Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Menggunakan Strategi Gap Filling dalam Saham

Gap filling sebuah konsep kuat dalam analisis teknikal yang melibatkan pemahaman tentang celah harga terjadi ketika pasar saham bergerak dengan cepat antara dua tingkat harga yang berbeda. 

Kami akan mengajarkan kepada kamu cara mengidentifikasi celah harga, memahami penyebab terjadinya celah, dan memanfaatkan untuk mengambil keuntungan darinya. Kamu juga akan mengetahui berbagai teknik dan alat analisis teknis dapat membantu dalam mengidentifikasi celah potensial dan mengembangkan rencana trading yang menguntungkan.

Pengertian Gap Filling

Gap Filling adalah strategi atau tindakan mengisi celah harga terbentuk di antara dua tingkat harga berbeda. Celah atau gap terjadi ketika tidak ada aktivitas harga yang terjadi di antara dua tingkat harga secara langsung.

Gap dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti berita atau peristiwa penting yang terjadi di luar jam transaksi, perubahan sentimen pasar secara tiba-tiba, atau ketidakseimbangan antara penawaran dan permintaan. Ketika pasar saham dibuka kembali setelah terjadinya gap, harga saham melompat secara tiba-tiba, menciptakan celah antara harga penutupan sebelumnya dan harga pembukaan baru.

Strategi Gap Filling melibatkan tindakan mengambil posisi untuk memanfaatkan celah harga tercipta. Jika celah adalah gap up, trader atau investor dapat mencoba membeli saham di harga lebih rendah di dekat tingkat penutupan sebelumnya atau pada tingkat support mungkin ada.

Teori di Balik Strategi Gap Filling

inilah teori dibalik strategi gap filling

Berikut merupakan teori dibalik strategi gap filling:

1. Teori Pengujian Kembali (Retest)

Teori ini mengatakan bahwa setelah terjadi gap, harga seringkali akan kembali menguji tingkat harga yang terdapat sebelum celah terbentuk. Dalam strategi Gap Filling, trader mencoba memanfaatkan momen ini dengan mengambil posisi di dekat tingkat penutupan sebelum celah terbentuk, dalam harapan bahwa harga akan kembali menguji tingkat tersebut.

2. Prinsip Support dan Resistance

Konsep support dan resistance adalah bagian penting dari analisis teknis. Dalam strategi Gap Filling, trader mencari tingkat support atau resistance signifikan di dekat celah harga untuk memilih titik masuk atau keluar yang optimal. Tingkat support berfungsi sebagai batas bawah di mana harga cenderung berbalik naik, sedangkan tingkat resistance adalah batas atas di mana harga cenderung berbalik turun.

3. Pola Perilaku Pasar

Strategi Gap Filling didasarkan pada pola perilaku pasar historis yang telah diamati oleh para analis teknis. Beberapa pola, seperti "Gap Exhaustion" atau "Runaway Gap", dapat memberikan petunjuk tentang kekuatan atau kelemahan tren saat ini dan potensi keberhasilan strategi Gap Filling

banner blog bertuliskan pusing itung komisi dan tombol mulai trading

Cara Menggunakan Strategi Gap Filling

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menggunakan strategi Gap Filling dalam saham:

1. Identifikasi Gap

Pertama-tama, perlu mengidentifikasi gap harga yang terbentuk di antara dua tingkat harga berbeda. Celah dapat berupa gap up (harga pembukaan baru lebih tinggi dari harga penutupan sebelumnya) atau gap down (harga pembukaan baru lebih rendah dari harga penutupan sebelumnya).

2. Verifikasi Celah

Setelah mengidentifikasi celah, penting untuk memastikan bahwa itu merupakan celah valid. Celah valid biasanya terjadi setelah peristiwa atau berita signifikan, bukan hanya pergerakan harga acak. Periksa apakah celah tersebut terjadi dengan volume tinggi dan berada dalam konteks tren yang sedang terjadi.

3. Tentukan Tingkat Support dan Resistance

Identifikasi tingkat support dan resistance yang signifikan di sekitar celah harga. Tingkat support adalah tingkat harga di bawah celah di mana harga cenderung berbalik naik, sedangkan tingkat resistance adalah tingkat harga di atas celah di mana harga cenderung berbalik turun.

4. Perhatikan Retest

Perhatikan apakah harga kembali menguji tingkat support atau resistance yang terdapat sebelum celah terbentuk. Retest dapat memberikan konfirmasi bahwa harga bergerak sesuai dengan harapan dan meningkatkan kepercayaan dalam mengambil posisi.

5. Tentukan Titik Masuk dan Keluar

Setelah mengidentifikasi celah valid dan tingkat support serta resistance relevan, tentukan titik masuk dan keluar yang optimal. Titik masuk dapat berupa pembelian di dekat tingkat support atau penjualan di dekat tingkat resistance. Manfaatkan alat analisis teknis, seperti indikator atau pola grafik, untuk memperkuat keputusan transaksi.

6. Atur Manajemen Risiko

Penting untuk memiliki rencana manajemen risiko jelas. Tetapkan stop loss tepat untuk membatasi kerugian jika harga bergerak melawan ekspektasi. Juga pertimbangkan rasio risiko-untung yang baik untuk memastikan potensi keuntungan lebih besar daripada potensi kerugian.

7. Lakukan Pemantauan dan Evaluasi

Setelah membuka posisi, perhatikan pergerakan harga dengan cermat. Periksa apakah harga mengisi celah dan mengarah ke arah diharapkan. Terus pantau dan sesuaikan stop loss atau ambil keuntungan jika diperlukan. Evaluasi hasil untuk mempelajari apa berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di masa mendatang.

Kelebihan Strategi Gap Filling

kelebihan utama dari strategi gap filling

Strategi Gap Filling dalam saham memiliki beberapa kelebihan yang dapat menjadi daya tarik bagi trader dan investor. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari strategi ini:

1. Potensi Keuntungan yang Cepat

Dalam beberapa kasus, gap harga dapat terisi dengan cepat setelah terbentuk. Jika trader dapat mengidentifikasi celah valid dan mengambil posisi tepat, mereka dapat menghasilkan keuntungan signifikan dalam waktu singkat. Potensi untuk mendapatkan keuntungan yang cepat ini adalah salah satu kelebihan utama strategi Gap Filling.

2. Peluang Trading yang Jelas

Gap harga menciptakan peluang trading jelas dengan tingkat support dan resistance terdefinisi. Dengan memahami tingkat-tingkat ini, trader dapat menentukan titik masuk, titik keluar, dan level stop loss dengan lebih jelas. Hal ini memungkinkan mereka untuk memiliki rencana yang terstruktur dan meminimalkan ambiguitas dalam pengambilan keputusan.

3. Penggunaan Analisis Teknis yang Kuat

Strategi Gap Filling memanfaatkan alat dan indikator analisis teknis, seperti grafik harga historis, pola pergerakan harga, dan indikator teknis, untuk mengidentifikasi celah dan mengkonfirmasi peluang. Dengan menggunakan alat-alat ini, trader dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang arah pergerakan harga dan meningkatkan keputusan trading mereka.

4. Peluang Trading Terjadi Secara Teratur

Celah harga sering terjadi dalam saham, baik itu di pasar individu maupun di pasar secara keseluruhan. Hal ini memberikan peluang trading terjadi secara teratur bagi trader menggunakan strategi Gap Filling. Dengan adanya celah terjadi dengan frekuensi tertentu, trader memiliki peluang untuk terus mengambil keuntungan dari pergerakan harga yang signifikan.

5. Kombinasi dengan Pendekatan Trading Lainnya

Strategi Gap Filling dapat digunakan sebagai bagian dari pendekatan trading yang lebih luas. Trader dapat menggabungkan strategi ini dengan alat dan teknik analisis teknis lainnya, seperti support dan resistance, indikator momentum, atau pola grafik, untuk meningkatkan tingkat keberhasilan mereka. Hal ini memungkinkan adanya fleksibilitas dan kekayaan dalam pengembangan strategi trading yang sesuai dengan gaya dan preferensi individu.

Kamu sedang mencari broker dengan sistem MT5? HSB Investasi adalah jawabannya yang memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal yang profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik