Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
AWAS! Kenali dan Hindari Dampak Margin Call Trading

Sobat Trader, dalam dunia trading, istilah "margin call" bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para trader. Ini adalah situasi di mana broker meminta tambahan dana karena saldo akun trading telah turun di bawah batas minimum yang ditetapkan untuk mempertahankan posisi terbuka. Dampaknya bisa sangat merugikan, bahkan bisa membuat modal habis dalam sekejap.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dengan jelas apa itu margin call, bagaimana cara menghindarinya, dan langkah-langkah yang bisa diambil jika kita menghadapinya. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang kenapa kamu perlu menghindari margin call, tanda-tanda yang mengarah ke arahnya, serta strategi untuk mengelolanya dengan bijak. Jangan lewatkan informasi penting ini untuk menjaga keberlangsungan tradingmu!

Pengertian Margin Call

Margin Call adalah notifikasi peringatan dari broker kepada seorang trader untuk menambahkan dana tambahan ke dalam akun trading mereka. Hal ini terjadi ketika saldo akun trading miliki Sobat Trader turun di bawah batas minimum yang telah ditentukan oleh broker, yang disebut sebagai "margin level" atau "level margin" tertentu.

Penting untuk diingat bahwa Margin Call adalah mekanisme perlindungan yang diterapkan oleh broker untuk menjaga stabilitas pasar dan melindungi semua pihak yang terlibat dalam trading. Oleh karena itu, sebagai trader, penting untuk memahami bagaimana margin level dan Margin Call berfungsi agar dapat mengelola risiko dengan bijak dan menjaga modal tradingmu.

fungsi margin call trading

Fungsi Margin Call

Margin Call memiliki beberapa fungsi penting dalam trading, yang dirancang untuk menjaga kestabilan pasar dan melindungi semua pihak yang terlibat. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Margin Call dalam trading:

1. Melindungi Broker

Salah satu fungsi utama Margin Call adalah melindungi broker dari risiko kerugian besar. Ketika Sobat Trader mengalami kerugian besar dan saldo akun trading turun di bawah batas minimum margin yang ditetapkan, broker memiliki hak untuk mengirim Margin Call. Ini membantu broker menghindari kerugian besar yang mungkin timbul jika Sobat Trader terus mempertahankan posisi yang merugi tanpa batas.

2. Menghindari Hutang yang Tidak Terbayar

Margin Call juga membantu mencegah Sobat Trader dari mengumpulkan hutang besar kepada broker. Jika trader mempertahankan posisi yang merugi tanpa batas, mereka dapat berakhir dengan hutang besar kepada broker. Margin Call memaksa trader untuk bertindak dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi situasi sebelum ini terjadi.

3. Mengingatkan Trader

Margin Call berfungsi sebagai peringatan kepada trader bahwa ada risiko besar terkait dengan posisi mereka. Ini dapat mengingatkan trader untuk memeriksa ulang strategi mereka, mengevaluasi risiko, atau mengambil langkah-langkah untuk melindungi modal mereka.

Baca Juga:  8 Cara Baca Candlestick untuk Open Posisi Trading

4. Mendorong Manajemen Risiko

Margin Call dapat menjadi dorongan bagi trader untuk menerapkan manajemen risiko yang lebih baik. Setelah menerima Margin Call, trader sering kali mengambil tindakan untuk mengurangi risiko, seperti menutup sebagian atau seluruh posisi terbuka atau menambahkan dana tambahan ke akun mereka.

5. Menjaga Kestabilan Pasar

Dengan menghindari terjadinya Margin Call secara massal, mekanisme ini membantu menjaga stabilitas pasar secara keseluruhan. Tanpa Margin Call, ada potensi besar untuk terjadinya gejolak pasar yang lebih besar akibat posisi yang tidak terkendali.

6. Mengedukasi Trader

Margin Call dapat menjadi kesempatan untuk edukasi. Saat trader menerima Margin Call, mereka sering kali mencari tahu lebih banyak tentang cara margin dan leverage trading berfungsi, manajemen risiko yang lebih baik, dan cara menghindari situasi serupa di masa depan.

penyebab terjadinya margin call trading

Penyebab Terjadinya Margin Call

Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi terjadinya margin call trading, seperti:

1. Kerugian pada Posisi Terbuka

Penyebab paling umum dari Margin Call adalah kerugian besar pada posisi trading yang masih terbuka. Jika harga aset yang diperdagangkan bergerak berlawanan dengan posisi yang Sobat Trader pasang, kerugian tersebut akan mengurangi saldo akun hingga mencapai batas minimum margin yang ditetapkan oleh broker.

2. Kurangnya Pengetahuan Dalam Melakukan Trading

Terkadang, trader yang kurang memahami bagaimana margin dan leverage berfungsi dapat secara tidak sengaja mengambil risiko yang lebih besar dari yang mereka sadari, menyebabkan Margin Call.

3. Penggunaan Leverage yang Tinggi

Leverage adalah alat yang memungkinkan trader mengendalikan posisi yang lebih besar dari modal yang mereka miliki. Penggunaan leverage yang tinggi dapat meningkatkan potensi keuntungan, tetapi juga meningkatkan risiko Margin Call. Semakin tinggi leverage yang digunakan, semakin kecil perubahan harga yang diperlukan untuk mencapai batas minimum margin.

4. Volatilitas Pasar

Pasar keuangan bisa sangat volatil, terutama dalam kondisi berita atau peristiwa ekonomi penting. Pergerakan harga yang tajam dan cepat dapat menyebabkan posisi trader bergerak berlawanan dengan mereka dengan cepat, meningkatkan risiko Margin Call.

5. Tidak Melakukan Manajemen Risiko

Sobat Trader yang tidak menerapkan manajemen risiko yang baik atau yang terlalu agresif dalam tradingnya dapat lebih rentan terhadap Margin Call. Ini termasuk tidak menetapkan stop loss yang cukup ketat atau tidak membatasi ukuran posisi sesuai dengan toleransi risiko.

Baca Juga:  Cepat & Efektif! Rahasia Strategi Hit And Run di Scalping Trading

6. Aksi dari Broker

Broker memiliki hak untuk menetapkan batas minimum margin yang lebih tinggi pada saat-saat tertentu, terutama selama peristiwa berita besar atau saat pasar sangat tidak stabil. Jika Sobat Trader tidak mematuhi peraturan ini, kamu berisiko menghadapi Margin Call.

cara mencegah margin call trading

Bagaimana Cara Mencegah Margin Call?

Mencegah Margin Call adalah penting dalam menjaga modal trading dan menghindari kerugian besar. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mencegah Margin Call:

1. Pahami Margin dan Leverage

Salah satu langkah pertama adalah memahami sepenuhnya bagaimana margin dan leverage berfungsi. Ini termasuk memahami berapa banyak margin yang diperlukan untuk membuka posisi tertentu dan bagaimana leverage memengaruhi risiko dan keuntungan. Semakin baik pemahamanmu tentang ini, semakin baik kamu dapat mengelola risiko.

2. Gunakan Manajemen Risiko yang Baik

Terapkan manajemen risiko yang disiplin dalam tradingmu. Ini termasuk menetapkan stop loss untuk setiap posisi, menentukan berapa banyak risiko yang siap kamu ambil dalam setiap perdagangan, dan membatasi ukuran posisi sesuai dengan toleransi risiko.

3. Hindari Penggunaan Leverage yang Tinggi

Leverage dapat meningkatkan potensi keuntungan, tetapi juga meningkatkan risiko Margin Call. Pertimbangkan untuk menggunakan leverage yang lebih rendah, terutama jika kamu adalah seorang trader pemula atau jika pasar sedang tidak stabil.

4. Pantau Margin Level

Selalu awasi margin level di akun tradingmu. Jangan biarkan margin level turun mendekati batas minimum yang ditetapkan oleh broker. Jika kamu melihat margin level mendekati batas tersebut, pertimbangkan untuk menutup sebagian atau semua posisi terbuka atau menambahkan dana ke deposit akun trading.

5. Gunakan Akun Demo untuk Latihan

Jika kamu mencoba strategi trading baru atau aset yang berbeda, gunakan akun demo untuk berlatih tanpa risiko uang riil. Ini akan membantu kamu menguji strategi dan memahami bagaimana margin bekerja sebelum terlibat dalam trading live.

6. Perhatikan Berita Ekonomi

Berita ekonomi dan peristiwa penting dapat mempengaruhi pasar secara signifikan. Pastikan untuk memantau berita ekonomi dan kalender ekonomi untuk mengetahui kapan peristiwa berita besar akan terjadi. Ini dapat membantu kamu menghindari trading selama periode volatilitas tinggi.

7. Jangan Bertindak Terlalu Emosional

Hindari keputusan trading yang dipengaruhi oleh emosi seperti keserakahan atau ketakutan. Selalu berpegang pada rencana trading yang telah kamu tetapkan sebelumnya dan tidak membuat keputusan impulsif.

8. Pertimbangkan Ukuran Akun yang Tepat

Pertimbangkan ukuran akun yang sesuai dengan modal tradingmu dan toleransi risikomu. Hindari membuka akun dengan dana yang terlalu kecil, yang dapat meningkatkan risiko Margin Call.

Baca Juga:  Memahami Indikator Know Sure Thing dalam Trading

Mencegah Margin Call memerlukan pemahaman yang baik tentang cara margin dan leverage bekerja, serta manajemen risiko yang bijak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan memperlakukan Margin Call sebagai sinyal untuk mengambil tindakan yang bijak, kamu dapat menjaga modal tradingmu dan menjalani aktivitas trading dengan lebih aman.

Menggunakan Margin Trading Tanpa Risiko!

Topik margin call adalah salah satu hal yang tidak boleh diabaikan dalam trading forex. Ini adalah pengingat penting bahwa manajemen risiko dan meningkatkan kemampuan trading adalah kunci kesuksesan. Margin call terjadi ketika Sobat Trader mengalami kerugian yang signifikan dan dana dalam akun trading hampir habis. Untuk menghindari situasi ini, penting untukmu terus mengasah kemampuan trading.

Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memanfaatkan akun demo HSB Investasi. Dengan akun demo, kamu dapat berlatih, menguji strategi baru, dan memahami bagaimana manajemen risiko berfungsi tanpa harus mengambil risiko keuangan yang sebenarnya. Ini adalah wadah aman untuk berlatih, membuat kesalahan, dan belajar dari pengalaman trading tanpa konsekuensi finansial yang nyata.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. 

Raih beragam keuntungan trading dalam genggaman dengan aplikasi HSB Investasi

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui akun live HSB yang menyediakan 45 instrumen trading berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah.

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik