Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Memahami Metode Right Issue Instrumen Saham

Right Issue saham merupakan salah satu metode yang sering digunakan perusahaan untuk menghimpun dana tambahan melalui penawaran saham kepada pemegang saham yang sudah ada. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam konsep Right Issue, bagaimana mekanismenya berjalan, dan apa dampaknya terhadap nilai saham dan posisi pemegang saham. 

Right Issue memberikan kesempatan kepada pemegang saham untuk membeli saham baru dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasar saat itu. Namun, keputusan untuk mengambil bagian dalam Right Issue perlu dipertimbangkan dengan cermat, mengingat potensi dilusi kepemilikan dan perubahan dalam struktur modal perusahaan. 

Dengan pemahaman yang baik tentang Right Issue, diharapkan kamu dapat membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi dan memanfaatkan peluang yang muncul selama proses ini. Mari bersama-sama menjelajahi aspek-aspek Right Issue untuk memperkaya pengetahuanmu dalam menghadapi dinamika pasar modal.

Cara membeli saham Right Issue

Apa itu Right Issue Saham?

Right issue saham merupakan saham baru yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan, di mana saham ini akan ditawarkan lebih dahulu kepada investor yang sudah memiliki saham perusahaan tersebut. Jika kita umpamakan, saham baru ini adalah barang yang akan dijual terlebih dahulu kepada para tamu VIP karena sudah setia dengan produk suatu perusahaan. 

Namun para tamu VIP memiliki pilihan untuk membeli dan menolak barang tersebut. Ketika investor lama, yaitu tamu VIP menolak membeli instrumen saham yang baru saja dikeluarkan, maka saham akan mulai dijual kepada investor yang baru atau yang tidak pernah membeli saham dari perusahaan tersebut. Para investor baru ini biasanya disebut dengan istilah standby buyer. 

Bagi investor lama yang mengambil keputusan untuk membeli saham tersebut, akan ada rasio pembelian maksimal saham yang bisa dibeli. 

Sebagai contoh, perusahaan Alibaba telah mengeluarkan saham BABA yang baru dengan rasio 1:2 dan menawarkan saham tersebut pada para investor lama. Lalu kamu sebagai investor lama yang telah membeli 5.000 lembar saham dapat membeli saham baru sebanyak 10.000. 

Baca Juga:  Bongkar 8 Strategi Sukses Ekspansi Global Alibaba

Harga saham baru ini bisa berupa harga yang lebih murah daripada harga lembar saham yang kamu beli sebelumnya. Namun bisa juga harga saham baru tersebut setara atau bahkan lebih tinggi dari yang sebelumnya. 

Jadi apakah saham baru menguntungkan bagi investor? Tentu sangat menguntungkan, namun dengan beberapa syarat, yaitu jika harga saham baru lebih rendah dan saham yang dijual berkualitas. 

Contoh saham Right Issue

Contoh Right Issue Saham

Supaya kamu lebih mengerti mengenai cara kerja dari penjualan right issue beserta rasionya, coba perhatikan contoh dan penjelasannya berikut ini. 

Kita andaikan bahwa kamu adalah seorang investor yang telah memiliki saham sebanyak 1.500 lembar pada perusahaan Amazon. Ketika kamu membeli saham perusahaan Amazon di bulan Februari 2021, harga saham AMZN berada pada angka Rp6.000 per lembar saham. 

Kemudian enam bulan berikutnya di bulan Agustus, perusahaan Amazon melakukan penerbitan saham baru (right issue) dengan alasan ingin melakukan ekspansi, agar perusahaan dapat semakin berkembang dan maju. 

Pada penerbitan saham baru, perusahaan Amazon menerbitkan saham sebesar Rp10.000.000. Dari jumlah saham baru, perusahaan Amazon menetapkan penambahan dana sampai dengan Rp 40 miliar. Hal ini menandakan bahwa harga saham baru menurun Rp2.000 per lembar saham. 

Investor lama bisa membeli saham baru dengan harga yang lebih rendah, yaitu sebesar Rp4.000 per lembar sahamnya. Selain itu saham yang bisa kamu beli bergantung pada rasio right issue. 

Pada kasus ini, right issue memiliki rasio 10:4 atau 5:2. Rasio ini memberitahukan bahwa kamu bisa membeli dua lembar saham dari setiap lima lembar saham yang telah dibeli. 

Ini sama seperti perhitungan 1.500 lembar saham dibagi lima dan dikalikan dua, yang akan menghasilkan angka 600. Jadi kamu bisa menambah saham dengan pembelian maksimal 600 lembar saham. 

Baca Juga:  Apa Saja yang Terjadi Saat Sesi Post Trade Saham?

Pengaruh saham Right Issue

Apa Pengaruh Right Issue Terhadap Harga Saham?

Right issue yang dilakukan oleh perusahaan sedikit banyak memengaruhi harga saham. Apakah right issue menaikkan harga saham? Benar, right issue dapat menaikkan harga saham di pasaran ketika saham tersebut memiliki permintaan pasar yang banyak. 

Sama seperti barang yang dijual di pasar, ketika suatu barang menjadi langka karena banyaknya permintaan, maka harga barang tersebut akan semakin mahal. 

Hal ini juga berlaku saat harga saham justru menurun akibat permintaan saham menurun atau sedikit. Harga saham yang menurun diakibatkan karena saham yang baru saja diterbitkan terlalu banyak beredar di pasar modal. 

Dari sini kita mengerti bahwa faktor naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh permintaan dari pasar. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika perusahaan yang sahamnya kamu beli melakukan right issue. 

Penurunan Nilai Saham (Dilusi)

Kamu tidak diwajibkan membeli saham tersebut, namun apabila kamu tidak membelinya, ada kemungkinan besar bahwa nilai saham yang ada menjadi turun. Penurunan nilai saham yang kamu beli biasanya disebut dilusi. 

Penurunan Kualitas Saham

Ketika saham yang baru saja diterbitkan tidak menarik minat beli para investor, maka kualitas saham bisa menurun. Hal ini akan membuat kamu merugi karena nilai saham bisa jatuh sampai di bawah harga beli awal.

Cara Membeli atau Menebus Saham

Bagi investor lama yang ingin menebus atau membeli saham right issue, kamu bisa melakukannya dari ponsel atau laptop melalui website atau aplikasi resmi. Saat sudah membuka aplikasi atau website tersebut, kamu akan dibawa ke halaman yang berbeda untuk menyelesaikan transaksi. 

Ada juga yang dilakukan dengan cara mengirimkan e-mail pada sekuritas yang kamu tuju. Cara-cara ini bergantung pada aplikasi yang kamu gunakan dan sekuritas yang dituju. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada dengan baik, maka transaksi pembelian saham selesai. 

Baca Juga:  Mau Trading Saham AS? Kenali Dulu Aturan Pajaknya

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Trading Instrumen Saham AS Bebas Risiko!

Mendalami konsep saham Right Issue dapat menjadi kunci untuk memahami dinamika pasar modal dengan lebih baik. Tak lupa, untuk mengasah pemahamanmu, sangat disarankan untuk menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun demo ini, kamu dapat melatih keterampilan trading tanpa harus menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan. Langkah bijaksana sebelum terlibat dalam investasi saham yang melibatkan Right Issue di pasar modal.

Kamu bisa mengakses akun demo dengan dana virtual hingga $100,000 untuk trading beragam pilihan instrumen seperti 17 pasangan forex terpopuler, 20 Saham AS terbaik, 5 indeks global, dan 3 komoditas paling diminati di dunia seperti emas dan minyak bumi melalui aplikasi trading, WebTrader, atau platform MT5 HSB. 

Setelah merasa siap, langkah berikutnya adalah memasuki pasar trading dunia dengan mendaftar akun live trading bersama HSB, pemenang penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX.

HSB tidak hanya menawarkan keamanan dan transparansi, tapi juga memiliki regulasi resmi yang disahkan oleh Bappebti di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi ini merupakan aspek manajemen risiko trading yang perlu Sobat Trader utamakan.

Jangan lewatkan pula beragam promo trading menarik setiap bulannya di HSB yang memberikan penawaran spesial untuk dapat meningkatkan potensi keuntunganmu. Tentu saja, prestasi HSB yang mendapatkan penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dan "The Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan kualitas layanan dan inovasi yang mereka hadirkan. Bergabunglah sekarang dan rasakan pengalaman trading yang lebih baik bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik