Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Analisa Fundamental & Teknikal Trading Emas

Trading emas merupakan salah satu bentuk investasi yang memiliki daya tarik luar biasa. Namun, keberhasilan dalam trading emas tidak tergantung pada intuisi atau keberuntungan semata. Diperlukan kombinasi analisis fundamental dan teknikal trading emas.

Lalu, seperti apa kedua analisis ini? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Pengenalan Analisa Fundamental Trading Emas

pengenalan analisis fundamental

Analisa fundamental dalam trading emas adalah pendekatan yang memeriksa faktor-faktor ekonomi, geopolitik, dan statement tokoh yang memengaruhi harga emas. Hal ini mencakup faktor-faktor seperti inflasi, suku bunga, kebijakan moneter, ketidakstabilan politik, dan permintaan industri. 

Suku Bunga Bank Sentral

Ketika bank sentral menaikkan suku bunga, investasi dalam aset berpendapatan tetap seperti obligasi menjadi lebih menarik, sehingga investor berpindah aset, membuat harga emas turun. Sebaliknya, ketika suku bunga turun, emas cenderung menjadi lebih menarik sebagai lindung nilai terhadap inflasi atau ketidakpastian ekonomi. 

Kondisi Ekonomi Global

Saat ekonomi global tumbuh kuat, investasi dalam aset berisiko seperti saham cenderung lebih menarik, sehingga permintaan terhadap emas dapat menurun. Sebaliknya, dalam situasi ekonomi yang tidak pasti atau mengalami goncangan, emas dapat menjadi aset yang lebih menarik karena cenderung mempertahankan nilainya atau bahkan mengalami kenaikan harga. 

Produksi dan Penambangan Emas

Produksi emas dan pemahaman tren produksi global penting karena dapat mempengaruhi pasokan dan harga emas. Selain itu, faktor lingkungan dan sosial terkait dengan penambangan emas juga harus dipertimbangkan, karena dampaknya pada regulasi dan citra perusahaan penambang. Penilaian cadangan emas, yaitu jumlah emas yang dapat ditambang dari deposit yang diketahui, juga penting dalam analisis, karena mencerminkan potensi pasokan masa depan dan dapat memengaruhi harga emas. 

Kekuatan Dolar AS 

Harga emas cenderung berlawanan arah dengan nilai Dolar AS. Ketika Dolar AS menguat, harga emas cenderung melemah, dan sebaliknya. Ini disebabkan karena emas dihargai dalam Dolar AS, sehingga apresiasi Dolar AS membuat emas lebih mahal bagi investor dengan mata uang lain. Faktor-faktor yang mempengaruhi Dolar AS, seperti suku bunga, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan kebijakan moneter Federal Reserve, juga memainkan peran penting dalam pergerakan harga emas. 

Permintaan dari Bank Sentral

Permintaan dari Bank Sentral merujuk pada pembelian dan akumulasi emas oleh bank sentral dari seluruh dunia. Tindakan ini mencerminkan keyakinan dan ketidakpastian ekonomi global. Oleh karena itu, ketika bank sentral dari negara-negara utama seperti Amerika Serikat, atau Cina mulai membeli lebih banyak emas, ini dapat memberikan sinyal kuat bahwa ada ketidakpastian ekonomi global yang dapat mendorong harga emas naik. Sebaliknya, jika bank sentral mengurangi pembelian emas, ini bisa menunjukkan tingkat keyakinan yang lebih tinggi dalam mata uang mereka dan dapat menekan harga emas. 

Baca Juga:  Perhatikan Pentingnya Rasio Emas dalam Trading

Dasar Analisa Teknikal Trading Emas

dasar analisis teknikal emas

Analisa teknikal merupakan pendekatan yang bergantung pada grafik harga historis dan pola pergerakan harga serta menggunakan alat seperti indikator teknikal, garis tren, dan pola candlestick untuk membantu memprediksi arah pergerakan harga emas di masa depan. Analisa teknikal trading emas dapat membantu kamu mengidentifikasi level support dan resistance, serta menentukan titik masuk dan keluar yang potensial.

