Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Seputar Saham Blue Chip, Kecintaan Para Investor

Ketika berbicara mengenai investasi saham, istilah "blue chip" sering kali muncul sebagai referensi bagi saham-saham perusahaan besar dan mapan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang saham blue chip, karakteristik yang membuatnya istimewa, dan mengapa banyak investor memandangnya sebagai pilihan investasi yang stabil. 

Saham-saham blue chip berasal dari perusahaan-perusahaan terkemuka dengan rekam jejak keuangan yang kuat, likuiditas tinggi, dan sejarah pembayaran dividen yang konsisten. Kita akan menjelajahi alasan di balik ketertarikan investor terhadap saham blue chip, serta bagaimana kamu dapat memanfaatkan potensi pertumbuhan dan kestabilan dari investasi ini. 

Dengan memahami karakteristik saham blue chip, diharapkan kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan membangun portofolio yang kokoh dalam perjalananmu menuju kesuksesan finansial. Mari bersama-sama memahami lebih dalam tentang saham blue chip dan potensinya di dalam dunia investasi.

Mengenal saham Blue Chip

Apa itu Saham Blue Chip?

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, saham blue chip merupakan saham yang memiliki nilai atau harga yang paling tinggi daripada saham yang lainnya. Ketika mendengar kata blue chip, apa yang terlintas di pikiran kamu? Benar, blue chip adalah salah satu warna chip dalam permainan poker. Dalam permainan poker, blue chip digunakan untuk menyebutkan nilai tertinggi dari antara dua chip (kepingan) yang lainnya. 

Saham blue chip dicetuskan oleh Oliver Gingold pada tahun 1923-1924. Saat itu dirinya melihat harga instrumen saham yang melonjak pada harga $200 - $250 per lembar saham. Harga ini termasuk harga yang cukup tinggi yang hanya dimiliki oleh beberapa perusahaan ternama. Hal yang menarik dari tren ini ditemukan ketika harga saham yang cukup mahal ini justru menarik perhatian banyak investor untuk membelinya.

Dari sini Gingold menggunakan bahasa blue chip untuk menyebutkan nilai saham yang paling tinggi. Istilah saham blue chip sama seperti pernyataan yang mengatakan “Ada harga, ada barang”, di mana harga saham yang tinggi juga memperlihatkan kualitas dari saham tersebut. Harganya yang mahal ingin memberi tahu kamu bahwa kualitas sahamnya sangat bagus atau aman untuk para investor bisa berinvestasi. 

Baca Juga:  Terbang Bersama Raksasa Saham Boeing BA

Kualitas ini terlihat dari kemampuan perusahaan tersebut dalam mendapatkan keuntungan selama beroperasi. Tidak hanya itu, kualitas saham juga ditunjukkan dari bagaimana reputasinya di mata masyarakat Indonesia atau di mata dunia. Jika didapati bahwa perusahaan memiliki track record yang baik dan kredibilitas yang tinggi, para investor pasti akan menaruh uang mereka pada perusahaan tersebut. 

Deretan Saham Blue Chip Amerika

12 Deretan Saham Blue Chip Amerika 2023

Dilansir dari laman resmi NASDAQ dan beragam sumber finansial global lainnya, berikut adalah daftar X Saham Amerika yang menyandang predikat Saham Blue Chip 2023:

  1. Walmart Inc (WMT)
  2. Apple Inc (AAPL)
  3. Johnson & Johnson (JNJ)
  4. Procter & Gamble (PG)
  5. The Coca-cola Company (KO)
  6. Verizon Communications Inc. (VZ)
  7. Bank of America Co. (BAC)
  8. JP Morgan Chase & Co (JPM)
  9. AbbVie Inc (ABBV)
  10. Nike Inc (NKE)
  11. Honeywell International Inc (HON)
  12. The Goldman Sachs Group Inc (GS) 

12 Contoh Saham Blue Chip di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Contoh dari saham blue chip di Indonesia bisa kamu temukan dengan mudah dalam website resmi BEI. Cara mencari tahu saham mana yang termasuk saham yang aman, bisa kamu melihatnya pada daftar indeks LQ45. Pada daftar indeks ini, kamu bisa melihat saham yang sedang ramai diperdagangkan karena kualitasnya yang baik. Untuk memberikan gambaran yang jelas, coba perhatikan beberapa contoh saham blue chip yang terdaftar dalam BEI berikut ini: 

  1. PT Astra International Tbk. (ASII) 
  2. PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA)
  3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI)
  4. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)
  5. PT Barito Pacific Tbk. (BRPT)
  6. PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA)
  7. PT XL Axiata Tbk. (EXCL)
  8. PT Gudang Garam Tbk. (GGRM)
  9. PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF)
  10. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR)
  11. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM)
  12. PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)

Ciri Saham Blue Chip

4 Ciri Saham Blue Chip

Memang benar bahwa dalam daftar indeks LQ45 terdapat saham-saham blue chip yang aman dan bisa dipercaya. Namun jangan langsung percaya begitu saja terhadap tulisan yang baru saja dibaca atau dari perkataan orang. Kamu perlu memeriksa dan mempelajari perusahaan tersebut sebelum akhirnya memutuskan ingin berinvestasi. Oleh karena itu, kami akan memberitahukan beberapa ciri dari saham blue chip yang bisa kamu jadikan panduan dalam memilih saham yang tepat. 

Baca Juga:  Ramah Lingkungan Bersama Saham Energi Terbarukan

1. Memiliki Nilai Kapitalisasi yang Besar

Kapitalisasi merupakan istilah yang menyebutkan nilai jual utuh suatu perusahaan. Ini berarti perusahaan yang memiliki nilai jual yang tinggi, termasuk dalam kategori saham blue chip. Suatu perusahaan dapat dikatakan memiliki nilai kapitalisasi yang besar saat perusahaan tersebut memiliki harga jual sebesar Rp10 triliun ke atas. 

2. Terdepan dalam Sektor Terkait

Jual beli saham yang terdaftar di BEI tentu terdiri dari berbagai perusahaan dengan sektor yang berbeda-beda. Sektor yang dimaksudkan di sini yaitu teknologi, logistik dan transportasi, kesehatan, infrastruktur, energi, keuangan, dan lainnya. Dari setiap sektor inilah terdapat satu perusahaan yang paling unggul dari perusahaan lainnya. 

Perusahaan yang unggul ini bisa juga dilihat dari brand awareness yang tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu jika produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut sudah dikenal bahkan dipercaya selama puluhan tahun, maka perusahaan termasuk dalam saham blue chip.

3. Memiliki Dividen yang Konsisten

Dalam dunia saham, para investor yang memiliki saham sebuah perusahaan akan mendapatkan keuntungan dividen yang diterima setidaknya dalam jangka waktu 10 tahun. Data pembagian dividen kepada para investor inilah yang perlu kamu cari tahu. 

Dividen merupakan kata lain dari pembagian laba atau keuntungan yang didapatkan oleh sebuah perusahaan. Saat kamu melihat bahwa jumlah dividen dari perusahaan ke investor setiap tahunnya konsisten, maka saham perusahaan tersebut termasuk dalam saham blue chip

4. Operasional Perusahaan Stabil

Terakhir kamu bisa melihat bagaimana keseluruhan dari operasional perusahaan tersebut. Terdapat beberapa indikator untuk memudahkan kamu melihat apakah operasional perusahaan stabil atau tidak. Indikatornya berupa: 

  • Memiliki produk yang berkualitas.
  • Layanan pada pelanggan baik.
  • Pendapatan yang dihasilkan banyak dan konsisten.
  • Pertumbuhan perusahaan terus terlihat.
Baca Juga:  Mau Trading Saham AS? Kenali Dulu Aturan Pajaknya

gunakan akun demo sebagai latihan dalam trading tanpa takut rugi.

Trading Saham Blue Chip Amerika Tanpa Risiko!

Saham blue chip seringkali menjadi pilihan utama bagi para investor yang menginginkan portofolio yang stabil dan konsisten. Tentu saja, agar pemahamanmu semakin terasah, disarankan untuk menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun demo ini, kamu dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang saham blue chip tanpa menghadapi risiko finansial yang sebenarnya. Maka dari itu, mari manfaatkan kesempatan ini untuk mempraktikkan dan memperdalam skill tradingmu sebelum terjun ke dunia investasi saham blue chip yang menjanjikan.

Kamu bisa mengakses akun demo dengan dana virtual hingga $100,000 untuk trading beragam pilihan instrumen seperti 17 pasangan forex terpopuler, 20 Saham AS terbaik, 5 indeks global, dan 3 komoditas paling diminati di dunia seperti emas dan minyak bumi melalui aplikasi trading, WebTrader, atau platform MT5 HSB. 

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dan penuhi persyaratannya
  2. Verifikasi data diri melalui panggilan telepon tim KYC HSB
  3. Transfer deposit trading ke segregated account HSB
  4. Mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan cuma Itu! Di HSB, kamu bisa memanfaatkan beragam promo trading menarik setiap bulannya untuk dapat meningkatkan potensi keuntunganmu. Tentu saja, prestasi HSB yang mendapatkan penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan dedikasi, kualitas layanan, dan inovasi trading terbaik. Bergabunglah sekarang dan rasakan pengalaman trading yang lebih baik bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik