Home Saham Kenali Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham

Kenali Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham

by HSB
0 comment

Profitabilitas alias pendapatan sering dilihat oleh para investor dan trader untuk memutuskan apakah mereka akan melakukan penanaman modal atau tidak. Bahkan sedikit banyak pengaruh profitabilitas terhadap harga saham cukup besar. 

Supaya kamu bisa memahaminya lebih dalam lagi dan melakukan investasi yang tepat, coba langsung saja perhatikan informasi pentingnya berikut ini. 

Pengertian Profitabilitas

Profitabilitas adalah tingkat kemampuan suatu perusahaan dalam menghasilkan laba. Profitabilitas dapat diukur dengan beberapa rasio keuangan, seperti return on assets (ROA), return on equity (ROE), dan margin laba kotor (gross profit margin)

ROA mengukur seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan laba, sedangkan ROE mengukur seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan modal sahamnya untuk menghasilkan laba. Selanjutnya gross profit margin mengukur seberapa besar laba yang dihasilkan setelah dikurangi biaya produksi.

Profitabilitas merupakan salah satu indikator penting yang menunjukkan kondisi keuangan suatu perusahaan. Profitabilitas yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar dari penjualan produk atau jasa yang ditawarkan sehingga pertumbuhan dan perkembangan dalam operasional bisa terjadi. 

Sebaliknya, profitabilitas yang rendah menunjukkan bahwa perusahaan kesulitan dalam menghasilkan laba sehingga perlu ada tindakan perbaikan agar perusahaan dapat kembali menjadi profitabel.

Profitabilitas sangat penting bagi investor karena menunjukkan tingkat keuntungan yang dapat diperoleh dari suatu perusahaan. Profitabilitas juga dapat meningkatkan minat investor untuk membeli saham suatu perusahaan sehingga harga saham di pasar akan ikut naik. 

Namun, perlu dicatat bahwa profitabilitas tidak selalu merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan harga saham perusahaan. Ada banyak faktor lain yang juga memengaruhi harga saham, seperti pertumbuhan penjualan, kemampuan perusahaan untuk membayar dividen, dan sebagainya. 

Oleh karena itu penting bagi investor untuk melakukan analisis yang mendalam sebelum memutuskan untuk membeli saham perusahaan tertentu.

Baca juga: Bagaimana Pengaruh EPS Terhadap Harga Saham?

Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham

Pengaruh EPS Terhadap Harga Saham

Profitabilitas suatu perusahaan faktanya banyak memberikan pengaruh, baik secara positif maupun negatif. Tidak hanya bagi perusahaan, tinggi rendahnya profitabilitas juga dapat menjadi tanda bagi investor untuk memberikan respons yang tepat terkait keadaan tersebut. Berikut beberapa pengaruh profitabilitas terhadap harga saham. 

1. Kepercayaan Investor

Profitabilitas yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Investor juga lebih tertarik untuk membeli saham perusahaan yang mampu menghasilkan laba besar karena hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sehat dan berkembang. 

Ketika kepercayaan investor meningkat akibat profitabilitas yang tinggi maka pada akhirnya harga saham pun ikut mengalami kenaikan. Kualitas saham suatu perusahaan yang sangat tinggi akan membuat harga sahamnya dinilai dengan harga yang tinggi. 

Sebaliknya jika perusahaan kesulitan dalam menghasilkan laba maka investor mungkin akan kurang tertarik untuk membeli saham perusahaan tersebut. Pada akhirnya harga saham pun akan ikut menurun dan membuat investor menjual seluruh saham yang dimilikinya agar tidak merugi lebih besar.

2. Permintaan Saham Perusahaan 

Profitabilitas yang tinggi dapat meningkatkan permintaan akan saham suatu perusahaan. Jika investor lebih tertarik untuk membeli saham perusahaan yang profitabel maka permintaan akan saham tersebut akan meningkat. 

Hal ini akan menyebabkan harga saham perusahaan jadi meningkat. Hal ini bisa dijadikan kesempatan bagi investor untuk menambah jumlah saham agar flow keuangan perusahaan makin lancar dan terus berkembang. Tentunya penambahan jumlah ini perlu dipertimbangkan dengan matang agar tidak mengakibatkan dampak negatif. 

