Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mau Day Trading? Cek Dulu 5 Jenis Order Terbaiknya

Sobat Trader, sebelum memulai kegiatan day trading, penting bagi kamu untuk memahami berbagai jenis order yang dapat mendukung strategi tradingmu. Artikel ini akan membahas lima jenis order terbaik yang dapat menjadi pilihan dalam melakukan day trading.

Dari market order yang langsung dieksekusi hingga limit order yang memberikan kontrol lebih terhadap harga, kita akan menjelajahi setiap jenis order beserta kelebihan dan kekurangannya. Dengan pemahaman yang kuat tentang jenis-jenis order ini, kamu dapat meningkatkan efisiensi dan keberhasilan dalam menjalankan strategi day tradingmu.

Mari bersama-sama mengenal lebih dalam tentang lima jenis order terbaik untuk day trading, sehingga kamu dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengoptimalkan aktivitas tradingmu di pasar saham.

Market order dalam day trading

1. Market Order

Market order adalah jenis pesanan yang dieksekusi segera dengan harga terbaik yang tersedia di pasar pada saat itu. Dalam day trading, market order menjadi salah satu pilihan utama bagi Sobat Trader karena memungkinkan eksekusi perdagangan secara cepat dan langsung.

Ketika Sobat Trader menggunakan market order, mereka tidak menentukan harga spesifik untuk memasuki atau meninggalkan pasar, melainkan membiarkan pesanan dieksekusi dengan harga saat ini. Hal ini memungkinkan Sobat Trader untuk segera masuk atau keluar dari posisi trading tanpa harus menunggu atau memperhatikan pergerakan harga.

Kelebihan Market Order saat Day Trading

Keuntungan utama dari market order adalah kecepatan eksekusi. Ketika Sobat Trader ingin masuk atau keluar dari posisi dengan cepat, terutama dalam situasi di mana harga bergerak dengan cepat, market order memungkinkan mereka untuk segera berpartisipasi dalam pergerakan pasar tanpa memperhatikan harga spesifik. Namun, kelemahan dari market order adalah ketidakpastian harga eksekusi.

Karena market order dieksekusi dengan harga terbaik yang tersedia saat itu, Sobat Trader mungkin mendapatkan harga yang sedikit berbeda dengan apa yang mereka harapkan, terutama jika pasar sangat volatile. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Trader untuk menggunakan manajemen risiko yang baik dan memperhatikan spread atau perbedaan antara harga beli dan harga jual saat menggunakan market order dalam day trading.

2. Limit Order

Limit order adalah jenis pesanan dalam day trading di mana Sobat Trader menetapkan harga tertentu untuk memasuki atau meninggalkan pasar. Dalam limit order, Sobat Trader menentukan harga yang diinginkan untuk membeli atau menjual aset, dan pesanan akan dieksekusi hanya jika harga pasar mencapai atau lebih baik dari harga yang ditentukan. Dengan kata lain, limit order memungkinkan Sobat Trader untuk mengontrol harga eksekusi perdagangan.

Kelebihan Limit Order saat Day Trading

Keuntungan utama dari limit order adalah Sobat Trader dapat menetapkan harga spesifik yang mereka inginkan untuk memasuki atau meninggalkan pasar. Dengan demikian, mereka memiliki lebih banyak kendali atas eksekusi perdagangan dan dapat menghindari harga yang tidak diinginkan. Limit order juga memungkinkan Sobat Trader untuk melakukan perencanaan yang lebih baik dalam strategi trading mereka, karena mereka dapat mengatur harga yang dianggap sesuai dengan analisis mereka.

Kekurangan Limit Order saat Day Trading

Namun, kelemahan dari limit order adalah pesanan tidak selalu dieksekusi. Jika harga pasar tidak mencapai atau melampaui harga yang ditetapkan oleh Sobat Trader, pesanan mungkin tidak terpenuhi, dan posisi trading tidak akan dibuka atau ditutup sesuai yang diinginkan.

Selain itu, dalam situasi pasar yang sangat volatile atau dengan likuiditas rendah, ada kemungkinan bahwa harga tidak mencapai level yang ditentukan oleh limit order, dan perdagangan tidak dieksekusi. Oleh karena itu, Sobat Trader harus mempertimbangkan kondisi pasar dan kebutuhan trading mereka saat menggunakan limit order.

Stop order dalam day trading

3. Stop Order

Stop order adalah jenis pesanan dalam day trading yang digunakan oleh Sobat Trader untuk melindungi diri dari potensi kerugian atau untuk memperoleh keuntungan. Dalam stop order, Sobat Trader menetapkan harga tertentu sebagai titik di mana pesanan akan dieksekusi, baik untuk membatasi kerugian (stop-loss order) atau untuk mengambil keuntungan (stop-profit order).

Stop-loss order ditempatkan di bawah harga pasar saat ini untuk melindungi Sobat Trader dari kerugian yang lebih besar jika harga turun lebih jauh. Saat harga mencapai atau melampaui level stop-loss, pesanan akan dieksekusi secara otomatis, membatasi kerugian pada tingkat yang telah ditentukan sebelumnya. Ini membantu Sobat Trader untuk menjaga disiplin dalam manajemen risiko dan mengurangi potensi kerugian besar dalam perdagangan.

Di sisi lain, stop-profit order ditempatkan di atas harga pasar saat ini untuk mengamankan keuntungan saat harga naik lebih tinggi. Ketika harga mencapai atau melebihi level stop-profit, pesanan dieksekusi secara otomatis, memastikan bahwa Sobat Trader dapat mengambil keuntungan sebelum harga berbalik arah.

Kelebihan Stop Order saat Day Trading

Salah satu keuntungan utama dari stop order adalah membantu Sobat Trader dalam merencanakan dan melaksanakan strategi manajemen risiko mereka secara efektif. Dengan menggunakan stop order, mereka dapat menghindari potensi kerugian besar dan mengunci keuntungan mereka saat mencapai target tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa dalam kondisi pasar yang sangat volatile, eksekusi stop order dapat bervariasi dan menghasilkan slippage, yaitu perbedaan antara harga pesanan dan harga eksekusi aktual. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Trader untuk mempertimbangkan faktor-faktor tersebut saat menggunakan stop order dalam day trading.

4. Stop-Limit Order

Stop-limit order adalah jenis pesanan yang digunakan dalam day trading untuk memberi Sobat Trader lebih banyak kendali atas harga eksekusi pesanan mereka. Dalam stop-limit order, Sobat Trader menetapkan dua harga: harga stop dan harga limit. Saat harga pasar mencapai atau melampaui harga stop, pesanan tersebut menjadi limit order dan akan dieksekusi dengan harga limit atau harga yang lebih baik.

Kelebihan Stop-Limit Order saat Day Trading

Konsepnya adalah sebagai tindakan preventif. Saat Sobat Trader memasang stop-limit order, mereka telah menetapkan harga di mana mereka ingin membeli atau menjual, serta harga stop sebagai tindakan keamanan.

Jika harga pasar mencapai atau melampaui harga stop, pesanan tersebut akan menjadi limit order yang akan dieksekusi pada harga limit yang telah ditentukan. Ini membantu Sobat Trader mengontrol harga eksekusi, tetapi juga memastikan bahwa pesanan mereka dieksekusi hanya dalam kisaran harga yang telah ditentukan.

Kekurangan Stop-Limit Order saat Day Trading

Namun, ada risiko bahwa pesanan stop-limit tidak terisi jika harga pasar melonjak melewati harga limit tanpa mengisi harga stop. Ini terutama terjadi dalam kondisi pasar yang sangat volatile. Oleh karena itu, penting bagi Sobat Trader untuk memahami risiko dan keuntungan dari stop-limit order sebelum menggunakannya dalam strategi day trading mereka.

Dengan demikian, stop-limit order dapat menjadi alat yang efektif untuk mengontrol eksekusi pesanan, tetapi juga memerlukan pemahaman yang baik tentang perilaku pasar dan risiko perdagangan.

5. Trailing Stop Order

Trailing stop order adalah alat yang sangat berguna dalam day trading yang membantu Sobat Trader melindungi keuntungan dan membatasi kerugian. Dalam trailing stop order, Sobat Trader menetapkan persentase atau jumlah tertentu sebagai trailing amount yang bergerak bersama harga saham atau aset. Saat harga naik, trailing stop juga naik, tetapi saat harga turun, trailing stop tetap pada jarak tertentu dari harga tertinggi yang pernah dicapai.

Ini berarti bahwa jika harga saham naik, trailing stop akan mengikuti, tetapi jika harga saham turun, trailing stop tetap pada posisinya yang terkunci pada jarak tertentu dari harga tertinggi sebelumnya. Ini memungkinkan Sobat Trader untuk menjaga sebagian dari keuntungan mereka jika harga turun, sementara tetap memungkinkan keuntungan untuk berkembang jika harga terus naik.

Trailing stop order membantu Sobat Trader untuk mengurangi emosi dalam pengambilan keputusan trading, karena mereka tidak perlu terus-menerus memantau pergerakan harga. Selain itu, ini memberi mereka keuntungan tambahan dari strategi "let profits run, cut losses short" dalam trading.

Namun, perlu diingat bahwa trailing stop order tidak menjamin bahwa Sobat Trader akan keluar pada harga tertinggi atau terendah, karena itu masih tergantung pada pergerakan pasar yang sebenarnya. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang risiko dan manajemen risiko adalah kunci dalam penggunaan trailing stop order dalam strategi day trading.

Pelajari grafik dan indikator trading modern bersama akun demo hsb investasi

Menggunakan Beragam Order Day Trading Tanpa Risiko

Setelah mempelajari tentang 5 jenis order terbaik untuk day trading, penting bagi kita untuk terus mengasah kemampuan trading. Dalam dunia yang dinamis dan penuh dengan tantangan ini, pembelajaran dan latihan menjadi kunci kesuksesan. 

Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah melalui akun demo trading HSB. Dengan akun demo ini, kamu dapat mengasah skill trading tanpa harus menghadapi risiko finansial, karena HSB menyediakan dana virtual hingga $100,000 secara cuma-cuma.

Keamanan merupakan hal yang tak bisa ditawar-tawar dalam trading, dan HSB telah membuktikan komitmennya dengan regulasi ketat dari Bappebti. Penghargaan prestisius "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX semakin menegaskan integritas dan dedikasi HSB terhadap layanan trading yang inovatif dan berkualitas.

Tak perlu ragu lagi untuk memulai perjalanan tradingmu. Buka akun live trading HSB dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Lengkapi dokumen persyaratan seperti KTP/SIM/Paspor, NPWP, dan foto selfie dengan data diri.
  2. Lakukan verifikasi data diri melalui proses KYC yang mudah dan aman, hanya dengan satu panggilan telepon dari tim HSB.
  3. Lakukan deposit trading hanya ke rekening bank resmi HSB untuk transaksi yang aman dan lancar.

Setelah semua langkah terpenuhi, kamu sudah siap untuk mulai trading di pasar finansial global secara sungguhan.

Yuk, jangan lewatkan kesempatan ini untuk meraih kesuksesan dalam dunia trading. Buka akun trading HSB sekarang dan temukan potensi tak terbatas dalam trading bersama kami!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik