Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
WAJIB TAHU! 2 Jenis GTC Order dalam Trading

Dalam dunia trading, pemahaman tentang berbagai jenis order menjadi kunci untuk mengoptimalkan strategi trading. Salah satu jenis order yang perlu kamu ketahui adalah Good 'Til Cancelled (GTC) order, yang memungkinkan kamu untuk memasukkan pesanan dan tetap berlaku sampai dieksekusi atau dibatalkan secara manual. 

Artikel ini akan mengulas secara mendalam dua jenis GTC order yang penting untuk dipahami dalam trading. Dengan memahami perbedaan antara GTC limit order dan GTC stop order, kamu dapat mengembangkan strategi trading yang lebih fleksibel dan efisien. 

Mari kita telaah bersama kedua jenis GTC order ini sehingga kamu dapat menggunakannya dengan lebih baik dalam mengelola aktivitas tradingmu di pasar keuangan.

GTC Limit Order

GTC Limit Order

GTC Limit Order (Good 'Til Canceled Limit Order) adalah jenis pesanan dalam trading di mana seorang trader menentukan harga tertentu untuk membeli atau menjual sekuritas dan pesanan tersebut tetap berlaku di pasar sampai dieksekusi atau dibatalkan secara manual oleh trader. Dalam konteks GTC Limit Order, "limit" merujuk pada harga maksimum yang trader bersedia bayar untuk membeli atau harga minimum yang mereka bersedia terima untuk menjual.

Kelebihan GTC Limit Order

GTC Limit Order (Good 'Til Canceled Limit Order) memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang populer di antara para trader:

1. Fleksibilitas Waktu

Salah satu kelebihan utama dari GTC Limit Order adalah fleksibilitas waktu yang dimilikinya. Pesanan ini tetap aktif di pasar sampai dieksekusi atau dibatalkan secara manual oleh trader, yang berarti trader tidak perlu terus-menerus memasukkan pesanan baru setiap hari.

2. Kontrol Harga

Dengan GTC Limit Order, trader memiliki kontrol penuh atas harga di mana mereka ingin membeli atau menjual sekuritas. Mereka dapat menentukan harga yang dianggap sesuai dengan strategi perdagangan mereka, dan pesanan akan dieksekusi hanya jika harga sekuritas mencapai level yang ditentukan.

3. Menghindari Perdagangan Emosional

GTC Limit Order membantu menghindari keputusan perdagangan yang didasarkan pada emosi. Trader dapat membuat keputusan dengan lebih hati-hati dan terencana, tanpa terburu-buru untuk memasukkan pesanan baru setiap kali mereka ingin melakukan perdagangan.

Baca Juga:  Perhatikan Tapering dan Efeknya dalam Trading

4.Mengurangi Risiko

Dengan menentukan harga tertentu untuk membeli atau menjual sekuritas, trader dapat mengurangi risiko eksekusi perdagangan yang tidak diinginkan. Mereka dapat memastikan bahwa perdagangan hanya dieksekusi pada harga yang mereka anggap layak, sehingga mengurangi risiko kesalahan eksekusi atau kerugian yang tidak diinginkan.

5. Kesesuaian dengan Strategi Perdagangan

GTC Limit Order sangat cocok digunakan untuk trader yang menerapkan strategi perdagangan jangka panjang atau yang ingin masuk ke pasar pada level harga tertentu. Dengan memiliki pesanan yang tetap berlaku untuk jangka waktu yang lama, trader dapat menyesuaikan perdagangan mereka dengan lebih baik dengan tujuan dan strategi perdagangan mereka.

Keuntungan utama dari GTC Limit Order adalah fleksibilitasnya. Trader dapat menetapkan harga yang mereka anggap sesuai dengan strategi perdagangan mereka, dan pesanan akan tetap berada di pasar selama jangka waktu yang ditetapkan (biasanya sampai diisi atau dibatalkan) bahkan jika tidak dieksekusi segera.

Cara Kerja GTC Limit Order

GTC Limit Order cocok digunakan dalam situasi di mana trader ingin masuk ke pasar dengan harga yang lebih baik dari harga pasar saat ini. Misalnya, jika harga saham sedang naik dan trader ingin membeli saham tersebut hanya jika harganya turun ke level tertentu, mereka dapat menempatkan GTC Limit Order dengan harga beli yang ditetapkan. 

Sebaliknya, jika seorang trader ingin menjual saham hanya saat harga naik ke level tertentu, mereka dapat menempatkan GTC Limit Order dengan harga jual yang ditetapkan. Dengan demikian, GTC Limit Order memberikan kontrol yang lebih besar kepada trader atas eksekusi perdagangan mereka sesuai dengan strategi dan target harga yang telah ditetapkan.

GTC Stop Order

GTC Stop Order

GTC stop order adalah pesanan untuk memasuki pasar sebagai market order ketika harga saham mencapai level stop yang ditetapkan oleh trader. Ini berarti bahwa pesanan tersebut akan berlaku di pasar sampai harga saham mencapai level stop yang ditentukan. Saat level stop tercapai, GTC stop order akan berubah menjadi market order dan dieksekusi segera.

Baca Juga:  Kenali Tanda-Tanda Hidden Bearish Divergence!

Kedua jenis GTC order ini memberikan fleksibilitas kepada trader dengan memungkinkan pesanan untuk tetap berada di pasar selama jangka waktu yang ditetapkan atau sampai mereka diisi atau dibatalkan secara manual. Hal ini memungkinkan trader untuk mengendalikan eksekusi perdagangan mereka dengan lebih baik sesuai dengan strategi dan tujuan perdagangan mereka.

GTC Stop Order (Good 'Til Canceled Stop Order) adalah jenis pesanan perdagangan yang tetap aktif di pasar sampai dieksekusi atau dibatalkan secara manual oleh trader. Pesanan ini digunakan untuk melindungi posisi terbuka dari kerugian yang berpotensi lebih lanjut atau untuk memasuki pasar pada titik tertentu setelah harga mencapai level yang ditentukan.

Berikut adalah beberapa detail lebih lanjut tentang GTC Stop Order:

Fungsinya

GTC Stop Order digunakan untuk membatasi kerugian atau memasuki pasar pada titik tertentu. Jika harga saham mencapai atau melewati level stop yang ditentukan, pesanan tersebut akan diubah menjadi pesanan pasar dan dieksekusi pada harga pasar saat itu.

Proteksi Portofolio

Salah satu kegunaan utama GTC Stop Order adalah untuk melindungi portofolio dari kerugian yang berpotensi lebih lanjut. Misalnya, jika seorang trader memiliki posisi beli pada saham, mereka dapat menempatkan GTC Stop Order di bawah harga pasar saat ini untuk menjaga posisi tersebut dari penurunan harga yang signifikan.

Cara masuk pasar dengan GTC Stop Order

Masuk ke Pasar

Selain untuk melindungi posisi terbuka, GTC Stop Order juga dapat digunakan untuk memasuki pasar pada titik tertentu setelah harga mencapai level stop yang ditentukan. Misalnya, jika seorang trader percaya bahwa penembusan di atas level resistensi tertentu akan memicu kenaikan harga yang signifikan, mereka dapat menempatkan GTC Stop Order di atas level resistensi tersebut untuk masuk ke pasar ketika kondisi terpenuhi.

Waktu Aktif

GTC Stop Order tetap berlaku di pasar sampai dieksekusi atau dibatalkan secara manual oleh trader. Ini berarti pesanan tersebut akan terus berjalan meskipun hari perdagangan berakhir, dan akan tetap aktif hingga kondisi stop tercapai atau pesanan dibatalkan.

Baca Juga:  Belajar Trading Forex untuk Pemula dengan Mudah

Manajemen Risiko

GTC Stop Order merupakan alat penting dalam manajemen risiko dalam perdagangan saham. Dengan menempatkan pesanan ini, trader dapat mengendalikan potensi kerugian dan memastikan bahwa mereka memiliki rencana untuk melindungi portofolio mereka dari pergerakan harga yang tidak diinginkan.

Trading dengan GTC Order Tanpa Risiko

Setelah memahami kedua jenis GTC Order dalam trading, kita dapat mengaitkannya dengan pentingnya mengembangkan kemampuan trading secara menyeluruh. Dalam dunia yang dinamis ini, memahami berbagai strategi dan konsep trading merupakan langkah penting untuk meraih kesuksesan dalam investasi. 

Salah satu cara yang sangat direkomendasikan untuk mengasah kemampuan trading adalah melalui akun demo trading HSB. Dengan akun demo ini, Sobat Trader dapat menguji strategi, mengasah keterampilan, dan mempelajari berbagai jenis order tanpa harus menghadapi risiko finansial, karena HSB memberikan dana virtual hingga $100,000 secara gratis.

Pembaca dapat dengan mudah mengakses akun demo trading HSB melalui aplikasi trading yang mereka sediakan. Selain itu, HSB telah teregulasi oleh Bappebti, sehingga keamanan dan kepercayaan dalam melakukan transaksi trading terjamin. Prestasi sebagai "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" oleh ICDX semakin menegaskan komitmen HSB dalam menyediakan layanan trading yang berkualitas.

Pelajari istilah dan dasar trading bersama akun real hsb investasi

Jangan lewatkan kesempatan untuk membuka akun live trading HSB dengan mengikuti empat langkah mudah: 

  1. Daftarkan akun live trading dengan melengkapi dokumen persyaratan seperti KTP/SIM/Paspor, NPWP, dan foto selfie dengan data diri, 
  2. Lakukan verifikasi data diri melalui proses KYC yang cepat melalui panggilan telepon, 
  3. Buat deposit trading hanya ke rekening bank resmi HSB, dan mulailah trading di pasar finansial global yang sesungguhnya.

HSB juga memberikan beragam promo trading untuk meningkatkan peluang profit para nasabahnya. Mari bergabung menjadi bagian dari HSB Investai dan raih kesuksesan finansial bersama. Ayo, segera buka akun trading HSB dan mulailah perjalanan tradingmu hari ini!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik