Home Saham Seperti Apa Peluang Saham Energi Terbarukan?

Seperti Apa Peluang Saham Energi Terbarukan?

by HSB
0 comment

Saat ini, saham energi terbarukan menjadi salah satu saham yang dilirik banyak investor, lantaran memiliki prospek investasi jangka panjang. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan saham energi terbarukan? 

Energi terbarukan merupakan sebuah sumber energi dari alam yang bisa diperbarui secara terus-menerus dan juga bisa digunakan dengan bebas tanpa terbatas.

Setiap manusia pasti membutuhkan sumber daya energi untuk melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, baik sumber daya terbarukan maupun tidak. Melihat kebutuhan sumber daya ini sangat krusial, maka menanamkan modal pada sumber energi terbarukan menjadi hal yang menarik, terutama untuk mendapat return yang tinggi. 

Supaya penanaman modal yang kamu lakukan sudah tepat, mari kenali dahulu apa itu sumber energi terbarukan serta prospek saham kedepannya pada uraian di bawah ini.

Apa Itu Sumber Energi Terbarukan?

Sumber energi terbarukan adalah energi yang bersumber dari alam. Energi ini bisa diperbarui secara terus-menerus dan bisa digunakan untuk waktu yang tidak terbatas. Sumber energi terbarukan diciptakan dengan memanfaatkan teknologi canggih, sehingga dinilai mampu dijadikan sebagai sumber energi alternatif. 

Sebagai contoh, energi terbarukan yang ada di Indonesia yaitu tenaga surya yang berasal dari sinar matahari, energi surya yang berubah menjadi listrik, tenaga air, dan lain sebagainya. Pada akhir tahun 2016, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyebutkan sudah ada 5.235 pembangkit listrik yang terbangun dengan kapasitas lebih dari 59.000 megawatt di Indonesia. 

Ada banyak manfaat yang didapatkan dari energi terbarukan ini, terutama sumber energi yang tidak terbatas, melimpah, dan ramah lingkungan. Bahkan sumber energi terbarukan dapat mengurangi efek pemanasan global dan menghemat tata surya, hingga mampu menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan.

Baca juga: 3 Tips Investasi Dana Pensiun yang Efisien

Prospek Saham Energi Terbarukan

Prospek Saham Energi Terbarukan

Menjadi salah satu saham yang diincar para investor, prospek saham energi terbarukan ini bisa dikatakan cukup menarik untuk memberikan imbal hasil yang tinggi. Apalagi jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang. Mengingat ada banyak masalah yang perlu diselesaikan dengan sumber energi terbarukan, seperti pemanasan global yang kian menjadi isu yang cukup serius.

Meski demikian, prospek saham energi terbarukan saat ini belum secemerlang energi komoditas. Pasalnya, bayangan resesi global dan krisis yang terjadi saat ini membuat energi komoditas masih menjadi prioritas, karena lebih terjangkau daripada pada energi terbarukan. Tetapi, tidak ada salahnya kalau kamu ingin mencoba berinvestasi pada saham energi terbarukan ini. 

Daftar Saham Perusahaan Energi Terbarukan di Indonesia

Daftar Saham Perusahaan Energi Terbarukan di Indonesia

Ada beberapa daftar saham energi terbarukan di Indonesia yang mengalami kenaikan cukup tinggi. Beberapa perusahaan ini bisa menjadi pilihan kamu untuk menanamkan modal. Berikut daftar perusahaan tersebut. 

1. INDY (PT Indika Energy Tbk)

Indika Energi termasuk perusahaan terbarukan yang masuk ke dalam daftar saham energi terbarukan di Indonesia. Saat ini, Indika Energi memiliki tiga anak perusahaan yang dibuat untuk migrasi ke bisnis yang lebih ramah lingkungan, yakni dari batu bara ke kendaraan listrik. 

Salah satu dari tiga anak perusahaan tersebut yaitu PT Energy Mobilitas Indonesia (EMI) dan PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI). Pada tahun 2021, EMI memiliki nilai investasi hingga Rp40 miliar. 

Baca juga: Bentuk-bentuk Investasi yang Bisa Anda Pilih

2. ADRO (PT Adaro Energy Indonesia Tbk)

Adaro Energy Indonesia (ADRO) termasuk salah satu perusahaan pertambangan batu bara yang bergerak dalam bidang pertambangan batu bara, perdagangan batu bara, jasa kontraktor penambangan, infrastruktur, logistik dan pembangkit listrik. 

Perusahaan ini awalnya hanya fokus terhadap proyek batu bara, akan tetapi saat ini mulai migrasi dan mengembangkan energi terbarukan berupa proyek smelter aluminium. Alasannya karena ADRO ingin masuk dalam sektor ekonomi yang ramah lingkungan. Meski masih dalam proses  konstruksi, jumlah investasi dalam proyek ini diprediksi mencapai Rp10,41 triliun.

3. PTBA (PT Bukit Asam)

PT Bukit Asam merupakan salah satu perusahaan BUMN yang juga sudah bermigrasi dari batu bara ke energi yang lebih ramah lingkungan, yaitu dengan energi terbarukan dan kimia. Meskipun PT ini belum beroperasi, namun setidaknya sudah menyiapkan lahan khusus untuk mendukung proyek ramah lingkungan atau energi terbarukan ini. Perusahaan ini terletak di daerah Sumatra Selatan, tepatnya di Muara Enim.

4. UNTR (PT United Tractors)

Perusahaan ini mulai bermigrasi dengan membangun anak perusahaan Energi Prima Nusantara yang diperkirakan akan mulai beroperasi 2023 mendatang. Saat ini, PT United Tractors juga sedang membangun Pembangkit Listrik Tenaga Hidro (PLTMH) dengan kapasitas 0,5 megawatt di daerah Jawa Tengah.

Baca juga: 10 Rekomendasi dan Macam-macam Saham untuk Pemula

5. TBS Energi Utama (TOBA)

Saham energi terbarukan lainnya yang cukup menarik yaitu ada TOBA. Melalui anak perusahaannya, TOBA akan berfokus pada perencanaan berdirinya sumber energi listrik tenaga surya apung. Diperkirakan investasi ini bernilai 200 juta dolar.

TOBA berkomitmen menghilangkan jejak karbon dan mendukung pencapaian target net zero emission 2030. Joint venture yang dibentuk akan bergerak pada sektor perakitan baterai dan penyedia stasiun baterai listrik kendaraan umum. 

Saham energi terbarukan sangat layak kamu pertimbangkan untuk investasi jangka panjang. Mengingat prospek saham ini sangat bagus dan berkelanjutan. Bahkan saham ini di gadang-gadang tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan mendunia. 

Kamu bisa mulai belajar investasi di aplikasi HSB dengan membuat akun demo untuk memahami bagaimana cara kerja saham sumber energi terbarukan ini. Kamu juga bisa belajar berbagai strategi dan pendekatan investasi di HSB Academy untuk mendapatkan imbal hasil yang kamu harapkan.

Unduh aplikasi HSB dan registrasikan akun trading sekarang juga untuk mulai simulasi dan investasi. Rasakan pengalaman investasi secara daring yang aman dan transparan bersama kami!*** 

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288