Grafik Harga

Grafik harga memungkinkan para analis untuk mengidentifikasi tren, pola, dan titik masuk atau keluar yang potensial dalam perdagangan emas. Biasanya, grafik harga emas digambarkan dalam satu atau beberapa kerangka waktu untuk mendapatkan pandangan mengenai pergerakan harga. Grafik harga emas juga sering menunjukkan pola-pola seperti double top, double bottom, head and shoulders, atau flag, yang dapat memberikan petunjuk tentang pergerakan harga yang akan datang. 

Indikator Teknikal

Indikator teknikal adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan informasi yang berharga tentang tren, momentum, dan potensi pembalikan harga emas. Beberapa indikator teknikal yang umum digunakan dalam analisis emas adalah Moving Average (MA), Relative Strength Index (RSI), dan indikator MACD (Moving Average Convergence Divergence). 

Volume

Dalam analisis teknikal, volume mengukur sejauh mana aset, seperti emas, diperdagangkan dalam periode waktu tertentu. Volume perdagangan mencerminkan minat dan partisipasi pasar, yang dapat memberikan wawasan tentang kekuatan atau kelemahan tren harga emas. Jika volume meningkat ketika harga emas naik, ini mengindikasikan adanya kepercayaan dan dukungan yang kuat dari para pembeli, yang dapat memperkuat tren naik tersebut. Sebaliknya, jika volume meningkat saat harga emas turun, ini dapat mengindikasikan tekanan jual yang kuat, yang mungkin mengindikasikan arah penurunan harga. 

Pola Grafik

Dalam analisis teknikal emas, beberapa pola grafik yang umum digunakan meliputi "Double Top" dan "Double Bottom" untuk sinyal pembalikan tren, "Head and Shoulders" dan "Inverse Head and Shoulders" untuk sinyal perubahan tren, "Cup and Handle" untuk sinyal penguatan harga setelah pembentukan basis, serta "Flag" dan "Pennant" untuk mengidentifikasi pola segitiga setelah tren kuat. 

Support dan Resistance

Dalam analisis teknikal emas, support adalah level harga di mana permintaan kuat bertemu dengan tekanan jual, menyebabkan harga cenderung berhenti atau naik. Resistance adalah level harga di mana tekanan beli yang kuat bertemu dengan penawaran kuat, mengakibatkan harga cenderung berhenti atau turun. Para trader menggunakan support untuk membeli saat harga mendekati level tersebut dan resistance untuk menjual ketika harga mendekati level tersebut, dengan harapan harga akan bergerak sesuai arah yang diantisipasi. 

Baca Juga:  10 Strategi Efektif Trading Emas, Pemula WAJIB TAHU!

Cara Efektif Analisa Trading Emas

cara efektif analisa emas

Analisa trading emas yang efektif melibatkan sejumlah langkah kunci. Langkah-langkah ini dapat membantu para trader membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis dalam memanfaatkan potensi keuntungan dari pasar emas yang fluktuatif.

Pemahaman Dasar Tentang Emas

Dalam trading emas, pemahaman tentang jenis kontrak emas dan metode trading sangat penting, karena emas dapat diperdagangkan dalam berbagai bentuk. Selain itu, jangka waktu trading (short-term atau long-term) juga menjadi faktor penting, karena akan memengaruhi strategi dan rencana trading. Kamu juga harus memahami analisis teknis dan fundamental yang digunakan untuk memprediksi pergerakan harga emas. Penting diingat, bahwa kesalahan dalam pemahaman dasar tentang trading emas dapat mengakibatkan kerugian besar. 

Padukan Analisa Fundamental dan Teknikal

Analisa fundamental melibatkan evaluasi faktor makroekonomi dan geopolitik yang memengaruhi harga emas, sementara analisa teknikal menggunakan grafik dan indikator teknis untuk memahami perilaku historis harga. Dengan menggabungkan keduanya, kamu dapat memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pasar emas.

Tentukan Entry Point

Entry point melibatkan analisis pasar yang komprehensif, termasuk analisis fundamental dan teknis. Kamu juga perlu mengembangkan strategi trading yang jelas untuk menentukan entry point. Manajemen risiko juga penting dalam menetapkan ukuran posisi dan stop-loss order. Selain itu, latihan dan pengalaman diperlukan untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam menentukan entry point yang menguntungkan, sambil menjaga kesabaran dan disiplin dalam menjalankan strategi trading.

Atur Stop-Loss dan Take-Profit

Pengaturan stop-loss dan take-profit harus didasarkan pada strategi trading, toleransi risiko, dan pemahaman pasar emas. Selalu perbarui mereka sesuai dengan perkembangan pasar dan berbagai faktor lain yang mempengaruhi harga emas. Dengan demikian, kamu dapat mengelola risiko dengan lebih baik dan memaksimalkan potensi keuntungan dalam trading emas.

Alat Analisa Trading Emas

alat analisa trading emas

Saat ini, ada beberapa analisa trading emas, seperti platform trading yang menyediakan grafik, indikator teknikal, dan analisis fundamental yang membantu pengguna dalam membuat keputusan trading yang lebih informasi. 

Platform Trading

Platform trading menyediakan berbagai fitur dan alat yang memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi tren, pola harga, dan sinyal trading potensial. Ada beberapa platform yang dapat digunakan untuk analisis teknikal dalam trading emas, seperti MetaTrader4, TradingView, dan Amibroker. Platform-platform ini memungkinkan kamu untuk menggambar grafik dan mengidentifikasi pola harga. Kamu juga dapat menggunakan berbagai indikator teknikal untuk mengkonfirmasi atau memprediksi perubahan harga.

Baca Juga:  Praktikan Strategi Trading Emas Menggunakan Akun Demo!

Sumber Analisa Fundamental 

Saat ini, tidak ada software khusus yang dapat digunakan untuk analisis fundamental dalam trading emas. Namun, kamu dapat menggunakan berbagai sumber informasi seperti situs resmi atau situs penyedia informasi, seperti MarketWatch, atau Bloomberg untuk mendapatkan laporan keuangan perusahaan tambang emas, berita ekonomi dan politik global, serta faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga emas.

Ingin Trading Tanpa Risiko? Coba Akun Demo HSB!

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Sebelum terjun dalam dunia trading menggunakan dana sungguhan, cobalah memulai dengan akun demo. Ini menjadi sarana untuk mengasah kemampuan dan mencoba rencana trading tanpa resiko kerugian finansial di platform HSB Investasi!

HSB Investasi berperan sebagai broker yang siap mendampingi para nasabahnya dalam meraih target finansial. Dengan menawarkan pilihan yang luas di berbagai instrumen trading, mulai dari forex, saham AS, indeks, hingga komoditas.

"Lalu, bagaimana caranya?" 

Sederhana! Kamu hanya perlu mendaftarkan diri di akun demo HSB dengan nomor handphone dan email pribadi. Setelah pendaftaran selesai, akun demo akan siap untuk digunakan. Mulailah belajar memahami berbagai teknik analisis, seperti menentukan titik support dan resistance, merancang strategi, hingga eksplorasi berbagai indikator.

HSB Investasi menawarkan 4 kategori produk untuk diperdagangkan, yakni 17 forex pair, 5 indeks, 3 jenis komoditas, dan 20 saham Perusahaan Amerika Serikat. Dan yang terpenting, keamanan bertransaksi di HSB Investasi terjamin dengan lisensi dan pengawasan dari BAPPEBTI dan ICH.

HSB Investasi juga memiliki keunggulan dengan sistem trading berbasis MetaTrader 5. Dengan ini, trader dapat menikmati keleluasaan dalam bertransaksi, analisa teknikal mendalam dengan 38 indikator tersedia, fitur copy trading, serta algoritma trading dari MetaTrader 5 yang mampu memberikan rekomendasi cerdas.

Mengapa menunda? Unduh aplikasi HSB Investasi sekarang, rasakan berbagai keunggulan yang ditawarkan, dan jangan lewatkan untuk mengisi deposit di HSB Investasi. Rasakan sensasi trading yang lebih praktis, cepat, dan efektif. Ambil peluangmu di panggung pasar keuangan internasional bersama HSB Investasi. Daftarkan dirimu ke akun live, mulai trading, dan raih tujuan finansialmu.***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik