Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Peluang Profit Cepat dengan Teknik Scalping

Apakah Anda seorang pemula di dunia trading atau ingin mendalami lebih banyak informasi seputar praktik trading? Jika iya, maka mengenal strategi scalping trading bisa menjadi langkah penting dalam upaya memperoleh keuntungan. 

Scalping trading merupakan metode yang digunakan trader untuk meraih profit dengan cepat. Dalam umumnya, para trader melakukan transaksi dalam periode singkat, memanfaatkan fluktuasi kecil dari berbagai komoditas. Penasaran dengan strategi scalping ini? Simaklah penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Scalping Trading?

Scalping trading adalah metode perdagangan jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan dari volume perdagangan yang lebih cepat. Perdagangan dalam waktu cepat yang dimaksud bisa diartikan dalam hitungan menit atau detik. Tujuan trader menjual dan membeli saham dalam waktu singkat yaitu untuk mendapatkan cuan. 

Misalnya, Anda membuka posisi trading XAUUSD pada harga 1,800. Kemudian, dalam beberapa menit, harga emas naik menjadi 1,810. Anda dapat menutup posisi trading Anda pada titik tersebut, menghasilkan keuntungan sebesar 10 poin dalam hitungan menit.

grafik menggambarkan kelebihan scalping

Kelebihan dan Kelemahan Scalping Trading

Strategi scalping/pipsing memang akan mendatangkan profit dalam waktu yang cepat. Namun, strategi ini tidak mudah untuk dilakukan. Kamu harus mengamati pergerakan saham dengan teliti setelah memasukkan limit order. Jadi, strategi scalping ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kelemahan sebagai berikut.

1. Mendapat Profit dalam Waktu Cepat

Salah satu kelebihan scalping trading yaitu bisa memperoleh profit dalam waktu cepat. Jadi, kamu tidak perlu menunggu hingga berhari-hari untuk mendapat cuan, dengan strategi scalping trader bisa mendapat keuntungan di hari yang sama.

2. Proses Trading yang Cepat

Kelebihan lain dari strategi scalping yaitu proses trading yang sangat cepat. Pasalnya, penggunaan trading jangka panjang membutuhkan analisis fundamental secara menyeluruh. Berbeda ketika kamu melakukan trading jangka pendek, cukup menggunakan pola market yang kecil dan analisis teknis.

3. Mudah Membuat Evaluasi

Ketika menggunakan strategi scalping, kamu bisa dengan mudah mengoreksi kesalahan. Misalnya, ketika kamu menyadari salah melakukan open posisi, kamu bisa langsung mengidentifikasinya. Langkah selanjutnya, kamu bisa memilih untuk menutup posisi tersebut dan membuka posisi lain.

4. Teknik yang Sulit

Adapun kelemahan dari scalping trading ini yaitu terletak pada tekniknya yang sulit dan perlu ketelitian. Dalam hal ini, kamu harus memiliki pemahaman yang tinggi mengenai banyak faktor, mulai dari instrumen yang digunakan, pergerakan pasar, dan lain sebagainya. Selain itu, dibutuhkan juga pengalaman dan teknik tertentu untuk mengimplementasikan teknik scalping ini.

Baca Juga:  Mau Coba Quantitative Trading? Ini Cara Kerjanya

5. Risiko Besar

Untuk memperoleh cuan yang besar, maka kamu harus berani mengambil risiko besar juga. Menerapkan strategi scalping bisa dikatakan cukup berisiko, lantaran menentukan arah trend jangka pendek kadang-kadang tidak bisa diprediksi. Risiko besar ini termasuk ke dalam salah satu kelemahan dari strategi scalping juga. 

6. Menghabiskan Banyak Waktu

Saat kamu menerapkan strategi scalping, maka kamu harus bersedia menghabiskan banyak waktu seharian di depan layar laptop untuk melakukan trading. Pasalnya, kamu harus melakukan ratusan transaksi dalam menerapkan strategi scalping ini. 

indikator yang biasa digunakan saat scalping

Indikator yang Penting dalam Scalping Trading

Scalping trading adalah metode yang memerlukan indikator untuk bekerja. Untuk trader pemula yang ingin menerapkan strategi scalping, kamu bisa memanfaatkan indikator untuk membantu menyusun strategi agar bisa profit. Berikut ini beberapa indikator scalping tersebut.

1. Moving Average

Indikator satu ini dianggap sebagai indikator favorit di kalangan trader. Sebab, indikator ini dirancang dengan sederhana, sehingga trader pemula tidak akan mengalami kesulitan saat mengaplikasikannya.  Namun, perlu kamu ingat bahwa indikator moving average tidak selalu berakhir cuan. Hal ini dikarenakan rawan terjadi fake signal. Jadi, kamu harus bersiap-siap ketika harga tidak bergerak ke arah yang dikehendaki akibat sinyal palsu tersebut.

2. Bollinger Bands

Indikator populer lainnya ada bollinger bands. Kamu bisa menerapkan setting default dengan time frame 5 menit. Dalam hal ini, jika harga menyentuh lower band, maka lakukan pembelian. Sebaliknya, jika harga mencapai upper band, maka lakukan penjualan. Indikator bollinger bands cocok diaplikasikan di pasar yang sedang ranging atau sideways. Jika kamu menerapkan indikator ini saat pasar sedang trending justru akan merugi.

3. Stochastic

Stochastic merupakan indikator pelengkap untuk indikator lainnya, seperti moving average dan bollinger bands. Saat pasar sedang mengalami kenaikan harga, kamu perlu melakukan open posisi saat ada sinyal buy dari crossover stochastic.  Sementara itu, jika harga pasar sedang mengalami penurunan, kamu perlu mengincar sinyal sell. Namun, kamu juga perlu memilih pair mata uang yang menguntungkan dan bergerak aktif untuk melakukan teknik scalping dengan indikator ini. 

4. Average Directional Index (ADX)

ADX merupakan indikator untuk mengukur kekuatan suatu trend. Kamu bisa menggunakan indikator ADX dengan indikator moving average untuk mendapatkan hasil analisis yang lebih efektif. Apabila kamu menerapkan indikator ADX dan moving average dengan tepat, bukan tidak mungkin trading yang kamu lakukan akan profitable dan peluang untuk entry jadi lebih teruji.

Baca Juga:  Takut Risiko Likuiditas? Begini Cara Mengelolanya

5. Moving Average Convergence Divergence (MACD)

Indikator MACD sering dikombinasikan juga dengan indikator moving average. MACD sering digunakan karena bisa berjalan pada semua time frame. Caranya, kamu harus menentukan momentum entry terlebih dahulu.  Kemudian entry buy dilakukan saat kurva MACD memotong garis sinyal ke arah bawah dan histogram bergerak ke arah atas. 

Kondisi ini dapat disimpulkan bahwa pasar sedang mengalami uptrend yang kuat. Untuk menerapkan strategi scalping dengan tepat, kamu perlu memahami beberapa indikatornya terlebih dahulu. Mengingat scalping trading adalah metode trading yang menghasilkan cuan dengan cepat ketika mengombinasikan beberapa indikator.

langkah melakukan scalping

Langkah Mudah Menggunakan Strategi Scalping

Berikut langkah-langkah mudah untuk menggunakan strategi scalping:

1. Pilih Instrumen yang Cocok

Pilih pasangan mata uang yang likuid dan memiliki spread rendah. Biasanya, pasangan mata uang mayor seperti EUR/USD atau GBP/USD sering dipilih oleh scalper.

2. Gunakan Grafik Pergerakan Harga yang Cepat

Gunakan grafik dengan kerangka waktu yang singkat, seperti grafik 1 atau 5 menit. Hal ini memungkinkan untuk menangkap pergerakan harga yang lebih cepat.

3. Identifikasi Titik Masuk dan Keluar yang Jelas

Carilah momen di mana terjadi fluktuasi harga kecil tetapi signifikan. Identifikasi titik masuk (open position) dan keluar (close position) dengan jelas, serta tentukan level stop loss dan take profit.

4. Gunakan Indikator Teknis Secara Bijak

Gunakan indikator teknis seperti Moving Average, Bollinger Bands, atau Stochastic Oscillator untuk membantu mengkonfirmasi sinyal entry dan exit. Tetaplah sederhana dengan menggunakan beberapa indikator yang dapat memberikan informasi yang relevan.

5. Gunakan Stoploss

Penting untuk menentukan level stop loss untuk melindungi posisi dari kerugian yang tidak diinginkan. Pilihlah level stop loss yang masuk akal dan sesuai dengan toleransi risiko Anda.

6. Praktekkan Dengan Akun Demo Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan uang sungguhan, uji strategi scalping Anda dengan akun demo. Ini membantu Anda memahami bagaimana strategi tersebut bekerja di pasar yang nyata tanpa risiko keuangan.

7. Kendalikan Emosi dan Disiplin

Scalping membutuhkan kecepatan dalam pengambilan keputusan dan eksekusi trading. Jangan terpancing emosi oleh fluktuasi harga yang cepat. Tetaplah disiplin terhadap rencana trading yang telah Anda buat.

Strategi scalping menawarkan potensi keuntungan cepat dalam trading, tetapi juga hadir dengan risiko yang sepadan. Penting untuk diingat bahwa metode ini membutuhkan tingkat fokus yang tinggi, analisis yang cepat, dan pengambilan keputusan yang tergesa-gesa. 

Baca Juga:  Apa Iya Trading Bisa Membuat Kaya Raya? Ini Faktanya!

Risiko kerugian yang cepat dan likuiditas pasar yang rendah dapat menjadi tantangan dalam menerapkan strategi ini. Oleh karena itu, sebelum melibatkan diri secara penuh, pertimbangkan dengan cermat risiko yang terlibat dalam scalping trading.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading dengan Teknik Scalping Tanpa Risiko!

Sekarang kamu sudah mengetahui tentang scalping. Kamu bisa memanfaatkannya untuk meraih peluang profit trading secara cepat. Pastikan kamu sudah membekali dirimu dengan pengetahuan yang memadai terkait karakteristik pasar agar kamu tidak terkecoh dengan risiko yang ada.

Penting untuk diingat bahwa manajemen risiko dan meningkatkan kemampuan tradingmu adalah cara terbaik untuk meraih peluang profit trading minyak mentah. Salah satu cara efektif untuk melatih kemampuan tradingmu berdasarkan pergerakan minyak yang sulit ditebak adalah dengan memanfaatkan akun demo trading HSB Investasi.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX. Kamu juga bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan. 

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik