya ke dunia, sementara negara lain menggunakan dolar AS sebagai cadangan mereka. 

3. Keunggulan dalam Perdagangan Internasional

Dalam kerangka Sistem Bretton Woods, negara-negara peserta harus menukar mata uang mereka dengan dolar AS untuk melakukan perdagangan internasional. Ini memberi Amerika Serikat keunggulan kompetitif karena negara-negara lain perlu memiliki dolar AS yang cukup untuk melakukan transaksi dagang. 

4. Pengaruh di Lembaga Keuangan Internasional

Sistem Bretton Woods mendirikan dua lembaga keuangan internasional yang berperan penting dalam dominasi ekonomi Amerika Serikat, yaitu IMF dan Bank Dunia. Sebagai tokoh sentral, Amerika Serikat memiliki posisi yang kuat dalam kedua lembaga ini dan memiliki pengaruh besar dalam pengambilan keputusan dan kebijakan ekonomi global. Hal ini memungkinkan Amerika Serikat untuk mempromosikan kepentingan dan nilai-nilai ekonomi mereka di seluruh dunia, yang pada gilirannya menguatkan dominasinya dalam hal kebijakan ekonomi global.

Secara keseluruhan, keuntungan-keuntungan ini memberikan dampak ekonomi yang besar bagi Amerika Serikat dan mengkonsolidasikan dominasinya dalam ekonomi global pada masa itu.

Delegasi konfrensi Bretton Woods

Warisan Bretton Woods pada ekonomi global modern

Ketergantungan terhadap dolar AS dan keterbatasan likuiditas merupakan beberapa faktor yang menyebabkan keruntuhan sistem Bretton Woods. Meskipun demikian, warisan dari sistem Bretton Woods memiliki dampak yang signifikan pada ekonomi global modern. Berikut penjelasannya:

1. Institusi Keuangan Internasional

Bretton Woods juga menciptakan dua institusi keuangan internasional utama, yaitu IMF dan Bank Dunia. Kedua institusi ini masih berperan penting dalam ekonomi global modern. Peran mereka masih dirasakan oleh negara-negara di dunia dalam hal memberikan bantuan keuangan, dukungan kebijakan, dan penyelesaian krisis ekonomi.

2. Sistem Nilai Tukar Mengambang

Sistem nilai tukar mengambang merupakan nilai tukar mata uang yang ditentukan oleh mekanisme pasar dan diperkenalkan setelah keruntuhan sistem Bretton Woods. Oleh karena itu, periode sistem Bretton Woods, sering dianggap sebagai periode transisi yang mengenalkan masyarakat dunia kepada sistem moneter baru.

3. Liberalisasi Perdagangan

Sistem Bretton Woods juga mendorong liberalisasi perdagangan internasional. IMF dan Bank Dunia bekerja sama untuk mengurangi hambatan perdagangan, mempromosikan pembukaan pasar, dan mengadopsi kebijakan perdagangan yang lebih terbuka. Prinsip liberalisasi perdagangan ini masih menjadi pijakan bagi banyak kesepakatan perdagangan global, seperti Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan perjanjian perdagangan bilateral antara negara-negara.

4. Kerjasama Keuangan Internasional

Sistem Bretton Woods juga mempromosikan kerjasama keuangan internasional yang erat antara negara-negara. Hal ini tercermin dalam peningkatan kesadaran akan interdependensi ekonomi global dan kebutuhan untuk saling mendukung dalam menghadapi krisis keuangan. 

5. Pengaturan Keuangan Global

Sistem Bretton Woods memberikan dasar untuk regulasi dan pengaturan keuangan global. Meskipun beberapa aspek regulasi telah berubah seiring waktu, prinsip-prinsip pengawasan keuangan yang diperkenalkan oleh Bretton Woods masih relevan dan terus berkembang. Contohnya adalah penerapan Basel III.

Meskipun sudah tidak lagi berlaku, warisan sistem Bretton Woods membawa perubahan signifikan dalam cara negara-negara berinteraksi dalam hal perdagangan internasional, pengaturan keuangan, dan pengembangan ekonomi.

Dalam trading forex, pemahaman yang baik tentang suatu mata uang sangatlah penting. Pasangan mata uang yang tepat dan memiliki likuiditas yang tinggi seringkali dapat menawarkan peluang trading yang menarik. Untuk mendukung kegiatan trading kamu, HSB Investasi menyediakan beragam platform trading online yang bisa kamu manfaatkan. 

Melalui aplikasi trading forex HSB Investasi, kamu dapat mengakses berbagai fitur yang membantu kamu dalam analisis pasar, eksekusi trading, dan manajemen risiko. Dengan dukungan teknologi canggih dan eksekusi order yang cepat, HSB Investasi memberikan pengalaman trading yang optimal bagi para trader.

Untuk mulai trading forex, saham, indeks, atau komoditas, kamu para trader pemula bisa mendownload aplikasi HSB Investasi dengan tampilan yang ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik