Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Inilah 4 Tokoh yang Bisa Mempengaruhi Harga Emas

Emas bisa jadi salah satu aset investasi yang menarik, sebab belakangan ini harganya semakin berkilau. Namun dalam naik atau turun nya harga emas dunia ternyata ada beberapa tokoh yang bisa sangat memengaruhinya. Untuk persiapan fundamental, sebaiknya Sobat Trader harus  mencatat nama nama dibawah ini.

1. Jerome Powell

jerome powell sedang berpidato yang mana pidatonya bisa mempengaruhi harga emas dunia

Jerome Powell adalah Ketua Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat. Tindakan dan pernyataannya sebagai Ketua Federal Reserve dapat memiliki pengaruh terhadap harga emas, meskipun pengaruhnya mungkin tidak langsung atau tidak langsung.

Kebijakan suku bunga

Salah satu cara di mana Powell dapat mempengaruhi harga emas adalah melalui kebijakan suku bunga. Keputusan Federal Reserve untuk menaikkan atau menurunkan suku bunga dapat berdampak pada harga emas. Ketika suku bunga naik, minat investor untuk memegang emas sebagai aset safe haven dapat menurun, karena mereka mungkin beralih ke instrumen investasi lain yang menawarkan pengembalian yang lebih tinggi. Sebaliknya, ketika suku bunga turun, minat investor terhadap emas mungkin meningkat karena emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Kebijakan pelonggaran kuantitatif

Powell juga dapat mempengaruhi harga emas melalui kebijakan pelonggaran kuantitatif (quantitative easing) atau pengurangan pelonggaran kuantitatif (tapering). Ketika Federal Reserve melakukan pembelian aset melalui pelonggaran kuantitatif, hal ini dapat menciptakan likuiditas yang lebih besar di pasar keuangan dan meningkatkan potensi inflasi. Ini dapat mendukung harga emas, karena emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Sebaliknya, jika Federal Reserve mengurangi atau menghentikan pembelian aset melalui tapering, hal ini dapat menekan harga emas karena potensi penurunan inflasi.

Pernyataan dan panduan kebijakan

Pernyataan dan panduan kebijakan yang diberikan oleh Jerome Powell dalam konferensi pers dan pidato-pidatonya juga dapat mempengaruhi sentimen pasar terhadap emas. Ketika Powell memberikan indikasi yang lebih hawkish (cenderung meningkatkan suku bunga atau mengurangi stimulus moneter), hal ini dapat mempengaruhi harga emas negatif. Sebaliknya, ketika Powell memberikan indikasi yang lebih dovish (cenderung mempertahankan suku bunga rendah atau melanjutkan stimulus moneter), hal ini dapat mendukung harga emas.

2. Joe Biden

statement joe biden bisa mempengaruhi harga emas

Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat juga dapat memiliki pengaruh terhadap harga emas. Namun, penting untuk dicatat bahwa harga emas dipengaruhi oleh banyak faktor, dan peran seorang presiden dalam pergerakan harga emas mungkin tidak langsung atau segera terlihat. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hubungan antara Joe Biden dan harga emas:

Kebijakan fiskal

Kebijakan fiskal yang diterapkan oleh pemerintah Biden, seperti paket stimulus ekonomi atau program infrastruktur yang luas, dapat mempengaruhi harga emas. Jika kebijakan tersebut menyebabkan peningkatan pengeluaran pemerintah, inflasi mungkin meningkat. Dalam situasi inflasi yang tinggi, minat investor untuk memegang emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi dapat meningkat, yang dapat mendukung harga emas.

Kebijakan moneter

Meskipun Presiden tidak secara langsung mengendalikan kebijakan moneter, Presiden dapat memberikan dukungan atau penekanan terhadap kebijakan Federal Reserve yang dipilihnya. Pengaruh Presiden terhadap kebijakan moneter dapat mempengaruhi suku bunga dan stimulus moneter yang pada gilirannya dapat mempengaruhi harga emas, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Stabilitas politik 

Stabilitas politik dan ketidakpastian dapat mempengaruhi harga emas. Tindakan dan kebijakan pemerintahan Biden yang mempengaruhi stabilitas politik dan memberikan kepastian dapat mempengaruhi sentimen pasar dan harga emas. Misalnya, kebijakan luar negeri, kebijakan perdagangan, dan penanganan krisis dapat mempengaruhi persepsi risiko dan permintaan terhadap aset safe haven seperti emas.

Nilai tukar dolar AS

Nilai tukar dolar AS juga dapat mempengaruhi harga emas. Kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintahan Biden, seperti kebijakan perdagangan dan kebijakan moneter, dapat mempengaruhi kekuatan dolar AS di pasar valuta asing. Dolar yang melemah cenderung mendukung harga emas, karena harga emas diukur dalam dolar AS dan dolar yang lebih lemah membuat emas lebih terjangkau bagi investor di luar AS.

3. Vladimir Putin

vladimir putin sedang berbicara di world economic forum

Vladimir Putin, sebagai Presiden Rusia, juga dapat memiliki pengaruh terhadap harga emas. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hubungan antara Vladimir Putin dan harga emas:

Cadangan Emas Rusia

Rusia adalah salah satu negara dengan cadangan emas terbesar di dunia. Keputusan pemerintah Rusia untuk membeli atau menjual emas dari cadangan negara dapat mempengaruhi pasokan dan permintaan global emas. Jika Rusia memutuskan untuk membeli emas secara besar-besaran, hal ini dapat memberikan sentimen positif pada harga emas. Sebaliknya, jika Rusia memutuskan untuk menjual emas, hal ini dapat mempengaruhi harga secara negatif.