3. Jumlah Pembayaran Dividen

Profitabilitas yang tinggi dapat meningkatkan kemampuan perusahaan untuk membayar dividen. Jika perusahaan memiliki laba yang besar maka perusahaan tersebut akan lebih mampu untuk membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. 

Hal ini dapat meningkatkan minat investor untuk membeli saham perusahaan tersebut sehingga harga sahamnya akan naik.

Baca juga: Yuk Belajar Analisis Fundamental Saham

Jenis-Jenis Rasio Profitabilitas dan Rumusnya

Apabila investor ingin melihat besaran profit yang didapat oleh suatu perusahaan maka penggunaan rasio profitabilitas sangat krusial. Setidaknya ada 4 rasio yang bisa membantu kamu mengukurnya, coba perhatikan penjelasannya di bawah ini. 

1. Return on Assets (ROA)

ROA mengukur seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan laba. Makin tinggi ROA maka makin efisien juga perusahaan dalam menggunakan asetnya untuk menghasilkan laba. 

ROA yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar dari aset yang dimilikinya. Berikut rumus untuk menghitungnya:

Laba Bersih 

ROA =  __________________

Total Aset

2. Return on Equity (ROE)

ROE digunakan untuk mengukur seberapa efisien perusahaan dalam menggunakan modal sahamnya untuk menghasilkan laba. Makin tinggi ROE maka makin efisien juga penggunaan modal sahamnya untuk menghasilkan laba. 

ROE yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar dari modal saham yang dimilikinya. Berikut rumus untuk menghitungnya:

Laba Bersih 

ROE = _______________________

Total Ekuitas

Baca juga: Pengertian Saham Blue Chip

3. Gross Profit Margin 

Gross profit margin mengukur seberapa besar laba yang dihasilkan setelah dikurangi biaya produksi. Makin tinggi gross profit margin maka makin besar juga laba yang dihasilkan perusahaan setelah dikurangi biaya produksi. 

Gross profit margin yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar dari penjualan produk atau jasa yang ditawarkannya.

Penjualan – Biaya Produksi

Gross Profit Margin = _____________________________________________

                                                           Penjualan

4. Net Profit Margin 

Net profit margin mengukur seberapa besar laba yang dihasilkan setelah dikurangi semua biaya yang dikeluarkan perusahaan, termasuk pajak. Makin tinggi net profit margin maka makin besar laba yang dihasilkan perusahaan setelah dikurangi semua biaya. 

Net profit margin yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar meskipun harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Laba Bersih

Net Profit Margin = ___________________________

Penjualan

Baca juga: Apa Itu Turnover Saham? Yuk Simak Penjelasannya!

Berapa Rasio Profitabilitas yang Baik?

Bagaimana Pengaruh EPS Terhadap Harga Saham

Tingkat rasio profitabilitas yang baik tergantung pada industri dan kondisi pasar di mana perusahaan tersebut beroperasi. Beberapa industri mungkin memiliki tingkat profitabilitas yang lebih tinggi daripada industri lain sehingga tidak mungkin untuk menetapkan suatu standar rasio profitabilitas yang baik untuk semua perusahaan.

Namun secara umum rasio profitabilitas yang tinggi dapat dijadikan indikator keuangan yang baik. Jika perusahaan mampu menghasilkan laba yang besar dari aset atau modal saham yang dimilikinya maka ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut sehat dan mampu bertumbuh serta berkembang.

Pengaruh profitabilitas terhadap harga saham membuktikan bahwa keuntungan yang didapatkan perusahaan sangat penting diperhatikan ketika kamu ingin melakukan investasi. Mulai sekarang pastikan kamu memperhatikan dan menghitung rasio profitabilitas agar penanaman modal yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Bagaimana Cara Trading Saham Harian yang Cerdas?

Perhitungan rasio ini tidak hanya berlaku untuk investasi tetapi juga trading sehingga para trader dapat menggunakan rumus yang sama. Jangan lupa untuk memilih broker yang aman supaya kamu tidak terkena penipuan. 

Pastikan legalitas yang sah dari BAPPEBTI, ICDX, dan ICH sudah didapatkan sehingga kamu bisa trading saham online dengan nyaman seperti di HSB. Download aplikasi HSB sekarang dan nikmati pengalaman trading yang tidak pernah kamu rasakan sebelumnya!***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288