Tindakan Geopolitik

Keputusan dan tindakan Vladimir Putin dalam politik luar negeri dan geopolitik dapat mempengaruhi sentimen pasar dan harga emas. Krisis geopolitik atau meningkatnya ketidakpastian di kawasan yang terkait dengan Rusia dapat meningkatkan minat investor terhadap aset safe haven seperti emas. Ketidakpastian geopolitik yang tinggi dapat mendorong investor untuk mencari lindung nilai dalam bentuk emas, yang pada gilirannya dapat mendukung harga emas.

Permintaan emas Rusia

Permintaan domestik Rusia terhadap emas juga dapat mempengaruhi harga emas. Jika terjadi peningkatan signifikan dalam permintaan emas di Rusia, baik dari investor maupun dari individu, hal ini dapat memberikan dampak positif pada harga emas secara keseluruhan. Permintaan domestik yang kuat dapat meningkatkan harga karena peningkatan permintaan tersebut.

Kebijakan ekonomi dan kebijakan moneter

Kebijakan ekonomi dan kebijakan moneter yang diterapkan oleh pemerintah Rusia dapat mempengaruhi sentimen pasar dan harga emas. Kebijakan yang mempengaruhi nilai tukar mata uang Rusia atau kebijakan yang berdampak pada inflasi dapat memiliki efek pada harga emas, mengingat jaminan harga emas diukur dalam dolar AS. Perubahan dalam kebijakan ekonomi atau moneter dapat mempengaruhi sentimen pasar dan memengaruhi permintaan dan penawaran emas.

4. Xi Jin Ping

keputusan politik xi jin ping bisa mempengaruhi harga emas dunia

Xi Jinping, sebagai Presiden Republik Rakyat Tiongkok, juga dapat memiliki pengaruh terhadap harga emas. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hubungan antara Xi Jinping dan harga emas:

Cadangan Emas Tiongkok

Tiongkok adalah salah satu negara dengan cadangan emas terbesar di dunia. Keputusan pemerintah Tiongkok untuk membeli atau menjual emas dari cadangan negara dapat mempengaruhi pasokan dan permintaan global emas. Jika Tiongkok memutuskan untuk membeli emas secara besar-besaran, hal ini dapat memberikan sentimen positif pada harga emas. Sebaliknya, jika Tiongkok memutuskan untuk menjual emas, hal ini dapat mempengaruhi harga secara negatif.

Permintaan emas Tiongkok

Tiongkok adalah salah satu pasar konsumen terbesar untuk emas fisik. Permintaan domestik yang kuat dari investor dan konsumen Tiongkok dapat mempengaruhi harga emas secara keseluruhan. Jika terjadi peningkatan signifikan dalam permintaan emas di Tiongkok, hal ini dapat memberikan dampak positif pada harga emas.

Kebijakan ekonomi dan kebijakan moneter

Kebijakan ekonomi dan kebijakan moneter yang diterapkan oleh pemerintah Tiongkok dapat mempengaruhi sentimen pasar dan harga emas. Kebijakan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Tiongkok, nilai tukar mata uang, atau kebijakan yang berdampak pada inflasi dapat mempengaruhi harga emas. Perubahan dalam kebijakan ekonomi atau moneter Tiongkok dapat mempengaruhi sentimen pasar dan memengaruhi permintaan dan penawaran emas.

Keputusan Geopolitik

Keputusan dan tindakan Xi Jinping dalam politik luar negeri dan geopolitik dapat mempengaruhi sentimen pasar dan harga emas. Krisis geopolitik atau meningkatnya ketidakpastian di kawasan yang terkait dengan Tiongkok dapat meningkatkan minat investor terhadap aset safe haven seperti emas. Ketidakpastian geopolitik yang tinggi dapat mendorong investor untuk mencari lindung nilai dalam bentuk emas, yang pada gilirannya dapat mendukung harga emas.

Nama - nama diatas adalah tokoh-tokoh dunia yang bisa mempengaruhi naik atau turunya harga emas dunia, tindakan atau kebijakan yang dikeluarkan dari 4 tokoh diatas bisa dijadikan sebagai analisis fundamental yang sangat kuat.

Setelah mempelajari tentang tokoh yang bisa mempengaruhi harga emas dunia, jangan sampai Sobat Trader salah memilih platform trading emas. Sebagai pialang berjangka yang sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI, keamanan trading di HSB Investasi tentunya sangat terjamin.

Dengan menggunakan rekening terpisah, bisa dipastikan dana Sobat Trader aman. Selain itu HSB Invetasi juga menyediakan aplikasi trading HSB Investasi yang sangat responsif dan mudah untuk digunakan. 

Untuk mencoba pengalaman trading bersama HSB Investasi, kamu bisa mencoba akun demo yang HSB Investasi sediakan. Cukup dengan registrasikan email dan nomor telepon kamu sudah bisa merasakan  fitur fitur unggulan yang HSB Investasi sediakan.

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik